7 Cara Menghemat Uang Jajan Anak Sekolah

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan

Tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama dalam mengelola uang saku? Atau Anda mungkin mulai berpikir bahwa menghabiskan setiap uang saku tanpa tabungan hanya akan membuat Anda menyesal di kemudian hari? Jika demikian, apakah itu berarti Anda sedang mencari cara untuk menghemat uang saku? Terlepas dari tujuan apa yang Anda miliki, Anda bisa memulai cara hemat dalam membelanjakan uang jajan mulai dari sekarang.

Apakah Anda sudah memiliki tekad dan niat untuk menerapkan cara hemat dalam membelanjakan uang jajan, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Bahkan, Anda bisa dengan mudah menemukan dan mendapatkan tips hemat dalam membelanjakan uang. Jika masih bingung, coba mulai dengan langkah-langkah menghemat uang saku yang telah kunin rangkum di bawah ini.

Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan

1. Buat Rancangan Anggaran

Sebelum membahas banyak cara menghemat uang saku, pertanyaan pertama yang perlu Anda jawab adalah apa yang harus Anda beli secara teratur? Barang apa yang mungkin harus Anda beli dari waktu ke waktu? Mengelola keuangan memang tidak mudah, apalagi jika Anda selalu merasa malas atau tidak perlu mencatat setiap detail pengeluaran dan pemasukan.

Selain pengeluaran rutin, sebenarnya Anda bisa mulai membuat rencana anggaran untuk pengeluaran yang mungkin harus Anda bayarkan di minggu atau bulan berikutnya. Misalnya servis kendaraan atau hal serupa lainnya yang tidak harus Anda lakukan setiap hari namun harus masuk dalam daftar pengeluaran.

Rencana anggaran untuk setiap kebutuhan, baik harian, mingguan, maupun bulanan, akan sangat membantu dalam mengontrol keuangan. Jika sudah ada, seharusnya tidak hanya berakhir sebagai desain tanpa implementasi apapun. Tentu ini menjadi salah satu hal penting yang menjadi trik bagaimana cara menghemat uang dalam membelanjakan uang jajan.

Jika rencana dibuat sebelum Anda membelanjakan atau membelanjakan uang, catatan pengeluaran dibuat setelah mengeluarkan uang. Kegiatan apa pun yang menghabiskan uang Anda, catat! Anda bisa membuat catatan-catatan kecil di ponsel kemudian merapikannya menjadi bentuk yang lebih tertata sesampainya di rumah, baik ditulis langsung di buku khusus pengeluaran atau di aplikasi di ponsel atau laptop Anda.

2. Buat Daftar Pengeluaran

Salah satu kendala dalam mengelola keuangan dengan bijak adalah pengeluaran yang tidak terkendali. Hal ini sering terjadi bahkan membuat seseorang kebobolan sehingga tidak mampu menyisihkan uang untuk ditabung. Lalu, bagaimana cara menghemat uang dalam membelanjakan uang jajan terkait hal ini?

Jika Anda sedang mencari tips membelanjakan uang dan disiplin dalam menabung, Anda bisa memulainya dengan mencatat semua pengeluaran. Daftar pengeluaran harus dibuat dengan pasti. Catat secara disiplin, sekecil apapun jumlah yang Anda keluarkan untuk membeli sesuatu atau kebutuhan tertentu.

Dengan begitu, Anda dapat mengontrol pengeluaran Anda dan menyesuaikannya dengan pendapatan atau uang Anda. Hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari pemborosan dimana terkadang godaan untuk membeli barang yang bahkan tidak Anda butuhkan sering terjadi.

Dengan memiliki daftar pengeluaran, Anda akan mengetahui kemana uang tersebut dibelanjakan sehingga Anda juga dapat mengetahui biaya atau pengeluaran rutin apa saja yang biasa Anda lakukan, seperti kebutuhan pokok berupa uang untuk makan, transportasi, dan lain sebagainya.

3. Sisihkan Sebagian Uang Sebelum Digunakan

Cara hemat membelanjakan uang jajan dengan bijak tidak harus membuat Anda tertekan. Anda tetap bisa menikmati hidup dengan membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Boleh sesekali membeli barang yang diinginkan, tapi jangan lupa untuk menyisihkan sejumlah uang sebelum membelanjakannya.

