Hukum Memakai Kutek Dalam Pandangan Islam

hukum memakai kutek

Mempercantik diri adalah dambaan bagi sebagian besar kaum wanita. Salah satu cara mempercantik diri adalah dengan menghias kuku dengan menggunakan cat kuku atau kutek. Ada yang menghiasi warna merah, biru dan lain-lain. Lalu bagaimana hukum memakai kutek? dan apakah memakai cat kuku setelah wudhu membatalkan wudhu? yuk simak ulasannnya dari kunin berikut ini.

Hal yang harus dilakukan wanita pada saat menggunakan cat kuku atau kutek adalah menghapusnya terlebih dahulu sebelum berwudhu. Apalagi jika bahan dari cat kuku tersebut bisa menghalangi masuknya air wudhu ke dalam kuku yang harus dibasuh.

Hukum Memakai Kutek Bagi Wanita dalam Islam

hukum memakai kutek

Kutek merupakan cat kuku yang biasanya digunakan oleh para wanita untuk mempercantik kuku mereka. Pada dasarnya, hukum memakai cat kuku adalah diperbolehkan. Sebab, menggunakan cat kuku merupakan upaya mempercantik kuku dengan pewarna. Pada masa Rasulullah SAW, wanita juga sering mewarnai kukunya dengan menggunakan inai atau henna.

Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan wanita untuk memakai kutek atau henna, sehingga dapat menjadi pembeda antara jari laki-laki dan perempuan. Hingga munculnya istilah nail art (seni menghias kuku). Seni lukis kuku menggunakan berbagai desain serta warna agar kuku menjadi lebih indah.

Sebenarnya jika nail art atau menghias kuku dengan kutek tidak termasuk dalam ciri wanita kafir. Jadi setiap wanita muslimah diperbolehkan untuk menggunakannya. Namun, jika ternyata hal tersebut termasuk dalam perbuatan meniru gaya wanita kafir, tentu tidak boleh untuk dilakukan.

Oleh karena itu, sebelum menggunakannya Anda perlu memperhatikan bahan yang digunakan dalam pembuatan cat kuku tersebut. Pastikan tidak ada unsur najis yang tercampur di dalamnya. Selain itu, mengenai sah atau tidaknya wudhu wanita yang menggunakan cat kuku. Itu juga tergantung pada bahan cat kuku. Pasalnya, ada cat kuku yang bisa menyerap air, tapi ada juga yang waterproof atau tahan air.

Umumnya cat kuku yang tahan air tidak mudah rusak dan juga lebih tahan lama. Salah satu syarat wudhu yang sah adalah membasuh anggota tubuh yang ada pada syarat sah wudhu, seperti tangan dari ujung jari sampai siku. Sehingga kuku menjadi bagian tangan yang harus dibasuh.

Anda harus memilih cat kuku yang dapat menembus air sehingga tidak menghalangi air wudhu masuk ke kuku Anda. Agar wudhu tetap sah meskipun menggunakan cat kuku. Sedangkan cat kuku waterproof dapat mencegah air masuk ke dalam kuku. Maka, wanita yang memakai cat kuku dengan jenis waterproof tidak sah wudhunya.

Begitu juga ketika shalat, maka shalatnya menjadi tidak sah. Karena syarat sahnya shalat adalah sah pada wudhunya. Jika seorang wanita menggunakan cat kuku jenis waterproof, maka ia harus membersihkan cat kuku terlebih dahulu sebelum berwudhu. Itulah tadi hukum memakai kutek dalam islam

Bagaimana Hukum Penggunaan Henna atau Pacar Kuku?

hukum memakai kutek

Henna atau pacar kuku berbeda dengan kutek. Henna hanya memberi warna pada kuku saja, namun tidak mengubah ketebalan kuku atau tidak membuat lapisan di atas kuku. Sedangkan cat kuku atau kutek adalah sesuatu yang melekat pada kuku. Sehingga ada lapisan yang bisa menghalangi aliran air. Selama pemakaian henna ini tidak dicampur dengan bahan apapun yang dapat menghalangi jalannya air, maka diperbolehkan menghias kuku dengan henna.

Selain itu, ada hal yang tidak boleh dilupakan yaitu faktor keamanan dan kesehatan. Cat kuku yang banyak bermunculan saat ini tentunya tidak sama dengan cat kuku jaman dulu yang terbuat dari bahan-bahan alami. Saat ini cat kuku sudah diformulasikan menggunakan campuran berbagai bahan kimia.

