Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam Secara Alami

menghilangkan bekas jerawat hitam alami

Mengetahui dan mempraktekkan cara menghilangkan bekas jerawat hitam alami sangatlah penting. Pasalnya bekas jerawat berwarna hitam akibat hiperpigmentasi pasca inflamasi sering terjadi akibat peradangan jerawat.

Tentu kondisi ini akan sangat mengganggu penampilan anda, apalagi hiperpigmentasi bisa terjadi pada semua jenis kulit wajah. Untuk bisa mengatasinya, cara menghilangkan bekas jerawat hitam bisa menjadi pilihan. Aman dan tidak mudah iritasi.

Umumnya, bekas jerawat berwarna hitam paling banyak terlihat di area pipi. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi berbeda dengan cara menghilangkan luka saat masih ada jerawat.Pasalnya, dibutuhkan waktu antara 3 bulan hingga 2 tahun agar bekas jerawat hitam di pipi benar-benar hilang.

Itu pun jika Anda tidak memiliki jerawat baru di area kulit yang sama atau berdekatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Kenali jenis-jenis bekas jerawat

menghilangkan bekas jerawat hitam alami

 

Sebelum menerapkan berbagai cara menghilangkan bekas jerawat, ada berbagai jenis bekas jerawat yang perlu Anda ketahui.Berbagai jenis bekas jerawat ini dapat menentukan pengobatan yang tepat yang perlu dilakukan.

1. Bekas luka hiperpigmentasi

Jenis bekas luka jerawat hiperpigmentasi ini menyebabkan perubahan warna pada area kulit dan tidak membentuk bekas luka.Kondisi ini disebabkan karena peradangan yang menyebabkan kulit memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan.Bekas jerawat ini membutuhkan waktu sekitar 1-2 tahun untuk menghilang jika tidak diobati.

2. Bekas luka atrofi

Bekas jerawat atrofi terjadi ketika jaringan pada kulit hilang. Jaringan parut ini dibagi menjadi tiga bagian, yakni sebagai berikut.

  • Boxed scar, bekas jerawat yang tidak terlalu dalam, namun memiliki ukuran yang lebih lebar, dan memiliki pinggiran yang cukup jelas menyerupai kotak. Luka ini disebabkan oleh rusaknya kolagen dan hilangnya jaringan di kulit.
  • Ice pick, bekas jerawat mirip dengan pemecah es. Bekas jerawat ini memiliki lekukan yang sangat dalam yang mencapai lapisan dermis, dengan bentuk V.
  • Rolling scar, ini merupakan bekas jerawat yang membuat tekstur kulit seperti berombak. Posisinya lebih dangkal dan umumnya terjadi setelah mengalami jerawat dalam jangka waktu yang lama.

2. Bekas luka hipertrofik

Bekas luka hipertrofik juga dikenal sebagai keloid, yang berwarna gelap, bekas luka seperti benjolan. Kondisi ini dapat terjadi ketika kulit secara tidak sengaja memproduksi terlalu banyak sel pada saat mencoba memperbaiki sel kulit yang rusak akibat dari peradangan.

3. Bekas luka hiperpigmentasi

Jenis bekas luka jerawat hiperpigmentasi ini menyebabkan perubahan warna pada kulit dan tidak membentuk bekas luka.Kondisi ini disebabkan oleh peradangan yang menyebabkan kulit memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan.Bekas jerawat ini memerlukan waktu sekitar 1-2 tahun untuk menghilang jika tidak diobati.

Macam-Macam masker penghilang bekas jerawat alami yang bisa dicoba

Anda bisa menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan masker penghilang bekas jerawat alami.Berbagai bahan alami yang tercantum di bawah ini mungkin belum terbukti secara ilmiah efektif. Namun, tidak ada salahnya untuk anda coba di rumah. Berikut cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami yang bisa Anda coba.

1. Lidah buaya

menghilangkan bekas jerawat hitam alami

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi secara alami adalah dengan lidah buaya.Manfaat masker lidah buaya dapat dijadikan sebagai masker penghilang bekas luka jerawat alami yang dapat menyembuhkan kulit.

