Cara Meredam Emosi yang Cepat dan Tepat

cara menghilangkan stres pada wanita

Banyak faktor yang menyebabkan Anda marah atau emosi. Namun, belajarlah untuk mengendalikannya karena emosi dan amarah tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Ada banyak cara meredam emosi yang bisa anda lakukan.

Setiap orang pasti pernah merasakan emosi atau marah. Hal ini normal saja, terutama ketika anda sedang menghadapi masalah hidup. Namun, tinggal bagaimana Anda menyikapi terhadap kemarahan atau emosi yang berbeda.

Anda dapat memilih untuk tetap marah atau emosi, tetapi Anda juga dapat mengendalikannya jika Anda mau mencobanya. Semua pilihan berada di tangan Anda. Memilih untuk tetap marah secara tidak terkendali justru dapat merugikan diri sendiri, termasuk dapat berdampak pada kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengendalikan emosi atau amarah.

Emosi dapat diarahkan pada sesuatu hal yang lebih dan juga produktif sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai positif. Karena itu, sangat penting untuk mengendalikan emosi pada diri Anda. Berikut adalah beberapa cara meredakan emosi yang dapat Anda lakukan:

Cara Meredam Emosi

cara meredam emosi

1. Bernapas Secara Rileks

Cara pertama untuk meredakan emosi ini mungkin terdengar cukup klasik. Namun, solusi ini sudah terbukti dan mudah untuk diterapkan oleh siapa saja. Saat tubuh kita sedang marah, nafas yang kita miliki biasanya cepat seperti terengah-engah. Coba tarik nafas dalam-dalam melalui hidung, rasakan setiap nafas yang masuk ke tubuh, lalu tahan nafas beberapa saat. Setelah itu, hembuskan perlahan-lahan melalui mulut. Lakukan berulang kali hingga Anda merasa lebih baik.

2. Melakukan Relaksasi pada Tubuh

Emosi dari hati dan tubuh Anda tentu memiliki keterikatan yang dapat saling mempengaruhi. Rasa marah dari diri sendiri juga bisa muncul dan semakin parah jika saraf di tubuh Anda mengalami ketegangan. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan relaksasi pada bagian tubuh tertentu.

Hal ini dinilai cukup efektif sebagai cara untuk membantu meredam emosi yang labil. Misalnya di area leher, kepala atau punggung. Otot dan saraf yang rileks dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh. Anda juga bisa mengiringinya dengan bernapas dalam-dalam dan teratur untuk mendapatkan sensasi ketenangan yang lebih besar.

3. Mendengarkan Musik

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Selain mendengarkan musik dapat memberikan perasaan senang, ketegangan diri yang dirasakan saat sedang emosi juga dapat diredam. Terlebih lagi jika musik yang kamu dengarkan adalah musik favoritmu yang selalu kamu putar setiap saat.

Musik dapat melepaskan hormon dopamin yang dapat menimbulkan perasaan senang pada tubuh. Cobalah cari musik yang bisa memberikan ketenangan, bisa musik akustik, klasik, instrumental atau sesuai dengan selera anda . Cara mengatasi emosi yang tidak stabil dengan musik cukup menyenangkan untuk Anda lakukan.

4. Berjalan-jalan Sejenak

Bukan rahasia lagi kalau jalan-jalan dapat menjadi cara untuk meredam emosi pada diri sendiri. Jalan-jalan tidak perlu jauh-jauh atau menghabiskan banyak biaya. Saat Anda sedang merasakan emosi yang menghampiri Anda, maka pergilah ke tempat di sekitar Anda.

Misalnya, jika Anda sedang berada di rumah, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kompleks perumahan atau taman. Saat berada di kantor, Anda bisa berjalan-jalan di koridor atau lingkungan sekitar kantor. Tips ini juga bisa Anda terapkan sambil mendengarkan musik dan bernapas dengan rileks

5 .Berolahraga

Olahraga dapat memperlancar peredaran darah dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu, juga dapat menghasilkan hormon positif. Jika anda ingin mencobanya sebagai cara meredakan emosi pada diri sendiri, olahraga bisa Anda terapkan sebagai pelarian sementara. Cobalah anda melakukan joging atau lompat tali pada saat pikiran Anda penuh.

