15 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami dan Mudah

cara menghilangkan bekas luka

Mempunyai bekas luka yang terlihat tidak hanya membuat seseorang menjadi tidak percaya diri tetapi juga dapat  mengganggu penampilan. Oleh karena itu banyak orang selalu mencari tau bagaimana cara menghilangkan bekas luka.

Hal tersebut jadi semakin merepotkan jika bekas luka terlihat secara nyata, terutama dibagian tangan atau kaki.

Apabila bekas luka yang terlihat tidak sedikit, bisa jadi rasa percaya diri seseorang akan menjadi semakin berkurang, atau bisa jadi memengaruhi psikologis mereka.

Jika sobat kunin adalah salah satu orang yang mempunyai masalah tersebut, jangan khawatir. Sobat kunin tidak memerlukan obat yang mahal kok untuk memudarkan ataupun menghilangkan bekas luka tersebut.

Cukup dengan ramuan obat alami guna menghilangkan bekas luka yang mudah didapatkan di sekitar rumah, dan bekas luka pun akan segera memudar.

Jenis bekas luka pada umumnya cukup banyak. Tidak  hanya sekadar luka bakar atau memar, luka lecet , luka sobek merupakan jenis luka yang  umum didapatkan pada banyak orang.

Bekas lukanya pun mudah terlihat secara nyata, bahkan dapat terlihat menghitam apabila dibiarkan dalam waktu yang lama.

Bekas luka yang cenderung menghitam tersebut tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga sering membuat kulit menjadi gatal.

Namun sobat kunin tidak perlu khawatir karena ada banyak jenis bahan alami yang mudah didapatkan, serta dipercaya manjur dapat memudarkan bekas luka.

Berikut Ini daftarnya!

1. Madu

cara menghilangkan bekasa luka dengan madu

Madu sangat dikenal bermanfaat untuk kulit, selain mampu memberikan kelembapan, madu juga mampu menjadi cara menghilangkan bekas luka.

Karena madu mengandung bahan yang mampu membantu kulit mempercepat proses regenerasi sel kulit di dalamnya.

Dalam proses menghilangkan bekas  luka, kamu pun bisa mencampurinya dengan baking soda, terlebih jika luka tersebut ada pada bagian wajah.

2. Jeruk Nipis 

jeruk nipis dapat sebagai cara menghilangkan bekas luka

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah dengan jeruk nipis.

Selain mampu mencerahkan kulit, jeruk nipis juga bisa menghilangkan bekas luka di kulit.

Karena jeruk nipi mempunyai zat aktiv yaitu zat Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang dapat mengangkat sel kulit mati, serta mengembalikan regenerasi kulit khususnya bekas luka

3. Lidah Buaya

 cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya

Salah satu bahan organik untuk dapat di jadikan salah satu alternatif cara menghilangkan bekas luka yang sangat umum ialah lidah buaya.

Lidah buaya  mempunyai sifat anti inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi iritasi kulit serta mengangkat sel kulit mati.

Apabila sobat kunin ingin menghilangkan bekas luka dengan menggunakan lidah buaya, cara yang baik adalah dengan mengambil seratnya lalu dioles pada bagian luka.

4. Minyak Zaitun

cara menghilangkan bekas luka denga minyak zaitun

Minyak Zaitun dikenal sebagai minyak serba bisa, minyak zaitun juga bisa menjadi media baik cara menghilangkan bekas luka yang ampuh selanjutnya .

Minyak  Zaitun kaya dengan vitamin ini sangat bagus untuk kulit, dikarenakan mengandung antioksidan dan asam yang tinggi untuk bekas luka.

Untuk penggunaannya sobat kunin dapat mengoleskan minyak zaitun tersebut pada bagian luka kemudian digosok secara perlahan dengan rutin.

5. Vitamin E

cara menghilangkan bekas luka dengan vitamin e

Vitamin E juga dikenal sebagai zat kaya antioksidan yang sangat baik untuk kulit, oleh karena itu Vitamin E sangat tepat untuk menghilangkan bekas luka.

Karena penggunaan vitamin E berguna untuk  mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit serta mencegah jaringan parut dikulit.

Penyembuhan luka dengan menggunakan vitamin E dapat sobat kunin terapkan dengan krim, salep ataupun suplemen yang mengandung vitamin E.

Selain itu sobat kunin juga dapat  mengkonsumsi makanan organik yang mengandung yang vitamin E seperti biji-bijian, kacang serta  sayuran hijau.

