Faktor Penyebab Wanita Bad Mood Dan Cara Mengatasinya

cara menghilangkan bad mood

Hidup tentunya tak selalu happy. Ada kalanya masalah datang dan bikin badmood. Jangan dibiarkan. Inilah cara menghilangkan bad mood yang dapat anda coba. Hidup tidak selalu mulus. Ada kalanya Anda merasakan kegagalan, kesulitan, atau masalah yang membuat mood drop. Bad mood sendiri tidak boleh dianggap remeh karena hal ini bisa berdampak cukup besar bagi kehidupan, apalagi jika sering terjadi.

Suasana hati yang buruk dapat menyebabkan susah untuk berpikiran yang jernih. Anda tidak dapat membuat keputusan yang tepat, mengurangi produktivitas, dan bahkan dapat mengganggu hubungan sosial dengan keluarga, teman, rekan kerja, dan pasangan.

Terutama pada wanita, wanita lebih sering mengalami perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Perubahan mood yang semula ceria menjadi bad mood secara instan tentunya dapat merusak komunikasi dan hubungan dengan orang lain, termasuk kepada pasangan. Berikut faktor-faktor penyebab bad mood dan cara mengatasinya.

Faktor Penyebab Bad Mood Pada Wanita

cara menghilangkan bad mood

1. Premenstrual syndrome (PMS)

Premenstrual syndrome terjadi 1-2 minggu sebelum seorang wanita memasuki periodenya. Selain memicu perubahan suasana hati yang tiba-tiba, fase PMS umumnya disertai dengan gejala lain yang meliputi kelelahan, perubahan nafsu makan, kembung, dan depresi.

Tingkat keparahan gejala PMS dapat bervariasi dari bulan ke bulan. Namun, gejala tersebut biasanya akan membaik dalam waktu 1 atau 2 hari setelah menstruasi dimulai.

Anda juga mungkin mengalami gejala PMS yang lebih ringan atau bahkan lebih buruk seiring bertambahnya usia. Variasi ini bisa berbeda untuk setiap wanita, jadi cara mengatasi bad mood pada wanita juga bisa berbeda.

2. Premenstrual dysphoric disorder (PMDD)

Gejala PMDD ini mirip dengan PMS, tetapi jauh lebih parah. PMDD dapat memicu perubahan suasana hati yang ekstrem, membuat Anda mudah tersinggung, hingga depresi berat. Namun, kondisi ini jarang terjadi. Diperkirakan hanya sekitar lima persen wanita pada usia subur yang mengalaminya.

3. Gangguan psikologis

Gangguan psikologis dapat mempengaruhi sikap Anda dan memicu berbagai gejala. Salah satunya adalah perubahan mood alias bad mood. Beberapa gangguan psikologis yang dapat menyebabkan bad mood tiba-tiba antara lain: attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), depresi, dan bipolar.Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat memicu perubahan suasana hati yang ekstrem.

4. Stres

Saat Anda stres, suasana hati Anda akan menjadi tidak menentu. Jika tidak segera diatasi dan terjadi secara terus menerus, kondisi ini bisa menyebabkan perubahan suasana hati yang parah dan berbagai masalah psikologis lainnya.

Tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan mental, stres juga dapat memengaruhi kondisi fisik Anda. Misalnya, kurang nafsu makan, sakit kepala, pegal-pegal, dan sulit tidur.Oleh karena itu, sebelum berdampak pada kondisi fisik, sebaiknya diterapkan cara mengatasi bad mood pada wanita akibat stres.

5. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon estrogen selama PMS dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Selain itu, hipotiroidisme juga dapat menjadi pemicu kondisi serupa. Hipotiroidisme sendiri merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan hormon ini dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Cara Menghilangkan Bad Mood

cara menghilangkan bad mood

Cara menghilangkan bad mood pada wanita harus disesuaikan dengan penyebabnya. Hal ini perlu bantuan dokter untuk mendeteksi pemicunya secara akurat. Akan tetapi ada juga sejumlah tindakan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan suasana hati Anda. Beberapa di antaranya adalah:

1. Berolahraga

Berolahraga bisa menjadi cara untuk mengembalikan mood Anda. Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan endorfin, yaitu hormon yang membuat Anda merasa bahagia, yang dapat menangkal suasana hati yang buruk.Pilih jenis olahraga yang menjadi favorit Anda. Lakukan secara rutin agar mood tetap terjaga dengan baik.

