Cara Menjadi Muslimah yang Baik dan Cerdas

cara menjadi muslimah yang baik

Cara menjadi wanita muslimah yang baik bisa dimulai dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu bisa dimulai dengan menutup aurat terlebih dahulu. Aurat merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seorang wanita muslimah dan tentunya tidak boleh untuk diperlihatkan atau bahkan dipamerkan terhadap orang lain.

Namun seorang wanita muslimah juga harus menjaga pandangannya saat dekat dengan lawan jenis. Hal ini juga dinyatakan dalam Al-Qur’an, yaitu Surat An-Nisa yang mengatakan bahwa wanita harus dihormati setiap saat.

Wanita muslimah memiliki kedudukan yang mulia dalam Islam. Kondisi wanita sebelum Rasulullah Muhammad Shallalahu wa alaihi wassalam sungguh menyedihkan. Namun dengan izin Allah Subhanahu wa ta’ala Rasulullah hadir untuk mengangkat derajat wanita agar wanita dapat memiliki kedudukan yang mulia. Maka dari itulah peran seorang wanita muslimah ini sungguh sangat luar biasa.

Al-Qur’an dan Hadits juga sudah menjelaskan tentang peran wanita muslimah. Berikut ini cara menjadi muslimah yang baik sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits.

Cara Menjadi Muslimah yang Baik

cara menjadi muslimah yang baik

1. Menutup Aurat Sesuai Syariat

Wanita muslimah tidak boleh memperlihatkan auratnya. Seperti diketahui, aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah. Model hijab untuk wanita muslimah saat ini sangat beragam. Terkadang model yang sedang tren ini tidak menutupi lekuk tubuh dan tidak sesuai dengan syariat Islam.

2. Menjaga Perkataan

Allah telah menganugerahi manusia dengan indra dengan kelebihannya masing-masing. Mulai dari mata, telinga, hidung, kulit dan mulut yang masing-masing mempunyai fungsi tersendiri. Mulut ini selain untuk makan, juga berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan cara berbicara. Namun, terkadang omongan yang keluar dari mulut ini bukanlah hal yang baik.

Dan, tak jarang, sengaja atau tidak, kata-kata yang kita ucapkan bisa menyinggung dan menyakiti hati seseorang. Parahnya lagi, kita tidak menyadarinya. Tentu saja hal seperti ini tidak baik dibiarkan berlarut-larut. Untuk mengantisipasi kata-kata yang kita keluarkan adalah hal-hal yang kurang baik, maka kita perlu membiasakan diri untuk mempraktekkan setiap kata yang keluar dari mulut kita adalah kata-kata dan hal-hal yang bermanfaat.

3. Berakhlaqul Karimah

Bagaimana menjadi akhlaqul karimah? Kita bisa meniru perilaku Nabi Muhammad Shallalahu Wa Alaihi Wassalam. Akhlaknya adalah akhlak terbaik yang bisa dijadikan panutan bagi seluruh umat manusia, tidak hanya untuk wanita muslimah. Untuk memulainya, Anda bisa mempelajari bagaimana akhlaknya sejak kecil hingga meninggal. Dari kehidupannya kita bisa mengambil contoh dengan memuliakan orang tua. Seperti yang Nabi Muhammad Shallalahu Wa Alaihi Wassalam lakukan pada orang tua, paman dan kakeknya.

4. Memiliki Sifat Malu

Rasa malu adalah salah satu sifat wanita muslimah yang tidak boleh dihilangkan. Apalagi saat bergaul dengan laki-laki, sikap pemalu ini boleh saja ditunjukkan. Namun harus sesuai dengan adab dan bagaimana menjadi wanita muslimah menurut islam.

Malu dalam arti menjaga pandangannya agar tidak berlebihan. Tentu saja, Allah tidak menyukai perilaku yang berlebihan. Berbeda dengan wanita jaman sekarang yang lebih suka bermain sampai bersentuhan dengan laki-laki yang bukan mahramnya.

Jenis-Jenis Kecerdasan Sesuai Tuntutan Islam

cara menjadi muslimah yang baik

Seorang wanita muslimah harus memiliki akal yang cerdas. Karena wanita muslimah adalah ibu dan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Karena karakter seorang anak muncul berkat bimbingan orang tuanya. Wanita muslimah saat ini harus memiliki komitmen yang kuat terhadap syariat Allah, agar apapun yang mereka lakukan sesuai dengan cara dan aturan Islam.

Sebelum kita membahas cara atau tips menjadi muslimah yang cerdas dalam Islam, mari kita bahas dulu jenis-jenis kecerdasannya,

1. Kecerdasan Intelektual

Seorang muslimah dikatakan memiliki kecerdasan intelektual jika memiliki kemampuan yang baik mengenai penggunaan akalnya, misalnya dalam hal belajar, memahami sesuatu, menganalisis, merencanakan, memecahkan masalah, dan yang lain sebagainya.

