Tips Memilih Perhiasan Emas dan Cara Merawatnya

cara merawat kalung emas

Banyak orang yang mencari cara merawat kalung emas, Hal ini dikarenakan Kalung emas adalah salah satu perhiasan yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Selain digunakan sebagai perhiasan, kalung emas juga merupakan salah satu bentuk investasi. Investasi ini dapat digunakan kapan saja. Jika anda membutuhkan uang tunai, anda dapat menjualnya kembali atau bisa juga dengan menggadaikan emasnya.

Namun, jika Anda memakai kalung emas setiap hari dalam jangka waktu yang lama maka, kilaunya akan memudar (tidak mengkilat) seperti saat pertama kali Anda membelinya di toko perhiasan. Karena pastinya banyak kotoran kecil yang menempel seperti halnya noda sabun, lotion, bedak, keringat, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin menggunakan kalung emas dalam kurun waktu yang cukup lama maka, tidak ada salahnya jika anda menjaga dan merawatnya agar terlihat berkilau dan juga menarik. Dibawah ini ada beberapa cara merawat kalung emas, Namun sebelumnya kunin akan membagikan tips memilih kalung emas Jadi baca sampai selesai ya!!

Tips Sebelum Membeli Kalung Emas

cara merawat kalung emas

1. Ketahui Harga Emas Terkini

Harga emas selalu berubah-ubah sehingga bisa naik atau turun. Maka Anda perlu mengetahui harga emas terbaru sebelum membeli kalung emas atau perhiasan emas lainnya. Disarankan agar Anda membeli emas pada saat harganya sedang turun.

Sebaliknya jika anda hendak menjual kembali emas anda, sangat disarankan pada saat harga emas sedang naik agar keuntungan yang di dapatkan lebih maksimal. Anda bisa mengecek harga emas secara online dan melakukan perbandingan sehingga Anda bisa mendapatkan emas dengan harga terbaik di pasaran.

2. Pilih Desain Timeless

Agar kalung emas yang Anda pilih bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, pilihlah desain yang timeless atau tidak lekang oleh waktu. Karena jika Anda hanya terpaku pada model yang sedang trend saat itu saja, mungkin suatu saat nanti model tersebut tidak lagi menjadi trend. Sebaiknya pilihlah desain yang sederhana namun tetap elegan, sehingga bisa disesuaikan dengan outfit dan acara apapun.

3. Sesuaikan Budget yang Dimiliki

Harga emas berbanding lurus dengan kadar emas. Semakin tinggi kadar atau kandungan emas, maka semakin tinggi pula harganya. Sebelum membeli perhiasan emas, Sebaiknya pastikan Anda mengetahui harga setiap gradenya, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan budget anda.

Perhiasan emas biasanya hadir dalam berbagai tingkatan emas, sehingga harganya tentu juga akan bervariasi. Perhiasan emas tidak terbuat dari emas murni saja melainkan dicampur dengan logam mulia lainnya seperti perak, tembaga atau timah. Semakin tinggi kandungan emasnya, maka semakin banyak emas murni yang digunakan dibandingkan dengan bahan campurannya.

4. Sesuaikan Dengan Bentuk Leher dan Bahu

Kalung akan terlihat lebih cantik jika disesuaikan dengan bentuk leher dan bahu pemakainya. Jika anda memiliki leher yang panjang dengan bahu yang lebar, tentunya akan lebih cocok memakai kalung dengan liontin bandul. Namun, jika Anda memiliki leher yang besar, usahakan untuk tidak memilih kalung yang panjang.

5. Perhatikan Kadar Karat pada Kalung Emas Anda

Kandungan karat pada kalung emas juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli. Perlu diketahui, hitungan karat pada emas adalah angka yang menunjukkan berapa bagian emas murni dari total 24 karat yang terkandung dalam sebuah perhiasan.

