Manfaat Eyelash Extension dan Tips Merawatnya

cara merawat eyelash extension

Saat ini cara merawat eyelash extension sedang dicari oleh banyak orang khususnya wanita, Hal ini dikarenakan Eyelash extension menjadi pilihan tepat bagi Anda khususnya kaum wanita yang ingin membuat bulu mata terlihat lebih lentik dan lentik tanpa menggunakan maskara.

Eyelash extension dapat bertahan dari enam hingga delapan minggu. Dengan menggunakan eyelash extension, Anda tidak perlu penjepit bulu mata, maskara, bahkan eyeshadow untuk sehari-hari karena bulu mata sudah terlihat indah dan terbuka. Nah, karena harga eyelash extension ini cukup mahal, Anda pasti ingin membuatnya bertahan selama mungkin. Berikut ini kunin sampaikan cara merawat eyelash extension agar tahan lebih lama. 

Apa Itu Eyelash Extension?

cara merawat eyelash extension

Wajah merupakan salah satu aset yang mempengaruhi penampilan. Itu membuat apa yang ada di wajah seolah-olah tidak pernah luput dari perhatian, termasuk bulu mata. Untuk itulah, eyelash extension menjadi salah satu cara agar seseorang bisa mendapatkan bulu mata yang indah. Eyelash extension adalah proses penyambungan bulu mata palsu atau buatan dengan bulu mata asli.

Dalam prakteknya, perawatan ini dilakukan dengan menempelkan bulu mata palsu atau buatan pada setiap helai bulu mata asli menggunakan perekat khusus. Ini untuk membuat bulu mata lebih panjang dan tebal. Pengerjaannya memakan waktu antara 1 sampai 2 jam. Eyelash extension sendiri dapat bertahan dari 1 hingga 3 bulan tergantung dari perawatan

Cara Merawat Eyelash Extension

cara merawat eyelash extension

Untuk menjaga bulu mata Anda tetap on point, Anda harus merawat eyelash extension Anda dengan baik dan benar. Jika tidak dirawat dengan benar, Eyelash extension bisa dengan mudah rusak dan rontok. Untuk menjaga kecantikan eyelash extension, bisa Anda lakukan dengan beberapa cara merawat eyelash extension yang telah kunin rangkum di bawah ini.

1. Hindari Air Selama 48 Jam Pertama

Setelah memasang eyelash extension baru, kelembapan di sekitar mata dapat merusak ujung bulu mata. Biarkan setidaknya selama 48 jam untuk memastikan lem benar-benar kering. Jika memang anda harus membersihkan riasan yang ada di mata, Anda bisa menggunakan penghapus riasan yang bebas minyak. Jika Anda mencuci muka, pastikan tidak terkena air di area mata Anda.

2. Hindari Penggunaan Produk Berbasis Minyak

Minyak dapat merusak lem yang menyatukan bulu mata Anda, bahkan membuatnya lebih mudah rontok. Hindari pembersih wajah dan makeup remover yang mengandung bahan minyak untuk sementara waktu. Coba gunakan pembersih yang berbasis gel atau micellar water. Pastikan untuk selalu membersihkan mata setelah seharian beraktivitas untuk menghindari kotoran pada bulu mata Anda.

3. Hindari Produk Mata yang Waterproof

Apa pun yang bersifat tahan air tidak akan hilang hanya dengan mencuci muka meskipun dalam waktu lama. Biasanya, untuk menghilangkan produk yang tahan air, dibutuhkan pembersih khusus berbahan dasar minyak untuk menghilangkannya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda perlu menghindari produk berbahan dasar minyak karena dapat mengelupas lem yang digunakan untuk bulu mata. Sebaiknya gunakan produk mata yang tidak waterproof.

4. Jangan Mengusap Mata

Hindari mengusap mata terlalu keras ketika menggunakan eyelash extension, jika Anda memiliki kebiasaan ini maka, Anda harus segera menghentikannya. Kebiasaan mengusap mata hanya akan merusak eyelash extension yang sedang digunakan. Mengusap mata akan membuat bulu mata rontok, tidak hanya eyelash extension saja tapi juga bulu mata alami. Jika mata terasa gatal, Anda bisa menggunakan cotton bud dan usap bulu mata dengan lembut.

