Tips Menghilangkan Stres Pada Pria dan Wanita

cara menghilangkan bad mood

Masalah kehidupan yang tidak disadari seringkali membuat stres dan mempengaruhi kondisi tubuh. Bagi wanita, stres tidak selalu harus ditangani dengan cara yang rumit. Banyak cara sederhana yang dapat membantu menghilangkan stres terutama pada wanita dan membantu Anda menjalani hidup yang lebih sehat.

Stres merupakan kondisi yang tidak boleh diabaikan, hal ini dikarenakan dapat menimbulkan gangguan kesehatan, baik fisik maupun mental. Untuk menghilangkan stres tidak perlu mengeluarkan banyak uang, Anda bisa menghilangkan stres melalui tindakan sederhana seperti yang kunin bagikan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Stres Pada  Pria dan Wanita

cara menghilangkan stres pada wanita

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk melepaskan stres. Beberapa orang mungkin mengatasi stres dengan makan-makanan yang sehat, berbicara, atau menghabiskan banyak uang untuk berbelanja atau bahkan berlibur.Anda juga dapat mengelola stres dengan cara yang sederhana. Berikut adalah ada beberapa cara yang dapat Anda pilih.

1. Bermain dengan hewan peliharaan

Salah satu alasan mengapa anjing atau kucing digunakan sebagai hewan terapi adalah karena mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia untuk mengekspresikan kasih sayang. Membelai, memeluk, atau bermain dengan hewan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di otak. Zat ini sangat berguna untuk menenangkan otot dan pikiran sehingga Anda menjadi lebih rileks.

Selain itu, ternyata memiliki hewan peliharaan bermanfaat untuk meredakan rasa kesepian. Hasilnya, mood menjadi lebih baik, risiko depresi berkurang, dan tekanan darah juga menurun.

2. Melakukan pekerjaan rumah tangga

Untuk membantu mengalihkan pikiran Anda dari stres, alihkan perhatian Anda dengan melakukan pekerjaan rumah. Beberapa wanita justru melakukan pekerjaan rumah lebih bersih dari biasanya saat mereka sedang stres. Kegiatan ini dapat memberikan perasaan senang, sehingga dapat menghilangkan stres secara alami.

3. Pijat refleksi

Stres membuat otot-otot tubuh menjadi pegal atau nyeri. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stres adalah dengan melakukan pijat refleksi, seperti Thai Massage.

Pijat dapat menenangkan otot-otot tubuh yang tegang. Jika dilengkapi dengan aromaterapi, tidak hanya nyeri tubuh yang akan membaik, pikiran juga akan menjadi lebih tenang.

4. Berkebun

Berkebun membutuhkan konsentrasi. Karena itu, aktivitas ini akan mengalihkan pikiran Anda dari stres yang Anda hadapi.Selama berkebun, Anda akan mengamati bagaimana proses pertumbuhan tanaman dirawat, mulai dari tunas kecil, tumbuh besar, berbunga, hingga berbuah.

Semua itu bisa mendatangkan kepuasan di hati Anda. Melihat keindahan bunga dan tanaman yang berwarna-warni juga membuat mata segar dan pikiran lebih jernih.

5. Membaca buku

Biarkan kata-kata dalam buku mengendalikan pikiran Anda. Imajinasi yang baik dapat mengalahkan stres karena membantu mengurangi stres pada pikiran. Memilih buku yang Anda sukai dapat membantu Anda mengatasi stres secara alami.

6. Berenang atau berendam air hangat

Mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh yang membantu menekan kadar hormon stres. Berendam di air hangat diiringi musik lembut juga bisa menjadi pilihan.

Anda juga bisa merendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan minyak aromaterapi. Aroma tertentu, seperti lavender, telah terbukti secara konsisten mengurangi tingkat stres.

7. Tersenyum

Dalam sebuah penelitian yang dirilis di Sage Journals, disebutkan bahwa Duchenne smile,senyum lebar yang melibatkan otot-otot wajah di sekitar mata, dapat meningkatkan mood.

Meski dilakukan pura-pura, senyum ini bahkan bisa membantu mengurangi stres saat situasi di sekitar Anda sedang terasa berat.

Saat Anda tersenyum, ada perubahan aktivitas otak yang berhubungan dengan suasana hati. Senyum juga akan membuat mood orang-orang di sekitarmu menjadi lebih baik meski hanya berpura-pura.

