Merawat Bibir Kering dan Pecah-Pecah-Simak Tips berikut!

cara merawat bibir pecah pecah

Penyebab Bibir Kering dan Pecah – pecah

Setiap wanita biasanya menginginkan untuk mmpunyai  bibir yang sehat. Namun apabila sobat kunin mempunyai kondisi bibir kering dan pecah pecah tidak perlu khawatir karena saat ini ada macam cara untuk merawat bibir kering dan pecah – pecah .

Bibir yang kering dan pecah – pecah biasanya disebabkan oleh banyak faktor seperti penggunaan kosmetik yang tidak cocok, efek dari sinar matahari atau kurangnya konsumsi air putih.   Hal tersebut pasti membuat sobat kunin ingin mencari tahu bagaimanakah  cara merawat bibir kering dan pecah – pecah agar kembali sehat.

Selain itu ada juga beberapa penyebab bibir kering seperti selesma serta kerusakan akibat sinar matahari juga mampu menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah bahkan penggunaan obat-obatan seperti agen penurun kolesterol

Sobat kunin dari informasi  di atas mengenai  hal penyebab yang menjadikan  bibir kering kering dan pecah  – pecah maka kunin.id akan memberikan bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah – pecah secara aman dan mampu menjadikan bibir menjasi lebih sehat.

Baca juga https://kunin.id/membuat-bibir-merah-alami/

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah – pecah :

Biasanya untuk mengatasi bibir kering dan pecah – pecah banyak wanita menggunaan lip balm bisa untuk  melembapkan bibir namun ada cara lain yang bisa sobat kunin lakukan dengan cara yang lebih alami , mudah dan dapat dilakukan  di rumah.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan

1. Minyak Almond

Salah satu kandungan Minyak almond yaitu Asam lemaknya yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecahb- pecah dengan alami dan aman.

Cara pemakaiananya juga cukup mudah untuk merawat bibir kering dan pecah – pecah  dengan menggunakan minyak almond yaitu sobat kunin cukup mengoleskan beberapa tetes minyak almon  ke bibir yang kering,  minyak almond juga dapat di gunakan untuk bahan alami  yang cukup bagus dalam mengatasi rambut kering dan rusak.

Namun sobat kunin bisa melakukan tes alergi terlebih dahulu yaaa karena ada beberapa orang yang mempunyai alergi dalam penggunaan  minyak almond

2. Minyak Kelapa

Apabila sobat kunin kesulitan untuk  mencari minyak almond sobat kunin dapat menggantinya dengan menggunakan minyak kelapa sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah – pecah dengan bahan alami. “Minyak kelapa  merupakan emolien yang bagus untuk menambah kelembapan pada kulit serta mempunyai sifat anti-stafilokokus yang mampu membantu mencegah infeksi bakteri dibibir kering dan  pecah-pecah,” ujar  Adams.

Menurut informasi dari  Journal of Traditional and Complementary Medicine minyak kelapa bukan hanya mampu menjdi pelembab pada kulit namun juga mampu melindungi kulit dengan cara meningkatkan fungsi penghalang pada kulit.

3. Potongan Timun

Timun juga dapat dijadikan alternatif lain untuk Mengatasi bibir kering  dan pecah – pecah. Timun merupakan sayuran sempurna yang bermanfaat untuk membuat bibir kering dan pecah – pecah menjadi lebih terhidrasi dan sehat. Timun mampu memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit guna membuat bibir halus. Sobat kunin bisa mengoleskan  timun yang sudah di iris ke bibir dengan lembut  atau dapat juga dengan menghaluskan  timun kemudian mengaplikasikan sari airnya ke bibir.

4. Eksfoliasi dengan Madu dan Gula

Mengeksfoliasi atau pengelupasan dengan scrub wajib dilakukan dalam perawatan bibir kering dan pecah – pecah. Hal ini mampu membantu menghilangkan sel kulit mati serta membuat bibir rehidrasi dan halus. “Apabila sobat kunin mempunyai masalah bibir kering terus menerus, maka sobat kunin bisa jadi membutuhkan pengelupasan bibir,” kata Adina Mahalli ahli perawatan rambut dan kulit diMaple Holistics.

