Menghilangkan Jerawat Secara Alami-Ikuti Tips Berikut..

cara menghilangkan jerawat secara alami

Jerawat menjadi masalah umum yang sering dialami oleh kaum remaja,  Bahkan bisa jadi masalah jerawat dapat  mengikuti sampai seseorang sudah beranjak dewasa. Beberapa bahan berikut ini bisa dipergunakan untuk  menghilangkan jerawat secara alami.

Cara menghilangkan jerawat secara alami sangat gampang dilakukan sendiri di rumah. Seperti menggunakan masker dari bahan alami  lidah buaya, bawang putih atau madu.

Tetapi tidak hanya menggunakan  cara alami saja untuk menghilangkan jerawat Sobat kunin juga harus menerapkan  pola hidup seha guna  menjaga kesehatan kulit.

Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan jerawat secara alami  diyakini sangat efektif dan aman  guna menjadikan kulit kembali sehat serta bebas dari jerawat.

Tetapi sobat kunin harus ketahui belum banyak hasil penelitian yang bisa mengonfirmasi keefektifan masker alami guna menghilangkan jerawat ini.

Oleh karena itu sobat kunin  harus tetap  berhati-hati dalam menerapkan masker penghilang jerawat diwajah.

Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan  dokter sebelum sobat kunin memutuskan untuk menggunakannya.

Berikut berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami, cepat dan aman  yang dapat sobat kunin lakukan di rumah:

1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah dipercaya bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat secara alami.  Lidah buaya mampu mempercepat meredakan peradangan padakulit yang muncul akibat jerawat. Lidah buaya juga mempunyai kandungan asam salisilat dan sulfur yang bermanfaat  mengatasi jerawat.

Kedua jenis  bahan aktif ini  sudah sering dimanfaatkan untuk mengobati jerawat di kulit.

Cara Pemakaian nya cukup mudah yakni:

  • Ambil gel lidah buaya pada daging lidah buaya secara langsung dengan menggunakan sendok.
  • Oleskan secara lembut di area wajah brjerawat yang sudah dibersihkan.
  • Lakukan cara ini secara rutin selama  1-2 kali sehari.

Selain hat tersebut diatas sobat kunin juga dapat mengoleskan gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Tetapi harus  pastikan dulu yaa sobat kunin untuk komposisi kandungan lidah buayanya sebesar 100%.

Sobat kunin bisa mencampurkan gel lidah buaya bersama dengan bahan alami lainnya seperti kunyit dan teh hijau. Campuran masker tsb berguna untuk menghilangkan jerawat serta bekasnya  hal ini dapat dicoba guna mengendalikan produksi minyak dan kulit yang sensitif.

Caranya sangat mudah yaitu campuran masker alami tersebut aplikasikan pada wajah yang berjerawat  kemudian tunggu selama  kurang lebih 15-20 menit selanjutnya bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk

Apabila sobat kunin menjumpai kemunculan iritasi, rasa gatal atau kemerahan saat mengaplikasikan masker penghilang jerawat alami ini adabaiknya segera hentikan penggunaan.

2. Cuka apel

Menghilangkan jerawat secara alami dengan menggunakan cuka apel dapat menjadi alternatif pilihan lainnya untuk mendapatkan perawatan alami.  Dalam penelitian International Journal of Cosmetic Science menginformasikan  bahwa cuka apel memiliki kandungan asam organik seperti asam sitrat sehingga sangat bermanfaat untuk kulit berjerawat.

Jerawat jenis Propionibacterium acnes dapat di sembuhkan dengan menggunakan cuka apel karena memiliki kandungan Asam sitrat yang dapat membantu melawan bakteri jerawat tersebut.

Hasil laporan studi Applied Microbiology and Biotechnology juga menginformasikan jika cuka apel  dapat menekan peradangan akibat bakteri P.acnes karena kandungan succinic acid yang terdapat dalam cuka apel.

Cuka Apel  juga dipercaya dapat memperbaiki tekstur kulit yang mempunyai bekas jerawat karena cuka apel memiliki kandungan asam laktat

Cara Pembuatannya sangat mudah yaitu, Campurkan 1 sendok makan cuka apel bersama 3 sendok makan air, Pastikan wajah sudah bersih dengan di cuci menggunakan sabun cuci muka dengan air mengalir, Aplikasikan campuran cuka apel tersebut ke kulit dengan menggunakan kapas, Diamkan kurang lebih selama 5-20 detik, Kemudian bilas wajah menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk, Ulangi cara tersebut 1-2 kali sehari.

