Penyebab Komedo dan Cara Menghilangkannya

cara menghilangkan komedo di hidung

Ada banyak cara untuk menghilangkan komedo di hidung. Meski hanya berukuran kecil, komedo merupakan masalah kulit yang kerap mengganggu penampilan. Hal ini dikarenakan, masalah kulit ini muncul sebagai bintik hitam di pori-pori kulit, sehingga sekilas terlihat seperti kotoran yang bisa mengurangi kehalusan wajah.

Namun, komedo sangat umum. Hampir semua orang pernah mengalaminya, namun remaja dan dewasa mudalah yang paling sering mengalami komedo. Perubahan hormonal yang signifikan selama masa pubertas dianggap sebagai penyebabnya. Apalagi jika mereka tidak rajin membersihkan wajah. Dibawah ini ada penyebab komedo dan cara menghilangkannya.

Berbagai Penyebab Komedo

cara menghilangkan komedo di hidung

Komedo terjadi ketika pori-pori pada kulit tersumbat oleh sel kulit mati, minyak dan terkadang bakteri. Para ahli tidak tahu pasti mengapa pori-pori kulit tersumbat. Namun, ada banyak faktor yang bisa memicu munculnya komedo. Berikut beberapa penyebab komedo yang perlu Anda ketahui.

1. Genetik

Keturunan adalah penyebab komedo yang tidak bisa dihindari. Misalnya, jika orang tua Anda cenderung memiliki minyak berlebih di area wajah Anda dan hormon yang dapat memperburuk jerawat, suka atau tidak, Anda dapat mewarisi kondisi tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki wajah yang cenderung berminyak atau sering mengalami masalah jerawat yang parah, Anda harus lebih rajin membersihkan dan merawat kulit wajah Anda.

2. Terlalu Sering Memegang Wajah

Tanpa disadari, kebiasaan menyentuh wajah yang Anda lakukan setiap hari bisa menjadi salah satu penyebab munculnya komedo. Karena kebiasaan ini bisa memindahkan kuman atau bakteri dari tangan ke wajah. Selain itu, memegang wajah akan membuat wajah yang sebelumnya meradang karena jerawat akan menjadi semakin parah. Jadi, cobalah untuk tidak sering menyentuh wajah Anda.

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berlemak dan Bergula

Terlalu banyak dalam mengonsumsi makanan yang berlemak dan tinggi kadar gula juga dapat menjadi pemicu munculnya bintik hitam pada pori-pori. Sisa lemak atau gula yang Anda konsumsi akan berubah menjadi komedo yang muncul di kulit area wajah, leher, dan bukan tidak mungkin di punggung.

Beberapa jenis makanan berlemak yang dapat memicu tumbuhnya komedo diantaranya adalah coklat, es krim, kacang tanah, karamel dan susu. Jadi, batasi asupan makanan berlemak untuk menghindari komedo.

4. Obat-obatan

Jika Anda sering mengalami masalah komedo, coba periksa obat-obatan yang Anda konsumsi. Karena, obat-obatan tertentu justru dapat menjadi penyebab munculnya flek hitam tersebut. Obat-obatan ini termasuk kortikosteroid, lithium, dan fenitoin. Jika memang benar komedo Anda disebabkan oleh obat-obatan tersebut, coba bicarakan dengan dokter Anda tentang obat alternatif.

5. Salah Menggunakan Produk Makeup

Penggunaan produk makeup yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab komedo. Apalagi jika Anda menggunakan produk makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda. Akibatnya, kulit menjadi teriritasi dan bukan tidak mungkin memicu produksi minyak berlebih yang berujung pada tumbuhnya jerawat dan komedo. Selalu gunakan produk wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan gunakan sabun yang khusus untuk wajah, bukan tubuh.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

cara menghilangkan komedo di hidung

Cara terbaik untuk menghilangkan komedo sepenuhnya adalah dengan cara perlahan dan lembut. Setidaknya cara itu tidak membuat kerusakan baru pada area kulit. Pahami juga, untuk menghilangkan dan mencegah komedo ini tidak instan. Mungkin membutuhkan waktu hingga satu bulan untuk melihat hasilnya. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan komedo di hidung yang bisa anda coba,

1. Cuci Muka Minimal Dua Kali Sehari

Saran yang paling mendasar ini masih perlu diperhatikan. Mencuci wajah secara teratur dapat membantu mencegah kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori. Mencuci wajah adalah salah satu dari tiga langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit Anda untuk alasan yang baik. Membersihkan kulit secara teratur dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, bakteri, atau sisa makeup pada wajah.

