Cara Mengatasi Sepatu yang Oversize

cara mengatasi sepatu kebesaran

Tidak jarang pada saat membeli sepatu secara online kita memesan dengan ukuran yang terlalu besar. Tentu hal ini akan membuat kita kesal, karena memakai sepatu yang terlalu besar tentunya membuat kita tidak nyaman. Bahkan bisa membuat kaki kita melepuh. Tapi kini tidak perlu khawatir, ada cara mengatasi sepatu kebesaran atau oversize

Jadi, tahan dulu keinginan untuk menjual sepatu Anda dengan harga yang murah, karena sepatu yang oversized tetap bisa digunakan dengan nyaman. Bagaimana caranya? Berikut tips dari kunin mengatasi sepatu kebesaran agar lebih nyaman dipakai.

Masalah yang Timbul Akibat Memakai Sepatu Oversize

cara mengatasi sepatu kebesaran

Tak hanya perihal ketidaknyamanan saja, memakai sepatu yang terlalu besar juga bisa menimbulkan berbagai masalah. Sepatu kebesaran membuat gaya berjalan Anda canggung. Ukuran sepatu yang tidak pas ini juga bisa membuat Anda mudah tersandung, bahkan terjatuh.

Sepatu yang longgar juga bisa membuat kuku kaki terbentur ke depan setiap melangkah. Akibatnya, kuku Anda bisa melepuh dan menghitam. Dalam beberapa kasus, gesekan dan benturan pada kuku kaki dapat menyebabkan beberapa masalah lain, diantaranya:

  • Jika kaki Anda terlalu banyak bergerak dengan sepatu yang oversize, gesekan di antara keduanya dapat menyebabkan kaki kapalan.
  • Jempol kaki Anda sering terbentur dan mengenai sepatu, berpotensi menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam atau biasa disebut cantangan
  • Anda bisa mengalami hammer toe, hammer toe sendiri yaitu suatu kondisi di mana jari-jari kaki bengkok atau tertekuk ke bawah
  • Ada juga peningkatan risiko jatuh dan cedera, seperti pergelangan kaki terkilir karena memakai sepatu yang ukurannya terlalu besar.

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran

Asalkan perbedaan ukuran sepatu dengan kaki tidak terlalu besar, Anda tetap bisa mengakalinya. Ikuti beberapa cara mengakalinya  berikut agar bisa memakai sepatu yang longgar atau oversize,

1. Pakai Kaus Kaki Tebal

cara mengatasi sepatu kebesaran

Mengenakan kaus kaki tidak hanya mencegah bau kaki, tetapi juga mencegah kulit melepuh akibat gesekan. Tak hanya itu, kamu bisa memilih kaos kaki yang lebih tebal agar sepatu tidak lagi terlalu besar.

Selain memilih kaos kaki yang lebih tebal, kamu juga bisa melipat kaos kaki. Pilih kaus kaki yang ukurannya lebih panjang. Kemudian, masukkan kaki hanya setengah, jangan sampai ke ujung. Kemudian lipat kaus kaki Anda ke bawah untuk menginjaknya. Cara mengakali sepatu oversized ini bertujuan untuk menambah volume kaki.

Namun, Anda perlu berhati-hati menggunakan metode ini. Pasalnya, kaos kaki yang tebal rentan menyebabkan kaki berkeringat. Dalam jangka panjang, kondisi kaki dan sepatu menjadi lembap. Jamur kaki dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi.

Jadi, jangan lupa untuk sesekali melepas sepatu agar kulit di kaki Anda bisa terkena udara. Jaga kebersihan kaki, kaus kaki, dan sepatu Anda.

2. Pakai Sol Tambahan di Dalam Sepatu

cara mengatasi sepatu kebesaran

Cara mengakali sepatu oversized selanjutnya adalah dengan menggunakan sol tambahan. Namun, sol ini tidak ditambahkan ke bagian bawah sepatu, melainkan bagian dalam sepatu (insole). Dengan begitu maka, lapisan sol tersebut akan mengurangi ruang sepatu yang kebesaran.

Anda dapat menemukan sol tambahan di toko sepatu atau perawatan sepatu. Bawalah sepatu Anda saat membelinya, agar tidak salah dalam memilih ukuran sol yang tepat.

3. Tambahkan Penyumpal Kaki

cara mengatasi sepatu kebesaran

Selain memakai kaus kaki, Anda juga bisa menjejali bagian depan sepatu dengan tisu, koran, atau busa. Cara mengakali sepatu yang terlalu besar dapat mencegah kuku kaki Anda mengenai bagian depan sepatu.

