Cara Memutihkan Tangan Belang, Gunakan 9 Trik berikut.

memutihkan kulit tangan belang

Sering melakukan aktivitas di luar ruangan terutama jika terpapar dibawah sinar matahari langsung yang terik akan meningkatkan risiko kulit tangan menjadi belang. Munculnya kulit belang di tangan atau kaki sudah tentu dapat mengganggu penampilan bagi beberapa orang. Lalu apa saja cara memutihkan tangan belang?

Kenapa kulit tangan bisa belang?

Kulit mempunyai pigmen pemberi warna gelap alami yang sering dikenal dengan melanin. Apabila kulit terpapar sinar matahari secara langsung, kulit dapat melepaskan melanin untuk mengurangi radiasi sinar ultraviolet (UV).

Semakin lama kulit terkena secara langsung oleh paparan sinar matahari maka akan semakin banyak melanin yang diproduksi. Hal ini ber akibat menjadi area kulit dapat lebih gelap dibandingkan bagian kulit yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Warna kulit yang menghitam memang dapat kembali seperti sedia kala seiring dengan kemampuan kulit dalam memperbarui sel-selnya. Namun proses ini memakan waktu yang panjang.

Pada sebagian orang bisa jadi tidak masalah dengan perubahan warna kulit menjadi gelap tersebut. Namun beberapa orang bisa jadi merasa terganggu dengan keberadaan warna kulit yang tidak merata.

Cara memutihkan tangan yang belang

Nah, untuk sobat kunin yang ingin memutihkan tangan yang belang, simak berbagai macam cara mengatasinya berikut ini :

1. Eksfoliasi

cara memutihkan tangan belang dengan exflo tangan

Salah satu cara memutihkan tangan yang belang adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit menggunakan scrub.

Eksfoliasi dengan scrub dapat dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami atau produk kecantikan tertentu yang di jual di pasaran.

Cara ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta mengembalikan warna kulit yang belang dan kusam menjadi tampak tampak cerah.

Setelah melakukan eksfoliasi kulit ada hal – hal yang harus diperhatikan, seperti memakai pelembap setelah eksfoliasi guna mencegah kulit kering.

Sobat kunin juga perlu menghindari paparan langsung sinar matahari saat sedang terjadi pengelupasan kulit, karena kulit pasca dieksfoliasi biasanya lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Olehkarena itu sobat kunin dianjurkan menggunakan sunscreen atau tabir surya SPF 30 setelah melakukan eksfoliasi

2. Gunakan produk pencerah kulit

cara memutihkan tangan belang dengan pemutih tangan

Sekarang banyak produk skincare di pasaran yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit yang berguna sebagai alternatif  cara memutihkan tangan yang belang.

Namun perlu sobat kunin ketahui bahwa tidak semua kandungan skincare aman digunakan untuk kulit.

American Academy of Dermatology mengemukakan beberapa jenis bahan aktif yang direkomendasikan untuk mencerahkan kulit kusam dan memudarkan belang, seperti:

  • Vitamin C
  • Azelaic acid
  • Glycolic acid
  • Kojic acid
  • Retinoid, seperti retinol, tretinoin, atau tazarotene

Kandungan bahan aktif tersebut diatas mampu mencerahkan warna kulit serta menghambat produksi melanin.

Hindari produk pencerah kulit yang mempunyai kandungan merkuri atau steroid dikarena bisa membahayakan kulit. Silahkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi kandungan bahan aktiv yang tepat untuk kulit sobat kunin

3. Oleskan lidah buaya

lidah buaya untuk cara memutihkan tangan belang

Lidah buaya dipercaya  sebagai cara memutihkan tangan yang belang secara alami. Sebuah studi yang dirangkum dalam International Journal of Pharmacognosy membuktikan ternyata lidah buaya mampu menghambat produksi melanin serta mengurangi hiperpigmentasi kulit.

Manfaat dari olesan lidah buaya tersebut karena kandungan aloesin dalam lidah buaya mampu bekerja dengan menghambat produksi melanin dalamkulit. Dengan demikian kulit sobat kunin akan menjadi lebih cerah.

Lidah buaya juga berguna untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn).

Sobat kunin bisa mengoleskan gel lidah buaya tersebut langsung dari tanamannya atau bisa juga menggunakan produk gel Aloe vera yang dijua;  di pasaran guna membantu meratakan warna kulit yang belang.

4. Gunakan kunyit

kunyit

Kunyit sejak lama sudah dijadikan sebagai bahan alami yang mampu mencerahkan kulit karena kandungan kurkumin di dalamnya.

