Jenis Potongan Rambut Wanita Paling Hits Saat Ini

jenis potongan rambut wanita

Rambut merupakan salah satu bentuk ekspresi bagi wanita. Potongan rambut atau gaya rambut baru bagi seorang wanita bisa menjadi tanda transformasi atau perubahan signifikan dalam hidup. Mengganti rambut yang dulunya panjang menjadi pendek bisa menjadi pilihan. Terlebih kini banyak jenis potongan rambut wanita yang kekinian.

Apalagi dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak referensi gaya rambut pendek yang bisa didapatkan. Berbeda dengan jaman dulu yang referensi model potongan rambut hanya bisa didapatkan dari majalah atau datang langsung ke salon. Biasanya gaya potongan rambut pendek bisa membuat seseorang terlihat lebih segar. Namun, sebelum memilih gaya rambut, coba kenali dulu jenis rambut Anda.

Jenis-Jenis Rambut

Setiap orang dapat mempunyai jenis rambut yang berbeda-beda, mulai dari rambut lurus, keriting, ikal, ataupun bergelombang. Nah, setiap jenis rambut juga membutuhkan cara perawatan yang berbeda agar tetap sehat dan menawan.

Berdasarkan bentuknya, jenis rambut dibedakan menjadi empat, yaitu rambut lurus, rambut bergelombang, rambut keriting, dan rambut ikal. Setiap jenis rambut kemudian dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ukuran ikal rambut.

1. Jenis Rambut Lurus

 jenis potongan rambut wanita

Rambut lurus merupakan rambut yang tidak bergelombang sedikitpun. Setiap helai rambut akan jatuh tanpa ada gelombang dari akar hingga ujung rambut. Meski lurus, jenis rambut ini tetap memiliki tingkat kehalusan dan ketebalan yang berbeda di setiap helainya.

2. Jenis Rambut Bergelombang

jenis potongan rambut wanita

Tipe rambut bergelombang dapat dibagi lagi menjadi 3 jenis berdasarkan tingkat gelombangnya.

  • Tipe Rambut Bergelombang 1

Jenis rambut ini merupakan jenis bergelombang yang dari akar rambut hingga sekitar mata masih berupa rambut lurus. Kemudian dari ujung mata hingga ujung rambut biasanya hanya muncul gelombang yang sedikit terurai dan tidak beraturan.

  • Tipe Rambut Bergelombang 2

Yang membedakannya dengan tipe sebelumnya, tipe rambut yang kedua ini biasanya lurus dari akar rambut hingga bagian tengah rambut. Namun, dari bagian tengah rambut hingga ujung rambut, terdapat gelombang rambut yang lebih rapat dan teratur membentuk huruf S.

  • Jenis Rambut Bergelombang 3

Jenis rambut bergelombang yang ketiga adalah rambut bergelombang penuh. Dari akar hingga ujung, jenis rambut ini terlihat bergelombang. Biasanya orang yang memiliki jenis rambut ini memiliki rambut yang lebih tebal, namun lebih mudah kusut.

Jika Anda memiliki rambut bergelombang, Anda bisa merawat rambut dengan menghindari produk berbahan dasar minyak atau krim. Jika jenis rambut Anda cukup tebal, Anda bisa menggunakan produk anti-pelembab agar rambut Anda tetap sehat!

3. Jenis Rambut Ikal

Seperti halnya rambut bergelombang, pada umumnya rambut ikl dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Jenis Rambut Ikal 1

Jenis rambut ikal ini merupakan jenis rambut ikal yang memiliki bentuk menyerupai spiral yang terurai. Biasanya jenis rambut ikal ini memiliki lingkar seukuran batang lilin yang besar.

  • Jenis Rambut Ikal 2

Jenis rambut ikal yang kedua adalah rambut yang memiliki diameter melingkar lebih kecil dari jenis pertama yaitu sebesar stabilo. Tipe rambut ini biasanya memiliki volume yang cukup tebal. Ikal juga terlihat dari akar hingga ujung rambut.

  • Jenis Rambut Ikal 3

Jenis rambut ikal yang terakhir adalah jenis rambut ikal yang memiliki diameter kecil, hanya seukuran sedotan. Jika jenis rambut Anda termasuk rambut ikal, Anda dapat menghindari menyisir rambut terlalu sering karena dapat menyebabkan rambut patah. Selain itu, hindari terlalu sering mengepang rambut agar tidak kusut. Untuk mendapatkan hasil yang halus, Anda bisa menggunakan kondisioner tanpa bilas setiap kali keramas.

