7 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Permanen dan Alami

cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen

Memiliki bulu ketiak bagi sebagian orang mengkin bukan jadi masalah. Tetapi ada sebagian orang yang menganggap dengan adanya bulu di ketiak merupakan suatu hal yang dapat mengurangi rasa percaya diri. Wanita kebanyakan  beranggapan jika mempunyai bulu ketiak bisa jadi masalah yang mengganggu. banyak yang beranggapan jika dengan memiliki bulu ketiak akan menurunkan rasa percaya diri, juga ada yang berpendapat jika bulu ketiak menjadikan rasa tidak nyaman karena dengan adanya bulu ketiak dapat menjadikan ketiak menjadi bau tidak sedap.Cara menghilangkan Bulu ketiak akan kita bahas pada artikel ini sobat kunin dapat menyimak sampai habis yaa..

Karena itulah untuk yang merasa tidak nyaman dengan memiliki bulu ketiak mereka berusaha untuk menghilangkannya melalui berbagai cara. Namun tetap harus hati-hati ya sobat kunin karena ada beberapa cara menghilangkan bulu ketiak yang justru dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Sebelumnya sobat kunin perlu tahu ternyata bulu ketiak mempunyai manfaat serta fungsi tertentu bagi tubuh kita.

Fungsi bulu ketiak :

  • Melindungi kulit ketiak dari zat-zat kimia yang berasal dari deodorant, bedak serta krim yang sangat mudah memasuki kulit ketiak
  • Melindungi kulit ketiak dari racun yang dapat terpapar dari luar tubuh.
  • Melindungi ketiak dari gesekan
  • Melindungi kulit ketiak dari bakteri
  • Melindungi payudara. Diketiak terdapat kelenjar yang mempunyai hubungan langsung dengan payudara. Apabila ada zat-zat kimia serta racun yang masuk secara terus-menerus dikelenjar ini akan dapat menyebabkan gangguan pada payudara.
  • Menarik calon pasangan. Ketiak mempunyai kelenjar apokrin yang ternyata dapat menarik calon pasangan Anda. Hampir mirip dengan feromon, kelenjar apokrin tersebut akan mengeluarkan berbagai bau yang dapat menarik pasangan Anda serta dapat memberikan tanda jika Anda telah siap. Didalam penelitian menemukan ternyata aroma ketiak setiap orang tidak sama. Hal ini  dapat juga merupakan salah satu identitas unik manusia.

Nah..ternyata tumbuhnya bulu ketiak secara alami tidaklah tumbuh tanpa ada gunanya. Ada beberapa manfaat bulu ketiak yang penting sobat kunin ketahui. Namun apabila ternyata sobat kunin masih tetap ingin menghilangkan bulu ketiak sobat kunin, janganlah takut karena ada beberapa cara menghilangkan bulu ketiak yang dianggap aman serta alami.

Beberapa Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Berikut cara yang bisa sobat kunin lakukan untuk menghilangkan bulu ketiak, yaitu:

1. Mencukur bulu ketiak

Mencukur  bulu ketiak menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan bulu ketiak. Tetapi cara ini biasanya akan bertahan sekitar 1–3 hari saja dan biasanya bulu ketiak akan tumbuh kembali.

Cara melakukannya sobat kunin disarankan membasahi terlebih dahulu pada ketiak serta selanjutnya mengoleskan krim cukur pada kulit ketiak. Selanjutnya mulailah mencukur bulu ketiak mengikuti dengan arah rambut tumbuh.

Walaupun sangat mudah dilakukan mencukur bulu ketiak bisa menyebabkan iritasi atau kulit terluka apabila dilakukan dengan menggunakan pisau cukur yang sudah tumpul. Disamping itu mencukur bulu ketiak juga mempu menyebabkan rambut tumbuh ke dalam.

2. Gunakan krim penghilang bulu ketiak

Krim penghilang bulu ketiak saat ini semakin gampang  ditemukan di pasaran. Krim tersebut bekerja dengan cara memecah keratin rambut yang menjadikan bulu ketiak akan rontok atau lepas dengan mudah.

Dalam penggunakan krim penghilang bulu ketiak ini sobat kunin tidak disarankan mendiamkannya terlalu lama sebab dapat menyebabkan kulit ketiak mengalami iritasi ruam serta meradang.

Selain itu sobat kunin uga disarankan untuk terlebih dahulu melakukan tes dengan cara mengoleskan sedikit krim penghilang bulu ketiak di sebagian kecil area kulit guna mengetahui apakah sobat kunin mempunyai alergi terhadap kandungan  bahan-bahan yang ada dalam krim tersebut.

