Tips Menghadapi Teman yang Menyebalkan

cara menghadapi teman yang menyebalkan

Setiap orang memiliki karakteristik atau sifat yang berbeda-beda, maka tidak heran jika Anda akan bertemu dengan orang-orang yang menyebalkan. Dan itulah yang terkadang membuat Anda merasa tidak nyaman. Tapi tenang, ada beberapa cara menghadapi orang yang menyebalkan yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi teman yang anda rasa menyebalkan.

Beberapa sahabat atau teman memang selalu ada di saat kita sedang dalam keadaan sedih ataupun senang, tulus dan menyenangkan. Namun tak jarang juga ada teman yang sikapnya menyebalkan. Misalnya dia hanya ingin memanfaatkan keadaan, egois, bermuka dua, atau tidak menghargai anda. Nah, apabila Anda memiliki teman dengan sikap seperti itu dan ingin menyerah, jangan khawatir, Kunin mempunyai tips menghadapi teman yang menyebalkan, Jadi baca sampai selesai ya!

Cara Menghadapi Teman yang Menyebalkan

cara menghadapi teman yang menyebalkan

1. Hadapi dengan sabar

Kesabaran memang sangatlah ampuh dalam hal menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang tidak menyenangkan. Salah satunya adalah menghadapi teman yang menyebalkan. Anda jelas tidak bisa mengubah karakter teman Anda dalam waktu yang singkat. Yang bisa Anda lakukan hanyalah bersabar untuk dapat menghindari konflik dengan teman anda.

Mungkin sesekali anda bisa menyelipkan kritik, saran atau ajakan supaya teman-teman anda tidak melakukan hal-hal yang menyebalkan lagi. Lakukan dengan ikhlas dan juga sabar supaya pelan-pelan teman anda bisa mengerti maksud dan tujuanmu.

2. Sadari bahwa setiap individu bersifat unik

Sebelum anda terbawa emosi karena sikap menyebalkan teman anda, sadarilah bahwa setiap manusia diciptakan dengan berbagai karakter yang unik dan berbeda. Karakter ini juga tentunya akan terbawa ketika mereka berinteraksi dengan orang lain, termasuk dengan anda

Mungkin teman yang menyebalkan itu tidak menyadari bahwa apa yang dia lakukan atau katakan itu menyebalkan, karena dia memang begitu. Namun, bukan berarti dia adalah orang yang jahat, buruk atau tipe negatif yang lainnya. Berpikir jernih dan terbuka akan membantu Anda supaya dapat menerima karakter orang lain tersebut dan tetap tenang.

3. Cari tahu penyebabnya

Anda merasa kesal dan tidak nyaman dengan perlakuan teman yang menyebalkan itu? Coba cari tahu penyebabnya. Dengan mengetahui apa yang mengganggu Anda, diharapkan Anda dapat mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya.

Misalnya, Anda memiliki teman yang suka membicarakan orang lain. Hari ini dia ngobrol denganmu dan membicarakan tentang seseorang. Keesokan harinya, dia bisa ngobrol dengan orang lain dan membicarakan tentang Anda. Hal ini yang tentu sangat mengganggu.

Mengetahui mengapa Anda tidak menyukai seseorang mungkin tidak mengubah karakter orang tersebut, akan tetapi hal itu dapat membantu Anda mengelola perasaan anda sendiri dan berpikir lebih rasional.

4. Dengarkan dan pahami

Apa pun yang dikatakan oleh teman Anda, dengarkan saja. Anda bisa menjadi pendengar yang baik untuknya, meskipun mungkin ada beberapa poin dalam pembicaraan tersebut yang tidak sejalan dengan pikiran Anda.

Dengan anda mendengarkan dia, mungkin Anda akan tahu dan paham tentang apa yang dia inginkan. Mungkin selama ini tidak ada orang yang bisa memahaminya sehingga dia bertingkah menyebalkan untuk mendapatkan perhatian orang-orang yang ada di sekitarnya.

Tapi ingat, selama Anda menjadi pendengar yang baik, anda jangan terbawa suasana. Apa pun yang dia katakan, suka atau tidak suka, jangan biarkan Anda bereaksi dan malah memicu konflik.

