Simak Ya, Sudah Terbukti! 9 Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Kuat

cara merawat rambut agar sehat dan kuat

Sobat kunin sering menggunakan catokan atau curling iron tiap hari ? atau rajin bergonta – ganti model  warna rambut? atau mingkin selalu melakukan kegiata  di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari langsung ? Hal tersebut sebenarnaya tidak perlu di khawatirkan yang terpenting yaitu sobat kunin harus rajin melakukan berbagai cara merawat rambut agar kuat dan sehat.

Ada banyak hal yang dapat sobat kunin  lakukan guna menjaga kesehatan rambut walaupun hanya di rumah saja. Sobat kunin cukup  melakukannya serta membiasakan diri secara konsisten dengan perawatan sederhana.

Seperti hal nya dengan kulit sobat kunin harus dapat mengetahui bagaimana cara merawat rambut agar kuat dengan benar dan tepat. Sobat kunin pasti mengira untuk menjaga rambut yang kuat harus selalu memakai produk  yang mahal serta harus mendatangi salon kecantikan. Hal tersebut tidak selalu benar yaa sobat kunin hal penting dari , melakukan  perawatan rambut yaitu memperhatikan kebiasaan yang selama ini dilakukan untuk rambut

Merawat rambut agar sehat, kuat dan bersinar

Dengan selalu konsisten dan komitmen yang baik sobat kunin dapat menerapkan berberapa cara merawat rambut agar sehat seperti dibawah inin:

1. Pilih shampo yang cocok

Hal pertama yang harus sobat kunin perhatikan untuk merawat rambut agar kuat, sehat serta  bersinar yaitu penggunaan dan pemilihan   shampo yang cocok dengan jenis rambut. Seperti hal nya dengan  kulit, rambut kit pun mempunyai berbagai macam jenis seperti rambut berminyak, normal dan kering.

Pastikan sobat kunin mmilih produk shampo yang cocok dengan jenis rambut serta kebutuhan jangan hanya berdasarkan harga yang mahal atau murah saja. selain itu pilihlah produk shampo yang tidak memiliki kandunga zat berbahaya bagi helaian rambut seperti ammonium lauryl sulfat serta natrium/sodium lauryl sulfat, kandungan ini biasanya akan dapat dilihat dalam komposisi dikemasan

Selain itu sobat kunin dapat  bereksperimen guna mengetahui apakah shampo yang di gunakan itu sesuai atau tidak dan seberapa sering keramas harus dilakukan dikarenakan setiap orang mempunyai  kebutuhan yang berbeda – beda.

2. Gunakan kondisioner

Memakai kondisioner setelah keramas adalaha cara untuk merawat rambut yang tidak boleh di lewatkan jika sobat kunin menginginkan supaya rambut terasa semakin lembut, kuat serta mudah disisir. Menggunakan kondisioner setelah keramas sangat membantu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi rambu dikarenakan menggunakan shampo saja tidaklah cukup.

Sobat kunin dapat memperhatikan komposisi dalam kondisioner tersebut sesuai untuk rambut, pasikan pilih yang terdapat kandungan Pro-Vitamin, Biotin serta Collagen. Gunakan secara rutin setelah keramas guna mendapatkan rambut yang lebih kuat, sehat serta ternutrisi dengan baik.

Berikut tips menggunakan kondisioner untuk hasil yang maksimal , Setelah sobat kunin keramas menggunakan sampo, ambik kondisioner secukupnya di telapak tangan kemudian oles dan ratakan di ujung-ujung rambut, apabila sobat kunin mempunyai rambut yang  panjang gunakana kondisioner hanya dari tengah ke ujung rambut harus sobat kunin ingat yaa hindari mengoleskan kondisioner ke kulit kepala, sobat kunin bisa memakai sisir guna meratakan kondisioner pada ujung rambut, selanjutnya diamkan kurang lebih  1-3 menit lalu bilas rambut dengan air bersih dan keringkan.

Seperti halnya dengan shampo, kebutuhan setiap orang biasanya berbeda – beda dalam penggunakan kondisioner rambut.

3. Tidak berlebihan melakukan perawatan rambut

Ketika rambut masih basah biasanya rambut akan lebih rapuh, oleh karena itu sobat kunin disarankan untuk melaukukan  pengeringan rambut terlebih dahulu dengan menggunakan handuk yang dapat dilakukan secara lembut. Rambut ketika masih basah ada baiknya untuk jangan disisir secara berlebihan. Hal tersebut juga berlaku dalam penggunaan produk perawatan rambut seperti sampo. Hal yang perlu sobat kunin ketahui yaitu  “less is more” atau secukupnya serta tidak berlebihan.

