Tips Mudah Untuk Menghilangkan Stres Pikiran

cara menghilangkan stres pikiran menurut islam

Setiap manusia pasti memiliki dan memiliki stresnya masing-masing. Ada banyak hal dalam hidup yang bisa menyebabkan seseorang menjadi stres, misalnya; kehilangan barang kesayangan, ditinggal sanak saudara, mendapat nilai ujian yang jelek, terlilit hutang, dikeluarkan dari pekerjaan, dan banyak hal lainnya. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan stres pikiran menurut islam.

Stres biasanya ditandai dengan sakit kepala, sulit tidur, mudah marah, sensitif, mudah tersinggung, asam lambung meningkat sehingga risiko terkena maag atau maag mudah kambuh, sulit berkonsentrasi, dan emosi seringkali tidak terkontrol dengan baik.

Cara Menghilangkan Stres Pikiran

cara menghilangkan stres pikiran menurut islam

Berapa pun besarnya stres, itu sudah menjadi bagian hidup yang tidak bisa Anda hindari. Karena Anda tidak dapat mengendalikan keadaan di sekitar Anda, cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah bagaimana Anda menanggapinya. Berikut tips menghilangkan stres pikiran.

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Situasi stres akan meningkatkan produksi hormon adrenalin dan kortisol dalam tubuh. Hormon ini memang dipasang di sistem otak kita untuk melindungi diri saat berada dalam ancaman. Nah, untuk memetabolisme jumlah yang berlebihan, Anda membutuhkan aktivitas fisik agar tubuh dan pikiran Anda kembali dalam keadaan yang lebih tenang dan rileks.

2. Hindari Konsumsi Alkohol dan Kafein

Bagi sebagian orang, minum alkohol atau merokok dapat mengurangi tingkat stres. Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, alkohol memang bisa menjadi obat depresi, namun dalam jumlah sedikit justru menjadi stimulan stres itu sendiri. Untuk cara menghilangkan stres, lebih baik mengganti alkohol dengan susu, jus buah, atau air putih.

3. Coba Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi sudah teruji dan terbukti sebagai cara menghilangkan stres, lho. Anda dapat mencari tutorial yang banyak tersedia di internet, dan memilih mana yang paling cocok untuk Anda. Pada awal latihan, Anda mungkin merasa sulit untuk tenang, rileks, dan berkonsentrasi. Tapi tidak masalah, karena relaksasi adalah keterampilan yang perlu dipelajari dan akan meningkat dengan latihan Anda.

Cara Menghilangkan Stres Pikiran Menurut Islam

Stres menyebabkan ketegangan fisik, mental, dan spiritual. Anda terkadang tidak bisa sepenuhnya lari dari hal-hal yang membuat Anda stres, jadi cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah dengan menghadapinya. Ketika stres yang Anda hadapi mengganggu fisik dan mental, Anda perlu mengunjungi dokter untuk melewatinya. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencari bantuan dari sisi spiritual.

1. Berdoa

Saat sedang stres, ubahlah perasaan itu menjadi permohonan kepada Allah SWT. Ambil tekanan untuk bersujud dan mendekat kepada-Nya. Jangan khawatir, Dia mendengar dan mengetahui apa yang ada di dalam hatimu. Diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah pernah bersabda, “Allah murka kepada orang yang tidak meminta apapun kepada-Nya.”

2. Salat Lima waktu

Manfaatkan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan pada saat shalat lima waktu sebagai cara untuk menghilangkan stres. Waktu sholat adalah waktu terbaik untuk meminta, pasrah, dan bersyukur.

3. Bersabar

Dalam Al-Qur’an dikatakan bahwa manusia dapat meminta pertolongan dengan kesabaran dan doa.  Kesabaran bukan hanya tentang berdiam diri, tetapi juga mengacu pada pengendalian diri, ketekunan, daya tahan, dan perjuangan untuk mencapai sesuatu.

4. Melakukan Tugas dengan Sebaik-Baiknya

Anda memang memiliki Allah yang mengatur dan membantu hidup Anda, tetapi, cobalah yang terbaik yang Anda bisa sebagai manusia. Hal ini mungkin sesuai dengan kisah nabi berikut ini.

Suatu ketika Nabi Muhammad melihat seorang Badui yang meninggalkan unta tanpa ikatan. Nabi kemudian bertanya mengapa untanya tidak di ikat, dan pria itu menjawab, “Aku menaruh kepercayaanku kepada Allah,”. Mendengar jawaban ini, Nabi berkata, “Ikatlah untamu dulu, baru percaya kepada Allah.”

Dengan bertanggung jawab atas bagian Anda, itu berarti cara untuk menghilangkan stres karena Anda tidak perlu menyesali dan menyalahkan diri sendiri jika sesuatu yang buruk terjadi.