Misalnya, saat ingin membeli minuman favorit, Anda bisa menyisihkan sejumlah uang. Kemudian, Anda dapat mencari penawaran seperti diskon dan menggunakannya untuk berbelanja. Metode ini bukanlah sesuatu yang memalukan. Ini sebenarnya bagus karena Anda tetap bisa menikmati apa yang Anda inginkan tanpa harus membuang uang. Hal ini juga bisa Anda terapkan jika ingin mulai hidup hemat atau ingin memiliki pengelolaan keuangan yang lebih fokus.

4. Bawa Bekal Makanan atau Minuman

Pergi ke sekolah, kampus, atau tempat kerja, yang terbaik adalah membawa makanan dan minuman dari rumah. Ini akan sangat berguna untuk menghindari godaan membeli makanan mahal atau jajan sembarangan. Jika Anda tinggal bersama orang tua dan makanan selalu tersedia untuk Anda bawa, mungkin lebih baik jika Anda membawanya. Tentu saja, Anda bisa mengurangi pengeluaran meski sesekali ingin makan di luar.

Lalu, bagaimana dengan anak kos? Jika memang Anda memiliki fasilitas memasak, Anda bisa membuat makanan dengan memasak menu sederhana namun sehat. Tanamkan juga semangat untuk memangkas pengeluaran agar kembali ke tujuan awal yaitu menabung uang jajan.

5. Menabung Harian

Menabung itu sulit! Menurut saya pernyataan ini tidak salah, tetapi tidak selalu benar. Menabung memang tidak semudah teori dan tips yang kita dapat, tapi itulah tantangannya. Sebesar dan sebesar apapun uang yang dimiliki, akan selalu habis jika tidak memiliki tabungan atau alokasi tabungan.

Tabungan sebaiknya memiliki anggaran khusus, misalnya 20 persen dari uang yang Anda miliki. Jika tampaknya sulit, mengapa tidak mencoba menabung setiap hari? Mulailah dengan jumlah yang paling kecil dan bisa ditambah nominalnya secara berkesinambungan sesuai kemampuan dan kondisi keuangan yang semakin baik.

Menabung akan menjadi bagian bahkan kebiasaan yang terasa menyenangkan jika sudah terbiasa, apalagi jika Anda benar-benar tahu cara menghemat uang saku.

6. Manfaatkan Fasilitas Gratis

Memanfaatkan fasilitas gratis bukan berarti pelit. Ini akan membantu memaksimalkan fungsionalitas fasilitas gratis. Selain itu, Anda juga dapat menghemat anggaran. Misalnya, jika ada katering gratis di kantor tempat Anda bekerja, tentu tidak perlu membeli makanan. Malah lebih praktis karena tidak memakan waktu dan tenaga sehingga Anda bisa langsung menikmati makanannya.

Sepertinya, cara ini bisa Anda andalkan untuk menghemat uang makan, apalagi jika katering disediakan setiap hari kerja. Fasilitas wifi gratis di kos juga bisa membantu menghemat uang. Anda bisa meminimalisir atau mengurangi pengeluaran untuk membeli pulsa atau paket data bukan? Padahal, banyak sekali fasilitas gratis yang bisa Anda manfaatkan. Namun, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak terlepas dari bentuk fasilitasnya. Yuk, coba cara hemat menghabiskan uang saku ini.

7. Kurangi Nongkrong

Berkumpul bersama teman memang menyenangkan, tapi bagaimana dengan isi dompet? Jika Anda ingin mulai menabung uang jajan, ada baiknya untuk mengurangi nongkrong yang kurang bermanfaat. Hanya haha ​​hihi dan menghabiskan uang bukanlah cara yang bijak untuk menghabiskan uang jajan. Eits, bukan berarti nggak bisa hang out sama sekali. Bagaimanapun, bersosialisasi dan hiburan diperlukan.

Tidak apa-apa keluar sesekali untuk hang out, misalnya sebulan sekali atau dua kali. Gunakan uang dari anggaran Anda untuk hiburan dan pastikan untuk memilih menu makanan dan minuman yang dapat Anda jangkau. Tidak perlu gengsi atau mengikuti orang lain karena ini akan merugikan Anda, terutama secara finansial. Saat ini bahkan sudah banyak tempat nongkrong yang menawarkan menu hemat plus menyediakan fasilitas wifi gratis.

Itulah beberapa cara hemat dalam membelanjakan uang jajan, semoga bermanfaat dan menginspirasi anda dalam hidup hemat