Oh Ternyata! Begini Cara Mempercantik Diri Menurut Islam Bagi Muslimah

cara mempercantik diri sesuai islam

Mempercantik diri menurut islam. Setiap wanita pada dasarnya dilahirkan dengan kecantikan masing-masing. Tetapi sayangnya bagi sebagian orang masih ada yang belum puas terhadap apa yang sudah dimilikinya.  Biasanya mereka akan berlomba-lomba untuk mempercantik diri penggunaan bantuan  krim pemutih, make-up atau ada juga yang melakukan operasi plastik. Tindakan tersebut mungkin dapat menjadikan seorang wanita menjadi cantik secara fisik. Namun bagaimana islam memandang hal tersebut ?  Cantik menurut agama islam tidak hanya dipandang dari masalah fisik semata, namun  juga perlu mempercantik jiwa serta hati,

Wanita dalam melakukan aktifitas untuk mempercantik diri disunnahkan dalam islam. Karena Allah SWT  Maha indah dan Dia mencintai keindahan. Tetapi untuk mempercantik diri sobat kunin harus tau batasan  yang harus dipahami yaa.. Untuk mengetahui bagaimana mempercantik diri menurut islam bagi wanita muslimah berikut pembahasnnya.

1. Rajin berwudhu

Berwudhu pasti sudah pernah dilakukan oleh semua umat muslim , salah satu aktivitas yang biasanya  dilakukan sebelum melakukan solat  bagi umat muslim yaitu berwudhu ,  berwudhu yang berfungsi untuk penghilang najis serta meyempurnakan ibadah.  Perlu sobat kunin ketahui jika aktifitas  berwudhu juga bisa dapat membantu menjadikan wajah yang kusam menjadi lebih cerah . Disaat sobat kunin  membasuh muka menggunakan air wudhu, noda serta kotoran akan luntur. Selain itu berwudhu juga mampu menggugurkan dosa-dosa, Oleh kerena itu perbanyaklah intensitas berwudhu disetiap waktu. Seperti ketika akan melakukan aktifitas diluar rumah serta  menjelang tidur dimalam hari.

2. Shalat tahajjud

Istiqomah dalam melaksanakan shalat tahajjud bukanlah hal yang mudah. Karena malaksanakan shalat yang dilaksanakan dalam sepertiga malam terakhir ini ketika dimana jam – jam tersebut merupaka jam yang biasanya kita  sedang tertidur nyenyak. Tidak heran sebagian orang yang enggan , lalai serta malas dalam mengamalkan ibadah sunnah ini. Tetapi perlu sobat kunin ketahui bahwa sholat tahajjud bukan saja dapat meningkatkan peluang doa – doa kita dikabulkan oleh Allah , Namun aura yang akan terpancar di wajah juga dapat terpancar begitu indah. Biarpun sobat kunin tidak memakai krim pemutih, sobat kunin  akan terlihat cerah, bersih serta berseri .

3. Rajin membaca Al-Quran

Al-Quran merupakan kitap suci bagi umat islam, dalam sebuah firman Allah SWT yang Maha Pengasih dan Penyayang, dengan rutin membaca Al-Quran maka jiwa selalu tenang serta wajah akan lebih berseri seakan  mendapatkan cahaya dari Sang Pencipta.Oleh karena itu  selalu biasakan untuk  membaca Al Quran setiap hari. Jalankan dengan niat ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT niscaya akan terpancar  inner beauty sobat kuninakan serta terlihat lebih bercahaya.

4. Murah senyum

Seseorang yang jarang tersenyum dan selalu cemberut, cuek biasanya cenderung akan terlihat menakutkan. Hal ini Berbeda dengan orang-orang yang wajahnya selalu sering tersenyum biasanya mampu menghadirkan kesejukan dalam hati orang  yang melihatnya. Menurut penelitian tersenyum mampu membuat seseorang  menjadi lebih awet muda. Murah senyum juga mampu memancarkan kecantikan yang lebih  dihati (inner beauty). Selain itu dengan sering tersenyum akan lebih disayangi orang lain serta  mudah mendapatkan sahabat

5. Hindari sifat pemarah, sombong serta iri hati

Cantik tidak hanya dilihat dari luar saja, secantik apapun wajah seseorang memiliki penyakit hati seperti  iri hati ataupun sombong, biasanya akan tertutup aura cantiknya dan terlihat tidak cantik.  Sifat-sifat itu dapat mempengaruhi wajah kurang terpancar auranya dan terlihat gelap hal ini menjadikan hilanglah cahaya alami di diri kita. Sobat kunin juga sebisa mungkin untuk menghindari marah-marah, karena dalam sebuah penelitian menginformasikan jika seseorang yang sering marah biasanya cenderung cepat mengalami penuaan dini.

