Cara Make Up Sederhana Tapi Cantik, Tampil Natural Tapi Menawan

cara make up sederhana tapi cantik

Cara Make Up Sederhana Tapi Cantik – Banyak hal yang dapat mepengaruhi kesehatan dari wajah, mulai dari aktivitas yang dilakukan setiap hari, kondisi hormon seseorang. Akan tetapi apabila beberapa hal itu tidak seimbang, akan timbul dampak yang cukup tampak mulai dari kulit kusam, wajah tidak cerah dan juga bisa sampai penuaan dini yang terlihat seperti munculnya banyak kerutan di area sekitar wajah. Apalagi jika kita berbicara tentang kecantikan wajah, sudah pasti sangat erat kaitannya dengan wanita dan juga make up.

Akan tetapi, di zaman modern ini tidak hanya teknologi dan ilmu pengetahuan saja yang berkembang, namun dunia kecantikan pun ikut berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan makeup sekarang sangat membantu manusia untuk mendapatkan penampilan terbaiknya agar terlihat lebih muda. Tidak hanya tampak natural, namun perkembangan make up dan produk kecantikan saat ini dapat membantu menyehatkan kulit, karena banyak make up yang sudah menggunakan bahan organic yang sangat cocok dikulit.

Dan jika kalian kebingungan untuk dapat membuat wajah kalian cantik, namun tidak ingin terlalu banyak menggunakan make up, kalian bisa lihat beberapa cara make up sederhana tapi cantik yang sudah kami sediakan dibawah ini, sangat cocok sekali untuk kalian para wanita yang ingin tampil natural.

Cara Make Up Sederhana Tapi Cantik

Buat Riasan Mata On Point

Riasan Mata

Untuk cara yang pertama ini cukup mempengaruhi make up kalian, karena hasil akhir makeup akan sangat dipengaruhi oleh riasan yang ada pada daerah sekitar mata. Sangat disarankan untuk menjauhi penggunaan eyes shadow dengan shimmer supaya kerutan yang ada pada wajah tidak terlihat. Kalian dapat menggunakan warna – warna netral yang tidak kontras dengan warna wajah kalian.

Apabila pada area sekitar mata terdapat lingkaran hitam atau mata panda, kalian dapat membalurkan concealer agar dapat menyamarkan warna hitamnya. Jika kalian ingin mata yang terlihat belok, kalian dapat mencoba untuk menggunakan eyeshadow dan eyeliner supaya kelopak mata terlihat berdimensi dan tidak flat. Untuk sentuhan akhirnya, kalian dapat menggunakan maskara berwarna hitam dan bulu mata sebagai tambahannya.

Gunakan Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit Wajah

foundation

Dalam menentukan warna foundation yang cocok untuk wajah, langkah awalnya adalah mengetahui jenis kulit yang akan menggunakan foundation. Apakah jenis kulitnya berminyak, berjerawat, kering, atau juga sensitif.

Supaya tidak terlihat cakey, sangat disarankan untuk memilih foundation yang mempunyai konsistensi yang seimbang dan dan juga ringan diwajah supaya sesuai dengan jenis dan warna kulit. Harus dipastikan bahwa penggunaan foundation tidak terlalu tebal dan harus merata pada kulit wajah. Agar terlihat matte dan natural.

Buat Alis yang Simetris

cara make up sederhana tapi cantik

Bulu yang tumbuh disekitar area atas mata ini tidak hanya berfungsi untuk menjaga mata supaya tidak terkena keringat, namun juga berfungsi sebagai penambah tingkat kecantikan seorang wanita dan tentunya alis merupakan area yang cukup penting pada riasan agar mendapatkan tampilan yang menarik dan juga tidak membosankan. Supaya terlihat natural, kalian dapat membuat alis yang simetris, bisa juga dengan mengikuti pola pada alis. Dalam melukis alis tidak perlu terlalu tebal agar tidak mendominasi make up pada wajah, kalian harus bisa menyeimbangkan gambar alis dengan riasan pada mata.

Dan untuk kalian yang mempunyai bulu alis yang cukup tebal, kalian cukup mengaplikasikan pendil alis mengikuti pola dari bulu alis, cukup tipis saja.

