Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Memutihkannya

cara memutihkan gigi kuning

Gigi kuning merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang sering dikeluhkan banyak orang. Namun kini ada cara memutihkan gigi kuning lho, penasaran? Berikut tipsnya.

Gigi cenderung menguning dan kusam seiring dengan bertambahnya usia, warna gigi yang menguning dapat disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari kebiasaan sehari-hari seperti minum kopi, teh, menyirih, hingga yang disebabkan oleh riwayat penyakit tertentu.

Selain terlihat kusam, gigi yang menguning tentunya juga akan mengganggu penampilan anda. Anda sendiri mungkin enggan untuk tersenyum lebar atau berbicara dengan orang-orang di sekitar Anda.

Penyebab Gigi Kuning

cara memutihkan gigi kuning

Warna alami gigi manusia bukanlah putih cemerlang seperti susu atau porselen.Warna alami gigi cenderung putih kekuningan dan agak tembus pandang. Warna putih kekuningan pada gigi ini berasal dari lapisan enamel, enamel sendiri yaitu lapisan terluar gigi yang keras dan kuat.

Sayangnya, lapisan enamel ini bisa terkikis dan rontok saat Anda menyikat gigi terlalu keras, sering makan makanan asam, dan sebagainya.Ketika lapisan enamel terkikis, lapisan dentin terpapar ke lingkungan luar. Dentin sendiri merupakan lapisan tengah setelah enamel kuning.Berikut ini beberapa penyebab gigi kuning.

1. Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab paling umum dari gigi kuning. Racun yang berada didalam rokok seperti tar dan nikotin juga bisa mempengaruhi warna pada gigi Anda. Efek ini bisa langsung terlihat dalam waktu yang sangat singkat.

Perokok berat bahkan bisa memiliki gigi yang berwarna kecoklatan atau bahkan hitam setelah bertahun-tahun merokok. Pada prinsipnya, semakin lama dan semakin banyak Anda merokok, semakin pekat gigi Anda.

Banyak yang sekarang beralih ke rokok vape atau rokok elektrik. Mereka yang beralih berpikir bahwa rokok vape akan lebih aman dan tidak menyebabkan gigi kuning. Faktanya, rokok vape masih memiliki kandungan nikotin yang sama dengan rokok kretek biasa. Merokok, baik vape maupun rokok tembakau, tentu bisa membuat gigi menjadi kuning.

2. Jarang menyikat gigi

Penumpukan plak adalah akar dari semua masalah yang menyerang gigi dan mulut. Jika Anda jarang menyikat gigi dan flossing gigi, maka gigi Anda akan terlihat lebih kusam karena plak yang tidak dibersihkan.

3. Menyikat gigi terlalu keras

Banyak orang yang sering menyikat gigi terlalu keras karena dianggap akan membuat gigi lebih bersih. Padahal, menyikat gigi terlalu keras justru dapat merusak lapisan enamel gigi, hingga lapisan dentin yang berwarna kuning terlihat.

Hal ini karena tekanan menyikat gigi akan merusak dan mengikis lapisan tipis enamel dan mengekspos lapisan dentin, sehingga menyebabkan gigi menguning.

4. Terlalu banyak fluoride

Salah satu bahan yang terdapat dalam obat kumur dan pasta gigi yaitu fluoride. Fluoride sendiri sangat berguna untuk melindungi gigi dan juga menjaga kebersihan mulut. Namun, jika terlalu banyak fluoride dan juga zat asam yang terkandung dalam obat kumur maka justru akan menyebabkan gigi menguning.

Jika Anda sering mengonsumsi makanan dan melakukan kebiasaan buruk yang menyebabkan gigi kuning, Anda harus bisa mengatasinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencoba menggunakan produk pemutih gigi namun sesuai dengan rekomendasi dan resep dari dokter gigi. Jadi, langkah yang Anda pilih sudah tepat dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Riwayat medis tertentu

Beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi lapisan enamel dan dentin juga bisa menyebabkan noda pada gigi. Bahkan pengobatan untuk kondisi tertentu juga bisa menyebabkan hal yang sama, seperti radiasi pada leher dan kemoterapi.