Sebuah hasil penelitian dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery yang dilakukan pada hewan uji menyatakan bahwa penggunaan lidah buaya secara konsisten sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam dapat membuat produksi melanin dalam sel kulit lebih stabil

2. Cuka apel

menghilangkan bekas jerawat hitam alami

Selain sebagai bumbu masakan, ternyata cuka sari apel bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami.Manfaat cuka sari apel dapat membantu mencerahkan kulit, merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel kulit, dan mengangkat sel kulit mati.Tak heran jika, cuka sari apel bisa menjadi masker penghilang bekas jerawat alami.

Cara menggunakan cuka sari apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam adalah dengan mencampurnya dengan beberapa tetes air.

Kemudian, celupkan bola kapas namun pastikan bahwa bola kapas yang akan digunakan bersih, kemudian celupkan ke dalam larutan cuka sari apel. Oleskan kapas tersebut pada bekas jerawat yang berwarna hitam, diamkan selama 5 menit. Kemudian, bilas kulit dengan menggunakan air sampai bersih.

Anda juga dapat menggunakan cuka sari apel sebagai bahan untuk menghilangkan bekas jerawat hitam dengan ditambahkan 2 sendok makan madu.

Celupkan bola kapas ke dalam campuran sebagai masker penghilang bekas luka jerawat.Biarkan selama 10-15 menit atau sampai masker mengering. Selanjutnya, bilas kulit dengan air bersih.

3. Madu

Manfaat madu untuk jerawat dipercaya ampuh karena mengandung sifat antiseptik dan anti inflamasi.Kedua senyawa tersebut juga dipercaya dapat menyembuhkan kerusakan kulit akibat jerawat sekaligus mencegah timbulnya jerawat.

Sifat pelembab madu juga dapat melembutkan jaringan parut dan mempercepat perbaikan kulit, termasuk bekas jerawat.Anda bisa mengoleskan 1 sendok makan madu pada bekas jerawat, lalu diamkan selama 20-30 menit.

Anda juga dapat mencampurkan masker penghilang jerawat alami ini dengan tambahan jus lemon. Selanjutnya, bilas wajah Anda dengan menggunakan air yang bersih dan keringkan

4. Air perasan lemon

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan bahan alami adalah dengan menggunakan jus lemon.Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Dermatology Journal Online mengungkapkan bahwa kandungan vitamin C mampu membantu dalam mencerahkan wajah dan juga meratakan warna kulit.

Selain itu, vitamin C juga merupakan zat aktif yang bekerja dengan cara mengurangi pembentukan melanin yang menyebabkan bekas jerawat hitam menjadi lebih terlihat.

5. Kunyit

Kunyit dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami.Sifat anti inflamasi dan antioksidan yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat mempercepat penyembuhan jaringan parut akibat bekas jerawat sekaligus meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk cara pemakaiannya, coba anda campurkan 1-2 sendok teh bubuk kunyit dan jus lemon. Aduk rata hingga teksturnya menyerupai pasta.Oleskan masker penghilang jerawat alami di seluruh wajah Anda, terutama pada area kulit yang memiliki bekas jerawat.Diamkan selama 30 menit, bilas hingga bersih setelah selesai. Lakukan satu kali dalam sehari supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Penyebab Jerawat

1. Produksi kolagen berkurang

Bekas jerawat yang menghitam akan muncul ketika produksi kolagen berkurang pada kulit. Menurut American Academy of Dermatology, kondisi ini mungkin dialami seiring dengan bertambahnya usia seseorang.Manfaat dari kolagen ini adalah berperan dalam proses penyembuhan kulit yang tengah berjerawat.Namun terkadang, kulit hanya menghasilkan kolagen yang terlalu sedikit sehingga dapat menimbulkan bekas jerawat.

2. Kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat

Salah satu penyebab munculnya bekas jerawat hitam adalah kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat.Apalagi jika dilakukan dengan kondisi jari tangan yang tidak dibersihkan dengan baik.Saat Anda menyentuh atau memencet jerawat, risiko iritasi kulit atau kondisi jerawat akan semakin parah.Akibatnya, bekas jerawat menjadi gelap dan sulit dihilangkan.

3. Faktor keturunan

Tidak banyak yang tahu bahwa faktor keturunan juga berperan penting dalam munculnya bekas jerawat hitam di pipi.Menurut American Academy of Dermatology, jika ada anggota keluarga yang memiliki masalah dengan bekas jerawat berwarna hitam, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah kulit serupa.

Itulah tadi tips dari kunin untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami yang dapat anda coba.