Penyebab Bintik-Bintik Hitam Pada Kaki dan Cara Mengatasinya

cara menghilangkan bintik hitam di kaki

Apakah Anda pernah mengalami bintik hitam di area kaki? Kondisi ini juga biasa disebut strawberry legs. Karena terlihat seperti biji strawberry hitam dan menyumbat pori-pori. Bentuknya mirip dengan komedo yang ada pada hidung. Tentu Anda tidak ingin penampilan Anda menjadi tidak maksimal hanya karena bintik hitam di kaki. Namun anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, karena ada banyak cara menghilangkan bintik hitam di kaki.

Bintik-bintik hitam pada kaki ini umumnya terjadi karena tambalan kulit yang menghasilkan atau mengandung lebih banyak melanin daripada kulit di sekitarnya. Melanin yaitu zat yang memberi warna pada area kulit. Semakin banyak melanin yang Anda miliki, maka semakin gelap warna kulit. Maka dari itu mari simak penyebab bintik hitam pada kaki dan cara menghilangkannya.

Penyebab Flek Hitam Pada Kaki

cara menghilangkan bintik hitam di kaki

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bintik hitam di kaki, Anda perlu mencari tahu apa penyebabnya. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bintik hitam pada kaki. Meskipun kemungkinan besar tidak berbahaya, namun ada beberapa bintik hitam bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius.

1. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah alasan umum munculnya bintik hitam pada kulit Anda. Jika Anda memiliki jerawat, eksim, psoriasis, atau cedera pada kulit, hal itu dapat menyebabkan peradangan dan peningkatan melanin di area munculnya lesi kulit. Ini bisa membuat bintik-bintik kulit yang tampak lebih gelap dari area sekitarnya. Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang umum. Kondisi ini dapat mempengaruhi orang dari semua jenis kulit.

Beberapa bentuk hiperpigmentasi, termasuk melasma dan bintik matahari, lebih cenderung memengaruhi area kulit yang terpapar sinar matahari, termasuk wajah, lengan, dan kaki. Jenis hiperpigmentasi yang lain juga bisa terbentuk setelah terkena cedera atau peradangan kulit, seperti luka, luka bakar, jerawat, atau lupus.

2. Akibat Sinar Matahari

Kulit yang bereaksi dengan sinar matahari akan menghasilkan lebih banyak melanin. Beberapa bercak kulit dapat menghasilkan melanin dalam jumlah besar sementara kulit di sekitarnya menghasilkan melanin lebih sedikit. Menurut American Academy of Dermatology, pada orang yang mempunyai kulit putih, bintik hitam dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang cukup banyak.

Secara umum, area tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan, kemungkinan besar akan mengalami bintik hitam yang disebabkan paparan sinar matahari. Namun jika Anda memiliki bintik hitam pada area kaki, ada kemungkinan juga disebabkan oleh kerusakan kulit akibat sinar matahari.

3. Melanoma

Melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit. Pada pria, melanoma cenderung muncul di area wajah atau badan dan pada wanita cenderung muncul pada area kaki. Melanoma bisa terjadi dalam berbagai bentuk dan memerlukan pemeriksaan visual oleh dokter kulit untuk bisa mendeteksinya. Melanoma juga dapat berkembang dari tahi lalat yang ada atau muncul sebagai lesi baru sebagai bintik hitam.

Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Kaki

cara menghilangkan bintik hitam di kaki

1. Eksfoliasi kulit secara rutin

Hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkan bintik hitam tersebut adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bintik hitam pada kaki muncul karena pori-pori tersumbat. Maka dari itu salah satu kuncinya adalah eksfoliasi! Eksfoliasi ini bisa Anda lakukan dengan beberapa cara yaitu physical exfoliation, chemical exfoliation dan dry-brushing

  • Physical exfoliation

Anda bisa mengeksfoliasi kaki dengan scrub kaki atau tubuh yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan scrub ini, maka sel-sel kulit mati yang berada di lapisan atas kulit dapat terangkat. Namun tidak hanya itu saja, dengan physical exfoliation ini Anda juga akan meminimalisir potensi ingrown hair atau rambut yang terhambat pertumbuhannya dikarenakan tertutup kulit.