Meski begitu, bukan berarti satu perhiasan mengandung emas murni secara keseluruhan. Untuk itu Anda harus mengetahui perhitungannya, misalnya emas 10 karat. Artinya, perhiasan yang dimaksud mengandung sekitar 42% emas (10 dibagi 24), dan sisanya adalah nikel, seng, besi, dan campuran bahan lainnya. Jadi tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

6. Perhatikan ketebalan kalung

Anda perlu memperhatikan ketebalan rantai kalung anda. Sesuaikan lagi dengan kebutuhan dan selera Anda. Jika Anda menggunakan liontin, sebaiknya gunakan rantai yang lebih tebal agar bisa menopang bobot liontin. Jika Anda seorang wanita yang memiliki rambut panjang dan tebal, disarankan juga untuk memakai kalung dengan rantai yang cenderung tebal. Hal ini karena rantai tipis cenderung mudah tersangkut di rambut.

Cara Merawat Perhiasan Emas

cara merawat kalung emas

1. Tidak Perlu Pembersih Khusus

Pasti sebagian besar Sobat kunin akan berpikir bahwa membersihkan perhiasan membutuhkan pembersih yang harganya mahal. Sebenarnya tidak ada salahnya juga jika anda ingin membeli pembersih khusus untuk perhiasan. Karena pembersih ini diformulasikan supaya tidak merusak perhiasan anda. Namun, selain itu, Anda juga bisa membersihkan perhiasan dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada rumah seperti sampo untuk membersihkan perhiasan Anda. Cara membersihkan perhiasan dengan menggunakan shampo juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu campurkan air hangat dengan sampo secukupnya saja.

Selanjutnya poles perhiasan dengan campuran tersebut dengan menggunakan sikat yang halus atau bisa menggunakan sikat gigi secara bergantian. Perlu Anda ketahui, Anda tidak perlu untuk merendam perhiasan Anda di dalam campuran tersebut!

2. Simpan di Kotak Khusus Perhiasan

Cara merawat perhiasan emas yang satu ini jarang banget diperhatikan, padahal cara ini penting banget lho! Saat perhiasan anda tidak digunakan, Maka sebaiknya anda meletakkan atau menyimpan perhiasan emas di kotak yang khusus untuk menyimpan perhiasan. Tidak harus kotak perhiasan yang terbuat dari beludru, anda bisa juga menggunakan kotak yang terbuat dari bahan lain asalkan di dalamnya ada sekat pembatasnya.

Hindari menyimpan perhiasan emas dalam posisi menumpuk dan juga menempel, Hal ini karena dapat memudarkan warna emas pada perhiasan anda. Selain itu, menyimpan emas dengan cara yang tidak rapi juga dapat membuat perhiasan anda berisiko terjerat satu sama lain, terutama untuk perhiasan kalung dan anting.

3. Lepaskan Ketika Tidur

Meski Sobat kunin sering lupa melepas perhiasannya pada saat tidur, namun jangan sampai hal itu menjadi kebiasaan anda. Apalagi jika perhiasan tersebut memiliki sejarah yang khusus dan istimewa, seperti halnya cincin pertunangan atau cincin pernikahan. Saking berharganya, Anda seringkali enggan melepasnya meski sedang tidur. Perhiasan yang dipakai secara terus menerus juga dapat mempengaruhi kualitas dari perhiasan itu sendiri.

Jadi ada baiknya jika Anda melepas perhiasan pada saat waktu-waktu tertentu, seperti halnya saat hendak tidur malam. Hal ini juga untuk menghindari resiko perhiasan anda terjatuh atau terlepas. Selain untuk menjaga kualitas perhiasan, melepas perhiasan sebelum tidur juga sangat bermanfaat diantaranya yaitu untuk mencegah penumpukan bakteri, melepas anting saat tidur juga dapat mencegah daun telinga kendur, hingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Hindari Panas dan Sinar Matahari

Anda sebaiknya hindari menyimpan perhiasan di tempat yang tidak dijangkau oleh sinar matahari. Ini karena sinar matahari dapat memengaruhi beberapa perhiasan. Beberapa perhiasan dapat berubah warna jika dibiarkan secara terus-menerus di bawah sinar matahari. Selain itu, hindarkan juga perhiasan dari sumber panas lainnya. Lepas perhiasan saat memasak dan jangan bersihkan perhiasan dengan menggunakan air yang terlalu panas.

Itulah beberapa tips memilih kalung emas dan cara merawat kalung emas. Semoga bermanfaat!!