Cara Menghilangkan Stres pada Wanita dan Penyebab Utamanya

cara menghilangkan stres pada wanita

Stres merupakan bagian normal dari kehidupan dan setiap orang, baik pria ataupun wanita pasti pernah mengalaminya di beberapa titik dalam hidup mereka. Kita semua pasti pernah menghadapi penyebab stres seperti kemacetan lalu lintas, pertengkaran dengan pasangan, masalah di tempat kerja dan banyak lagi. Pada artikel ini kunin akan berbagi cara menghilangkan stres pada wanita, Jadi pastikan baca sampai selesai ya!!

Stres sebenarnya tidak selalu diartikan sebagai sesuatu yang bersifat negatif. Dalam kondisi tertentu, stres juga bisa memberikan beberapa manfaat, termasuk mendorong Anda menyelesaikan tugas atau pekerjaan anda lebih cepat sebelum deadline tiba. Namun, jika kondisi dibiarkan berlarut-larut, maka tingkat stres yang tinggi dan berkelanjutan justru dapat mengganggu kehidupan sehari-hari anda dan dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Jika Anda sering merasa stres, apalagi stres yang berkepanjangan, ada baiknya Anda berusaha melakukan manajemen stres dengan baik agar Anda bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan tentunya bahagia. Berikut cara menghilangkan stres yang bisa anda lakukan agar Anda lebih bahagia dan tetap sehat, Namun sebelumnya anda dapat menyimak dulu penyebab stres pada wanita berikut ini:

Penyebab Wanita Stres

cara menghilangkan stres pada wanita

Ketika anda memasuki usia produktif, banyak hal yang akan berubah dalam kehidupan. Bahkan mungkin saja ada sejumlah peran baru yang harus anda jalani. Belum lagi banyaknya tuntutan dan tekanan yang tidak dapat anda hindari, tentunya anda akan merasakan hidup menjadi semakin sulit.

Faktor penyebab stres itu sendiri bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal. Bisa disebabkan karena faktor lingkungan, bisa juga karena kondisi pikiran dan mental yang sedang tidak stabil. Pada umumnya wanita usia produktif ini lebih mudah stres karena beberapa hal berikut.

1. Tuntutan Multitasking

Semakin banyak tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dapat diselesaikan dalam waktu yang bersamaan. Hal ini yang kemudian membuat anda mau tidak mau harus melakukan dan menyelesaikan sejumlah pekerjaan dalam kurun waktu yang hampir bersamaan.

Misalnya anda menghabiskan waktu makan siang dengan tetap bekerja di depan komputer. Mulut mengunyah makanan, sementara tangan masih sibuk mengetik, dan masih harus diselingi dengan menjawab telepon atau mengobrol dengan rekan kerja yang lainnya.

Jika hal ini sering Anda lakukan, tanpa disadari, energi Anda akan lebih cepat habis dan Anda akan mudah stres. Melakukan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu (multitasking) juga dapat membuat kestabilan emosi dan pikiran anda terganggu.

2. Sering Memikirkan Hal Negatif

Semakin banyak hal yang harus dilakukan. Belum lagi tuntutan untuk memenuhi ekspektasi banyak orang. Jika hal tersebut tidak segera dikontrol, kondisi tersebut akan membuat kita terlalu banyak memikirkan hal-hal yang negatif. Anda akan menjadi lebih mudah merasa stres dan tidak puas dengan kehidupan. Semakin sering Anda khawatir, khawatir yang berlebihan, dan berprasangka buruk, justru akan membuat pikiran Anda dipenuhi oleh hal-hal negatif yang justru membuat diri Anda mudah stres.

3. Merasa Kesepian

Jumlah teman yang semakin berkurang, Sahabat yang dulunya dekat kini mulai perlahan mulai menjauh, Setiap orang terdekat Anda mulai mengambil jalan kehidupannya masing-masing. Dalam keadaan sepi ini, sulit untuk berpikir jernih. Stres juga dapat meningkat dan kortisol yang diproduksi oleh tubuh juga meningkat. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh dan kesehatan jantung akan terganggu sehingga anda akan rentan terkena penyakit, seperti jantung, diabetes, kanker dan lain sebagainya.