Jika digunakan terlalu sering juga akan berdampak negatif pada kesehatan kuku. Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang membahayakan diri sendiri dan orang lain hukumnya terlarang.

Rekomendasi Kutek Halal untuk Shalat

1. Inglot Cosmetics O2M Breathable Nail Enamel

hukum memakai kutek

Ini adalah produk cat kuku yang berasal dari Polandia, di negara mana produk ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari The Muslim League of Poland. Kutek ini memiliki bahan dasar polimer, cat kuku Inglot mudah menyerap air dan oksigen di sela-sela kuku. Apalagi produk ini juga memiliki koleksi cat kuku yang beragam dan warna-warna cantik, seperti nude, metalik, hingga pastel.

2. Zahara Nail Vernish

Zahara Nail Vernish juga merupakan produk luar negeri, tepatnya dari Perancis. Meski diimpor, barang-barang tersebut telah mendapat sertifikasi halal dari Arab Saudi. Produk ini memiliki sifat breathable, cat kuku halal Zahara memungkinkannya menyerap air dan oksigen, tidak mengandung bahan terlarang dalam cat kuku dan aman digunakan. Ada juga warna-warna cantik untuk polesan ini, mulai dari galaxy, nefertiti, frenchie hingga arm candy,

3. Nail Polish by MS Glow

hukum memakai kutek

MS Glow juga turut meramaikan rangkaian kutek halal untuk sholat. Produk ini merupakan cat kuku lokal pertama yang sudah breathable dan berlabel halal dari MUI. Produk ini tidak mengandung bahan alkohol dan terbuat dengan bahan dasar air (waterbase) sehingga mudah untuk menyerap air. Saat menyentuh kuku, cat kuku ini mudah menyerap air dan juga mudah terkelupas tanpa menggunakan nail remover.

4. Zoya Professional Lacquer

Zoya Professional Lacquer adalah merek kutek dari AS, berbeda dengan Zoya Cosmetics, yang merupakan produk lokal Indonesia. Kutek Zoya memiliki banyak pilihan warna, mulai dari warna pastel, warna solid yang cerah, hingga varian yang penuh dengan glitter.

Kutek dari Zoya ini dirancang dengan inovasi bebas racun yang dapat melindungi pigmen kuku dari kerusakan. Jadi Anda tidak perlu khawatir kuku Anda akan menguning atau mengering meskipun Anda menggunakan cat kuku warna gelap atau cat kuku beraksen.

5. Emina Water Based Nail Polish

Kuteks dari Emina ini adalah kutek jenis peel-off yang berbahan dasar air dan breathable sehingga air bisa tetap tembus ke permukaan kuku. Formula dari kutek ini juga mudah untuk dibersihkan setelah dikelupas, dan cepat mengering jika anda memakainya kembali. Sangat praktis, bukan?

Kuteks ini juga sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan formaldehyde dan toluene. Soal warna, kuteks ini tidak mengecewakan. Dalam satu kali pulas, warna yang dihasilkan dari kutek ini sudah sangat jelas dan juga cukup intens. Shade yang ditawarkan produk ini adalah warna khas anak muda, sesuai dengan line-nya Emina yang menyasar pasar remaja wanita.

6. Nailberry L’Oxygéné Breathable Nail Polish

hukum memakai kutek

Nailberry adalah merek khusus kutek yang berasal dari London. Desainnya yang sangat elegan juga memberikan kesan mewah dan mahal. Produk ini diklaim dapat breathable dan oxygenated yang memungkinkan oksigen dapat diserap oleh kuku. Tidak hanya itu saja, produk ini juga bebas dari 12 bahan berbahaya, vegan, dan cruelty-free. Bahkan bebas gluten dan bersertifikat halal. Cocok untuk Anda yang memiliki alergi atau kulit sensitif.

7. Miniso Acquerello Peel-off Nail Polish

Cat kuku dari Miniso ini merupakan salah satu rekomendasi cat kuku peel off yang ramah wudhu dengan berbagai macam koleksi warna. Mulai dari warna nude yang kalem hingga warna mencolok seperti biru langit yang cerah.Cat kuku Miniso bisa anda dapatkan di semua outlet Miniso yang ada di mall-mall di kota-kota besar di Indonesia.

Itulah sekilas mengenai hukum memakai kutek dalam islam dan rekomendasi kutek halal yang dapat anda coba. Selamat mencoba!!