Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Tas Kulit Kesayangan Anda

cara membersihkan tas kulit

Baik pria atau wanita pasti tidak bisa menolak pesona tas kulit. Tas kulit ini selalu bisa membuat Anda tampil lebih anggun di setiap kesempatan. Jika tas kulit asli cukup mahal, ada juga tas berbahan kulit sintetis atau suede yang memiliki tampilan dan tekstur seperti beludru. Namun, sebelum membeli tas kulit, perlu Anda ketahui bahwa tas kulit membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan dengan tas biasa. Cara membersihkan tas kulit juga tidak bisa sembarangan.

Pada kesempatan kali ini Kunin akan membahas tentang cara membersihkan tas kulit agar tetap bersih. Cara ini tentunya juga aman dan tidak merusak tekstur tas kulit kesayangan Anda. Baca sampai selesai ya

Cara Membersihkan Tas Kulit

cara membersihkan tas kulit

1. Cara Membersihkan Tas Kulit agar Mengkilap

Ketika Anda memutuskan untuk membeli tas kulit, Maka Anda harus siap dengan semua perawatan yang dibutuhkan oleh tas kulit tersebut. Perlu Anda ketahui, tas kulit tidak cocok untuk dibersihkan dengan menggunakan detergen yang terlalu keras. Residu sabun yang dihasilkan oleh deterjen dapat menyumbat pori-pori tas sehingga tekstur tas menjadi kering dan terlihat pecah-pecah.

Namun, anda tak perlu bingung mencari cara aman membersihkan tas kulit. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat tas kulit Anda kembali bersih dan berkilau:

  1. Campurkan air bersih dengan sedikit sabun cuci muka dengan perbandingan 8:1, lalu masukkan larutan air dan sabun cuci muka tersebut ke dalam botol semprot atau spray.
  2. Semprotkan cairan yang sudah dimasukkan ke dalam botol spray tadi ke kain microfiber, namun jika anda tidak memiliki kain microfiber, Anda bisa gunakan saja spon pencuci piring.
  3. Gosokkan kain microfiber pada area permukaan tas searah dengan serat tas kulit Anda. Jangan terlalu keras pada saat mengelap tas karena dapat menyebabkan tas lecet atau bahkan warnanya bisa memudar.
  4. Keringkan tas kulit di tempat berangin dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung.
  5. Setelah kering, Anda bisa gunakan bahan pelembab untuk memoles tas kulit agar tampak lebih mengkilat dan cerah.

Untuk beberapa jenis tas kulit sintetis atau asli, Anda bisa memoles tas dengan menggunakan minyak kayu putih. Namun, jangan terlalu sering menggunakan minyak kayu putih karena bahan ini dapat menyebabkan warna tas kulit pudar.

2. Cara Membersihkan Tas Kulit Suede

Seperti yang kunin katakan sebelumnya, baik kulit asli maupun suede adalah bahan kulit yang membutuhkan perawatan khusus. Meski sama-sama tas kulit, namun cara membersihkannya sangat berbeda. Berikut cara membersihkan tas kulit suede yang tentunya dapat Anda coba di rumah:

  1. Gunakan sikat khusus untuk tas berbahan suede atau sikat gigi bekas untuk membersihkan tas berbahan suede. Namun, Anda juga bisa menggunakan sikat suede khusus. Lalu, gosok perlahan
  2. Untuk membersihkan tas kulit yang kusam akibat noda, sebaiknya gantung saja tas di kamar mandi, Ketika sambil mandi air panas. Uap panas tidak akan membuat tas basah, akan tetapi bisa melonggarkan dan menghilangkan noda pada tas tersebut
  3. Jika ada tinta, saus, atau noda pada tas kulit suede Anda, bersihkan dengan mengunakan cuka atau alkohol. Basahi kain bersih dengan salah satu bahan tersebut, lalu gosokkan pada area yang terkena noda. Anda tidak perlu khawatir karena alkohol dan cuka tidak akan meninggalkan noda pada tas berbahan suede seperti saat Anda menggunakan air.