5. Alihkan perhatiannya

Cara selanjutnya untuk menghadapi teman yang menyebalkan yaitu dengan mengalihkan perhatian mereka. Saat dia mendekat dan mulai bertingkah yang anda rasa menyebalkan, Anda bisa mengubah fokusnya. Jika topik pembicaraan anda rasa mengganggu, ganti dengan topik dengan membahas hal-hal yang lucu atau hal-hal yang sedang viral saat ini.

Begitu juga jika yang menyebalkan adalah sikapnya, anda bisa alihkan ke hal yang disukai atau dikagumi sehingga ia kehilangan fokus untuk melanjutkan sikapnya yang menyebalkan tadi. Namun perlu diingat, bahwa cara mengalihkan perhatian yang Anda lakukan juga harus halus. Jangan biarkan dia tersinggung. Bersikaplah sealami mungkin dan tarik perhatiannya ke hal lain tanpa dia sadari.

6. Abaikan dan hindari

Jika anda termasuk orang yang mudah terpancing emosi, maka cara tepat yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengabaikan dan menghindarinya. Apa pun yang dia lakukan atau katakan, abaikan saja dan anggap saja angin lalu. Jangan ditanggapi apalagi dipedulikan.

Biasanya, cepat atau lambat dia akan berhenti dengan sendirinya untuk mengganggu dan menyebalkan karena tidak mendapatkan perhatian dari Anda. Namun apabila ternyata dia tidak ingin pergi dan tetap berada di dekatmu, maka lebih baik anda yang harus menghindarinya dengan berbagai alasan untuk bisa melewatinya. Namun cara ini, juga harus dilakukan dengan lembut, tentu supaya tidak akan menyinggung perasaannya.

7. Bersikap sibuk

Terjebak di suatu tempat atau ruangan dengan teman yang menyebalkan adalah hal yang paling ingin Anda hindari. Mau diam-diam, jelas tidak sopan. Tetapi bahkan memulai percakapan pun akan terasa terlalu malas. Lalu bagaimana cara menghadapinya?

Cobalah untuk menjadi sibuk atau sok sibuk. Hindari ngobrol dengan menggunakan cara yang halus. Seperti berpura-pura sibuk mengerjakan pekerjaan kantor atau bisa juga membaca buku dengan serius. Jika teman Anda bertanya apa yang Anda lakukan, beri tahu mereka bahwa ada pekerjaan yang harus diselesaikan hari ini.

Dengan bersikap seperti itu, maka kemungkinan besar dia tidak akan berani mengganggu dan membiarkan Anda tenggelam dalam urusan Anda sendiri.

8. Jujur tentang perasaan Anda

Alih-alih terus-menerus memendam perasaan tidak menyenangkan untuk teman Anda, mengapa Anda tidak mencoba jujur ​​dan membicarakannya secara baik-baik?

Teman Anda juga tidak akan memahami sinyal atau kode yang Anda sampaikan, seperti mengabaikan, menghindari atau tidak berbicara dengannya. Mungkin dia akan menebak apa yang terjadi dengan Anda dan kemudian salah paham.

Katakan padanya dengan jujur ​​tentang sikapnya yang mengganggu Anda dan apa yang membuat Anda tidak nyaman. Anda tentu akan merasa lebih lega setelah melepas beban perasaan tersebut, meski awalnya juga akan terasa berat.

Dan jika teman Anda sudah cukup umur, maka dia akan bisa menerimanya dengan hati terbuka. Bersikap jujur ​​juga dapat menjauhkan Anda dari konflik dan dapat membangun persahabatan yang lebih erat.

9. Tetap berteman dan jangan membenci

Melindungi perasaan sendiri Anda sepenuhnya adalah hak Anda. Akan tetapi pada kenyataannya, tidak ada manusia yang sempurna. Mungkin kita juga dianggap menyebalkan oleh orang lain tanpa kita sadari.

Oleh karena itu, jangan putus dengan teman dan jangan pernah untuk membenci teman yang sering mengganggu anda. Jangan juga untuk menyingkirkan atau bahkan mengucilkannya. Jika Anda menjadi emosional, hindari untuk bertemu satu sama lain untuk sementara waktu.

Percayalah, setiap orang pasti memiliki kemungkinan untuk berubah. Dengan kesabaran dan keikhlasanmu, siapa tahu temanmu dapat berubah dari menyebalkan menjadi lebih menyenangkan.

Itulah beberapa cara untuk menghadapi teman yang menyebalkan yang dapat anda coba.