2. Gunakan Kertas Pengangkat Komedo

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan produk kertas penghilang komedo yang ditempel khusus di hidung. Kertas ini mampu menghilangkan komedo karena mengandung beberapa kandungan, antara lain alpha hydroxy acid (AHA), salicylic acid, dan tea tree oil.

Bahan-bahan ini membantu pengelupasan kulit yang mengandung sel-sel mati dan menyumbat pori-pori sehingga mengurangi komedo. Minyak pohon teh juga memiliki sifat antibakteri dan mencegah peradangan pada kulit.

3. Gunakan Masker Wajah Berbahan Alami

Masker yang dimaksud disini adalah masker yang dioleskan ke wajah. Anda bisa mencoba eksfoliasi menggunakan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami. Salah satunya adalah oatmeal atau havermut. Oatmeal mengandung bahan-bahan yang dapat mengelupas dan menenangkan kulit tanpa mengiritasinya.

Cara menggunakannya juga cukup mudah yaitu, campurkan oatmeal dengan sedikit air hangat. Lalu gosokkan dengan lembut ke komedo. Tunggu beberapa saat sebelum dibilas dengan lembut untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori.

4. Cuci Muka setelah Berolahraga

Keringat yang berlebih dapat bercampur dengan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati untuk menyumbat pori-pori, yang dapat menyebabkan komedo. Maka penting untuk mencuci muka sebelum dan sesudah berolahraga atau aktivitas apa pun yang menyebabkan keringat berlebih. Ingatlah untuk gosok dengan lembut saat mencuci muka, karena menggosok terlalu keras dapat memperburuk peradangan dan jerawat.

5. Aplikasikan Facial Scrub

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk membuat masker sendiri, maka gunakan scrub wajah untuk eksfoliasi wajah. Namun ingat, Anda harus memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam scrub wajah tersebut. Dan jangan menggosok terlalu keras juga karena akan melukai kulit.

Ahli Dermatologi juga merekomendasikan penggunaan scrub wajah yang mengandung butiran sodium tetraborate decahydrate, karena bahan ini lebih lembut di kulit dan cocok digunakan untuk kulit sensitif. Hindari scrub wajah yang mengandung polyethylene yang mengandung mikroplastik, karena selain dapat mengiritasi wajah jenis ini juga tidak ramah lingkungan.

6. Rajin Eksfoliasi Wajah

Salah satu cara menghilangkan komedo adalah dengan melakukan eksfoliasi pada wajah, baik secara kimiawi maupun fisik. Pengelupasan kimiawi menggunakan serum bertekstur cair yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid). Fungsi AHA dan BHA adalah untuk mengurangi penumpukan minyak dan kotoran yang tersumbat, serta mengecilkan tampilan pori-pori.

Sedangkan untuk pengelupasan fisik, gunakan produk scrub wajah. Lakukan pijatan secara perlahan dan halus agar tidak melukai kulit wajah dan hidung. Baik pengelupasan kimiawi maupun fisik, cukup dilakukan hanya dua hingga tiga kali seminggu agar tidak merusak skin barrier dan mengiritasi kulit.

7. Memakai Skincare Mengandung Asam Salisilat

Cara membersihkan komedo membandel di hidung selanjutnya yaitu, Anda bisa mengoleskan serum atau krim yang memiliki kandungan asam salisilat. Asam salisilat dapat melarutkan kotoran dan penumpukan minyak di pori-pori, bahkan dapat mengangkat tumpukan sel kulit mati.

Saat ini sudah banyak produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat. Jika takut tidak pas saat menggunakannya, coba konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit atau coba gunakan konsentrasi rendah.

Skincare yang mengandung salicylic acid lebih aman untuk penggunaan sehari-hari dibandingkan AHA/BHA karena tidak mengikis skin barrier. Maka tak heran, banyak orang menyukainya karena lebih ringan dan tidak membuat iritasi.

Itulah beberapa tips dari kunin untuk mengatasi komedo pada area hidung yang bisa anda coba.