Aturannya sama, Anda juga harus melepas sepatu agar kulit bisa terkena udara. Jangan lupa untuk mengganti tisu atau koran sesering mungkin dan pastikan kaki dan sepatu Anda selalu bersih.

4. Menggunakan Heel Grips

cara mengatasi sepatu kebesaran

Pengganjal sepatu oversized yang bisa kamu coba adalah heel grips. Sesuai dengan namanya, ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari cara untuk mengatasi oversized heels. Tekstur alat ini berupa busa atau spons. Menggunakan alat ini membuat ukuran sepatu lebih pas dan nyaman digunakan.

Namun patch ini tidak hanya bisa kamu gunakan untuk heels, kamu juga bisa menggunakan patch ini pada flat shoes atau boots lho.

5. Menambahkan Gel Pengisi Sepatu

Tidak hanya dengan insole, kamu juga bisa menggunakan gel pengisi sepatu untuk mengurangi ruang kosong pada sepatu secara merata. Alternatif ini memiliki berbagai bentuk. Pilih sesuai kebutuhanmu. Jika sepatu terlalu besar di sisi yang panjang, Anda bisa menggunakan gel sepatu yang diletakkan di bagian belakang kaki. Jika sepatu terlalu besar dari segi volume, pilihlah gel yang sesuai dengan bentuk sepatu.

6. Double Sided Shoe Tape

cara mengatasi sepatu kebesaran

Apakah tumit Anda pernah terpeleset atau terlepas dari sepatu karena memakai sepatu yang kebesaran? Biasanya wanita mengalami hal ini saat menggunakan sepatu hak tinggi yang kebesaran. Tapi, rata-rata, semua sepatu yang licin dan terlalu besar juga akan sering lepas dari kaki Anda. Sebagai jawaban atas masalah ini, Anda dapat menggunakan selotip sepatu dua sisi atau double sided shoe tape.

Produk ini mirip dengan double tape, hanya untuk sepatu yang terlalu besar. Cara kerjanya adalah menjaga kaki Anda agar tidak telepas dari sepatu.

Produk ini tidak hanya dibutuhkan untuk menopang sepatu oversized dan sepatu hak tinggi yang longgar, tetapi juga untuk wanita yang tidak ingin ketahuan tidak pandai memakai sepatu high heels atau hak tinggi. Jika Anda kesulitan menemukan produk ini, Anda juga bisa mencoba menggunakan double tape biasa.

7. Shoe Filler

Produk shoe filler sebenarnya mirip dengan heels grip. Hanya saja, pengisi sepatu harus terbuat dari bahan busa/spons. Pengisi sepatu juga cenderung lebih tebal dan lebih lembut daripada heel grip. Sesuai dengan namanya, fungsi dari benda ini adalah untuk mengisi kekosongan pada sepatu. Dan, cara meletakkannya adalah di ujung jari kaki.

8. Menggunakan Air

cara mengatasi sepatu kebesaran

Ada cara yang cukup aneh yang bisa membuat sepatu menjadi lebih kecil, yaitu dengan menggunakan air. Caranya adalah dengan membasahi sepatu dengan merendamnya (untuk sepatu kasual & olahraga) dan menyemprotkannya (untuk sepatu kulit & suede).

Jika demikian, jemur sepatu Anda di bawah sinar matahari. Jika cuaca mendung, gunakan pengering rambut dengan pengaturan panas paling rendah. Setelah kering, sepatu akan menyusut dan pas dengan ukuran kaki Anda.

9. Memanfaatkan Bantalan Kaki

Solusi selanjutnya untuk sepatu oversized adalah dengan menggunakan alas kaki atau foot cushion. Anda dapat dengan mudah mendapatkan bantalan lunak ini di berbagai toko sepatu. Selain dapat untuk mengurangi volume sepatu yang besar, bantalan kaki juga tahan lama dan bisa membuat pengguna sepatu lebih nyaman untuk beraktivitas.

Biasanya bantalan ini digunakan untuk pemilik sepatu heels. Jadi, sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari pengganjal untuk sepatu heels.

Selesai sudah pembahasan tentang cara mengatasi sepatu kebesaran. Meski sepatu kebesaran bisa diatasi, sebaiknya jangan menggunakannya dalam jangka panjang, karena bagaimanapun juga kaki membutuhkan sepatu yang pas.