2. Kecerdasan Fisik

Kecerdasan jasmani atau fisik bagi seorang wanita muslimah ditandai dengan kemampuan untuk menjaga kondisi fisiknya agar selalu sehat, bugar, rapi, bersih dan bebas dari penyakit. Kesehatan jasmani adalah salah satu karunia terbesar Allah. Dan salah satu cara kita mensyukuri anugerah ini, adalah dengan merawatnya dengan baik.

3. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional erat kaitannya dengan karakter psikologis positif yang mempengaruhi keberhasilan seseorang. Seorang muslimah yang memiliki kecerdasan emosional berarti memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola perasaan, mengendalikan diri, dan memiliki sejumlah karakter positif yang berkaitan dengan kondisi psikologisnya seperti keberanian, kejujuran, optimisme, kemandirian, dan sebagainya.

4. Kecerdasan Spiritual

Dalam Islam, kecerdasan spiritual ini ditandai dengan keyakinan penuh penganutnya akan adanya Allah SWT dibalik setiap peristiwa, dan dapat mengambil hikmah dari peristiwa tersebut sebagai bekal hidup.

Cara Menjadi Muslimah yang Cerdas

cara menjadi muslimah yang baik

1. Membaca Al-Qur’an

Al-Quran adalah pedoman hidup bagi umat Islam dan sumber ilmu tertinggi. Oleh karena itu, mari biasakan membaca Al-Quran dan tafsirnya setiap hari. Lebih baik lagi jika Anda bisa menghafalnya. Banyak riset juga yang telah membuktikan bahwa membiasakan membaca Al-Quran setiap pagi akan membuat pikiran kita semakin cerdas.

Dengan rutin membaca Al-Quran dan mempelajari isinya, maka pikiran kita akan selalu dipenuhi dan dicerahkan dengan ilmu yang berasal dari Sang Pemilik Ilmu Yang Maha Esa, hati kita akan selalu menemukan ketenangan, keimanan kita akan bertambah.

Dengan demikian,maka membaca Al-Quran sangat bermanfaat untuk mengasah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan juga sekaligus kecerdasan spiritual. Dan dengan mengamalkan kandungannya insya Allah hidup kita akan mendapatkan keselamatan.

2. Rajin Beribadah

Melaksanakan ibadah merupakan kewajiban setiap muslim dan muslimah. Manfaat ibadah sendiri dalam Islam diantaranya, seperti shalat, zakat, puasa, dan lain-lain untuk dapat meningkatkan kecerdasan intelektual, fisik, emosional, dan spiritual telah banyak dibahas dalam berbagai literatur.

Akan terlalu banyak untuk dijelaskan di sini. Salah satu contoh ibadah puasa yang kita jalani saat ini adalah ibadah yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan detoksifikasi (kecerdasan fisik), melatih kesabaran (kecerdasan emosi), mengasah empati (kecerdasan sosial), dan juga meningkatkan hubungan seorang hamba dengan Sang Pencipta. (kecerdasan spiritual).

Satu hal yang penting untuk kita sadari, kita harus menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh, khusyuk dan semata-mata mengharap keridhaan Allah, sehingga manfaat ibadah untuk meningkatkan kecerdasan secara holistik akan tercapai.

3. Banyak Membaca Buku

Anda pastinya juga setuju, bahwa dengan rajin membaca buku adalah cara yang efektif untuk menjadi pintar atau cerdas. Terutama buku-buku yang bermanfaat dan mengajak kita untuk lebih memahami anugerah Tuhan. Membaca buku ini juga dapat meningkatkan kecerdasan intelektual pada diri Anda.

4. Berdoa

Berdoa adalah perintah dari Allah dan merupakan kewajiban setiap muslim. Kewajiban manusia adalah berusaha. Sedangkan hasilnya adalah kekuasaan Allah. Maka, sudah menjadi kewajiban kita sebagai hamba-Nya untuk memohon kepada-Nya agar meridhoi usaha kita dan menggapai cita-cita kita, termasuk usaha menjadi muslimah yang cerdas.

5. Mengisi Waktu Dengan Hal-Hal yang Bermanfaat

Jangan pernah membuang waktu. Hidup hanya sekali. Waktu yang kita lalui terasa sangat cepat. Jadi, batasi diri Anda dari aktivitas yang kurang bermanfaat dan hanya untuk bersenang-senang. Sebaliknya, isi waktu Anda dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat dan membawa perubahan positif bagi diri Anda dan lingkungan di sekitar Anda.

Itulah tadi cara menjadi muslimah yang baik dan juga cerdas yang dapat kunin sampaikan, semoga bermanfaat.