Gunakan Lipstik Berwarna Natural

Tidak hanya make up pada mata yang harus diperhatikan, namun riasan yang terdapat pada bibir adalah salah satu yang sangat harus diperhatikan agar bisa mendapatkan hasil make up yang flawless. Kalian bisa menggunakan lipstik dengan warna natural agar lipstik tidak terlalu mencolok dibanding dengan riasan yang lain. Kalian bisa menggunakan warna seperti nude, peach, pink dan coral.

Harus diperhatikan bahwa, saat memilih warna lipstick usahakan untuk menggunakan warna yang tidak terlalu jauh dari warna bibir kalian, supaya hasilnya terlihat lebih natural dan tidak terlalu kontras pada wajah.

Gunakan Bedak Tabur Setiap Hari

Untuk cara make up sederhana tapi cantik yang berikutnya adalah, kalian harus dapat memperhatikan penggunaan foundation, bedak padat, concealer, highlighter, countouring, dan juga bedak tabur sesuai dengan kondisi. Apabila make up akan digunakan untuk pertemuan formal, diperbolehkan untuk menggunakan make up penuh atau full coverage.

Namun, jika hanya untuk penggunaan sehari-hari, lebih disarankan untuk menggunakan make up basic saja, seperti sun screen, bedak tabor agar mengurangi kandungan bahan kimia di wajah.

Teknik Kontur yang Tepat

Jika kalian mempunyai pipi yang cenderung lebar atau chubby, kalian harus bisa menggunakan teknik kontur yang tepat, agar bisa mendapatkan bentuk tirus pada make up kalian. Menggunakan teknik kontur dapat membantu menyamarkan bentuk pipi yang besar atau lebar. Penggunaan kontur bisa diterapkan di tulang hidung, dahi, dagu dan juga tulang rahang.

Kalian bisamenggunakan kontur berwarna silver agar membuat wajah kalian lebih panjang dan juga simetris. Kalian bisa memakai kuas halus untuk mendapatkan hasil yang lebih alami.

Blush On

Langkah selanjutnya ini bisa dibilang merupakan langkah yang cukup krusial dalam make up. Pemakaian blush on pada pipi bisa memberikan kesan menarik pada make up kalian. Mungkin kelihatannya blush on tidak terlalu penting, akan tetapi jika kalian tidak menggunakan blush on seluruh make up yang ada pada wajah kalian akan terkesan flat dan tidak menarik untuk dipandang.

Perlu diingat dalam memilih warna blush on, kalian harus menghindari warna yang tidak sesuai dengan warna alami pada kulit wajah kalian, agar tidak menimbulkan kesan menor. Disarankan untuk menggunakan warna netral pada pipi seperi peach, coklat, merah muda, dan penting juga untuk melihat warna basic kulit kalian agar warna dari blush on dan juga wajah bisa sesuai.

Color Corrector

cara make up sederhana tapi cantik

Apabila kalian pemilik wajah berjerawat atau bruntusan, tentunya membutuhkan efford yang besar saat make up. Dikarenakan tekstur dari wajah yang tidak merata dikarenakan oleh jerawat dan juga beruntusan cukup sulit untuk ditutupi, namun jika kalian ingin menyamarkan noda bekas jerawat atau juga bruntusan kalian bisa menggunakan color corrector.

Dalam pengaplikasiannya sendiri, kalian bisa menggunakan almond oil terlebih dahulu sampai meresap pada kulit lalu setelah itu dapat dilanjutkan dengan menggunakan color corrector. Apabila terdapat noda kehitaman, kalian bisa menambahkan color corrector berwarna jingga. Dan jika kalian mempunyai kulit wajah yang beruntusan berwarna kemerahan, kalian bisa menggunakan warna hijau sebagai bahan penetral sebelum kalian menggunakan foundation.

Trik Lipstik Matte

Problem utama penggunaan lipstik adalah warna dari lipstik yang tidak dapat bertahan seharian. Akan tetapi kalian tidak perlu khawatir, hal tersebut dapat diatasi hanya dengan beberapa tips dan trik simpel, salah satunya adalah dengan menggunakan lip balm pada bibir terlebih dahulu sebelum kalian menggunakan lipstik.

