Tips Bergaul Supaya Banyak Teman

cara agar banyak teman

Cara agar banyak teman merupakan hal yang paling banyak dicari orang. Hal ini dikarenakan Semakin bertambahnya usia, semakin sulit untuk mendapatkan teman baru. Berbeda dengan zaman Sekolah, saat bergaul dan mencari teman tentu sangat mudah pada zaman itu.

Semakin tua usia kita, semakin banyak filter yang kita miliki untuk berteman. Ada berbagai pertimbangan saat berkenalan dengan seseorang, terutama dari sisi karakter yang mungkin saja tidak cocok untuk kita. Namun, karena kita sebagai makhluk sosial tentunya tetap membutuhkan sosialisasi. Maka dari itu, mengetahui cara bergaul agar disukai orang penting bagi Anda.

Bagi seseorang yang pandai bergaul atau bersosialisasi, tentunya sangat mudah baginya untuk mendapatkan teman di sekolah, di masyarakat, atau di tempat kerja. Lalu bagaimana jika Anda seorang pemalu dan tertutup dalam pergaulan? Berikut kunin sampaikan beberapa cara bergaul supaya mempunyai banyak teman.

Cara Bergaul Agar Banyak Teman

cara agar banyak teman

1. Perluas lingkup pergaulan Anda

Jika pada awalnya aktivitas Anda hanya pergi bekerja, pulang dan tidur, selama 5 atau 6 hari kerja, coba anda lakukan sedikit variasi. Mungkin Anda bisa menghubungi teman lama anda yang selama ini Anda abaikan karena sibuk menjalani pekerjaan. Lalu ajak mereka bertemu di kafe atau restoran untuk membahas acara reuni misalnya, atau hanya sekedar ngobrol sambil ngopi.

Anda juga dapat mengikuti berbagai komunitas baik yang offline maupun online yang memiliki kesamaan dengan minat dan hobi  Anda. Pada intinya, perluas pergaulan Anda. Cobalah untuk bergaul dengan baik dengan orang sebanyak mungkin. Jadi anda akan punya banyak teman dan kenalan yang bisa berbagi pengalaman bahkan info yang bermanfaat.

Jika pada tahap ini Anda tidak mengalami kesulitan atau kendala, berarti Anda sudah siap untuk membuka diri dan memperbaiki cara bergaul Anda.

Akan tetapi, dalam memperluas ruang lingkup pergaulan, anda harus hindari pergaulan yang negatif seperti halnya berteman dengan orang yang suka mengkonsumsi narkoba, minuman keras, pemalas, pesimis, dan lain sebagainya. Mengapa? Karena ada kemungkinan besar Anda akan terbawa oleh sikap dan pikiran yang negatif juga.

2. Jangan ragu bercanda

Orang yang humoris atau suka bercanda umumnya memiliki banyak teman. Karena kepribadiannya yang hangat, ramah, dan bersahabat membuatnya disukai oleh banyak orang. Bandingkan dengan seseorang yang cenderung pendiam dan menyendiri. Orang lain akan merasa tidak nyaman karena akan takut salah dalam berkata atau bertindak sehingga nantinya akan menyinggung.

Bercanda, asalkan tidak berlebihan, dan berada pada waktu yang tepat dapat menyegarkan suasana dan dapat mengubah kondisi yang semula kaku menjadi lebih relaks atau santai.

Tidak perlu belajar dari komedian, pada dasarnya setiap orang sebenarnya tanpa disadari memiliki sisi humoris dengan caranya masing-masing. Anda cukup membiasakan diri untuk sedikit bercanda untuk bisa membuat orang lain tertawa. Tapi tetap harus ingat, jangan gunakan kata-kata yang menghina sebagai lelucon karena orang lain mungkin akan tersinggung dengan kata-kata Anda.

3. Jadilah pendengar yang baik

Tahukah Anda bahwa sebenarnya semua orang suka didengar? Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menjadi seorang pendengar yang baik.

Seorang pendengar yang baik tentunya tidak hanya mendengarkan saja, tetapi juga merasakannya secara pribadi seolah-olah dia sendiri yang merasakannya. Pendengar yang baik pasti akan selalu menghargai orang lain dan memberikan masukan yang dibutuhkan.

