Cara Agar Make Up Tidak Luntur, Supaya Tampil Lebih Maksimal

cara agar make up tidak luntur

Sebagian besar masalah yang sering dihadapi wanita saat make up wajah ke kantor atau kuliah adalah make up yang mudah luntur. Sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi karena kini sudah banyak cara agar make up tidak luntur seperti yang akan kunin jelaskan di bawah ini.

Memang cuaca yang panas, keringat yang berlebih hingga pengaplikasian kosmetik yang kurang tepat bisa membuat make up anda tidak tahan lama atau mudah luntur. Pada akhirnya anda harus sering-sering touch up agar wajah tetap terlihat segar dan cantik. Namun, sebenarnya ada cara agar riasan Anda tahan sepanjang hari di berbagai aktivitas di kantor atau kampus. Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan agar make up tidak luntur, Namun ketahui dulu penyebab make up luntur di bawah ini.

Penyebab Make Up Luntur

cara agar make up tidak luntur

1. Tidak Menggunakan Primer

Tidak menggunakan primer sebelum make up dapat menyebabkan make up mudah luntur. Primer tidak hanya cocok untuk kulit yang berminyak saja, tetapi juga untuk jenis kulit kering atau normal. Penggunaan primer sebelum make up akan membuat make up lebih lengket sehingga tidak mudah luntur. Jadi Anda tidak perlu khawatir wajah Anda akan terlihat kusam.

2. Banyak Menggunakan Produk Make Up

Jika Anda menggunakan pelembap sebelum make up, lalu dalam waktu kurang dari lima menit Anda mengaplikasikan dengan foundation, maka inilah salah satu yang akan menyebabkan make up anda mudah luntur. Anda harus memberi waktu agar pelembap dapat meresap ke dalam kulit, agar make up tidak mudah luntur.

3. Pemilihan Foundation yang Salah

Alasan make up anda mudah memudar selanjutnya bisa jadi karena Anda salah memilih foundation. Untuk menemukan foundation yang tepat, Anda harus mencoba berbagai jenis foundation. Jika pada siang hari foundation terlihat pecah-pecah dan berminyak, maka foundation tersebut kurang tepat untuk wajah Anda. Untuk kulit yang berminyak, pilih foundation yang diklaim bebas minyak dan non comedogenik.

4. Tidak Menggunakan Bedak

Apakah anda memiliki kulit berminyak? Penggunaan bedak sangat penting bagi Anda. Tak hanya untuk menutupi kekurangan pada wajah saja, bedak juga mampu mengunci make up lebih lama. Jika Anda menggunakan foundation atau make up cair, maka bedak sangat penting untuk menguncinya. Pilih bedak tabur atau bedak translucent untuk pemakaian ringan.

5. Sering Memegang Wajah

Beberapa dari Anda mungkin memiliki kebiasaan memegang wajah Anda. Ternyata terlalu sering memegang wajah akan membuat make up mudah luntur dan cepat berminyak, lho. Tidak hanya itu saja, terlalu sering memegang wajah juga membuat kuman yang ada di tangan berpindah ke wajah sehingga wajah Anda akan mudah berjerawat.

Cara Agar Make Up Tidak Luntur

cara agar make up tidak luntur

1. Persiapkan Kulit

Penting untuk anda pahami bahwa jika kulit anda tidak dipersiapkan dengan baik, maka make up Anda tidak akan terlihat mulus dan mudah luntur. Hal ini dikarenakan minyak, bakteri dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit yang akan membuat tekstur wajah akan semakin terlihat saat make up dioleskan ke kulit. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan eksfoliasi kulit setidaknya dua kali dalam seminggu agar kulit tetap halus sehingga make up Anda akan bertahan lebih lama dan tidak luntur.

Penting juga untuk menggunakan toner setelah membersihkan dan mengeksfoliasi kulit Anda untuk menyeimbangkan pH pada kulit Anda sehingga wajah Anda akan terlihat lebih halus dan cerah. Yang tidak kalah pentingnya adalah melembapkan kulit dengan produk pelembap yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit, yang akan menjadikan wajah Anda sebagai kanvas sempurna untuk produk makeup.

2. Gunakan Foundation Bebas Minyak

Produk yang berbahan dasar minyak membuat make up lebih mungkin luntur. Jadi jika Anda memiliki kulit kering, pastikan untuk melembabkan wajah dengan baik terlebih dahulu dan gunakan foundation bebas minyak. Pilih foundation yang akan menghaluskan kulit Anda sepanjang hari.

3. Primer Mata dan Wajah

Primer adalah langkah pertama dalam make up yang sangat penting untuk membantu make up bertahan sepanjang hari. Produk primer tidak hanya mengunci produk perawatan kulit, tetapi juga menciptakan penghalang yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan kulit. Produk ini juga dapat digunakan sesuai dengan jenis kulit untuk membantu mengisi pori-pori dan garis halus. Selain itu juga dapat menciptakan permukaan yang halus sehingga foundation lebih mudah menempel dan tidak mudah luntur.

4. Pilih Produk Waterproof

Produk tahan air ini membantu agar make up Anda tidak mudah luntur. Mulai dari foundation, mascara, eyeliner, blush on dan eye brow, pilihlah produk dengan standar waterproof. Selain itu, perhatikan juga pemilihan warna pada foundation dan bedak. Jangan memilih warna yang lebih terang atau bahkan lebih gelap dari warna kulit Anda.

Sebaiknya pilih warna yang paling cocok dan paling mirip dengan kulit Anda. Saat kulit mengeluarkan keringat atau minyak berlebih, riasan akan mudah luntur. Sesekali Anda bisa menepuknya dengan tisu kering. Namun foundation dan bedak yang berbeda dengan warna kulit akan membuat Anda terlihat cemong, Riasan berantakan dan tidak sedap dipandang.

5. Lapisi dengan Bedak yang Cocok

Jika Anda lebih suka memakai make up dengan tekstur krim atau cair, penting untuk diingat bahwa kemungkinan terjadinya luntur lebih tinggi daripada produk dengan dengan tekstur bubuk atau padat. Jadi, jika Anda menggunakan produk makeup berbentuk krim atau cair, penting untuk menutupinya kembali dengan bedak padat agar tahan lebih lama sepanjang hari.

Pilih bedak yang sesuai dengan warna foundation cair atau foundation krim Anda. Atau bisa juga menggunakan translucent powder agar tidak mengubah warna kulit.

6. Aplikasikan Riasan Tipis-Tipis

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa agar make up tidak mudah luntur, Anda perlu mengaplikasikannya secara tebal. Ini adalah kesalahan, Anda sebenarnya harus make up wajah dalam lapisan tipis dan beberapa lapisan. Selain lebih tahan lama, cara ini akan membuat kulit tampak halus dan bebas tekstur. Tentu hal ini akan membuat kulit terlihat natural tanpa terasa berat atau cakey.

7. Gunakan Setting Spray

Menggunakan setting spray pada saat akhir pengaplikasian make up adalah suatu keharusan jika ingin makeup tahan lama dan tidak mudah luntur. Setting spray berguna agar wajah bebas kilap dari minyak, tampil flawless, dan riasan tampak lebih matte dan natural. Semprotkan setting spray dengan jarak sekitar 30-40 cm dari wajah agar percikan tidak hanya terfokus pada satu titik saja. Sehingga tidak merusak make up yang telah digunakan pada wajah Anda.

Itulah beberapa penyebab make up luntur dan cara agar make up tidak luntur dari kunin, semoga dengan mencoba cara diatas tentunya anda akan tampil lebih maksimal dan percaya diri pada saat beraktivitas sepanjang hari.