Infeksi yang dialami ibu hamil juga dapat mempengaruhi perkembangan enamel janin nantinya. Gangguan pada enamel ini memungkinkan anak memiliki gigi yang lebih kuning dari biasanya.

Cara Memutihkan Gigi Kuning

1. Kumur Dengan Minyak Kelapa

cara memutihkan gigi kuning

Anda juga bisa menghilangkan gigi kuning dengan berkumur dengan minyak kelapa. Minyak kepala dapat membantu menghilangkan plak dan bakteri di dalam mulut, sehingga gigi tampak lebih putih.

Cara menggunakannya untuk memutihkan gigi kuning juga cukup mudah. Anda cukup berkumur dengan satu hingga dua sendok teh minyak kelapa. Saat berkumur dengan minyak kelapa, jangan sampai minyak ini tertelan atau mencapai bagian belakang tenggorokan.

2. Sikat Gigi Dengan Cara yang Benar

Untuk membersihkan gigi kuning, Anda harus menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari. Apalagi setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan gigi kuning. Sikat gigi Anda setidaknya selama dua menit setiap hari. Pastikan sikat gigi menjangkau semua celah pada bagian gigi.

Sikat dengan lembut dalam gerakan melingkar di seluruh gigi. Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih untuk menghilangkan noda pada permukaan gigi Anda. Jika memungkinkan, gunakan sikat gigi elektrik agar lebih efektif menghilangkan noda membandel pada gigi Anda.

3. Mengkonsumsi Buah dan Sayur yang Banyak Mengandung Air

cara memutihkan gigi kuning

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel dan mendapatkan bonus kesehatan adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur dengan kandungan air yang tinggi. Buah dan sayuran yang banyak mengandung air dapat membantu menjaga kesehatan gigi, sekaligus membersihkan gigi dan gusi dari plak penyebab gigi kuning. Mengunyah buah dan sayuran yang renyah dapat meningkatkan produksi air liur, membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi, dan menghilangkan warna kuning pada gigi.

4. Gunakan Soda Kue dan Hidrogen Peroksida

Cara memutihkan gigi kuning membandel juga bisa menggunakan baking soda dan hidrogen peroksida. Kombinasi kedua bahan ini dapat menghilangkan penumpukan plak dan bakteri hingga menghilangkan noda pada gigi. Cara menggunakan baking soda dan hidrogen peroksida cukup praktis.

Siapkan pasta gigi dari campuran satu sendok makan soda kue yang ditambahkan dengan dua sendok makan hidrogen peroksida. Setelah menggunakan pasta gigi untuk menyikat gigi, bilas mulut Anda sampai bersih agar tidak merusak lapisan pelindung gigi Anda

5. Kumur dengan cuka apel

cara memutihkan gigi kuning

Cuka apel juga dapat digunakan untuk obat kumur alami untuk memutihkan gigi kuning. Cara membersihkan gigi kuning membandel dengan cuka sari apel cukup mudah. Buat campuran dua sendok teh cuka sari apel dengan 170 mililiter air bersih untuk obat kumur alami.

Gunakan obat kumur ini selama 30 detik, lalu bilas dengan air bersih, dan gosok gigi hingga bersih. Yang perlu diingat, cuka sari apel bersifat asam sehingga bisa merusak gigi. Pastikan untuk menggunakannya dalam waktu singkat dan bersihkan sisanya secara menyeluruh agar tidak merusak gigi.

Cara Mencegah Gigi Kuning

Setelah perawatan, gigi akan tetap bisa menguning apabila tidak dirawat dengan baik. Untuk mencegah gigi kuning, Anda bisa melakukan langkah-langkah sederhana,diantaranya yaitu:

  • Berhenti merokok, dan kurangi konsumsi teh, minuman beralkohol, dan minuman bersoda.
  • Berkumurlah secara rutin dengan air setelah mengonsumsi makanan atau minuman berwarna.
  • Menyikat gigi dengan benar, 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

Untuk memaksimalkan upaya mengatasi gigi kuning dan mencegah gigi kuning kembali, Anda harus rajin menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Selain menyikat gigi secara teratur, Anda juga disarankan untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal setahun sekali.

Itulah tadi beberapa penyebab gigi kuning dan cara memutihkannya yang dapat kunin sampaikan. Semoga bermanfaat!