Apabila jenis kulit sobat kunin cenderung sensitif dapat mencampurkan obat jerawat alami ini dengan komposisi lebih banyak air. Cuka apel ini juga dapat menimbulka iritasi  pada beberapa orang jadi harus lebih di perhatikan kembali pemakaian nya jangan terlalu berlebihan.

 3. Madu

Menghilangkan jerawat secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan Madu. Madu memiliki kandungan antioksidan didalamnya yang di percaya dapat membersihkan kotoran di wajah dan mencegah penyumbatan pori-pori. Disamping itu madu memiliki sifat antibakteri dan mengandung bahan yang mampu membantu penyembuhan luka.

Sobat kunin dapat mengoleskan madu ke kulit wajah yang berjerawat  dengan menggunakan kapas steril untuk  mendapatkan manfaatnya supaya jerawat segera menghilang.

Cara lainnya yaitu sobat kunin dapat mencampurkan ½ sendok teh kunyit beserta 1 sendok makan madu sebagai alternatif masker yang berguna menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Kunyit adalah rempah-rempah yang mempunyai sifat antiradang  dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dipercaya dapat menenangkan kulit yang meradang dan mencegah timbulnya jerawat.

 4. Bawang putih

Bawang putih bisa menjadi salah satu alternatif untuk  menghilangkan jerawat secara alami, cepat dan aman. Bawang putih memiliki manfaat bagi kulit yaitu membantu mengatasi infeksi serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri.

Cara penggunaan bawang putih untuk menghilangkan jerawat sangat mudah yaitu sobat kunin cukup menambahkan lebih banyak konsumsi bawang putih dalam asupan makanan harian. Hal ini dipercaya dapat mengoptimalkan manfaat yang bisa didapat.Ada baiknya sobat kunin tidak mengoleskan bawang putih sebagai obat jerawat secara langsung ke kulit yang berjerawat hal ini karena rentan  dapat menyebabkan iritasi.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai alternatif lain yang aman untuk menghilangkan jerawat secara alami dan efektif. Minyak kelapa mempunyai kandungan antiinflamasi serta antibakteri yang dipercaya dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat.

Perlu sobat kunin ketahui jika masker alami yang terbuat dari minyak kelapa juga mampu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat, sobat kunin juga bisa menggunakan virgin coconut oil yang di jual di pasaran agar dapat dioleskan secara langsung diarea kulit yang berjerawat.

6. Air perasan lemon

Asam sitrat yang terkandung dalam air perasan Lemon sangt baik dijadikan untuk menghilangkan jerawat secara alami, cepat dan aman.

Cara penggunaannya pun cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah untuk menghilangkan jerawat dari air lemon yaitu gunakan kapas steril kemusian celupkan ke dalam perasan air jeruk lemon. Selanjutnya usapkan kapas tersebut ke area kulit wajah yang berjerawat pada malam hari sebelum tidur lalu diamkan selama semalaman. Tetapi perlu diingat yaa sobat kunin untuk risiko iritasi yang mungkin dapat ditimbulkan.

Apabila sobat kunin merasakan perih setelah mengoleskan air perasan jeruk lemon ke wajah yang berjerawat ada baiknya jangan dilanjutkan  kemudian segera konsultasi dengan dokter.

7. Tea tree oil

Tea tree oil sudah lama dikenal bermanfaat untuk menghilangkan jerawat secara alami,cepat dan aman . Tidak heran jika tea tree oil menjadi bahan campuran di beberapa produk kecantikan yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat.

Tea Tree oil mempunyai kandungan bahan alami yang mempunyai sifat antibakteri serta anti peradangan sehingga sangat efektif guna mengempiskan jerawat. Dalam Studi yang di tulis  Journal of Cosmetology menginformasikan ternyata didalam salep tea tree oil  akan sedikit menimbulkan efek samping membuat kulit kering serta iritasi dibandingkan dengan penggunaan  obat jerawat yang mepunyai komposisi benzoil peroksida.

Namun penggunaan tea tree oil sebagai obat jerawat alami ada baiknya juga harus dilakukan secara hati-hati. karena pada sebagian orang mungkin bisa merasakan efek samping seperti kulit iritasi dan terasa perih.

Sobat kunin dapat mencoba membuat masker alami dengan bahan  tea tree oil yang di campur dengan 12 tetes minyak pelarut (carrier oil) seperti minyak zaitun, minyak jojoba atau  minyak kelapa.