5. Rutin Menyisir Bulu Mata

Untuk menjaga tampilan bulu mata tetap rapi dan bagus, Anda bisa menyisir bulu mata untuk menghaluskan bulu mata yang lentik. Lakukan secara rutin setelah bangun tidur, mandi, atau mencuci muka menggunakan sikat spoolie. Selain itu, anda juga harus menjaga agar sikat spoolie yang digunakan selalu bersih dan kering.

6. Jangan Cabut Eyelashes Extension Sendiri

Mungkin jika sudah menggunakannya terlalu lama, eyelash extension akan secara perlahan menjadi tidak rapi dan terlihat miring. Namun, jangan sekali-kali anda mencoba untuk mencabutnya sendiri dengan menggunakan tangan karena merasa tidak nyaman dengan bulu mata yang sudah mulai tidak rapi.

Mencabut eyelash extension sendiri secara tidak sadar justru akan membuat bulu mata yang asli juga ikut tercabut. Agar lebih aman, coba anda datangi klinik kecantikan agar dapat dilepas dengan bantuan orang yang ahli kecantikan.

Kelebihan dan Kekurangan Eyelash Extension

cara merawat eyelash extension

Banyak wanita dan pria memilih eyelash extension karena keuntungan sebagai berikut:

1. Hemat Waktu

Dengan eyelash extension, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menjepit bulu mata dan menggunakan maskara atau bulu mata palsu. Anda juga tidak perlu melepas atau mencopot eyelash extension ini, karena hasil eyelash extension bisa bertahan hingga 2 bulan.

2. Bisa Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Eyelash extension dapat dikustomisasi sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Bulu mata tambahan ini bisa dibuat sangat lentik, panjang, dan tebal. Jika Anda ingin eyelash extension yang tidak terlalu tebal dan terlihat natural, bisa juga.

Jika Anda memakai kacamata, Anda juga dapat menyesuaikan panjang bulu mata tambahan agar tidak mengenai lensa kacamata.

3. Tahan Lama

Setelah beberapa jam penggunaan atau terkena air, maskara dapat luntur dan membuat area di sekitar mata menjadi gelap. Selain itu, daya tahan lem bulu mata yang digunakan saat mengoleskan bulu mata palsu juga bisa berkurang.

Nah, jika Anda menggunakan eyelash extension, maka Anda tidak perlu menggunakan maskara atau bulu mata palsu, sehingga mata Anda akan terlihat stand out di setiap saat dan Anda tidak perlu lagi khawatir dengan risiko bulu mata hitam atau kendur, terutama saat Anda berkeringat.

Kekurangan Eyelash Extension

Berikut ini beberapa kekurangan eyelash extension yang perlu Anda ketahui:

1. Proses Pemasangan yang Lama

Pemasangan eyelash extension harus dilakukan secara detail, karena pada proses ini menempelkan helai demi helai ke bulu mata asli. Selama proses ini, Anda diharuskan memejamkan mata selama 2-4 jam, tergantung ketebalan yang diinginkan.

2. Perawatan yang Tidak Mudah

Setelah menjalani prosedur ini, Anda harus menjaga mata dan area di sekitarnya tetap kering selama sekitar 48 jam. Anda tidak boleh sembarangan menggosok mata dan tidur dengan wajah menghadap bantal. Mencuci muka juga harus dilakukan dengan hati-hati dan menggunakan sabun yang lembut untuk mencegah tumbuhnya bakteri.

Selain itu, Anda disarankan untuk tidak menggunakan make-up remover berbahan dasar minyak di sekitar mata dan menggunakan produk riasan mata yang waterproof karena dapat merusak lem bulu mata.

3. Risiko Munculnya Efek Samping

Penggunaan eyelash extension bukan tanpa risiko lho. Pada beberapa orang, produk yang digunakan selama proses pemasangan eyelash extension bisa menyebabkan alergi. Selain itu, iritasi juga bisa timbul jika peralatan yang digunakan untuk prosedur ini tidak dijaga kebersihannya.

Beberapa efek samping pada area mata yang dapat muncul sebelum, selama, dan setelah prosedur ini diantaranya adalah: Mata merah, gatal, nyeri, ruam, bengkak, rasa panas, dan lain sebagainya.

Selain gejala di atas, jika tidak dilakukan dengan hati-hati, lem eyelash extension bisa masuk ke mata dan berisiko mengganggu penglihatan. Tak hanya itu, menggosok mata bisa membuat sambungan bulu mata ke mata yang jika dibiarkan bisa meningkatkan risiko peradangan pada mata.

Itulah beberapa tata cara merawat eyelash exetension dan efek sampingnya, semoga bermanfaat!