10 Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah

Mempunyai bibir yang  kering serta pecah – pecah dapat menjadikan penampilan seseorang menjadi kurang menarik. Hal ini dikarenakan lapisan kulit yang berada pada bibir mengelupas menjadikan olesan lipstik akan susah menyatu dentgan bibir. oleh karena itu kunin.id akan memgupas tuntas terkait cara mengatasi bibir kering dan pecah – pecah.

Bibir yang kering dan pecah – pecah dapat disebabkan oleh  beberapa faktor yaitu diantaranya , suka bernapas menggunakan mulut, kurang rajin membersihkan lipstik dengan baik, jarang mengonsumsi air putih, sering terpapar sinar matahari langsung, suka menggigit bibir serta mempunyai alergi.

Dari beberapa penyebab bibir kering dan pecah-pecah tersebut dapat menjadikan salah satu tanda jika sesorang mengalami beberapa hal seperti dehidrasi, alergi serta kekurangan vitamin. Mengatasi penyebab bibir kering dan pecah-pecah dapat dilakukan dengan mudah dan dapat juga sobat kunin lakukan sendiri dirumah tanpa harus datang ke klinik kecantikan yang biasanya akan membutuhkan biaya yang mahal.

Oleh karena itu kunin.id akan membahas bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara alami sebagai berikut ,

1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sangat di percaya untuk di jadikan berbagai macam perawatan baik untuk rambut ataupun kulit, tak terkecuali untuk bibir. Lidah buaya mempu berfungsi sebagai obat bibir  apabila dalam kondisi sedang terkelupas. Hal ini dikarenakan lidah buaya mempunyai sifat melembapkan serta memiliki kandungan yang tinggi antioksidan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bibir kering ataupun pecah – pecah.

Terdapat pula kandungan dalam Lidah buaya yang memiliki sifat antiinflamasi yang mampu mendinginkan kulit rusak dikarenakan pecah-pecah ataupun perih. Nah.. sobat kunin dapat mencoba  mengaplikasikan lidah buaya pada bibir secara lembut guna mengobati bibir yang mengelupas.

2. Madu

Madu di percaya mempunyai  sifat alami yang dapat  menyembuhkan serta melembapkan. Bukan hal yang baru lagi apabila madu juga dapat diterapkan sebagai cara untuk melembutkan  bibir yang kering dan pecah – pecah,  Bahkan rasa manis yang  terdapat di dalam madu juga mampu menjadikan terasa menenangkan. Tidak hanya melembutkan bibir kering dan pecah – pecah namun  juga mampu mencegah  infeksi pada  bibir yang pecah-pecah dan mengelupas.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dipercaya mempunyai antioksidan cukup tinggi. Khasiat ini sangat dipercaya mampu menjadikan bibir yang kering dan pecah – pecah akan menjadi lembut kembali,  Termasuk apabila sudah terjadi luka pada bibir, minyak kelapa dapat membantu menyembuhkan luka tersebut  secara alami.

4. Air Putih

Mengkonsumsi Air putih yang lebih banyak  ketika bibir kering ataupun pecah – pecah sangat dianjurkan hal ini dikarenakan  terbukti ampuh mengataasi dehidrasi. Kebutuhan cairan tubuh akan terpenuhi  sesegera mungkin apabila mengkonsumsi lebih banyak air putih, Serta mampu menambah kelembapan bibir secara alami serta masalah bibir kering dan pecah – pecah akan segera teratasi.

5. Mentimun

Mentimun mempunyai sifat yang dapat mendinginkan kulit serta sangat nyaman untuk digunakan sebagai masker kulit yang kering, kandungan Vitamin serta antioksidannya yang tinggi mampu dengan mudah mengembalikan kelembapan kulit bibir. Oleh karena itu mentimun dapat di jadikan sebagau salah satu bahan alami yang bisa diandalkan untuk melembabkan bibir kering dan pecah – pecah.

6. Teh Hijau

Teh hijau sudah lama di kenal memiliki kandungan anti okesidan yang cukup tinggi.  Teh hijau juga dapat dijadikan sebagai masker alami untuk melembutkan  bibir yang kering dan pecah – pecah. Kandungan polifenolnya mampu mengurangi inflamasi serta dapat membantu melembutkan kulit yang kering.