4. Tidak Punya Waktu Menekuni Hobi

Hobi adalah aktivitas atau kegiatan yang anda lakukan karena kita menyukainya. Melakukan hobi dapat membantu anda terhindar dari kondisi stres. Mengapa? Karena pada saat anda melakukan sesuatu yang anda sukai, otak akan meningkatkan produksi hormon serotonin.

Dengan meningkatnya hormon ini, tentunya anda akan merasa jauh lebih bahagia. Ketika Anda semakin sibuk dengan berbagai urusan dan tidak memiliki waktu untuk menekuni hobi anda sendiri, kemungkinan besar Anda akan mudah stres.

Cara Menghilangkan Stres pada Wanita

cara menghilangkan stres pada wanita

1. Melakukan Hal atau Kegiatan yang Disukai

Salah satu cara menghilangkan stres yang bisa dibilang cukup efektif adalah dengan melakukan aktivitas yang Anda sukai. Cobalah melakukan aktivitas yang membuat Anda lupa waktu dan merasa senang saat anda melakukannya, seperti halnya menulis, memancing, membaca buku, mewarnai, dan menonton film atau drama Korea.

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam memilih aktivitas yang menyenangkan, Anda bisa mencoba hal baru yang mungkin belum pernah Anda coba sebelumnya, seperti halnya melukis, berkebun, dan mengikuti kelas menari atau bahkan merangkai bunga.

2. Mencari Teman

Dukungan sosial juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengatasi stres pada wanita. Sahabat atau teman dekat anda bisa membantu anda dalam banyak hal, mulai dari mendengarkan masalah hingga membantu dalam menyelesaikannya. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki dukungan sosial yang kuat cenderung lebih sehat, bahagia, dan tidak terlalu stres.

Bagi anda wanita khususnya, ini merupakan bagian yang penting dalam memelihara kehidupan karena wanita cenderung menangani stres dengan lebih baik dengan berbagi perasaan dan juga membentuk kelompok dukungan.

3. Tidur

Stres juga seringkali menyebabkan anda kurang tidur yang justru akan membuat Anda merasa semakin stres. Wanita seringkali kurang tidur karena memiliki banyak peran dalam kesibukan sehari-hari, bahkan sulit untuk tidur di malam hari karena stres yang dialaminya.

Usahakan untuk mengatur jadwal tidur yang sehat terutama di malam hari, hindari makan atau konsumsi kafein saat sebelum tidur dan berikan waktu yang cukup untuk tidur nyenyak. Anda juga bisa mencuri waktu untuk tidur siang di siang hari, meskipun hanya sebentar. Waktu tidur yang singkat di siang hari cukup membantu memulihkan energi dan mengelola stres.

4. Melakukan Teknik Relaksasi

Saat anda sedang stres, Anda juga bisa mencoba teknik relaksasi, seperti melakukan yoga atau meditasi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dan meditasi dapat meredakan kecemasan dan gejala depresi, memperbaiki suasana hati, dan melawan pikiran yang bersifat negatif. Tak hanya itu saja, meditasi dan yoga juga bisa membantu Anda lebih mudah menenangkan pikiran dan bisa lebih fokus.

5. Mendengarkan Musik Kesukaan

Mendengarkan musik yang anda sukai juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan stres. Hal ini karena musik yang lembut dapat merilekskan tubuh dan menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres. Tak hanya musik yang lembut, Anda juga bisa mendengarkan genre musik favorit anda untuk mengatasi stres.

6. Bersyukur

Cara mengatasi stres pada wanita yang selanjutnya adalah dengan bersyukur. Menerima berkah atau rezeki apa yang sudah Anda terima sangat bermanfaat untuk mengurangi stres dan menenangkan pikiran anda. Orang-orang yang fokus pada perasaan bersyukur saat tidur di malam hari cenderung lebih tenang dan tidak cemas.

Secara keseluruhan kualitas tidur orang yang bersyukur akan lebih baik daripada orang yang tidak bersyukur. Untuk meningkatkan suasana hati Anda, anda harus selalu bersyukur tentang apa yang sudah anda miliki atau dapatkan, sekecil apapun itu.

Itulah tadi beberapa penyebab utama wanita stres dan cara mengatasinya, yang mungkin bisa anda coba. Semoga bermanfaat!!