Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam dan Tetap Cerah

makanan untuk kulit glowing

Ada banyak cara merawat wajah agar tidak kusam. Kulit kusam seringkali membuat banyak orang merasa kurang percaya diri. Kulit kusam dapat disebabkan oleh banyak faktor. Seperti sering terpapar sinar matahari dan polusi, salah produk kecantikan, sering stres, tidak pernah melakukan eksfoliasi hingga kurang tidur. Hal ini tentunya harus diperhatikan agar kulit wajah tidak kusam.

Wajah yang kusam tentu bisa mengganggu penampilan. Akibatnya, kulit Anda terlihat lelah, kurang bersinar, dan akan terlihat lebih tua. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada berbagai cara mencerahkan wajah kusam yang bisa dilakukan agar warna kulit tampak segar dan glowing kembali. Berikut kunin sampaikan bebrapa penyebab wajah kusam dan cara mengatasinya.

Penyebab Wajah Kusam

cara merawat wajah agar tidak kusam

Kulit kusam adalah kondisi kulit yang ditandai dengan kurangnya pancaran cahaya yang membuatnya terlihat lelah dan tidak bersemangat. Beberapa tanda wajah kusam lainnya adalah kulit kering dan warna kulit tidak cerah atau terlihat lebih gelap dari biasanya. Penyebab wajah kusam bisa karena berbagai hal. Ada beberapa penyebab wajah kusam, antara lain:

1. Penumpukan sel kulit mati

Penyebab kulit kusam yang pertama adalah penumpukan sel kulit mati. Pada dasarnya, sel-sel kulit mati secara alami terkelupas untuk meregenerasi sel-sel baru setiap 28 hari atau lebih. Namun, terkadang sel kulit mati tidak dapat terkelupas sepenuhnya. Akibatnya, kulit menjadi kering, bersisik, menyumbat pori-pori, dan akan terlihat kusam.

Selain itu, kondisi kulit kering, seperti eksim dan psoriasis, juga berkontribusi pada penumpukan sel kulit mati yang bisa menyebabkan kulit kusam.

2. Paparan sinar matahari

Penyebab kulit kusam selanjutnya yaitu paparan sinar matahari yang berlebihan. Beraktivitas di bawah sinar matahari langsung dan terlalu sering juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Hal ini akan menyebabkan masalah kulit, seperti kulit kasar, flek hitam, dan juga kulit kusam.

Terlebih lagi, jika Anda tidak mengoleskan tabir surya atau sunscreen, kulit kusam bisa bertambah parah. Hal ini dikarenakan, sinar ultraviolet (UV) berisiko memecah protein penting yang berada di kulit sekaligus merusak lapisan pada kulit.

3. Pertambahan usia

Faktor usia juga salah satu penyebab wajah menjadi kusam. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit wajah memperlambat proses regenerasinya sehingga akan kehilangan elastisitasnya.

Tak hanya itu saja, penuaan ini juga membuat kulit wajah mulai kurang memproduksi minyak alami. Kondisi ini yang akan membuat kulit tampak kering, muncul kerutan dan garis halus, serta tidak glowing.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab wajah kusam. Hal ini dikarenakan kandungan zat yang berada didalam rokok yang dapat merusak struktur kulit. Asap rokok dapat merusak kolagen, membuat kulit tampak pucat, muncul kerutan dan garis halus, serta wajah tampak kusam.

5. Faktor stres

Penyebab wajah kusam yang lainnya adalah faktor stres. Aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan mungkin bisa membuat wajah kusam.

Untuk mencegahnya, Anda juga perlu mengelola stres yang Anda alami supaya tidak mengganggu kesehatan kulit dan memengaruhi penampilan wajah Anda.

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

cara merawat wajah agar tidak kusam

Cara merawat wajah agar tidak kusam dan terlihat lebih cerah sebenarnya bisa dimulai dengan langkah perawatan sehari-hari yang sederhana.

Berikut beberapa cara mengatasi wajah kusam yang dapat Anda lakukan supaya wajah terlihat lebih cerah.