6. Hindari perbuatan maksiat

Sama seperti dengan penyakit hati melakukan maksiat juga dapat menjadikan wajah terlihat  gelap serta hitam. Seseorang yang biasa melakukan perbuatan  maksiat biasanya akan hilang iner beautynya serta fisiknya. Bisa saja dia mempoles wajahnya menggunakan make up supaya tetap  terlihat cantik dan menarik. Tetapi biasanya  kecantikan itu  tetap tidak terlihat natural. Hal ini berbeda dengan orang – orang yang sering melaksanakan ibadah kecantikannya akan selalu tampak natural serta wajahnya terlihat bercahaya, karena biasanya di hatinya selalu tenang.

7. Mengenakan jilbab syar’i

Wanita yang terlihat cantik tidaklah mereka yang suka mengumbar auratnya kepada orang lain yang bukan muhrimnya. Menurut ajaran islam kecantikan wanita yang sesungguhnya  diperuntukkan  hanya bagi suaminya. Oleh karena itu islam memberi kewajibkan kepada wanita supaya memakai jilbab yang sampai menutupi dada. Wanita yang menggunakan jilbab serta pakaian yang panjang biasanya lebih terlihat anggun serta cantik dibandingkan wanita yang menggunakan  pakaian minim dan suka mengumbar auratnya.

8. Gunakan pakaian yang bagus namun tidak berlebihan

Dalam Islam tidak melarang wanita ataupun laki-laki dalam mengenakan pakaian yang sedap dipandang dan bagus. Islam menganjurkan umatnya untuk memakai pakaian yang santun  indah namun tidak berlebihan. karena jika berlebihan saat penampilan dapat menimbulkan sifat sombong.

9. Melakukan perawatan tanpa merubah bentuk diri

Memakai make-up serta melakukan perawatan diri dalam islam tidaklah dilarang, wanita diperbolehkan menggunakn bedak ketika keluar rumah, wanita pun dianjurkan untuk rajin melakukan perawatan diri menggunakan bahan alami, seperti minyak zaitun, susu serta madu supaya kesehatan, kekenyalan kulit selalu terawat dengan baik. Harapannya supaya  suaminya akan lebih cinta serta menambah  keharmonisan dalam hubungan suami istri serta kehidupan dalam berrumah tangga dapat terjaga dengan baik.

Namun  ada hal yang harus sobat kunin ketahui yaitu bahwa Agama islam tidak menganjurkan seseorang untuk mengubah bentuk wajah atau tubuhnya tanpa alasan kuat. Misalnya mengubah hidungnya agar terlihat lebih mancung atau melakukan prosedur operasi / bedah plastik. Hal tersebut dangat dilarang oleh islam, termasuk juga  mencukur alis, bertato serta tindakan lain yang sifatnya merubah ciptaan Allah SWT.

10. Puasa sunnah

Cara mempercantik diri menurut islam selanjutnya yaitu  mengamalkan ibadah puasa sunnah, sobat kunin tidak perlu khawatir akan terlihat kurus ataupun akan mati hanya dikarenakan menjalankan puasa sunnah ini,  Justru puasa adalah salah satu aktivitas yang menyehatkan.  Dengan menjalankan ibadah puasa risiko obesitas akan ter hindari, meminimalisir risiko penyakit kanker serta menyehatkan jantung. Sobat kunin tidak perlu  menjalankan puasa setiap harinya  cukup lakukan  puasa sunnah senin dan kamis, insyaAllah  aura kecantikan  akan terpancar dan menjadikan wajah semakin cantik mempesona.

11 Terapkan pola makan sehat

Menjaga pola makan sehat juga mampu menjadi cara untuk mempercantik diri sesuai ajaran islam. Didalam ajaran islam seseorang sangat  dianjurkan supaya makan hanya di saat lapar kemudian berhenti  makan sebelum kenyang. Makan juga jangan berlebihan, melakukan aktifitas makan sebaiknya dengan menggunakan tangan kanan serta dalam posisi  duduk sebelum makan di anjurkan untuk berdoa terlebih dahulu serta untuk selalu hanya memakan  makanan yang halal saja. Begitu banyak makanan halal yang dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi supaya bisa mempercantik kulit seperti buah serta sayuran. Serta imbangi pula  dengan meminum air putih yang banyak  kurang lebih sekitar 2-2,5 liter perhari guna menjaga kekencangan kulit.

Demikianlah beberapa tips cara mempercantik diri menurut islam. Sangat mudah dilakukan dalam kehidupan sehari – hari dan membutuhkan niat yang baik dan konsisten dalam menjalankannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.  Islam  adalah agama yang tidak pernah membuat sulit hambanya, yang harus selalu sobat kunin ingat yaitu Allah SWT tidak akan menilai seseorang berdasarkan tampilan fisik semata.  Jadi jangan sampai sobat kunin  memutuskan untuk menjalankan hal yang berbahaya hanya untuk mendapatkan kecantikan fisik semata. Selalu  syukuri semua karunia Allan yang ada pada diri sobatkunin , selalu tersenyum serta perbanyaklah melaksanakan ibadah insya Allah  kecantikan abadi selalu terpancar di wajah.