3. Cara Membersihkan Bagian Dalam Tas Kulit

Bukan hanya bagian luarnya saja yang harus dibersihkan, bagian dalam tas kulit juga tetap harus dibersihkan. Tanpa Anda sadari, bagian dalam tas bisa terkena noda yang disebabkan oleh sesuatu hal dan bisa menjadi sangat kotor karena debu atau sampah yang tidak sengaja Anda tinggalkan di dalam tas. Namun, Anda tidak perlu mencuci bagian dalam tas tersebut. Lakukan hal berikut untuk membersihkan bagian dalam tas kulit:

  1. Kosongkan terlebih dahulu isi tas Anda, lalu balikkan tas Anda sambil menggoyangkannya untuk menghilangkan debu atau kotoran yang berada di dalam tas.
  2. Ambil selotip bening dan gunakan untuk membersihkan bagian dalam tas dengan menempelkan selotip, lalu segera cabut selotip tersebut. Maka, debu dan kotoran umumnya akan menempel pada selotip.
  3. Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu atau segala jenis kotoran di dalam tas.
  4. Cara selanjutnya, Anda bisa menyeka bagian dalam tas dengan menggunakan air bersih dan larutan cuka. Cara ini bisa dilakukan pada bagian dalam tas yang berjamur atau tidak. Kandungan asam yang terdapat pada cuka dapat mencegah tumbuhnya jamur pada tas.
  5. Untuk menghilangkan bau cuka atau bau yang lainnya di dalam tas, Anda bisa masukkan sebungkus soda kue yang sudah dibuka ke dalam tas dan biarkan selama semalaman agar soda kue dapat menyerap bau tak sedap dari tas tersebut.

Tips Merawat Tas Kulit Supaya Tetap Awet

cara membersihkan tas kulit

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Langkah awal untuk menjaga keawetan tas kulit adalah dengan tidak membiarkan terpapar sinar matahari langsung. Pasalnya, jika terkena sinar matahari, bahan kulit pada tas akan mengalami penyusutan yang membuatnya terlihat lusuh dan akan nampak jelek.

2. Jangan Mencuci Tas dengan Deterjen

Alih-alih dapat membuat tas menjadi bersih, penggunaan detergen saat mencuci tas kulit justru malah bisa merusak bahan kulit. Bersihkan noda membandel yang menempel di tas dengan menggunakan pembersih khusus yang bertekstur lembut.

3. Hindari Tas dari Debu

Saat hendak menyimpan tas, pastikan tempat tersebut bebas dari kotoran dan juga debu. Pastikan juga ruang penyimpanan tersebut juga tidak ada celah untuk masuknya debu atau kotoran. Bila perlu, Anda bisa gunakan tempat penyimpanan khusus untuk menjaga keawetan tas.

4. Mengisi Tas dengan Menggunakan Bubble Wrap untuk Menjaga Bentuknya

Tas kulit yang jarang dipakai akan mudah berubah bentuk, terlebih jika ukurannya cukup besar. Jika tas diletakkan di dalam lemari kemudian tertindih oleh tas atau benda yang lain, maka akan menyebabkan lipatan pada tas atau berubah bentuk.

Oleh karena itu sebelum menyimpan tas, pastikan Anda mengisinya terlebih dahulu dengan kain bekas, bubble wrap, kertas atau bahan yang lain. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga bentuk tas agar tetap terjaga dengan baik. Jadi, tas masih terlihat bagus saat digunakan seperti pertama kali dibeli.

5. Hindari Penggunaan Tisu Basah

Meskipun membersihkan tas kulit lebih mudah dan praktis dengan menggunakan tisu basah, sebaiknya Anda hindari hal ini jika tidak ingin tas kulit Anda cepat rusak. Pasalnya, kandungan yang terdapat pada tisu basah dapat berpotensi merusak bahan kulit di pada tas.

6. Menata Tas Secara Baik dan Benar

Kesalahan umum yang jarang disadari pengguna tas kulit adalah menata atau menyimpan tas sembarangan. Padahal, jika tas ditumpuk, apalagi ditimpa dengan benda berat, justru akan merusak tampilan tas tersebut. Jadi, tas anda tidak akan terlihat keren lagi saat dipakai hangout.

Itulah tadi cara membersihkan tas kulit dengan benar dari kunin supaya tas tetap awet dan tahan lama