Cara Merawat Rambut Kering – 9 Tips Jitu, Aman dan Mudah

cara merawat rambut kering

Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Ada kalanya rambut akan menjadi kusam dan kering, Lalu tahukah tahukah sobat kunin bagaimana cara merawat rambut kering dengan mudah yang dapat dilakukan di rumah?

Merawat rambut bukanlah perkara yang mudah. Adakalanya rambut terasa menjadi kering serta susah untuk diatur.Oleh karena itu sangat penting menjaga supaya rambut selalu mendapatkan nutrisi yang cukup dengan melakukan perawatan rambut yang tepat.

Cara Merawat Rambut Kering

Berikut ini ada beberapa cara yang gampang serta dapat sobat kunin lakukan di rumah, untuk cara merawat rambut kering. Yuuk kita simak bersama..

1. Aplikasikan Minyak Kelapa pada Rambut

Cara merawat rambut kering yang pertama yaitu menggunakan minyak kelapa.  Minyak kelapa sudah dikenal mampu membuat rambut lebih berkilau rambut serta mampu memperbaiki ujung-ujung rambut yang rusak.

Disamping itu minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari  paparan sinar matahari dan membuat menjadi lebih berkilau. sehingga cara ini sering di gunakan  menjadi cara merawat rambut kering yang aman dan baik.

Minyak kelapa berkerja dengan cara menghaluskan rambut helai demi helai, minyak kelapa juga meningkatkan penampilan rambut yang tadinya kering dapat menjadi lebih lembab secara keseluruhan.

Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu:

  • Aplikasikanlah sedikit minyak kelapa di telapak tangan sobat kunin , kemudian gosokkan di telapak tangan selanjutkanya oleskan pada ujung, ubun-ubun kepala, dan akar rambut
  • Diamkan minyak di rambut selama 20 menit
  • Bilas secara menyeluruh dengan menggunakan dengan sampo

Jika rambut sobat kunin cenderung tipis serta mudah lepek, campurkan minyak kelapa dengan air hangat kemudian masukkan ke dalam botol spray. Sobat kunin dapat menyeemprotkan di ujung rambut saat kondisi rambut masih lembap setelah keramas.

2. Rajin Mencuci Rambut

Rambut dapat memproduksi minyak alami yang secara kontinyu dikeluarkan oleh kulit kepala serta akan menumpuk jika tidak dicuci. Hal ini mampu membuat rambut lebih berminyak, bahkan dapat menjadi penyebab ketombe serta kerontokan rambut. Membersihkan rambut dengan menggunakan sampo secara baik dan benar mampu mencegah semua masalah tsb. Sobat kunin dapat memilih sampo yang  cocok sengan jenis rambut sobat kunin serta yang mampu memberikan kelembapan pada rambut sobat kunin.

Tetapi hindari mencuci rambut dengan intensitas yang terlalu sering. Bukan tanpa alasan karena menurut studi dalam International Journal of Trichology,  yang menyebutkan bahwa sampo bukan hanya menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut Anda namun juga dapat menghilangkan minyak alaminya  sehingga mengakibatkan rambut lebih gampang kering serta rapuh. Sobat kunin cukup keramas dua hari sekali dengan menggunakan sampo yang cocok serta mempunyai formula yang khusus untuk jenis rambut sobat kunin karena dapat lebih efektif untuk membersihkan, tanpa terlalu keras bagi rambut. Sobat kunin juga jangan menggunakan sampo yang terlalu banyak saat keramas.

3. Gunakan Kondisioner

Sudah bukan rahasia lagi jika Kondisioner bermanfaat sebagai pelembap untuk rambut yang mampu mencegah rambut dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh serta bercabang. Namun perlu di ketahui bahwa menggunakan kondisioner hanya cukup di aplikasikan di bagian tertentu rambut sobat kunin, biasanya dibagian setengah rambut menuju ujung rambut. Hal ini bertujuan guna memberikan kekuatan serta kelembutan pada rambut.

Dan kelebihan kondisioner yaitu guna mengunci nutrisi yang sebelumnya telah masuk didalam batang rambut. Maka dari itu disarankan untuk penggunaan kondisioner dilakukan terakhir sesudah penggunaan sampo atau masker. Perlu sobat kunin ketahui  jangan menggunakan kondisioner mendekati akar rambut, dikarenakan dapat berpotensi menjadikan rambut sobat kunin rontok serta saat pembilasan tidak optimal.

