Cara Memakai Hijab Agar Rapi dan Tidak Mleyot

motivasi kata kata wanita

Saat mengenakan jilbab atau kerudung, masalah yang umum terjadi adalah jilbab mudah kusut, sulit dibentuk, bahkan mleyot saat dipakai. Apalagi bagi wanita yang baru saja mengenakan hijab, masalah hijab ini harus dicarikan solusinya. Sebenarnya, jika Anda memahaminya, ada beberapa cara agar jilbab atau kerudung  mudah dibentuk dan tidak mleyot saat dipakai dengan cara yang sederhana.

Ada beberapa tips yang paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat memakai jilbab lebih mudah. Khusus untuk penggunaan hijab segi empat atau pasmina, berikut tips membuat hijab yang mudah dibentuk.

Cara Agar Kerudung Tidak Mleyot dan Mudah Dibentuk

cara agar kerudung tidak mleyot

1. Perhatikan Cara Pencuciannya

Cara membuat kerudung tegak lurus tentunya harus memperhatikan bagian pencuciannya. Untuk menjaga hijab tetap bersih dan terhindar dari bau tak sedap, Anda bisa mencampurkan cuka saat mencuci.

Selain mencampurkan cuka, perlu juga memperhatikan deterjen yang digunakan untuk mencuci hijab. Daripada menggunakan deterjen bubuk, sebaiknya pilih deterjen dalam bentuk cair. Penggunaan deterjen bubuk dengan kualitas yang buruk akan meninggalkan residu saat hijab mengering.

Kemudian saat mencuci hijab sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci karena dapat mempengaruhi tekstur kain hijab. Tekstur kain yang berubah dapat membuat bahan hijab sulit dibentuk karena kusut.

2. Perhatikan Proses Saat Menyetrika

Selain proses mencuci kerudung, juga perlu diperhatikan saat menyetrika kerudung agar selalu rapi dan mudah dibentuk. Untuk hijab segi empat atau pasmina, maka kamu harus menutupi seluruh bagian permukaan hijab.

Setelah disetrika, hijab jangan langsung dilipat tapi digantung menggunakan hanger. Nah untuk tips menyetrika hijab instan dengan pet, maka sebaiknya hindari melipat bagian pet. Melipat bagian pet tentunya bisa berubah bentuk, sehingga saat digunakan akan mudah lemas dan tidak akan kembali ke bentuk semula.

3. Perhatikan Bahan Jilbab

Tips agar hijab mudah dibentuk tentunya harus melihat jenis bahan hijab yang digunakan. Saat mencari hijab terbaik, selain memilih bahan yang mudah menyerap keringat, Anda juga perlu mencari tekstur yang tidak licin. Bahan hijab yang tidak licin ini tentunya membuat tekstur hijab mudah untuk dibentuk dan tidak mleyot saat dipakai

Anda juga bisa memilih bahan kerudung yang sesuai dengan bentuk dan warna kulit wajah Anda. Jangan menggunakan hijab dari bahan yang mengkilat untuk aktivitas sehari-hari karena bahan ini cukup lemas dan licin. Meski saat digunakan membuat penampilan Anda terlihat elegan, namun saat digunakan membutuhkan kesabaran agar bentuknya tegak sempurna.

Nah untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya juga jangan memilih hijab dengan tekstur yang tebal, karena mudah bikin gerah. Untuk kenyamanan saat menggunakan hijab seharian, sebaiknya pilih yang berbahan katun.

4. Pemakaian Inner

Cara agar kerudung tidak lepek ternyata juga mempengaruhi penggunaan bagian dalam. Seperti diketahui tidak semua wanita muslimah yang berhijab suka menggunakan inner. Namun ternyata inner sangat berguna ketika ingin menggunakan hijab agar tetap rapi sepanjang hari.

Salah satu inner model yang bisa mempengaruhi bentuk hijab adalah inner ciput. Gunakan inner hijab dengan tekstur licin. Alasannya tentu saja agar hijab Anda licin, tidak mudah bergeser dan tetap rapi saat dipakai dalam waktu lama.

Namun dalam penggunaan inner sendiri anda harus mengetahui tips yang tepat. Artinya, ketika Anda mengenakan jilbab setiap hari, Anda juga harus mengganti bagian dalam setiap kali Anda mengganti jilbab. Ini menjaga lapisan dalam Anda dari memancarkan bau yang tidak menyenangkan.