Kelemahan orang pemarah adalah akan rentan terhadap berbagai penyakit fisik dan mental. Oleh karena itu, cara mengatasi emosi yang tidak stabil dengan berolahraga dapat mencegah potensi terjadinya hal-hal yang dapat merugikan tubuh anda sendiri. Dalam jangka panjang, Anda juga bisa menuai manfaat kesehatan yang luar biasa.

6. Alihkan ke Kegiatan Spiritual

Segala sesuatu yang berbau spiritual pasti dapat membuat diri akan menjadi lebih tenang. Dengan mengalihkan amarah Anda ke dalam aktivitas yang berhubungan dengan keyakinan, setidaknya Anda bisa mengingat sang pencipta. Cara mengatasi emosi yang tidak stabil ini juga bisa membuat Anda berpikir bahwa apa yang terjadi pada Anda hanya bersifat sementara.

Namun yang perlu Anda ingat, penerapan tips yang satu ini bisa bermacam-macam. Tergantung pada keyakinan dan kepercayaan yang Anda anut. Misalnya, bagi Anda yang beragama Islam, Anda bisa langsung ke masjid untuk sholat, berdzikir, atau membaca kitab suci.

7. Menuliskan Keresahan di Pikiran Anda

Seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya, kemarahan bisa terjadi karena faktor-faktor tertentu, baik internal maupun eksternal. Kekhawatiran yang terjadi biasanya terkubur jauh di dalam pikiran Anda. Ini adalah cara ampuh untuk meredakan emosi Anda sendiri.

Jika emosi tersebut menumpuk, maka kemungkinan kemarahan yang bisa Anda ungkapkan bisa semakin besar. Agar anda tidak melampiaskan emosi anda pada hal-hal yang negatif atau bahkan dapat merugikan orang lain, anda bisa melakukan journaling. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menuliskan daftar masalah tersebut pada secarik kertas atau catatan.

Cara meredakan emosi dengan metode ini menurut psikologi cukup efektif. Dengan menuangkannya ke media lain, setidaknya apa yang menjadi beban pikiran anda Anda bisa dihilangkan dan tidak menjadi beban yang berkepanjangan yang justru bisa memicu kemarahan.

8. Pergi ke Tempat yang Gelap atau Sepi

Jika Anda sudah merasa emosi anda semakin memuncak, maka tempat yang gelap atau sepi dapat membantu untuk mengendalikan emosi negatif yang Anda tengah rasakan. Jauhi lingkungan di mana terdapat orang yang malah dapat membuat emosi Anda lepas kendali atau agar orang lain tidak menjadi pelampiasan emosi Anda.

Temukan ruangan yang tenang di mana Anda dapat bersantai dan menenangkan diri. Setelah itu, Anda bisa berhenti sejenak, lalu menutup mata secara perlahan. Buatlah visualisasi di otak Anda tentang hal-hal yang bisa membuat Anda tenang seperti gunung atau pantai, iringi juga dengan bernapas secara rileks dan teratur.

9. Berhenti Berbicara

Saat sedang marah, tentunya tubuh bisa melakukan hal-hal yang tidak terpikirkan. Ketika orang sedang mengalami emosi, hal yang mereka lakukan juga bisa berbeda-beda. Tak jarang, ada yang cenderung menggerutu, berbicara kasar, atau bahkan berteriak sekeras mungkin.

Jika Anda termasuk orang dengan tipe ini, maka Anda bisa menerapkan trik psikologis agar bibir tidak terbuka. Berpura-pura bahwa bibir Anda tidak bisa berkata-kata. Jika agak sulit, Anda bisa menerapkan cara meredakan emosi diri-sendiri dengan mengunyah atau meminum sesuatu.

10. Melakukan Konseling

Cara yang terakhir ini bisa anda terapkan untuk meredakan emosi sendiri jika anda sudah merasa bahwa amarah yang anda alami sangat sulit untuk dikendalikan. Bahkan jika Anda telah menerapkan beberapa tips yang sudah kunin sebutkan diatas.

Anda bisa melakukan konseling kepada orang yang memang memiliki keahlian pada bidang ini. Misalnya dengan mengunjungi psikolog, psikiater, atau terapis. Berbekal keahlian yang mereka miliki, setidaknya hal ini dapat membantu Anda jika di kemudian hari Anda mulai merasakan emosi yang tak terbendung.

Itulah 10 cara meredam emosi yang cukup mudah untuk dilakukan, yang paling penting adalah Anda harus waspada ketika kemarahan atau emosi akan muncul dan jangan melampiaskannya pada hal yang negatif.