Kalian juga dapat menggunakan lip linner agar terlihat lebih rapi walaupun menggunakan lipstik penuh. Tidak hanya itu saja, penggunakan lip linner berguna untuk menghindari glossy, kalian bisa menggunakan tisu bersih untuk meratakan lipstick pada bibir.

Face Mist

cara make up sederhana tapi cantik

Agar kalian bisa mendapatkan hasil makeup yang tahan lama dan dan juga merata pada wajah, kalian bisa menggunakan face mist, face mist tidak hanya berfungsi sebagai pelembab untuk kulit kalian, namun juga bisa menambah proteksi pada make up agar make up bisa tahan lama.

Untuk cara penggunaannya sendiri kalian bisa menggunakan face mist sebelum dan sesudah make up. Face mist sendiri mengandung bahan yang baik untuk kulit wajah seperti aloe vera dan juga air mawar yang berfungsi untuk menutrisi kulit dan juga mencerahkan wajah.

Itu tadi beberapa cara untuk mendapatkan hasil make up yang ciamik namun hanya menggunakan make up sederhana. Setelah mengetahui beberapa tips diatas, kita akan sedikit membahas tentang sejarah dari make up yang saat ini kalian gunakan, bagaimana perkembangannya?, yuk langsung disimak saja.

Cara Make Up Sederhana Tapi Cantik dan Sejarah Perkembangan Make Up

cara make up sederhana tapi cantik

Peradaban Sumeria

Jika melihat dari sejarah yang tertulis, peradaban Sumeria merupakan peradaban yang pertama kali menemukan dan juga memperkenalkan tentang konsep mempercantik wajah menggunakan bahan tambahan. Sekitar tahun 2500 sampai pada 1000 tahun SM. Bangsa Sumeria membuat make up menggunakan salah satu jenis serangga bernama Cochineal. Serangga kecil ini jika dihancurkan bisa menghasilkan warna merah yang cantik sama halnya dengan warna tubuhnya. Tidak hanya menggunakan cochineal, bangsa sumeria awal-awal juga menggunakan buah beri untuk mewarnai bibir mereka.

Penguasa Sumeria kala itu, ratu Shub-ad, sangat sering mencampurkan batu merah yang dihancurkan dengan menggunakan timah putih untuk dijadikan sebagai pewarna alami. Perlu diketahui bahwa pada zaman itu bahan pada kosmetik yang digunakan tidak ada fungsi lain untuk kulit selain sebagai pewarna saja, karena pada zaman itu belum ditemukan tentang konsep pelembab dan juga tabir surya.

Peradaban Mesir

Setelah dari bangsa Sumeria, kita akan beralih ke Mesir, pada zaman itu bangsa Mesir menggunakan campuran dari rumput laut untuk dapat mewarnai bibir mereka menjadi merah keunguan. Ratu Cleopatra sendiri menggunakan telur semut dan dicampur dengan pewarna karmin yang berasal dari serangga cochineal sebagai pewarna untuk bibir.

Sesaat setelah Cleopatra meninggal, para perempuan yang kaya raya membawa pot yang berisi ramuan pewarna bibir ke dalam makam mereka sendiri. Hal ini tentu menunjukan bahwa kosmetik merupakan hal yang sangat penting bagi wanita Mesir zaman itu.

Bahan kosmetik yang wanita Mesir gunakan tidak hanya pewarna bibir saja. Beberapa bagian pada tubuh lainnya juga dihiasi dengan berbagai macam jenis logam, seperti timah dan juga perunggu. Asal muasal dari terciptanya eyeliner ini berasal dari masyarakat Mesir yang membuat kombinasi dari berbagai macam jenis bahan baku seperti kacang almond yang dibakar, lalu juga menggunakan tembaga yang dioksidasi, dan juga tanah liat.

Beragam jenis minyak dimanfaatkan untuk melembabkan kulit serta melindunginya dari sinar matahari. Minyak juga dimanfaatkan sebagai bahan baku wewangian yang digunakan untuk ritual keagamaan.