Maka tak heran jika pendengar yang baik ini akan dicari oleh banyak teman karena membutuhkan saran dan dukungannya. Untuk menjadi pendengar yang baik, cobalah belajar berempati terhadap orang lain. Anda harus bisa merasakan apa yang mereka rasakan dan perhatikan apa yang mereka bicarakan. Dengan cara ini Anda akan mudah disukai oleh orang lain.

4. Belajar memulai obrolan

Jika Anda selama ini selalu pasif dan pemalu, maka sekaranglah waktunya untuk belajar bagaimana memulai percakapan. Mungkin selama ini orang lain takut berbicara dengan anda karena anda terlalu pendiam. Untuk itu, cobalah untuk membuat mereka berbicara terlebih dahulu.

Anda tidak perlu mencari materi percakapan yang terlalu rumit, cukup dengan menyapa atau menanyakan hal yang kurang penting. Sambutan yang menyenangkan biasanya akan diikuti dengan obrolan yang seru.

Jangan berkecil hati jika pada awalnya Anda merasa sulit melakukannya dan terkesan “garing”. Teruslah berusaha di setiap kesempatan dengan semua orang yang Anda temui. Selama Anda sopan, orang lain juga pastinya akan dengan senang hati menanggapinya.

5. Tolong teman yang sedang kesusahan

Siapapun pasti akan senang jika memiliki teman yang baik dan suka menolong. Untuk memiliki karakter yang seperti ini, Anda harus terlebih dahulu peduli dan peka terhadap orang lain. Jangan untuk berpura-pura tidak tahu atau tidak mendengar jika ada teman yang sedang dalam masalah atau kesusahan. Sebaliknya, harus sebisa mungkin, Anda lah yang pertama membantunya atau menyampaikan kabar tersebut kepada teman-teman lainnya.

Orang yang gemar membantu orang lain tidak akan pernah kekurangan teman. Banyak orang yang nyaman bergaul dengannya karena sifatnya yang hangat dan menyenangkan.

6. Jujur

Berbicara jujur ​​merupakan salah satu cara agar banyak teman. Karena pastinya tidak ada yang suka berteman dengan seorang pembohong. Seorang pembohong biasanya justru akan diasingkan dalam pergaulannya sendiri, karena kebohongannya sekali dan selalu diikuti oleh kebohongan yang lainnya.

Tidak ada orang yang mau dibohongi, terlebih dengan temannya sendiri. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan apa yang Anda ucapkan, jangan melebih-lebihkan, jangan membesar-besarkan terlebih mengada-ada hal-hal yang tidak ada. Bicaralah terus terang, sehingga Anda akan mendapatkan kepercayaan yang baik dari orang lain dan pasti anda akan menemukan teman sejati Anda.

7. Tidak egois

Jika Anda selama ini dikenal sebagai orang yang egois, maka cobalah untuk menghilangkannya. Karena keegoisan tentunya tidak hanya tidak disukai oleh orang tetapi anda dapat jauh dari kebersamaan.

Belajarlah untuk menjadi orang yang rendah hati dan menjadi orang yang lebih terbuka. Artinya, Anda bersedia menerima kritik, saran atau masukan dari orang lain untuk perbaikan diri anda sendiri.

Terus tanamkan rasa kepedulian terhadap sesama, saling membantu meringankan beban orang lain dan terus berpikir positif. Cepat atau lambat sifat egoismu akan hilang dan berubah menjadi sifat yang lebih menyenangkan.

8. Beri pujian dengan tulus

Cara agar banyak teman yang berikutnya adalah dengan memberikan pujian yang tulus kepada orang lain. Anda harus tahu bahwa itu sifat manusia untuk suka dipuji, suka dihargai dan juga dibanggakan. Jadi jangan ragu untuk memberikan pujian kepada teman-teman anda jika melihat kelebihan atau kehebatan yang mereka miliki.

Lakukan dengan jujur ​​dan tulus, sehingga mereka dapat menangkap maksud Anda yang sebenarnya. Jangan berlebihan atau dilebih-lebihkan, karena tidak semua orang suka dipuji dengan cara seperti itu.

Pujian itu sesuai dengan kenyataan. Lakukan dengan penuh keikhlasan, agar Anda tidak dicap sebagai penjilat yang hanya ingin memanfaatkan keadaan atau bahkan seorang yang hanya memiliki tujuan tertentu.

Itulah cara mudah bergaul dengan orang lain agar anda mendapatkan banyak teman