Meskipun belum terbukti ampuh meratakan warna kulit yang terlihat belang, sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology menginformasikan bahwa kandungan kunyit dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Selain itu studi tersebut juga menginformasikan bahwa kunyit mampu meningkatkan hidrasi kulit serta melindungi minyak alami pada kulit.

Apabila sobat kunin tertarik menggunakannya, sobat kunin dapat mencampurkan 1 sendok teh kunyit yang dihaluskan dengan beberapa tetes air perasan lemon kemudian diaduk dalam sebuah mangkuk kecil.

Aduk rata sampai teksturnya mirip pasta masker. Kemudian oleskan pada wajah, leher, tangan, kaki, atau bagian kulit belang lainnya yang diingikan dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

5. Pakai masker pepaya dan madu

pepaya dan madu

 

Campuran masker pepaya dan madu berguna untuk dijadikan sebagai cara memutihkan tangan belang.

Karena pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dikenal mampu membantu mengatasi  kulit yang  belang di tangan. Sedangkan, madu mampu membuat kulit tetap kenyal.

Cara membuatnya yaitu haluskan 1-2 sendok makan pepaya menggunakan sebuah mangkuk. Lalu tambahkan 1-2 sendok madu, aduk hingga rata sampai membentuk pasta.

Oleskan campuran tersebut pada wajah, leher, tangan, kaki, atau bagian kulit belang lainnya. kemudian diamkanlah kurang lebih  20 menit lalu bilas hingga bersih.

6. Jus kentang

jus kentang

Tahukah sobat kunin jika cara memutihkan tangan belang dapat menggunakan jus kentang? Tentu saja jus yang terbuat dari kentang disebut mampu sebagai zat pencerah kulit.

Bahan alami ini dipercaya mampu mengatasi kulit tangan belang serta lingkaran hitam yang muncul setelah berjemur di bawah sinar matahari langsung.

Berikut cara membuatnya , kupas kulit kentang kemudian haluskan kentang yg sudah bersih menggunakan blender. Aplikasikan masker kentang diarea kulit yang gelap. Diamkan kurang lebih  15 menit selanjutnya bilas dengan air dingin.

7. Gunakan teh hitam

teh hitam

Teh hitam Diklaim dapat menjadi salah satu cara memutihkan tangan belang. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian dari Toxicological Research.

Penelitian tersebut menginformasikan manfaat teh hitam mempunyai efek untuk memutihkan kulit pada hewan uji coba yang mempunyai berwarna cokelat.

Meski begitu cara memutihkan tangan belang dengan teh hitam tersebut masih perlu pembuktikan serta penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

8. Lakukan prosedur perawatan kulit

laser tangan

Apabila cara perawatan alami rumahan tidak kunjung membuahkan hasil yang optimal, sobat kunin dapat mempertimbangkan cara memutihkan tangan belang melalui prosedur perawatan kulit.

Berikut beberapa prosedur perawatan kulit yang biasa di rekomendasikan dokter kulit diharapkan mampu memutihkan kulit tangan, antara lain:

  • Chemical peeling, yaitu prosedur kecantikan dengan melakukan pengangkatkan lapisan kulit paling atas guna mempercepat regenerasi sel kulit. Hasilnya warna kulit yang tidak merata dapat menjadi lebih cerah.
  • Mikrodermabrasi. Prosedur kecantikan dengan pengangkatan sel kulit mati mempergunakan kristal-kristal halus serta vakum khusus. Prosedur ini dapat membantu mencerahkan, menghaluskan dan meratakan warna kulit.
  • Laser toning. Tindakan laser toning berguna untuk memecah pigmen melanin sampai kedalam lapisan kulit yang ter dalam sekaligus menyamarkan warna kulit  gelap dan tidak merata tanpa membuat rusak jaringan kulit di sekitarnya.

Untuk mengetahui prosedur memutihkan kulit tangan yang lebih tepat serta memiliki risiko efek samping yang mungkin terjadi, sobat kunin disarankan agar berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

9. Hindari perawatan kulit tertentu

Meskipun berbagai macam cara memutihkan tangan belang sangat menarik untuk dicoba, namun sobat tetap perlu berhati-hati dan memilah mana yang aman sebelum menggunakannya.

Jika perlu tes terlebih dahulu pada kulit untuk mencegah risiko efek samping yang bisa saja terjadi.

Apabila ada tanda reaksi alergi, seperti kulit gatal, kemerahan atau bengkak sebaiknya hindari atau hentikan  penggunaannya.