Beliau juga menginformasikan bahwa “Gula mempunyai kandungan kualitas abrasif yang mampu menjadikannya pengelupas alami  yang hebat. Gula alami yang terdapat pada madu berperan  sebagai humektan serta emolien yang mampu meningkatkan kontrol air di kulit ”

Menurut kutipan di  Central Asian Journal of Global Health madu sudah sangat di percaya mempunyai sifat antimikroba, antiinflamasi serta penyembuhan luka oleh karena itu madu sudah digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami perawatan kulit serta sejumlah kondisi kesehatan lainnya.

Cara mengatasi bibir kering dengan menggunakan scrub madu cukup mudah sobat kunin  bisa membuat scrub dengan mencampurkan gula dan madu kemudian gosok kan secara lembut ke bibir yang kering dan pecah – pecah tersebut.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai sifat kohesif alami yang mampu mengikat sel-sel kulit yang sudah mengelupas agar menjadi lembut kembali, Lidah buaya sangat menenangkan kulit serta mampu secara lembut mengangkat sel kulit mati. Mengaplikasikan  lidah buaya bisa menjadi cara mengatasi bibir kering dan pecah – pecah serta mempunyai  efek melindungi serta mendinginkan kulit, dikutip dari  Indian Journal of Dermatology.

Disarankan sobat kunin menggunakan tanaman lidah buaya asli karena caranya sangat mudah yaitu  potong daun lidah buaya kemudian keluarkan gelnya ke dalam wadah kemudian oleskan gel lidah buaya tersebut ke bibir pada malam hari sebelum tidur lalu diamkan  semalaman. Sobat kunin dapat menyimpan sisa gel ke dalam wadah kedap udara atau disimpan dilemari es apabila sobat kunin  tinggal di daerah beriklim panas atau sedang.

Lakukan cara ini secara rutin  sebelum tidur.

6. Gunakan Ekstrak Vanili

Seperti sudah di ketahui campuran  gula dan soda kue dapat digunakan sebagai bahan pengelupas bibir kering dan pecah – pecah.  Nah ..Ekstrak vanila mampu menambah rasa yang menyenangkan dalam lulur bibir ini guna menjadi salah satu cara mengatasi bibir kering dan pecah – pecah. Sobat kunin dapat mancampurkan 2 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh soda kue, 2 sendok teh minyak jojoba atau minyak zaitun serta 1/4 sendok teh ekstrak vanili. kemudian  campurkan  semua bahan yang disebutkan di atas menjadi satu.

Oleskan sedikit campuran tersebut di ujung jari kemudian aplikasikan ke bibir yang kering dan pecah – pecah Selanjutnya gosok bibir secara lembut dengan campuran tersebut selama kurang lebih satu menit lalu bersihkan dengan air bersih dan keringkan

Sobat kunin dapat menyimpan sisa scrub bibir vanilla didalam wadah kedap udara sampai kurang lebih 7 hari. Disarankan sobat kunin dapat melakukan perawatan ini  secara bertahap yaitu setiap hari, kemudian selama beberapa hari dan jika sudah sangat cocok bisa dilakukan setiap 3-4 hari sekali

7. Petroleum Jelly

Petroleum jelly sangat berperan dalam membentuk lapisan pelindung dibibir serta merehidrasi kulit supaya mempercepat proses pembaruan. Ketika  petroleum jeli ini  meresap pada lapisan kulit dalam maka permukaan kulit menjadi lebih halus dan lembut, Oleh karena itu menggunakan petroleum jelly juga mampu menjadi salah satu alternatif cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah – pecah .

Caranya penggunaan nya sangat mudah , sobat kunin cukup ambil sedikit petroleum jelly pada ujung jari kemudian oleskan pada bibir sambil pijat lembut . Sobat kunin bisa menggunakan cara ini beberapa kali dalam sehari sampai dirasa bibir lembut dan kenyal.