4. Hindari Terlalu Sering Menggunakan Alat Hairstyling

Penataan rambut yang menggunakan alat hairstyling dengan suhu panas bisa menyebabkan rambut kering, rusak dan rontok. Dalam sebuah penelitian studi jurnal Annals of Dermatology menginformasikan bahwa  batang rambut sebelum atau sesudah mengenai alat styling rambut dapat menunjukkan adanya kerusakan rambut secara signifikan.

Apabila sobat kunin ingin menata rambut dengan menggunakan alat penata rambut, disarankan menggunakan terlebih dahulu produk pelindung rambut (heat protection) sebelum sobat kunin mencatok.

5. Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut

Mengikat rambut biasanya dilakukan guna  menunjang penampilan serta sering dinilai praktis untuk mengurangi rasa gerah ketika cuaca sedang panas. Namun ternyata kebiasaan mengikat rambut bisa memberikan dampak kurang bagus untuk rambut sobat kunin karena hal ini menyebabkan kerontokan pada rambut, ketombe, rambut berminyak serta menghambat pertumbuhan rambut.

6. Gunakan Masker Rambut

Merawat rambut tidak hanya hanya dengan menggunakan sampo serta kondisioner namun juga dianjurkan untuk menambah nutrisi rambut dengan menggunakan hair mask. Masker rambut biasa disebut pula sebagai perawatan deep conditioning atau istilah lain kondisioner rambut intensif. Manfaat penggunaan hair mask adalah mampu menambah kelembapan, menguatkan serta mengurangi kerusakan pada rambut. Sobat kunin cukup gunakan hair mask sekali dalam satu minggu untuk mendapatkan manfaatnya.

7. lindungi Rambut dari Cahaya Matahari

Sinar ultraviolet bisa merusak batang rambut sobat kunin sehingga mampu membuat rambut sobat kunin menjadi kering, patah dan rusak. Maka dari itu batasi rambut sobat kunin dari paparan langsung sinar matahari dengan cara gunakanlah  topi saat soabat kunin beraktivitas di luar ruangan terlebih lagi  jika cuaca saat sedang terik. Menutupi rambut sobat kunin merupakan  cara yang baik guna melindungi  dari paparan langsung sinar UV serta partikel udara yang mungkin mengandung racun dan berbahaya. Hal Ini juga mampu  untuk melindungi mata serta wajah sobat kunin dari bahaya sinar UV.

8. Rajin Menggunting Rambut

Memotong rambut secara rutin mampu mencegah dari kerusakan rambut. Sobat kunin tidak perlu memotong rambut yang terlalu pendek, hanya cukup trim untuk membuat ujung rambut saja. Rambut jika sudah lama tidak dipotong atau dirapikan sangat berpotensi bercabang dan kering.

9. Gunakan Vitamin Rambut

Perlu diketahui sobat kunin jika cara merawat rambut kering sangat membutuhkan vitamin tertentu agar dapat menutrisi akar rambut.

Tidak hanya baik untuk akar rambut tetapi juga kesehatan kuku serta kulit.

Vitamin A, vitamin C, biotin (biasa disebut vitamin H) serta zat besi mineral mampu berkontribusi pada nutrisi rambut supaya tampak lebih sehat.

Sekarang ini juga  sedang populer banyak orang mengonsumsi suplemen yang mempunyai kandungan biotin guna membuat rambut supaya terlihat jauh lebih gampang diatur serta berkilau.

Tetapi hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, bahwasannya biotin mempunyai dampak besar pada kesehatan rambut.

Berbeda dengan yang di paparkan dalam The Journal of Clinical and Aesthethic Dermatology disitu dikatakan bahwa  vitamin minyak ikan dapat membantu rambut menjadi lebih sehat.

 

Semoga sembilan cara merawat rambut kering di atas mampu membantu sobat kunin untuk mendapatkan rambut yang sehat serta indah berkilau, jangan lupa di coba di rumah yaaa karena pengaplikasian nya sangat mudah .. semoga bermanfaat .