Kulit Kepala Gatal, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kulit Kepala Gatal

Kulit Kepala Gatal – Seringkali kita mengira bahwa ketombe lah yang menjadi penyebab rasa gatal di kepala. Pasti anda sering menggaruknya bukan jika kepala anda tersa gatal? Pasti anda merasa malu menggaruk kepala anda di depan umum. Dan bahkan menjadi hal yang memalukan untuk anda.

Kulit kepala gatal bukan hanya membuat Anda merasa sangat tidak nyaman, tetapi juga bisa membuat rambut jadi rontok. Adakah cara menghilangkan gatal di kulit kepala ini?

Anda sering menganggap ketombelah membuat kepala jadi gatal, dan kita langsung menyalahkan ketombe sebagai penyebabnya. Sehingga buru-buru membeli sampo anti-ketombe untuk mengatasinya. Tapi sebenarnya ada beberapa masalah yang dapat membuat kulit kepala gatal selain ketombe.

Contohnya saja kulit kepala kering, kurang merawat rambut dengan baik, kurap kepala, pola makan yang sembarangan, atau bahkan infeksi bakteri yang bisa menyebabkan oleh penyakit autoimun. kalian juga bisa simak artikel tentang cara memanjangkan rambut dalam 1 minggu disini.

Dari berbagai masalah tersebut, gejala yang paling terasa mungkin adalah rasa gatal di kepala diikuti dengan infeksi kulit, pembengkakan, kemerahan, kerontokan, dan kerusakan rambut sebagai dampak dari gatal-gatal. Para dokter biasanya menyarankan cara mengatasi kulit kepala gatal menggunakan terapi antimikroba atau keratolitik, steroid, dan diet khusus.

Meskipun begitu, diakui banyak orang bahwa salah satu cara menghilangkan kulit kepala gatal yang paling efektif cukup dengan perawatan rambut alami yang cocok. Mari kita lihat beberapa perawatan alami terbaik untuk kulit kepala gatal.

Rasa gatal yang konstan di kepala tentu mengganggu aktivitas atau mungkin membuatmu malu. Sebelum menghilangkannya, kenali dulu penyebab kulit kepala gatal berikut.

Penyebab Kulit Kepala Gatal

Kulit Kepala Gatal

1.  Penyebab Kulit Kepala Gatal Yaitu Ketombe dan Dermatitis Seboroik

Penyebab terumum kulit kepala terasa gatal adalah dermatitis seboroik. Dimana kondisi ini menjadi penyebab ketombe yang utama muncul. Nah, infeksi kulit ini muncul kemungkinan besar karena terjadi di area kelenjar minyak yang termasuk di kulit kepala.

Kemudian dermatitis seboroik pada kulit kepala membuat kulit dikepala terasa gatal, mengelupas, memerah, serta bersisik. Penyebabnya bisa jadi kaena Pertumbuhan jamur berlebih. Naik-turunnya hormon, dan pergantian musim bisa menjadi pemicu kondisi ini.

Kamu bisa menanganinya dengan menggunakan sampo dengan kndungan bahan yang dapat mengontrol pertumbuhan jamur seperti clear atau bisa juga zinc. Namun, bila cara ini tidak berhasil, pergilah ke dokter. Di mana sampo anti jamur khusus atau obat oles mungkin akan diberikan.

2. Penyebab Kulit Kepala Gatal Yaitu Kutu Rambut

Biasanya Kutu rambut menyerang siapa saja tidak hanya anak-anak saja.Kamu bisa amati sendiri dengan mata telanjang dimana telur kutu rambut ada dikepalamu. Yang Nampak seperti ketombe dan menempel di batang rambut.

Lalu telur tersebut menetas dan akan berubah menjadi kutu rambut. Dan akan berkeliaran di kulit kepalamu. Akan lebih sulit dilihat dibandingkan dalam bentuk telurnya.

Dalam menanganinya kamu hanya perlu membeli sisir serit. Sisir yang bergigi rapat untuk menyingkirkan kutu yang ada dikepalamu. Atau bisa juga dengan sampho khusus untuk menghilangkan kutu yang mengandung insektisida pyrethrin atau permethrin

Pastikan kamu mengikuti instruksi di kemasan sampo agar mendapatkan hasil sesuai. Untuk menjaga kebersihan agar kutu tidak kembali lagi, pastikan semua alas tidur, handuk dan pakaian mu dicuci ya guys. Dan orang yang tinggal bersamamu agar terhindar dari kutu rambut.

3. Penyebab Kulit Kepala Gatal Yaitu Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi di mana terjadi produksi sel kulit berlebih, termasuk di kulit kepala akibat gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini menjadikan kulit merah dan seperti ditutupi sisik.

Psoriasis dikulit kepala bisa terasa sangat gatal dan kulitnya bisa sangat kering sehingga mudah mengelupas, mirip seperti ketombe. Penyebab penyakit terjadi ketika sistem imun tubuh justru terbalik menyerang sel kulit yang sehat. Akibatnya sel kulit bisa tumbuh terlalu cepat dan akhirnya menumpuk.

Ada banyak Cara penanganannya, yang paling umum adalah dengan sampo antiketombe dipasaran. Carilah sampo antiketombe yang mengandung zinc pyrithione, asam salisilat dan tar batubara.

