Cara Memperbaiki Tas Kulit yang Mengelupas

cara memperbaiki tas yang mengelupas

Karena Anda tidak memperhatikan cara merawat tas kulit yang benar, permukaan tas Anda tentunya akan mulai kotor dan mengelupas. Padahal tas ini jadi andalan kamu di saat-saat penting. Jika sudah terkelupas, jangan dikira tasnya tidak bisa dipakai lagi lho sobat kunin. Tas ini tetap bisa dipakai dan tampil seperti baru lagi dengan menggunakan beberapa peralatan sederhana. Simak cara memperbaiki tas yang mengelupas agar terlihat baru kembali.

Semua tas dengan berbagai jenis bahan dan model yang berbeda membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Apalagi jika kondisi tas tersebut rusak atau terkelupas, Maka Anda wajib melakukan langkah perbaikan. Agar tidak perlu membeli tas yang baru lagi, maka simak tips sederhana berikut ini untuk memperbaiki tas yang mengelupas.

Cara Memperbaiki Tas yang Mengelupas

1. Keringkan

cara memperbaiki tas yang mengelupas

Langkah yang pertama, jika tas Anda terkelupas karena udara lembab atau karena terkena air, segera keringkan tas Anda terlebih dahulu. Lap tas menggunakan kain yang kering yang bersih dan lembut. Keringkan tas jika perlu. Namun, untuk tas kulit, jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari ya

2. Minyak Kayu Putih

cara memperbaiki tas yang mengelupas

Setelah tas dikeringkan, Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu sebelum memperbaiki bagian yang terkelupas. Minyak kayu putih adalah resep lama untuk membersihkan barang-barang, termasuk tas ini.

Minyak kayu putih memang memiliki aroma, tetapi tidak akan merusak tekstur atau warna tas Anda. Tuangkan minyak kayu putih pada kain atau tisu yang lembut. Kemudian, gosok permukaan tas Anda dengan lembut ke satu arah agar bagian yang terkelupas tidak terangkat dan tidak semakin parah.

3. Pasta Gigi

cara memperbaiki tas yang mengelupas

Selain menggunakan minyak kayu putih, Anda juga bisa membersihkan tas anda dengan menggunakan pasta gigi. Anda bisa menggunakan pasta gigi jenis dan merek apa pun. Yang perlu Anda perhatikan adalah sikat giginya. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut, karena bulu yang kasar justru dapat semakin merusak permukaan tas Anda. Anda dapat melewati langkah ini jika tidak ingin bagian tas yang terkelupas terangkat.

4. Lem

cara memperbaiki tas yang mengelupas

Jika tas Anda sudah bersih, sekarang waktunya perbaikan. Cara memperbaiki tas terkelupas yang pertama adalah dengan merekatkannya kembali dengan memakai lem. Rekatkan kembali bagian tas yang mengelupas menggunakan lem. Penggunaan lem ini hanya untuk tas yang mengelupas masih sedikit, anda bisa coba rekatkan kembali dengan menggunakan lem. Gunakan cotton bud atau alat lainnya untuk meratakan lem tersebut.

5. Spidol, cat, dan semir sepatu

 

Jika bagian tas kulit Anda ternyata cukup banyak yang terkelupas maka, Anda bisa menggunakan spidol, cat, atau semir sepatu dengan warna yang sama untuk menutupi permukaan yang mengelupas.

Caranya cukup mudah yaitu tinggal oleskan secara perlahan pada bagian yang terkelupas sampai bagian tersebut menyerupai bagian lain yang masih bagus. Tapi harus diingat, cat dimulai dari satu lapisan, setelah mengering, barulah Anda mengecat lapisan yang berikutnya supaya hasilnya rata. Selain itu, Anda bisa membeli cat khusus untuk kulit yang dijual di toko-toko terdekat anda. Karena dengan menggunakan cat khusus ini hasilnya akan jauh lebih maksimal.

6. Gunakan Lakban

cara memperbaiki tas yang mengelupas

Jika tas Anda yang mengelupas adalah koper, maka Anda bisa mengandalkan lakban. Apalagi saat Anda sedang terburu-buru bepergian, Anda bisa menggunakan lakban untuk menutupinya, namun ini hanya bersifat sementara. Ingat itu hanya sementara, karena lem pada lakban mudah lepas dan terbuka, justru akan membahayakan barang bawaan Anda.

