Cara Agar Bibir Tidak Kering Saat Puasa, Nomor 1 Wajib Dicoba

cara agar bibir tidak kering

Bibir kering merupakan masalah yang sering terjadi di musim panas. Kondisi ini tentu menimbulkan perasaan tidak nyaman, terutama saat berbicara dengan orang yang Anda sukai. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara agar bibir tidak kering dan supaya tetap lembap.

Bibir kering atau pecah-pecah juga dikenal sebagai cheilitis. Masalah ini memang sudah umum terjadi dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Perlu diperhatikan bahwa kulit di bibir jauh lebih tipis dan lebih halus dibandingkan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu rawan mengalami kekeringan yang akhirnya mengering dan pecah-pecah.

Bibir bisa menjadi kering akibat kurangnya kelenjar minyak, sehingga kelembapannya berkurang. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada berbagai macam pengobatan rumahan yang bisa membuat bibir kembali sehat seperti semula. Nah, berikut beberapa cara agar bibir tidak kering, Namun sebelumnya kunin ingin berbagi mengenai beberapa penyebab bibir kering. Selamat membaca!!

Penyebab Bibir Kering

cara agar bibir tidak kering

Bibir mempunyai lapisan kulit yang sangat tipis dan transparan pada bagian struktur kulit epidermis, yang dalam istilah medis disebut stratum korneum. Di bawahnya terdapat lapisan pembuluh darah yang dapat memberikan warna kemerahan alami pada bibir.

Bedanya dengan kulit wajah, kulit bibir tidak mempunyai kelenjar minyak. Hal inilah yang menyebabkan, lapisan bibir lebih mudah kering dan pecah-pecah. Kurangnya kelembapan merupakan penyebab paling umum bibir kering dan mengelupas, baik dari faktor lingkungan maupun kurangnya perawatan pada area bibir. Berikut beberapa penyebab bibir kering dan juga pecah-pecah yang berasal dari kebiasaan sepele dan dari faktor lingkungan.

1. Kurang Minum Air Putih

Anda tentu sudah sering mendengar anjuran untuk minum air putih yang cukup setiap hari untuk mencegah dehidrasi. Tidak hanya menimbulkan gejala dehidrasi saja seperti pusing, sembelit, dan sakit kepala, ketidakseimbangan kadar cairan juga dapat berdampak negatif pada kulit.

Untuk itu, jika bibir Anda mulai terasa kering, coba ingat-ingat berapa banyak air putih yang sudah Anda minum. Bisa jadi karena asupan cairan harian Anda masih kurang dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Makanan Asin atau Pedas

Apabila Anda termasuk orang yang rentan mengalami bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya mulai kurangi konsumsi makanan asin dan pedas. Garam yang ada dalam makanan asin favorit Anda dapat mengiritasi kulit di bibir Anda dan menyebabkan peradangan, begitu juga dengan makanan pedas. Bukannya tidak boleh sama sekali, namun ada baiknya jika hal ini juga anda barengi dengan kebutuhan cairan yang cukup bagi tubuh.

3. Mengkonsumsi Alkohol

Kurang gizi akibat konsumsi alkohol merupakan salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Konsumsi alkohol yang berlebihan akan mengganggu proses penyerapan vitamin dalam tubuh. Kebiasaan ini juga mengakibatkan Anda tidak bisa memenuhi asupan vitamin yang cukup.

Untuk menyiasatinya, anda bisa minum 1-2 gelas air putih saat bangun pagi setelah Anda minum alkohol di malam hari. Penuhi selalu asupan cairan Anda sepanjang hari.

4. Kekurangan Vitamin

Tak jauh berbeda dengan kondisi tubuh saat mengonsumsi alkohol, kekurangan vitamin juga bisa menjadi salah satu penyebab bibir kering. Vitamin B2 merupakan mikronutrien yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pada kulit, termasuk bibir.

Mengingat tubuh yang tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, maka Anda perlu mendapatkan vitamin tersebut dari sumber makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan dan kacang-kacangan.