4. Batasi penggunaan catok serta pengering rambut

Alternatif merawat rambut agar sehat selanjutnya yaitu dengan membatasi pemakaian catokan serta alat pengering rambut. Hal ini akan sulit bagi sebagian orang yang sudah menjadikan catokan datau hairdriyer sebagai suatu kebutuhan setiap harinya guna menunjang penampilan.

Perlu sobat kunin ketahui apabila penggunaan alat – alat tersebut yang dipakai dalam jangka panjang mampu  melemahkan rambut, terutama bagi sobat kunin yang memiliki jenis rambut halus, kering serta rapuh. Apabila memang harus menggunakan pengering rambut, disarankan untuk  menggunakan alat tersebut dengan jarak kurang lebih 15 cm dari permukaan rambut. Selanjutnya dalam cara merawat rambut ketika menggunakan alat pengering rambut yaitu selalu menggerakkan pengering kearea rambut lainnya serta hindari hanya berkonsentrasi pada satu titik tertentu saja.

Hindari untuk menggunakan catokan serta pengering rambut setiap hari. gunakanlah alat-alat tersebut setidaknya 2-3 kali dalam seminggu guna mengembalikan kekuatan rambut setelah dicatok. Dan apabila sobat kunin ingin mewarnai rambut, sobat kunin dapat memilih warna yang mendekati dengan warna rambut asli.

 5. Lakukan Pijatan dikepala

Dalam sebuah studi menginformasikan jika melakukan pijatan dikulit kepala mampu meningkatkan ketebalan rambut serta menguatkan rambut seiring berjalannya waktu. Lakukanlah pemijatan rambut dengan gerakan yang  melingkar selama beberapa saat , Pijatan ini dapat sobat kunin lakukan kapan saja ketika rambut sobat kunin dalam keaadaan kering ataupun ketika saat sebelum memakai shampo.

6. Potong rambut secara rutin

Memotong rambut merupakan salah satu cara merawat rambut yang harus sobat kunin lakukan ,  Waktu yang tepat jika sobat kunin ingin melakukanya yaitu setiap 10-12 minggu. Memotong rambut secara berkala dan teratur dapat merawat rambut supaya selalu sehat dikarenakan hal ini mampu  mencegah rambut bercabang.

7. Hindari penggunaan air yang terlalu panas atau terlalu dingin ketika keramas

Alternatif merawat rambut lainnya yaitu dengan membasahi rambut menggunakan air hangat (bukan panas) ketika keramas. Selanjutnya sobat kunin dapat membilas menggunakan  air sejuk (bukan dingin). Hindari saat melakukan kramas menggunakan  air yang terlalu panas ataupun terlalu dingin dikarenakan mampu merusak rambut sobat kunin jika dilakukan secara terus menerus

8. Gunakan masker rambut

Menggunakan masker rambut merupakan cara selanjutnya untuk merawat rambut agar sehat karena di dalam kandungan  masker rambut mampu membantu menutrisi serta menjaga kelembapan kulit kepala. Sobat kunin dapat membuat masker rambut  sendiri di rumah guna  merawat rambut alami dengan memakai bahan-bahan yang mudah di dapat disekita kita seperti lidah buaya, madu serta pisang.

Rambut yang berminyak serta rambut kering dalam penggunaan jenis masker akan berbeda. Oleh karena itu sobat kunin perlu memahami komposisi yang tepat bagi kedua jenis rambut ini, sebelum membuat masker rambut.

Kuning telur atau  lidah buaya sudah lama dimanfaatkan untuk merawat rambut secara alami. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu campurkan 3 kuning telur bersama 3 sendok teh minyak kelapa yang hangat kemudian ratakan dan oleskan campuran tersebut dikulit kepala. Tunggu beberapa menit kemudian bilas menggunaka air yang sejuk.

Hal ini juga berlakau untuk perawatan rambut alami dengan menggunakan gel lidah buaya. Pastikan sobat kunin memilih produk yang didalam nya memiliki kandungan gel lidah buaya murni.

9. Gunakan sisir sesuai jenis rambut

Sobat kunin dapat menggunakan sisir sesuai dengan jenis rambut, contohnya  jika sobat kunin memiliki  rambut yang lurus gunakan sisir yang memiliki gigi sempit. Namun juka sobat kunin memiliki rambut bergelombang silahkan dapat menggunakan sisir bergigi lebar. Apabila sobat kunin mempunyai tipe rambut panjang serta tebal, pilihlah  sisir jenis paddle brush yang berguna untuk  mencegah rambut kusut.

Jika tipe rambut sobat kunin tergolong tipis silahkan menggunakan paddle brush atau vented brust. Dan jika sobat kunin mempunyai tipe rambut ikal silahkan dapat  memilih sisir yang bergigi jarang atau detangled brush