5. Menyadari Kalau Semuanya Atas kehendak Allah

Penting untuk disadari bahwa apa yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah. Lalu, mengapa harus stres dan tertekan ketika semuanya tidak berjalan sesuai rencana Anda? Bisa jadi Dia sedang mempersiapkan hal-hal baik yang tidak Anda pikirkan sebelumnya.

6. Berserah setelah Berusaha

Meski sudah berusaha semaksimal mungkin, ingatlah bahwa Allah-lah yang akan mengatur hasil perjuangan. Dengan mengingatnya, bisa menjadi cara untuk menghilangkan stres jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan Anda.

Cara Menghilangkan Stres Berat

cara menghilangkan stres pikiran menurut islam

Stres berat biasanya akan berdampak pada kesehatan Anda. Jadi, segera cari bantuan dan solusi untuk menghadapinya. Namun, tidak ada program penghilang stres yang cocok untuk semua orang. Apa yang mungkin berhasil bagi satu orang belum tentu berhasil mengatasi stres bagi orang lain.

1. Atur Waktu

Terkadang stres muncul karena banyak hal yang harus Anda lakukan dalam waktu yang sempit. Selain terbatas dalam waktu, Anda juga terbatas dalam hal kekuatan pikiran, bukan? Cara menghilangkan stres adalah dengan menerima bahwa Anda tidak dapat melakukan segalanya. Harus ada seseorang yang Anda delegasikan, atau jika terpaksa, pilih tugas mana yang menjadi prioritas dan Anda bisa melakukannya di lain waktu.

2. Nyalakan Lilin Aromaterapi

Beberapa aroma yang dihirup dapat mengobati suasana hati, dan keefektifannya telah dibuktikan melalui berbagai penelitian ilmiah. Plus, aromanya dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Anda dapat menggunakan aroma lavender, mawar, vetiver, bergamot, chamomile, atau cendana.

3. Ambil Kendali

Bukan tidak mungkin stres yang Anda alami terjadi karena masalah sebenarnya masih sangat mungkin untuk diselesaikan. Namun, karena Anda dalam keadaan stres, Anda tidak dapat melihat dengan jelas solusi yang terlihat. Cara menghilangkan stres adalah dengan menuliskan masalah Anda, kemudian tuliskan langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil, kapan, di mana, dan siapa saja yang terlibat dalam masalah tersebut.

4. Ambil Pertolongan Medis

Ketika stres mulai mengganggu aktivitas Anda dan memengaruhi cara Anda berinteraksi dengan orang lain, maka Anda harus segera mencari bantuan dengan mengunjungi dokter. ahli medis dapat mengetahui cara menghilangkan stres yang efektif untuk kondisi Anda.

Cara Menghilangkan Stres bersama Pasangan

Banyak yang tidak mengetahui bahwa, stres dapat mempengaruhi hubungan cinta Anda. Apalagi stres bisa menular seperti gerakan pada bola pingpong dimana ketegangan akan memantul bolak-balik pada pasangan. Pasangan yang stres akan lebih sering bertengkar, menarik diri, merasa sedih dan marah. Dalam jangka panjang, jika hal ini dibiarkan akan berdampak pada kualitas hubungan mereka.

1. Menghabiskan Waktu dengan Teman dan Keluarga

Saat Anda stres, cobalah bergaul dengan orang yang Anda cintai. Menjadi bagian dari mereka mungkin akan membantu Anda melewati masa-masa sulit. Plus, sebuah penelitian menemukan bahwa ketika bersama dengan orang yang dicintai, wanita khususnya membantu melepaskan oksitosin, pereda stres alami.

2. Menghindari Hal-Hal yang Menyebabkan Stres.

Cara ampuh untuk menghilangkan stres adalah dengan memblokir hal-hal yang membuat stres semakin parah. Misalnya, jika kamu ditekankan karena apa yang Anda baca dan lihat di media sosial, maka Anda harus segera turun dari hal-hal tersebut. Kenali penyebabnya, lalu lakukan langkah pencegahan. Ketika semuanya berakhir, Anda akan menyadari bahwa kebiasaan kecil dapat menjadi alat yang membantu tingkat stres Anda berada pada tingkat yang lebih baik.

3. Mendengarkan Musik Instrumental

Musik instrumental yang dimainkan dengan tempo lambat dapat memicu respons relaksasi dengan menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan hormon stres. Selain jenis alat musik, cara menghilangkan stres juga bisa dengan mendengarkan lagu yang Anda sukai dan suara alam.

Itulah tadi cara menghilangkan stres pikiran menurut islam yang dapat kunin sampaikan. Semoga bermanfaat!