Peradaban Islam

Tidak hanya bangsa Sumeria dan juga bangsa Mesir yang menjadi cikal bakal dari pencipta make up modern ini. Tokoh Islam bernama Al-Zahrawi merupakan seorang dokter dan juga ahli bedah yang tinggal di Negara Spanyol. Al-Zahrawi menulis tentang ensiklopedia medis yang saat ini menjadi rujukan di banyak universitas pada abad ke 12 ampai dengan abad 17 Masehi.

Ensiklopedia yang dibuat oleh Al-Zahrawi yang berjudul Al-Tasreef ini membahas cukup banyak hal seperti tentang deodoran, hair removing stick, lotion untuk kulit tangan, perawatan rambut, perawatan gusi, tabir surya dan juga pelembab.

Al-Zahrawi sendiri berpendapat bahwa kosmetik merupakan bagian dari dunia medis. Satu kejadian saat Al-Zahrawi tidak sengaja membuat parfum dalam bentuk stick membuatnya menemukan alat kecantikan untuk bibir yaitu lipstik. Dia sendiri menerangkan tentang konsep perawatan tubuh dan juga make up berdasarkan aturan yang ada dalam agama Islam. Karena didalam pemahaman agama Islam terdapat adab untuk menjaga kebersihan, merawat diri dan juga berpakaian yang sesuai dengan syariat agama Islam.

Masa Kini

Beralih ke masa modern, dimana perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat. Lipstick pertama di dunia yang mulai dipasarkan secara massal adalah lipstick produksi dari Guerlain pada tahun 1870. Pada mulanya Guerlain merupakan sebuah bisnis keluarga yang terfokus pada produksi parfum dengan konsumen para konglomerat kelas atas. Kegiatan bisnis keluarga ini dimulai sekitar tahun 1828.  Sejak saat itu mulai bermunculan kosmetik yang dijual kepada masyarakat umum.

Akhir-akhir ini trend make up didunia dipengaruhi oleh dua arah yaitu timur dan barat. Dari daerah Timur sendiri adalah Negara Korea. Walaupun Negara Jepang juga memiliki jenis makeup-nya sendiri namun jenis makeup dari Negara Korea ternyata lebih terkenal. Make up Korea sendiri mempunyai ciri khas yang banyak diminati oleh para wanita, dengan tampilan yang natural, alis yang dibuat hanya lurus, memberikan kesan awet muda pada wajah.

Beralih ke aliran make up di barat lebih menonjolkan sisi kontur pada wajah dengan contour, bronzer. Teknik make up dari barat juga terkesan lebih berat. Dan juga sedikit perbedaannya adalah tipe orang asia yang suka menggunakan riasan wajah agar wajah terlihat lebih putih dan cerah.

Untuk aliran make up di Negara kita sendiri yaitu Indonesia juga terdapat banyak dipengaruhi oleh aliran make up yang berasal dari dua kutub ini yaitu barat dan juga tren dari Korea. Akan tetapi kebanyakan kosmetik yang dibuat oleh lokal justru belum bisa untuk menyesuaikan warna kulit dari penggunanya. Untuk shade yang dibuat oleh produsen lokal terlalu terang untuk kulit wanita Indonesia dan sangat tidak cocok dengan kulit orang Indonesia yang berwarna kuning langsat, sawo matang, dan juga gelap.

Streotipe yang berkembang di Indonesia saat ini adalah bahwa cantik itu harus putih masih sangat melekat kuat dengan baik di masyarakat umum dan juga produsen produk kecantikan. Akan tetapi harga yang diberikan dapat bersaing dengan produk luar dan kualitasnya dapat diadu, tentunya sangat disayangkan jika produsen kosmetik lokal tidak dapat menjangkau konsumen dari Negara sendiri, dan tidak mengetahui pasar yang dimasuki.

Mungkin sampai disini saja dulu pembahasan kita tentang cara make up sederhana tapi cantik dan juga sedikit pembahasan tentang sejarah dari kosmetik modern saat ini, terimakasih sudah membaca artikel ini sampai habis, kita lanjutkan di pembahasan berikutnya. See you!