1. Rajin Mencuci Wajah

Setelah melakukan aktivitas seharian, tentunya debu dan kotoran akan menempel di wajah. Mencuci wajah merupakan salah satu cara sederhana untuk menghilangkan kotoran dan debu serta mencegah wajah dari kusam.

Pastikan Anda mencuci muka setidaknya dua kali sehari. Anda juga bisa menggunakan pembersih dan toner untuk membantu menghilangkan debu dan kotoran di area wajah.

2. Perhatikan Waktu Istirahat

Cara selanjutnya untuk merawat wajah agar tidak kusam adalah dengan memperhatikan jam tidur. Pastikan Anda tidur selama sekitar 7-8 jam per hari. Tidur yang cukup mampu membantu dalam mengoptimalkan regenerasi kulit. Kurang tidur atau istirahat bisa menghambat proses regenerasi sel kulit dan produksi kolagen. Hal ini yang akan menyebabkan kulit terlihat kusam.

Istirahat atau tidur yang cukup dapat membantu memulihkan kesehatan kulit. Oleh karena itu, istirahatlah yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan kulit.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Cara merawat wajah agar tidak kusam selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Jika Anda tidak suka makan buah dan sayur, maka sebaiknya segera ubah kebiasaan anda tersebut.

Mulailah makan sayur dan buah. Karena sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Selain itu, kandungan vitamin C dan nutrisi penting lainnya juga dapat membantu mencerahkan kulit untuk mencegah penuaan dini.

4. Rajin Berolahraga

Berolahraga diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan pada kulit. Saat seseorang berolahraga, tubuh akan mengeluarkan kotoran yang mengendap dan terkunci di pori-pori melalui keringat.

Selain itu, dengan berolahraga, tubuh juga akan lebih sehat dan bugar. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda atau lari.

Olahraga juga bisa membantu tubuh agar tetap rileks dan terhindar dari stres. Stres juga merupakan salah satu faktor pemicu kulit kusam. Hal ini karena ketika seseorang sedang mengalami stres, maka aliran darah ke wajah akan berkurang. Hal inilah yang akan menyebabkan kulit wajah menjadi kusam.

5. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Mengkonsumsi air putih juga dapat membantu memenuhi cairan didalam tubuh. Kurangnya konsumsi air dapat membuat kulit terlihat kusam dan kering. Jika Anda merasa kurang mengonsumsi air putih, maka sebaiknya mulai sekarang konsumsilah air putih yang cukup, yaitu minimal 8 gelas per hari. Lakukan setiap hari secara rutin supaya kulit tetap lembab, sehat dan tidak terlihat kusam.

6. Menggunakan Pelembap Sesuai Jenis Kulit

Selain rajin mencuci muka, penggunaan pelembab untuk kulit wajah juga perlu dilakukan. Namun, jangan asal memilih pelembab. Pilihlah sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kenali jenis kulit Anda terlebih dahulu. Jika kulit Anda berminyak, maka gunakan pelembab wajah non-komedogenik. Untuk kulit sensitif, gunakan pelembab hypoallergenic. Sedangkan jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang mengandung asam hialuronat, gliserin, dimetikon, dan lanolin.

7. Melakukan Eksfoliasi

Salah satu penyebab kulit kusam adalah penumpukan sel kulit mati di area wajah. Sel kulit mati di wajah ini bisa dihilangkan dengan cara eksfoliasi. Anda bisa melakukan eksfoliasi sendiri di rumah. Cara menggunakan ampas kopi. Langkah-langkahnya cukup mudah yaitu.

Campurkan setengah cangkir kopi dengan secangkir gula merah, satu sendok makan madu dan 2 sendok teh susu. Aduk rata dan oleskan dengan lembut ke wajah. Gosok perlahan, lalu bilas dengan air.

Lakukan eksfoliasi 2 hingga 3 kali seminggu. Pengelupasan memiliki banyak manfaat, yaitu untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah pori-pori tersumbat dan mencerahkan kulit.

Itulah beberapa cara merawat wajah agar tidak kusam dan tetap cerah.