5. Pemakaian Aksesoris Jilbab

Saat mengenakan hijab, khususnya untuk model segi empat dan pasmina, tentunya dibutuhkan aksesoris hijab tambahan. Aksesoris ini bisa berupa peniti, jarum hingga bros.

Ketiga aksesoris tambahan ini, bisa menjaga hijab tetap rapi dan tidak mudah berpindah-pindah. Sangat membantu anda saat menggunakan hijab untuk acara resmi, karena hijab tidak mudah rewel. Apalagi saat menghadiri pesta atau wisuda yang menuntut penampilan on-point setiap saat.

Namun penggunaan ketiga aksesoris tersebut bisa membuat tekstur hijab menjadi rusak bahkan robek. Apalagi untuk bahan hijab yang tipis, aksesoris yang dipasang terlalu lama akan lebih mudah rusak. Penggunaan aksesoris yang memiliki tekstur cukup tajam juga berbahaya jika Anda memiliki balita.

6. Rajin Perawatan Rambut

Saat menggunakan hijab, wanita tentunya harus memperhatikan kesehatan rambutnya. Karena saat rambut sehat, kulit kepala juga sehat dan tidak mudah berkeringat. Ketika kepala Anda mudah berkeringat, hal itu dapat mempengaruhi hijab yang mengeluarkan bau tidak sedap.

Rajin keramas minimal 2 kali seminggu. Pilih juga sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda agar tetap lembab dan tidak rawan masalah kulit kepala. Rambut berketombe saat mengenakan hijab tentu akan menjadi gangguan yang cukup merepotkan bagi Anda.

7. Jangan Pakai Jilbab Saat Rambut Basah

Ada beberapa wanita yang memang memiliki kebiasaan buruk yaitu mengenakan hijab saat rambutnya masih basah. Padahal kebiasaan ini tidak hanya berdampak pada kesehatan rambut tetapi juga model hijab yang sulit untuk dirapikan.

Mengenakan jilbab saat rambut Anda basah tentu saja bisa membuat kerudung Anda terlihat lemas. Jadi pastikan rambutmu sudah kering terlebih dahulu sebelum memakai hijab

8. Pilih Jilbab Instan

Cara membuat kerudung tegak tanpa hairspray, Anda juga bisa memilih menggunakan hijab instan. Namanya juga instan, tentunya penggunaan hijab ini sudah diatur sedemikian rupa oleh pemilik hijab agar lebih banyak digunakan. Meski hijab instan lebih banyak dipilih oleh para ibu-ibu, hijabers muda juga bisa memilih model hijab ini untuk berbagai aktivitas.

Apalagi di pasaran, saat ini cukup banyak model hijab instan yang kekinian dan bisa dicoba oleh para remaja putri. Misalnya model hijab segi empat instan dan pasmina instan.

9. Ikuti Tutorial Pemakaian Jilbab

Tips agar hijab mudah dibentuk bisa kamu coba dengan mengikuti tutorial memakai hijab yang bisa dilihat di media sosial atau youtube. Ada ribuan tutorial cara menggunakan hijab segi empat atau pasmina yang simpel dan mudah di media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Sama seperti media sosial, kamu juga bisa mencoba menonton tutorial hijab di youtube agar memakai hijab lebih mudah dibentuk dan tetap rapi sepanjang hari. Biasanya para muslimah yang membuat tutorial hijab ini, mulai dari hijabers Instagram hingga beauty vlogger.

Tutorial hijab termudah dari selebriti favorit kamu bisa kamu temukan di Instagram dan juga YouTube dengan konten tutorial hijab yang sangat menarik. Bahkan, tidak hanya tutorial hijab, biasanya para content creator ini juga membuatkan tutorial makeup untuk pengguna hijab.

Itulah beberapa cara agar kerudung atau hijab tidak mleyot dan juga mudah untuk dibentuk yang bisa Anda coba praktikkan untuk pemakaian hijab sehari-hari atau pada saat ada acara-acara tertentu. Tentunya beberapa cara berhijab di atas sangat bermanfaat, terutama bagi Anda para hijaber pemula.