Cara Merawat Kuku yang Rusak Akibat Jamur

cara merawat kuku yang rusak

Jamur kuku bukanlah kondisi yang berbahaya, namun kondisi ini sangat mengganggu. Tak hanya mengganggu penampilan saja, jamur kuku juga bisa menimbulkan bau tak sedap. Lantas, bagaimana cara merawat kuku yang rusak akibat jamur?

Jamur kuku adalah infeksi jamur yang terjadi pada kuku jari tangan dan kaki. Secara medis, kondisi ini dikenal sebagai tinea unguium dan onikomikosis. Jamur kuku bisa diderita oleh siapa saja, terutama orang tua. Pada awal kemunculannya, jamur kuku ditandai dengan bintik-bintik putih atau kuning di ujung kuku. Seiring waktu, kuku akan berubah warna, menebal, dan ujungnya menjadi rapuh.

Jamur kuku bisa disebabkan oleh berbagai jenis jamur. Jenis jamur yang paling umum yang menyebabkan penyakit kuku adalah dermatofita. Selain itu, jamur juga bisa menyebabkan infeksi kuku. Perawatan untuk jamur kuku ini juga tergantung pada tingkat keparahan infeksi. Perawatan mungkin termasuk penggunaan obat antijamur, yang dapat diberikan secara oral (diminum) atau dioleskan (dioleskan langsung ke kuku).

Umumnya, obat tersebut diminum selama 6-12 minggu. Hasil perawatan ini tidak bisa langsung terlihat sampai kuku tumbuh kembali. Namun, ketika gejalanya masih ringan, tidak ada salahnya mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di rumah untuk mengobati jamur kuku.

Penyebab Jamur Kuku

cara merawat kuku yang rusak

Jamur kuku disebabkan oleh sejenis jamur dermatofita dan jamur ragi (Candida). Saat kuku Anda hangat dan lembap, jamur lebih mudah berkembang biak dan menjadikan kuku Anda habitatnya.

Jamur kuku lebih sering menyerang kuku kaki daripada jari tangan. Ini karena jari kaki sering tertutup, seperti saat memakai kaos kaki atau sepatu. Jamur kuku juga lebih berisiko bagi orang yang memiliki masalah dengan aliran darah di kaki. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya jamur kuku, antara lain:

  • Kerusakan pada kulit atau kuku
  • Lingkungan yang lembap
  • Penggunaan sepatu yang membuat kaki lembab
  • Penyakit tertentu, seperti diabetes dan psoriasis
  • Sering berjalan tanpa alas kaki
  • Kebiasaan merokok
  • Berbagi handuk dengan orang lain
  • Penggunaan kuku palsu

Cara Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur

Perlu diingat bahwa penggunaan bahan alami yang dianjurkan hanya digunakan sebagai pertolongan pertama saat jamur menyerang. Jika kondisinya tidak membaik atau bahkan semakin parah, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Berikut ini adalah uraian bahan alami untuk mengobati jamur kuku.

1. Rutin Gunting Kuku

cara merawat kuku yang rusak

Memotong kuku adalah bagian yang sangat penting dalam merawat kuku, terutama saat kuku Anda terinfeksi jamur. Cara mengobati yang satu ini berguna untuk mengurangi rasa sakit, karena tekanan pada kuku akan berkurang.

Padahal, memotong kuku sebelum mengoleskan obat jamur kuku bisa membantu obat mencapai lapisan terdalam kuku. Sebelum memotong atau menipiskan kuku yang tebal, pasien disarankan untuk menghaluskannya dengan krim yang mengandung urea.

Namun, penting untuk diingat, bagi orang yang memiliki masalah dengan aliran darah ke kaki dan tidak dapat memotong kukunya sendiri, kunjungi penyedia layanan kesehatan, untuk menghindari infeksi lebih lanjut.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah obat jamur kuku alami yang mengandung bahan anti jamur dan anti mikroba. Baik dalam bentuk minyak maupun salep, keduanya bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur. Caranya, oleskan salep atau minyak zaitun langsung ke kuku yang terinfeksi. Kemudian, tunggu beberapa saat. Setelah itu, bilas hingga bersih dan pastikan area kuku benar-benar kering untuk mencegah berkembangnya jamur.