  • Chemical exfoliation

Tidak hanya dengan Physical exfoliation, tetapi melalui Chemical exfoliation Anda juga akan mencegah bintik hitam pada kaki. Tidak hanya bekerja dengan baik untuk mengeksfoliasi kulit wajah, produk yang mengandung exfoliator seperti Glycolic Acid atau Salyclic Acid juga akan berkontribusi mengurangi potensi bintik hitam pada kaki.

Seperti saat Anda menggunakannya di wajah, yang harus Anda lakukan adalah pengelupasan kimiawi setelah mencuci kaki. Anda bisa mengaplikasikannya pada area yang rawan bermasalah, dan setelahnya jangan lupa untuk mengoleskan pelembap yang menghidrasi. Skincare tidak cuma fokus di wajah saja, tapi area tubuh lain juga butuh perawatan yang sama!

  • Dry-brushing

Untuk membantu proses eksfoliasi, salah satu metode tambahan yang bisa Anda lakukan adalah dry brushing. Satu atau dua hari sebelum Anda akan mencukur bulu pada kaki, Anda bisa menyikat kaki Anda menggunakan sikat kering yang lembut dengan gerakan melingkar sebelum Anda mandi. Setelah itu, Anda tinggal merendam kaki dengan air hangat selama 5-10 menit. Hal ini akan membantu mengeluarkan kotoran dan melonggarkan sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori.

2. Mencukur secara tepat

Apakah anda termasuk orang yang rajin mencukur bulu kaki? Jadi, jika Anda termasuk orang yang rajin mencukur, Anda harus memastikan bahwa teknik mencukur Anda sudah dilakukan dengan benar. Karena ternyata salah satu faktor terbesar munculnya bintik hitam pada kaki adalah karena teknik mencukur yang salah.

Langkah pertama saat anda akan mencukur bulu pada kaki, Anda harus menggunakan pisau cukur yang tajam. Jika Anda menggunakan alat cukur yang tidak tajam, bulu kaki Anda tidak akan hilang seluruhnya. Jadi, pastikan pisau cukur yang Anda gunakan masih tajam dan rajinlah mengganti pisau cukur.

Selain itu, penggunaan krim cukur atau shaving cream juga penting. Menggunakan krim cukur ini akan melindungi kulit dari kekasaran pada alat cukur. Pastikan juga Anda mencukur ke arah pertumbuhan rambut dan jangan mencukur berlebihan di satu area!

3. Gunakan pelembap

Setelah Anda mencukur atau melakukan eksfoliasi, penggunaan pelembap pada kaki juga tidak kalah pentingnya. Kulit yang rajin dieksfoliasi memang sudah pasti terbebas dari kotoran, Namun pastinya akan lebih rentan iritasi dan membuat bintik hitam pada kaki semakin jelas. Oleh karena itu, gunakan pelembab untuk mengatasinya  Menggunakan pelembap secara rutin akan mencegah kulit menjadi terlalu kering, mencegah iritasi, dan pada akhirnya dapat mencegah timbulnya bintik hitam pada kaki.

4. Garam dapur

Garam memiliki kandungan mineral seperti natrium, magnesium, dan kalsium. Mineral-mineral tersebut baik untuk kulit karena dapat menjaga keseimbangan pH. Garam dapur dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami dengan cara digosokkan ke kulit untuk mengangkat sel-sel mati. Namun cara ini jangan terlalu sering dilakukan, cukup satu atau dua kali dalam seminggu agar kulit kaki tidak mengalami iritasi.

Nah itulah beberapa tips dari kunin yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan menghilangkan bintik hitam pada kaki, agar kulit bebas dari flek hitam dan lebih mulus. Tentu saja proses tersebut harus dilakukan secara rutin, agar hasilnya maksimal.