8. Menari sambil bernyanyi

Pada hari yang berat, istirahat secara mental dan fisik dengan menari dapat meningkatkan mood Anda. Coba dengarkan lagu favorit Anda dan lakukan beberapa gerakan dansa yang bisa anda lakukan.

Menggerakkan tubuh sambil bernyanyi mengikuti irama adalah cara sederhana untuk mengatasi stres. Hati menjadi lebih bahagia dan masalah akan dialihkan.

9. Olahraga

Jika Anda memiliki sesuatu yang dinilai cukup mengganggu pikiran Anda, maka olahraga adalah kuncinya. Namun, pastikan untuk tidak membebani tubuh Anda. Jika Anda memaksa tubuh Anda untuk berolahraga keras, bukan tidak mungkin hal itu akan memicu masalah kesehatan.

Dampak Stres Bagi Kesehatan

cara menghilangkan stres pada wanita

Sebenarnya, stres tidak selalu berdampak buruk pada kehidupan Anda. Tanpa stres, Anda tidak perlu khawatir melakukan ini dan itu.Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana mengelola stres dengan baik. Akibatnya, kondisi tersebut dapat berdampak negatif bagi kesehatan.Berikut beberapa dampak stres bagi tubuh anda

1. Pada Sistem Kardiovaskular

Selain membuat jantung berdetak lebih cepat, stres jangka panjang juga bisa membuat pembuluh darah menuju otot besar dan jantung melebar. Hal ini akan menyebabkan adanya peningkatan tekanan pada darah dan juga volume darah yang dipompa ke seluruh tubuh. Akibatnya, stres jangka panjang dapat meningkatkan risiko hipertensi, serangan jantung, dan stroke.

2. Pada Sistem Imun

Stres jangka panjang akan merangsang tubuh untuk melepaskan hormon stres (kortisol) yang bisa menghambat pelepasan histamin dan respon inflamasi untuk melawan zat asing pada tubuh. Akibatnya, seseorang yang mengalami stres kronis akan rentan terhadap penyakit yang menular (seperti influenza) dan bahkan dapat membuat luka sulit untuk disembuhkan.

3. Pada Sistem Pernapasan

Saat stres, pernapasan menjadi lebih cepat karena tubuh harus mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Bagi penderita asma dan emfisema, kondisi ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

4. Pada Sistem Pencernaan

Stres dapat membuat seseorang mengalami sakit maag, refluks asam, mual, muntah, dan sakit perut. Stres juga mempengaruhi pergerakan makanan di usus, sehingga meningkatkan risiko diare dan sembelit.

Kapan harus ke psikolog?

Meskipun ada banyak cara unik dan sederhana untuk menghilangkan stres, mungkin tidak semuanya berhasil untuk Anda. Apalagi jika stres yang Anda hadapi cukup berat.

Jika anda merasakan stres yang cukup berat, ini pertanda Anda perlu ke psikolog atau dokter. Pasalnya, jika cara Anda menghadapi stres tidak tepat, kesehatan tubuh Anda akan menurun.Namun, kapan waktu yang tepat untuk pergi ke psikolog atau dokter? Berikut adalah beberapa pertimbangan yang dapat anda pahami.

1. Gejala stres semakin memburuk

Seperti penyakit lainnya, jika ditangani dengan baik, gejala stres pada fisik dan psikis tentu akan membaik. Namun, tindakan yang dilakukan sendiri tidak dapat diandalkan jika parah.

Anda memerlukan bimbingan dan pengobatan langsung dari dokter, seperti pemberian antidepresan atau terapi. Apabila stres yang anda alami membuat Anda sulit beraktivitas, maka segera konsultasikan ke dokter.

2. Salah melampiaskan stres

Ketika stres melanda pikiran, kebanyakan orang mengambil langkah yang salah untuk menghadapinya. Beberapa orang mungkin melampiaskan stres mereka dengan minum alkohol atau mengonsumsi obat-obatan.

Alih-alih menghilangkan stres, hal ini justru malah akan memperburuk kondisi Anda. Hal ini dapat meningkatkan berbagai risiko yang sangat berbahaya, seperti halnya kecanduan, depresi, dan bahkan bisa sampai ke percobaan bunuh diri.

Itulah tadi beberapa cara untuk menghilangkan stres pada wanita dan juga pria yang bisa anda coba.