4. Jenis Rambut Keriting

jenis potongan rambut wanita

Seperti 2 jenis rambut sebelumnya, sebenarnya rambut keriting juga memiliki beberapa jenis lho!

  • Jenis Rambut Keriting 1

Jenis rambut keriting yang pertama adalah jenis rambut keriting yang memiliki pola keriting yang rapat dan kecil, seukuran lingkaran sumpit.

  • Tipe Rambut Keriting 2

Berbeda dengan tipe pertama, tipe rambut keriting ini biasanya memiliki bentuk zig-zag atau Z kecil, bukan lingkaran.

  • Jenis Rambut Keriting 3

Ini adalah jenis rambut keriting yang paling ketat. Jenis rambut ini memiliki pola keriting yang sangat rapat dan namun juga sangat rapuh rapuh. Jenis rambut ini sangat mudah kusut jika disisir terlalu kasar.

Jika Anda memiliki rambut keriting, Anda bisa rutin menggunakan kondisioner tanpa bilas atau masker rambut untuk merawatnya. Hal ini dilakukan bertujuan supaya rambut keriting menjadi lebih halus dan tidak mudah kusut serta patah.

Jenis Potongan Rambut Wanita

1. Bob Lurus

 jenis potongan rambut wanita

Gaya rambut ini merupakan model yang paling sederhana namun elegan. Selain itu, model bob lurus juga cocok untuk berbagai gaya pakaian dan kepribadian. Bagi Anda yang ingin mencoba potongan rambut pendek untuk pertama kalinya, model potongan rambut ini bisa menjadi pilihan untuk membuat penampilan Anda lebih segar.

2. Pixie Cut

 jenis potongan rambut wanita

Model potongan rambut pendek wanita ini bisa dibilang lebih ekstrim dari dua model sebelumnya. Potongan pixie ini sangat pendek, hampir seperti rambut pria. Namun siapa sangka, gaya rambut ini akan membuat kesan pertama Anda kuat dan berkarakter. Plus, Anda tidak perlu khawatir kepanasan atau gerah lagi.

3. Potongan Pendek Bergelombang

jenis potongan rambut wanita

Potongan model ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan tampilan baru namun tidak terlalu ekstrim. Dengan sedikit sentuhan gelombang di setengah ujung rambut, gaya rambut ini simpel dan elegan. Selain cukup populer di Korea, Marion Jola dan Prilly Latuconsina juga menggunakan potongan rambut ini!

4. Model Keriting Pendek

Bagi kamu yang memiliki rambut keriting, tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa memilih model rambut pendek! Ada banyak pilihan gaya untuk sehari-hari juga. Konsultasikan saja dengan hair stylist favoritmu, model rambut seperti ini pasti akan membuatmu tampil beda dari yang lain.

5. Wavy Bobs

Model rambut bob wanita akan selalu menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dari tahun ke tahun. Jika Anda bosan dengan tekstur rambut lurus yang asli, Anda bisa membuat penampilan Anda terlihat lebih menarik dengan menambahkan aksen wave atau wavy pada rambut Anda.

Tidak hanya mendapatkan tampilan baru yang lebih segar, rambut Anda juga akan terlihat lebih bervolume dan membuat Anda terlihat lebih awet muda. Wavy bobs juga cocok sebagai ide potongan rambut untuk wanita berwajah bulat, karena bisa menutupi pipi dan menimbulkan kesan tirus pada wajah.

6. Braids Hairstyle

jenis potongan rambut wanita

Bagi Anda yang ingin tampil lebih muda tanpa harus memotong rambut, mengaplikasikan gaya kepang atau kepang bisa dijadikan alternatif. Tak hanya bisa digunakan sehari-hari, gaya rambut kepang juga cocok untuk dikreasikan saat Anda akan pergi ke pesta atau acara semi formal.

Mengepang rambut panjang ke samping ala French braids akan membuat penampilan Anda terlihat lebih muda dan kekinian. Sedangkan untuk mendapatkan tampilan yang lebih feminim, kamu bisa mengkreasikan gaya loose braids alias membiarkan kepangan terlihat longgar dan membiarkan poni panjangmu menjuntai ke samping.

Jadi itulah beberapa rekomendasi jenis potongan rambut wanita yang hits dari kunin. Semoga bermanfaat!!