3. Memanfaatkan Cuka

cara merawat kuku yang rusak

Cuka adalah salah satu obat jamur kuku alami yang paling mudah didapat. Hal ini dikarenakan, cuka dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempercepat pengobatan infeksi jamur kuku. Cuka juga dapat membantu mencegah penyebaran jamur, sehingga tidak menginfeksi bagian kuku lainnya. Langkah-langkah penggunaannya sebagai pengobatan jamur kuku antara lain:

  • Masukkan cuka bening atau bisa juga menggunakan cuka apel ke dalam baskom yang berisi air hangat.
  • Isi baskom dengan perbandingan 1:2.
  • Rendam kaki selama 20 menit setiap hari.

4. Minyak Tea Tree

Minyak Tea Tree adalah minyak esensial yang biasa digunakan dalam produk kecantikan. Kabar baiknya, menurut penelitian yang dilakukan oleh National Center of Complementary and Integrative Health, minyak ini cocok sebagai obat jamur kuku.
Minyak pohon teh diklaim mengandung sifat antijamur dan antiseptik yang efektif dalam mengobati jamur kuku. Adapun cara menggunakannya yaitu:

  • Bersihkan area kuku yang terinfeksi dan keringkan.
  • Celupkan kapas ke dalam minyak tea tree.
  • Oleskan pada kuku yang terinfeksi.
  • Lakukan dua kali sehari.

Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat

cara merawat kuku yang rusak

Apabila kuku jari tangan dan kaki anda jarang dibersihkan, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kotoran menempel, menumpuk, dan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Misalnya saja kuku rapuh, patah, dan infeksi jamur. Nah, untuk menghindari bebrbagai kondisi tersebut, berikut beberapa cara merawat kuku yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Jaga Kuku Tetap Bersih dan Kering

Kuku yang basah dan tidak dikeringkan dengan baik dapat menjadi tempat hidup bakteri dan jamur. Karena itu, disarankan agar Anda menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring atau pakaian. Tujuannya yaitu untuk menghindari kuku dari kondisi basah dan paparan bahan kimia dari deterjen ketika mencuci. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menggunakan pelembab yang dibuat khusus untuk menjaga kuku tetap sehat dan lembab.

2. Potong Kuku Secara Rutin

Banyak wanita menyukai kuku panjang. Karena kuku yang panjang maka tentunya juga mudah untuk dibentuk dan dihias dengan menggunakan cat kuku. Sayangnya, kuku yang terlalu panjang juga bisa menyebabkan infeksi karena bakteri bisa tertinggal di dalamnya. Kuku yang panjang juga berisiko mudah patah dan akhirnya membuat luka, bahkan dapat menyebabkan cantangan.

3. Gunakan Pelembap Kuku

Jika Anda memiliki kuku yang mudah patah, oleskan pelembab secara teratur pada kuku dan kutikula Anda. Pelembab dapat membuat kutikula Anda terlihat lebih sehat dan membantu melindungi kuku Anda dari retak dan patah. Jika Anda menggunakan lotion tubuh atau minyak zaitun, Anda juga bisa mengoleskannya pada kuku agar tetap lembap.

4. Jangan Gunakan kuteks Terlalu Sering

Penggunaan cat kuku memang membuat kuku terlihat lebih menarik. Namun, cat kuku bisa membuat kuku Anda terlihat tidak sehat. Menggunakan cat kuku terlalu sering juga menyebabkan kuku kering dan lapisannya menjadi lebih tipis. Warnanya bisa berubah menjadi kuning, bahkan hitam.

Sebab, kuku mudah menyerap bahan kimia, termasuk yang terkandung dalam cat kuku. Karena itu, biarkan kuku “bernafas” setelah menggunakan cat kuku. Anda dapat mengoleskan kembali cat kuku setelah 2-3 bulan penggunaan sebelumnya.

5. Mengonsumsi Makanan Mengandung Biotin

Cara merawat kuku yang rusak tidak harus selalu dilakukan dari luar saja. Anda bisa juga merawat kuku dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi dan memastikan kandungan nutrisinya cukup dan seimbang. Salah satu vitamin yang bisa menyehatkan kuku adalah biotin. Biotin sendiri adalah jenis vitamin B yang larut dalam air.

Biotin dapat ditemukan dalam makanan, seperti sarden, telur, dan kacang-kacangan. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin B atau suplemen biotin untuk manfaat kesehatan kuku.

Itulah cara merawat kuku yang rusak yang dapat kunin sampaikan dan dapat anda praktekkan dirumah.