6. Daun Jarak

daun jarak

Salah satu bahan alami untuk membersihkan luka dan menghilangkan bekas luka adalah Daun jarak berikut cara pemakaiannya

– Siapkan beberapa lembar daun jarak lalu direbus.

– Setelah direbus, kemudian basuhkan air rebusan daun jarak tersebut pada bagian luka.

7. Air Kelapa Hijau

air kelapa hijau

Air kelapa hijau adalah salah satu jenis obat yang sangat alami  serta baik untuk tubuh, Air kelapa hijau juga mampu menghilang bekas luka khususnya bekas luka di kaki yang sudah menghitam dengan cara sebagai berikut.

– Siapkan air kelapa hijau

– Gunakan air kelapa hijau untuk membasuh bekas luka.

– Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

8. Teh Hijau

teh hijau utk merawat rambut rontok

Teh Hijau mempunyai segudang banyak manfaat, salah satunya teh hijau juga dapat di gunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka , berikut caranya :

– Siapkan ampas teh hijau

– Gosok perlahan di bagian bekas luka lakukan secara rutin hingga bekas luka menghilang

9. Mentimun

mantimun

Salah satu cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah dengan Mentimun . Mentimun mengandung banyak mineral serta vitamin bagi tubuh, sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka dengan cara  berikut.

– Iris mentimun tipis tipis lalu tempel pada bekas luka

– Diamkan selama kurang lebih 15-30 menit.

– Kemudian basuh dengan air bersih.

10. Mengkudu

mengkudu

Buah mengkudu di percaya  kaya akan zat antioksidan sehingga sangat baik untuk menghilangkan bekas secara cepat melalui cara berikut.

– Buah mengkudu dihaluskan terlebih dahulu kemudian dimasak

– Setelah matang, buah tersebut dapat  dioleskan di bagian bekas luka

11. Kunyit 

kunyit

Kunyit merupakan salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami bisa juga untuk mengobati bekas luka melepuh. Kunyit dapat sobat kunin padukan dengan madu lalu dioleskan pada bagian luka bakar.

Sobat Kunin juga dapat menambahkan campuran susu, lalu ambil dengan menggunakan kapas kemudian dioleskan.

Pijat secaraa lembut dan perlahan selama beberapa menit lalu cuci bersih dengan handuk basah.

12. Tomat 

tomat

Walaupun memiliki rasa asam tapi tomat menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan bekas luka. Karena tomat memiliki kandungan vitamin A,C,E, serta K yagn berguna untuk proses mengobati serta menyembuhkan luka.

Penggunaan tomat untuk mengobati luka sobek atau luka bakar dengan tomat yaitu dengan mencampur 1 sdm tomat, 1 sdm yoghurt serta putih telur yang diaduk secara merata lalu dioles ke bekas luka tersebut.

Setelah dioles dibagian yang mengalami luka, lalu dapat  dipijat lembut dengan menggunakan jari-jari setelah itu dicuci dengan air dingin.

13. Minyak Lavender 

minyak lavender

Lavender adalah minyak esensial yang  tidak hanya menghangatkan tubuh namun  juga bisa sobat kunin manfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka.

Karena minyak esensial lavender mampu mengurangi rasa sakit pada luka bakar ataupun luka di kaki serta meminimalisir jaringan parut pada kulit.

Sobat kunin dapat mencampurkan minyak lavender dengan minyak zaitun kemudian dioleskan pada luka tersebut.

14. Kentang

kentang

Selain dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat, kentang juga dapat menjadi salah satu obat untuk menghilangkan bekas luka sobek dan luka bakar.

Cara penggunaan nya untuk menghilangkan bekas luka dengan kentang bisa sobat kunin lakukan dengan merebus kentang, kemudian potong lalu digosokkan pada bekas luka.

Setelah digosokkan berikan pijatan  lembut pada  bagian luka atau bekas luka dengan baik pijat selama kurang lebih  5-10 menit setelah itu bersihkan dengan air.

15. Yoghurt 

yogurt utk merawat rambut rontok

Selain dikenal dapat melancarkan peredaran darah, Yoghurt juga dapat sobat kunin gunakan sebagai obat alami penghilang bekas luka terbaik.

Caranya yaitu gunakan yoghurt  yang sudah di padukan dengan putih telur dan tomat kemudian  campur merata dan aplikasikan pada bekas luka di kulit.

Semoga beberapa pembahasan tentang  jenis obat alami untuk bekas luka diatas bermanfaat untuk sobat kunin  yang tidak hanya menyehatkan kulit, tapi juga mencegah berbagai penyakit kulit berbahaya.