2. Mendengarkan Musik

Hidup tanpa musik adalah kosong. Nyalakan atau putar musik yang Anda suka dan nikmati waktu santai untuk menghilangkan suasana hati yang buruk.

Dengarkan lagu-lagu yang membangkitkan semangat untuk mengangkat suasana hati. Hindari mendengarkan lagu sedih yang justru bisa membuat Anda semakin bad mood.

3. Cukup Tidur

Tidur dan suasana hati sebenarnya berjalan beriringan. Jika Anda kurang tidur, kinerja dan cara berpikir Anda akan terpengaruh keesokan harinya. Akibatnya, Anda berisiko tinggi mengalami bad mood.

Di sisi lain, tidur yang cukup akan membuat Anda segar dan dalam suasana hati yang baik. Tidurlah selama 8-9 jam per hari agar fisik dan psikis menjadi lebih bugar dan tenang.

4. Makan

Tak ayal, makan adalah salah satu cara untuk menghilangkan bad mood. Ketika seseorang lapar, mereka sering merasa kesal dan kemudian suasana hati menjadi buruk. Namun, usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi seperti makanan yang mengandung asam lemak omega-3 di dalamnya seperti ikan salmon. Asam lemak omega-3 dipercaya dapat meningkatkan mood.

Buah dan sayuran juga tidak boleh luput dari daftar menu makanan penambah mood Anda. Karena buah dan sayur mengandung zat penting yang sedikit banyak mempengaruhi mood. Makanan seperti junk food seringkali menjadi pilihan saat mood sedang tidak baik-baik saja. Mengonsumsi makanan seperti junk food dan sejenisnya dapat mengembalikan mood, namun sebaiknya batasi konsumsinya.

5. Berkumpul dengan Orang Terdekat

Menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat merupakan cara menghilangkan bad mood yang patut dicoba karena keefektifannya juga dinilai tinggi. Cara mengatasi bad mood ini bahkan sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang melibatkan kurang lebih 50 ribu responden.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bergaul dengan orang terdekat seperti teman dapat meningkatkan mood hingga 8 persen. Sedangkan jika berkumpul dengan keluarga seperti orang tua dan anak, peningkatan mood yang terjadi masing-masing adalah 1,4 persen dan 0,7 persen.

6. Aromaterapi

Aromaterapi merupakan cara menghilangkan bad mood selanjutnya yang bisa Anda coba. Minyak atsiri atau esensial ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat aromaterapi adalah dapat membantu menenangkan pikiran Anda saat sedang lelah atau dalam suasana hati yang buruk.

Para ahli kesehatan sepakat bahwa menghirup aromaterapi adalah cara yang efektif untuk menghilangkan bad mood. Saat suasana hati sedang buruk, Anda bisa menghirup minyak esensial seperti minyak peppermint dan minyak lavender.

7. Mengonsumsi Suplemen Magnesium

Mengkonsumsi suplemen magnesium adalah cara lain untuk menghilangkan bad mood yang bisa Anda coba. Bad mood juga bisa diatasi dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium. Pasalnya, magnesium membantu pelepasan serotonin dari tubuh dimana senyawa ini berperan penting dalam meningkatkan mood. Selain dari suplemen obat, Anda juga bisa mendapatkan magnesium dari sejumlah bahan alami seperti: dark chocolate, pisang, alpukat, atau gandum utuh.

8. Pergi ke Alam Terbuka

Melihat pemandangan yang indah merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bad mood. Menutup mata sambil menghirup udara segar tentu bisa membantu menghilangkan rasa lelah pada diri sendiri. Berada di alam terbuka dengan banyak pepohonan yang rindang dapat memperbaiki mood anda.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan bad mood dan cara mengatasinya yang dapat kunin sampaikan. Semoga bermanfaat.