Jika Anda punya waktu, lebih baik untuk segera diperbaiki agar lebih aman dan nyaman saat digunakan. Namun lakban ini bisa kamu terapkan jika sedang dalam kondisi darurat.

7. Gunakan leather repair kit

cara memperbaiki tas yang mengelupas

 

Jika tas kulit Anda rusak atau kondisi terkelupas cukup parah, coba gunakan leather repair kit. Perawatan khusus kulit ini sering disebut dempul kulit. Pewarnaan menggunakan cat saja tidak cukup untuk mengeksfoliasi tas kulit yang cukup lebar, oleh karena itu Anda disarankan untuk menggunakan leather repair kit.

Caranya cukup mudah, yaitu cukup dempul pada bagian tas yang terkelupas lalu ratakan. Kemudian tekan dempul dengan kain . Biarkan selama sehari lalu angkat kertas tersebut dan kondisi tas kulit akan terlihat seperti baru.

8. Aplikasikan leather conditioner 

Untuk merawat tas PU atau tas kulit sintetis, Anda bisa menggunakan leather conditioner yang biasanya digunakan untuk produk sofa kulit di rumah. Tersedia dalam bentuk semprot atau krim, cukup semprotkan atau oleskan pada bagian tas kulit yang ingin terkelupas. Kondisioner kulit juga efektif untuk melembutkan dan memberi kilau pada bagian tas yang kotor.

9. Bawa tas mengelupasmu ke tempat reparasi

Jika kondisi pengelupasan pada tas Anda sudah tergolong parah. Dan ketika Anda melakukan berbagai cara di atas, rasanya kurang efektif. Tentu membawanya ke reparasi khusus tas adalah langkah yang paling tepat.

Sebagai pilihan, Anda juga bisa membawa tas branded ke tas spa berkualitas. Mulai dari pembersihan, retouching hingga recoloring, tas Anda pasti akan terlihat seperti baru kembali dengan layanan spa bag. Tapi memang, mungkin Anda harus bersiap untuk menyiapkan dana lebih banyak.

Cara Merawat Tas Kulit yang Tepat

cara memperbaiki tas yang mengelupas

Untuk merawat dan merawat tas kulit, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tas kesayangan tetap terlihat seperti baru. Berikut kami rangkum tips menyimpan dan merawat tas kulit dengan baik dan benar.

1.  Hindari paparan sinar matahari dan air

Saat beraktivitas di siang hari, usahakan tas tidak terkena sinar matahari dalam waktu lama. Soalnya, sinar matahari bisa membuat warna kulit tas memudar dan membuatnya terlihat kusam dan kering.Selain itu, Anda juga harus menjauhkan tas kulit dari air karena kulit yang lembab setelah terkena air dapat menjadi tempat tumbuhnya jamur pada tas Anda.

2. Gunakan cairan pembersih khusus

Membersihkan tas kulit tidak boleh sembarangan. Hindari menggunakan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia tinggi dan menggunakan kuas karena dapat merusak bahan tas Anda. Namun, Anda harus menggunakan cairan pembersih khusus untuk tas kulit. Tips yang lainnya adalah membersihkan tas dengan baking powder hangat dan menyekanya dengan kain lembut.

3. Hindari menumpuk tas kulit

Selain cara membersihkan tas kulit, penyimpanan tas yang satu ini juga tidak boleh sembarangan. Salah satunya adalah menghindari menumpuknya tas kulit dengan tas lainnya. Selain bisa merusak bentuk tas kulit, cara ini juga bisa membuat lemari pakaian terlihat berantakan.

Untuk itu, Anda bisa menyimpan koleksi tas kesayangan Anda agar tetap terawat dan tertata dengan baik dengan menggunakan rak kaca,

4. Oleskan pelembab khusus tas kulit

Meskipun tas kulit perlu mendapatkan udara dari waktu ke waktu agar tidak lembab, tas kulit juga perlu dijaga kelembabannya. Hal ini agar warna tas kulit tidak menjadi kusam, bahan menjadi kaku, bahkan terkelupas.

Untuk itu, Anda membutuhkan pelembab khusus untuk kain yang bisa Anda dapatkan di toko yang menjual perlengkapan tas dan kain.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki tas yang mengelupas dan juga cara merawat tas kulit agar awet yang bisa Anda terapkan pada tas kulit kesayangan Anda.