3. Menggunakan metode laser atau IPL (Intense Pulsed Light)

Dengan menggunakan metode laser atau IPL adalah cara menghilangkan bulu ketiak yang dipercaya paling efektif dikarenakan hasilnya jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan cara lainnya. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang optimal, perawatan ini dapat dilakukan paling tidak 6 kali dengan jarak beberapa bulan.

Namun prosedur menghilangkan bulu ketiak menggunakan laser atau IP dapat menimbulkan efek samping yaitu kulit kemerahan, iritasi, perubahan warna kulit serta munculnya jaringan parut. Maka dari itu, prosedur ini pada waktu pelaksanaan perawatan nya disarankan dilakukan dengan pengawasan dokter, biasanya oleh dokter kecantikan.

Selain dengan cara di atas ada kasus tertentu seseorang dapat mengalami pertumbuhan rambut secara berlebih diakibatkan sindrom ovarium polikistik atau hirsutisme, bulu ketiak yang tumbuh sangat tepal karena syndrom tersebut dapat diatasi menggunakan obat penurun hormon. Tetapi hal tersebut hanya boleh dilakukan dengan pengawasan serta saran dan petunjuk dokter.

4. Waxing

Waxing merupakan prosedur pembersihan bulu ketiak  dengan cara menggunakan cairan lilin yang di oleskan diketiak kemudian menempelkan kain di atas lilin tersebut. Kemudian kain akan ditarik dengan cepat sehingga bulu ketiak tercabut sampai di akarnya.

Metode ini bisa dilakukan setiap kurun waktu 3–6 minggu atau disaat panjang bulu ketiak sudah mencapai  0,5 cm. Apabila terlalu pendek cairan lilin yang dipergunakan tidak akan dapat menempel sempurna pada bulu ketiak, sedangkan bulu ketiak jika terlalu panjang bisa jadi juga akan sulit ditarik.

Walaupun bisa menghilangkan bulu ketiak, waxing mempunyai risiko menyebabkan ruam kemerahan, iritasi serta peradangan pada akar rambut.

Maka dari itu sobat kunin wajib mengetahui cara melakukan waxing yang benar seperti tidak menggunakan krim retinoid sebelumnya serta menarik kain ke arah yang berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut.

5. Mencabut bulu ketiak

Cara menghilangkan bulu ketiak selanjutnya adalah dengan mencabutnya dengan menggunakan alat pencabut bulu ketiak atau pinset. Cara tersebut mampu bertahan selama 3–8 minggu sampai bulu ketiak muncul kembali.

Tetapi sebaiknya sebelum dan sesudah mencaput bulu ketiak menggunakan pinset, ada baiknya bersihkan pinset dengan alkohol yang bertujuan untuk mengurangi risiko iritasi serta infeksi pada kulit ketiak.

 6. Jeruk nipis

Selain cara membersihkan bulu ketiak yang sudah kita bahas diatas, ada beberapa cara yang lebih alami untuk menghilangkan bulu ketiak dengan alami yaitu dengan menggunakan Buah jeruk nipis . Jeruk Nipis mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi sanagat berguna untuk merontokkan rambut halus pada ketiak. Cara menghilangkan bulu ketiak permanen menggunakan jeruk nipis:

  • Belah buah jeruk nipis menjadi dua bagian.
  • Kemudian gosok-gosokkan pada kulit ketiak secara merata.
  • Lakukanlah setiap hari sebagai pengganti deodorant.

7. Kapur sirih

Kapur sirih juga mempunyai manfaat sebagai cara menghilangkan bulu ketiak karena kapur sirih mengandung kavinol, karkavol, kadinen serta zat samak yang begitu berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun untuk sobat kunin yang mempunyai kulit sensitif sebaiknya berkonsultasi  terlebih dahulu dengan dokter karena kandungan zat-zat yang berada dikapur sirih bersifat panas. Kapur sirih juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak permanen serta memutihkan ketiak. Selain dapat mencerahkan kulit ketiak, kapur sirih juga mampu mengurangi atau merontokkan bulu ketiak.

Caranya:

  1. Campur 1 sdm kapur sirih dan air lemon hingga berbentuk pasta.
  2. Sebelum dioleskan di ketiak, pastikanlah ketiak dalam keadaan bersih.
  3. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  4. Kemudian bilas dengan air hangat sampai  benar-benar bersih.

Berbagai cara menghilangkan bulu ketiak diatas dapat sobat kunin pilih sesuai kondisi dan kenyamanan sobat kunin.  Tetapi ,apabila muncul tanda-tanda iritasi serta infeksi setelah menghilangkan bulu ketiak, disarankan segeralah periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.