7. Butter

Terdapat beberapa jenis butter yang dapat di gunakan untuk menjadikan bibir kering dan pecah – pecah menjadi lebih lembab dan sehat. Beberapa pilihan butter yang dapat sobat kunin gunakan yaitu cocoa butter, shea butter, selai kacang, yogurt ataupun buttermilk juga dapat digunakan guna meminimalisir bibir kering dan  pecah-pecah.

Apabila sobat kunin menggunakan selai kacang, yogurt serta buttermilk sobat kunin dapat diamkan sebentar di bibir, tunggu kurang lebih selama 5-10 menit selanjutnya bilas.

Cocoa butter, shea butter serta ghee merupakan jenis butter  yang memiliki kandungan asam lemak esensial yang mampu menjaga  kulit supaya selalu terhidrasi. Yogurt  serta buttermilk pun memiliki kandungan lemak bergizi bagi kulit kering dan pecah – pecah.

8. Gula

Alternatif selanjutnya untuk mengatasi bibir kering dan pecah – pecah yaitu dengan menggunakan Gula. untuk cara pemakaiannya sangatlah mudah dan dapat dilakukan di rumah, Sobat kunin dapat menyiapkan 1 sendok teh gula merah atau gula putih, beberapa tetes minyak zaitun, 1/2 sendok teh madu, selanjutnya aduk rata campuran gula dengan minyak zaitun dan madu tersebut jangan biarkan larut.

Selanjutnya oleskan campuran tersebut pada bibir sambil digosok secara lembut dengan gerakan melingkar. Terakhir cuci scrub gula tersebut menggunakan air hangat.

Sobat kunin dapat menggunakan sugar scrub ini satu kali dalam satu harinya, kemudian lanjutkan dengan menggunakannya sekali atau dua kali dalam satu minggu guna menjaga kelembaban bibir agar selalu  lembut serta halus.

Perlu sobat kunin ketahui yaa , menggosok bibir menggunakan sugar scrub mampu melepaskan sel – sel kulit mati yang berada pada bibir serta mampu menghilangkan lapisan kulit yang kering serta bersisik.

Hal ini sangat bermanfaat guna menjadikan bibir lebih lembut serta lentur. Cara Ini juga mampu mengembalikan warna alami pada bibir.

Gula merupakan eksfoliant yang sangat baik yang dengan mudah dapat ditemukan didalam dapur rumah.

9. Hindari Menjilat Bibir

Apabila  bibir terasa kering pada sebagian orang biasanya akan reflek untuk menjilat bibir atau memasukkan ke dalam mulut. Hal ini disebut – sebut mampu melembapkan bibir kering atau pecah – pecah  dengan cepat.

Faktanya, hal tersebut adalah mitos! Perlu  sobat kunin ketahui yaa ternyata air liur atau saliva mampu menguap dengan sangat cepat hal ini justru akan semakin menjadikan bibir  lebih kering. hindari untuk menjilat bibir yaa sobat kunin ketika sedang merasakan bibir terasa kering karena hal tersebut malah dapat menjadikan bibir makin pecah-pecah.

10. Hindari kebiasaan menggigit bibir

Selain menjilat bibir, menggigit-gigit bibir bisa menjadikan salah satu bibir lebih mudah kering dan pecah – pecah lhoo sobat kunin.  kebiasaan menggigit bibir adabaiknya  harus ditinggalkan hal ini dikarenakn jika sering mengigit bibir mampu menyebabkan trauma yang akan merusak lapisan pelindung di bibir. Hal ini mengakibat kan bibir lebih mudah kering ataupun pecah-pecah.

Nah seletah mengaetahui beberapa cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah – pecah diatas semoga sobat kunin dapat menghindari beberapa penyebabnya akan memperkecil kemungkinan untuk menjadikan bibir menjadi kering dan pecah – pecah, sobat kunin dapat melakukan cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah dengan alami tersebut di rumah dan dengan bahan – bahan yang sangat mudah di dapatkan di sekitar kita, sehingga tidak perlu untuk datang ke klinik – klinik kecantikan hanya untuk melembutkan bibir yang biasanya harus membayar dengan biaya yang mahal