Cara Make Up Tahan Lama untuk Kulit Kering dan Berminyak

cara make up tahan lama

Jenis kulit orang berbeda-beda, tapi bisa dibilang ada tiga kategori besar yaitu normal, kering dan berminyak. Bagi orang dengan jenis kulit normal, mungkin tidak banyak kendala dalam make up wajah,  Untuk orang dengan jenis kulit kering dan berminyak, akan sedikit rumit. Tapi kunin ada cara make up tahan lama untuk kulit berminyak, Jadi baca sampai selesai ya!!

Memiliki wajah berminyak memang agak sedikit menyebalkan. Semuanya harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Termasuk soal memilih make up dan cara menggunakannya. Jika tidak tepat, hasil make up pasti akan cepat pudar dan kulit wajah tampak mengkilat.

Belum lagi masalah jerawat, komedo, dan pori-pori besar yang dapat muncul kapan saja. Untungnya, kali ini kunin membagikan beberapa cara make up tahan lama terhadap kulit berminyak dan tentunya aman:

Cara Make Up Tahan Lama

cara make up tahan lama

1. Persiapkan Kulit Wajah

Sebagus apapun produk make up yang Anda miliki, jika Anda tidak mempersiapkan wajah dengan baik, make-up Anda tidak akan bertahan lama. Make up akan luntur dan berantakan seiring berjalannya waktu. Persiapkan wajah Anda sebelum merias wajah dengan melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi akan membantu Anda menghilangkan minyak, bakteri, dan sel kulit mati yang muncul ketika Anda merias wajah. Anda juga harus melakukan eksfoliasi secara rutin 2 kali dalam seminggu agar kulit selalu mulus dan make up lebih tahan lama. Make up tahan lama juga bisa tercipta jika anda mengaplikasikan toner terlebih dahulu sebelum make up. Setelah mencuci muka dan melakukan eksfoliasi, Anda bisa mengoleskan toner ke wajah agar wajah lebih bersih dan cerah.

Selanjutnya oleskan pelembab pada wajah. Pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit akan membuat kulit tampak segar sepanjang hari. Gunakan pelembap wajah bebas minyak agar cepat meresap ke dalam kulit.

2. Aplikasikan Primer Khusus Wajah dan Khusus Mata

Primer dapat membantu make up agar tidak mudah luntur dan mampu bertahan sepanjang hari. Tidak hanya make up yang menempel, primer juga dapat menghaluskan pada area permukaan kulit kita.

Penggunaan primer sendiri juga tidak sembarangan, harus disesuaikan dengan jenis kulit anda agar dapat menutup pori-pori dan menyamarkan garis halus dengan baik dan sempurna. Gunakan primer yang berbahan dasar air yang bebas dari bahan minyak (water based – oil free primer) agar make up tidak mudah luntur atau pudar di tengah kesibukan aktivitas anda.

Kemudian penggunaan primer di area mata juga sangat penting agar make up anda bisa tahan lebih lama. Penggunaan primer pada area mata dapat menciptakan permukaan kulit kelopak mata yang bisa membuat eye shadow dan eye liner lebih terlihat dan tentunya akan bertahan lebih lama.

3. Gunakan Foundation Bebas Minyak

Produk berbahan dasar minyak dapat membuat riasan atau make up wajah lebih mudah pudar atau luntur. Oleh karena itu, gunakan foundation dengan bahan bebas minyak agar riasan atau make up anda akan lebih tahan lama karena tidak luntur atau pudar saat terkena keringat yang berlebih.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, tidak perlu khawatir. Menggunakan pelembap pada saat sebelum mengaplikasikan foundation akan membantu mencegah riasan atau make up Anda terlihat pecah-pecah. Jangan lupa juga untuk memilih foundation yang tahan lama.

4. Tidak Mengaplikasikan Bedak dengan Mengusap Wajah

Agar alas foundation yang sudah anda gunakan tidak pudar, maka Anda bisa mengaplikasikan bedak dengan warna yang sesuai dengan foundation yang Anda gunakan. Namun penggunaan bedak ini tidak sembarangan, Anda cukup menepuk-nepuk wajah yang telah diolesi foundation dengan bedak menggunakan kuas.