Jika anda mencobanya lebih dari setengah bulan namun tidak membaik. Sebaiknya pergilah ke dokter kulit untuk konsultasikan masalah pada kulit kepala anda.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

1.  Minyak Pohon Teh Untuk Sembuhkan Peradangan

Minyak pohon teh (Melaleuca) adalah minyak esensial dengan khasiat menakjubkan. Yang hebat dari minyak ini adalah manfaat antioksidan serta antimikroba, yang berarti ia memiliki kemampuan untuk melawan bakteri, virus, dan jamur.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Dermatology, berbagai riset telah menunjukkan bahwa minyak pohon teh sangat bagus untuk berbagai gejala inflamasi (peradangan), termasuk dermatitis seboroik, sehingga dapat membantu proses penyembuhannya sekaligus menghilangkan gatal di kulit kepala.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of American Academy of Dermatology juga memperlihatkan bahwa ada perbaikan sebanyak 41 persen pada mereka yang menggunakan sampo mengandung 5 persen minyak pohon teh. Mereka mengakui bahwa gatal-gatal dan ketombe di kulit kepalanya berkurang.

2. Gunakan Masker Rambut Dan Kulit Kepala

Pernahkah Anda mencoba masker rambut alami yang terbuat dari campuran pisang, alpukat, dan madu? Ya, ketiga bahan makanan ini dapat memberikan manfaat yang mengagumkan bagi kesehatan rambut serta kulit kepala Anda.

Madu, misalnya, telah lama dikenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan luka. Banyak yang berpendapat bahwa mikroorganisme yang terdapat dalam madu sanggup membantu membasmi pertumbuhan bakteri serta jamur.

Menggunakan masker rambut sebagai obat yang bisa membuat Anda terbebas dari masalah bakteri yang memicu rasa gatal, jika digunakan beberapa kali seminggu. Cukup campurkan pisang yang sudah ditumbuk halus.

Dua sendok makan madu, dan setengah buah alpukat sampai benar-benar merata. Kemudian oleskan campuran ini ke seluruh bagian rambut sampai benar-benar menutupi kulit kepala. Diamkan selama 20 sampai 30 menit lalu cuci rambut dengan air sampai benar-benar bersih.

3. Hindari Makanan Pemicu Inflamasi Dan Iritasi

Penyebab kulit kepala gatal bisa juga akibat pertumbuhan jamur yang dipicu oleh makanan yang Anda makan. Karena itu Anda harus menghindari makanan apa pun yang bisa memicu, misalnya makanan apa pun yang diproses, gula, susu, kedelai, kacang, atau alkohol.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah memastikan menu makanan Anda disertai makanan-makanan anti jamur. Beberapa jenis makanan tersebut contohnya bawang putih, cuka apel, pisang, alpukat, flaxseed, jahe, dan minyak kelapa.

4. Hindari Pemakaian Bahan Kimia Di Rambut

Bahan kimia terkandung dalam sebagian besar produk perawatan rambut yang dijual di rak-rak toko swalayan, muncul benjolan-benjolan kecil di kulit kepala, dan masalah lainnya.

Bagusnya ada cara menghilangkan gatal di kulit kepala akibat bahan kimia yang mudah dilakukan. Yaitu dengan menghindari bahan kimia tersebut dan menggantinya dengan solusi alami, misalnya menggunakan kondisioner buatan sendiri. Kondisioner ini bisa dibuat dengan mencampurkan segelas air, 2 sendok makan cuka apel, dan 10 tetes minyak esensial (contoh: minyak pohon teh).

5. Membunuh Virus Dan Jamur Dengan Cuka Apel

Cuka sari apel, atau yang biasa disebut cuka apel, memiliki sifat anti-inflamasi kuat yang membantu membunuh virus serta jamur. Di samping itu, cuka apel juga sanggup menyeimbangkan kembali kadarph di kulit kepala Anda. Dengan begitu akan mengurangi rasa gatal sekaligus menambah kelembapannya.

Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1 : 1, lalu tuangkan ke dalam botol semprot. Kemudian bilas rambut dan kulit kepala dengan air dan biarkan hingga kering. Setelah rambut sudah kering, semprotkan campuran tadi ke kapas untuk dioleskan secara merata ke kulit kepala. Lalu semprotkan campuran tadi langsung ke kulit kepala.

Selang beberapa menit, cucilah rambut dengan menggunakan sampo yang biasa Anda pakai dan bilas menggunakan air bersuhu biasa (bukan air panas/hangat). Ulangi ini sebanyak satu atau dua kali seminggu.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kulit kepala gatal. Untuk mendapatkan hasil terbaik, ikutilah salah satu cara di atas selama dua minggu atau sampai rasa gatal benar-benar sudah menghilang dan sembuh.

Cobalah salah satu cara mengatasinya di atas yang cocok bagi Anda dan rasakan sendiri manfaatnya. Diharapkan setelah rutin mempraktikkannya sesudah beberapa minggu, Anda bisa terbebas dari rasa gatal tak tertahankan yang selama ini bikin risih.

Meski masalah gatal di kulit kepala umumnya bukanlah sesuatu yang serius, tapi adakalanya ini adalah gejala dari suatu penyakit yang perlu penanganan medis. Karena itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika cara-cara menghilangkan gatal di kulit kepala yang sudah Anda coba tidak juga berhasil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.