5. Faktor Cuaca

Penyebab bibir kering yang selanjutnya adalah kondisi cuaca yang sangat dingin atau kering seperti musim kemarau. Ini karena kulit di bibir Anda sangat sensitif terhadap suhu luar. Cuaca dingin dapat memicu kurangnya kelembapan pada bibir sehingga mudah pecah-pecah dan mengelupas. Bahkan pada kondisi yang lebih serius, bibir kering akibat cuaca dingin bisa memicu peradangan dan menimbulkan luka.

Cara Agar Bibir Tidak Kering

1. Minum Banyak Air

cara agar bibir tidak kering

Asupan air minum yang cukup setiap hari adalah salah satu cara termudah untuk mengatasi bibir kering daan pecah-pecah. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengurangi kelembapan pada bibir sehingga dapat menyebabkan bibir menjadi kering, pecah-pecah dan mengelupas.

Oleh karena itu, minumlah air putih yang cukup atau minimal 8 gelas setiap hari untuk menghindari kulit dehidrasi dan bibir kering. Jumlah cairan yang Anda butuhkan dapat bervariasi sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan. Misalnya ketika berolahraga Anda akan membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dibandingkan ketika tidak berolahraga.

2. Gunakan Gel Lidah Buaya

cara agar bibir tidak kering

Manfaat dari gel lidah buaya ini sudah cukup populer dalam mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk melembabkan dan mempercepat pemulihan luka. Tak heran jika gel lidah buaya juga masuk dalam sederet bahan untuk mengatasi bibir kering.

Selain itu, komponen antiradang yang terdapat pada lidah buaya juga dapat mencegah iritasi yang diakibatkan dari paparan sinar matahari sehingga bibir terhindar dari pengelupasan dan pecah-pecah.

Anda bisa mendapatkan gel lidah buaya yang banyak dijual di pasaran dan sudah mendapatkan izin edar dari BPOM atau anda bisa juga menggunakan gel dari tanaman lidah buaya. Penggunaannya juga terbilang cukup mudah. Anda bisa mengoleskannya langsung ke bibir secara rutin maksimal 3 kali sehari.

3. Oleskan Madu

cara agar bibir tidak kering

Madu bisa menjadi salah satu bahan pengobatan untuk bibir pecah-pecah yang diakibatakan oleh bibir kering. Produk herbal ini sudah tidak diragukan lagi masalah manfaatnya karena memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan juga antiradang. Madu juga dapat membantu mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati pada bibir.

Cara mengatasi bibir kering dengan madu juga cukup mudah untuk dilakukan, Anda hanya cukup dengan mengoleskan madu pada bibir secara rutin. Meski begitu, Anda perlu menghindari penggunaannya jika memiliki alergi terhadap madu dan sebaiknya tidak diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun.

4. Memakai Lip Balm

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah dengan menggunakan lip balm yang dapat menjaga kelembapan pada bibir. Lip balm biasanya memiliki kandungan petroleum, beeswax, atau bahan lainnya yang akan melindungi bibir anda dari angin dan udara dingin atau kering.

Kandungan emollient dan vitamin yang ada pada lip balm juga berfungsi untuk melembutkan dan menutrisi bibir agar tetap segar dan juga tidak kering. Beberapa dari lip balm atau pelembap bibir juga sudah menambahkan SPF, misalnya SPF 30, untuk melindungi bibir Anda dari sinar matahari.

5. Obat atau Krim Resep Dokter

Bibir kering dan mengelupas bisa menjadi tanda adanya masalah tertentu pada bibir Anda, seperti luka di sudut bibir atau biasa disebut angular cheilitis.

Ini adalah kondisi peradangan pada sudut bibir yang menyebabkan bintik merah, bengkak, dan juga luka. Gejala dari angular cheilitis antara lain sudut bibir terasa gatal atau panas, area bibir dan sekitarnya kering dan bersisik, serta terasa lebih keras saat disentuh.

Itulah beberapa cara agar bibir tidak kering dan penyebabnya, yang dapat kunin sampaikan. Semoga bermanfaat!!