Teknik menggunakan bedak dengan menepuk-nepuk bedak ini digunakan untuk mengunci foundation agar tetap berada pada tempatnya. Teknik ini lebih baik dilakukan agar make up bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan mengusap wajah dengan menggunakan bedak.

5. Gunakan Maskara dan Eyeliner Waterproof

Pilih maskara dan eyeliner yang bersifat waterproof agar make up Anda tidak berantakan saat terkena keringat. Maskara dan eyeliner yang tidak waterproof akan rentan luntur jika terkena air atau keringat dan akan membuat make up Anda berantakan. Maskara dan eyeliner waterproof bisa tetap terjaga sepanjang hari.

6. Gunakan Bedak Tabur Transparan

Setelah mengaplikasikan semua produk make up, Anda coba aplikasikan bedak tabur translucent pada wajah Anda. Penggunaan bedak tabur dapat membuat kulit tampak lebih matte dan mampu menyerap minyak yang berlebih pada wajah sehingga make up lebih tahan lama.

7. Gunakan Setting Spray

Menggunakan setting spray adalah hal yang paling penting ketika ingin make up anda lebih tahan lama. Selain membuat make up lebih tahan lama, sentuhan terakhir ini perlu dilakukan agar riasan tampak lebih natural dan make up tampak segar.

Gunakan setting spray sesuai dengan tampilan make-up yang Anda inginkan. Saat ini tersedia berbagai jenis setting spray, mulai dari formula, hydrating, bahkan illuminating untuk menciptakan kesan glowing pada make up.

Hal yang Menyebabkan Make Up Mudah Luntur

cara make up tahan lama

Hampir setiap wanita pasti menginginkan make up yang tahan lama dan tidak mudah luntur. Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang gagal mendapatkan make up yang tahan lama. Alhasil, penampilan wajah jadi berantakan setelah menggunakan make up selama beberapa jam.

Rusaknya make up tidak hanya disebabkan oleh keringat dan produksi minyak berlebih saja, terkadang pemilihan dan pengaplikasian produk juga sangat mempengaruhi hasil akhir dari make up Anda.

1. Primer Tidak Sesuai dengan Kulit

Pemilihan primer sangat berpengaruh pada hasil akhir make up. Pasalnya, primer mampu mengubah tekstur dan karakter permukaan kulit yang dapat memengaruhi penyerapan riasan dan jumlah produksi minyak di wajah.

Jadi, primer bisa membuat make up anda lebih tahan lama, kering, atau lembap. Pastikan Anda juga memilih primer yang sesuai dengan jenis, kebutuhan, dan kondisi kulit agar make up tidak mudah luntur dan hasilnya sesuai yang anda inginkan.

2. Foundation Tidak Sesuai Kondisi Kulit

Tak hanya primer, foundation juga harus disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit. Kulit yang berminyak kemungkinan besar tidak cocok menggunakan foundation dengan hasil akhir dewy. Sedangkan kulit kering tidak akan cocok menggunakan foundation dengan hasil akhir matte.

Namun jika kulit Anda tidak terlalu kering atau berminyak, Anda bisa mengombinasikan formula foundation dan primer untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. Selain itu, pilihlah foundation yang mampu memberikan coverage sesuai dengan keinginan dan kondisi kulit.

3. Bedak Tidak Menutupi Foundation

Bedak padat dan tabur sering digunakan untuk mengunci make up agar tidak mudah hancur atau luntur. Anda bisa menggunakannya hanya pada area berminyak atau di seluruh wajah Anda. Namun, pastikan bedak padat atau tabur benar-benar menempel di wajah dan tidak terlalu banyak digunakan agar make up terlihat lebih rapi dan tahan lama.

Itulah beberpa cara make up tahan lama dari kunin yang dapat anda coba serta beberapa hal utama yang dapat menyebabkan make up mudah luntur. Selamat bermanfaat!!