Perhatikan! Begini Cara Merawat Kuku Tangan dan Kaki agar Tetap Sehat

cara merawat kuku tangan dan kaki

Merawat kuku tangan dan kaki agar terlihat cantik dan dengan baik merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sama pentingnya seperti rambut dan kulit, kuku juga merupaka salah satu bagian tubuh yang harus dijaga kesehatan serta kebersihannya. Menurut informasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, kuku tangan  dan kaki harus terlihat pendek serta bersih dari berbagai jenis kotoran di bawah permukaannya agar kuku akan terlihat selalu sehat.  Oleh karena itu sangat penting untuk menjalankan serangkaian perawatan kuku yang baik dan tepat.

Tetapi  perlu sobat kunin ketahui bahwa membersihkan kuku kaki dan tangan tidak hanya sekedar dengan cara memotongnya  saja atau dengan mencuci tangan memakai sabun atau hand sanitizer.

Merawat Kuku Tangan dan Kaki dengan Baik

Banyak yang masih beranggapan bahwa merawat kuku tangan dan kaki  dengan baik cuma bisa  dilakukan di salon kecantikan saja , Namun pada kenyataannya  merawat kuku tangan dan kaki juga bisa di lakukan sendiri di rumah dan bisa jadi malah lebih sehat serta lebih murah.

Berikut cara merawat kuku tangan dan kaki guna menjaga kesehatannya yaitu,

1. Gunakan sabun ketika membersihkan kuku

Merawat kuku tangan dengan baik dapat dilakukan salah satunya dengan cara membersihkannya menggunakan air dan sabun antibakteri. Jangan ketinggalan juga untuk selalu  merawat kuku kaki juga ,bersihkan lah kuku kaki  setiap kali sobat kunin mandi dengan menggunakan sabun.

Guna mendapatkan  bersih yang  maksimal lakukanlah  perawatan kuku dengan penggunaan spons dan handuk kecil yang berfungsi untuk  menggosok area sela-sela kuku jari..

2. Potong kuku 

Langkah lain untuk merawat kuku baik kuku tangan ataupun kuku kaki sobat kunin dapat lakukan dengan memotong kuku secara rutin. Hal ini bertujuan supaya  tidak terjadi penumpukan kotoran serta infeksi bakteri.

Ada beberapa cara yang baik untuk  memotong kuku yang direkomendasikan oleh  American Academy of Dermatology yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan gunting kuku yang akan digunakan dalam kondisi bersih, mata pisau gunting kuku juga harus masih tajam.
  • Lakukan pemotongan kuku secara lurus selanjutnya haluskan sudut-sudut kuku menggunakan potongan yang lembut dan perlahan.
  • Tidak disarankan untuk memotong kutikula kuku yaitu bagian kulit tipis yang seakan – akan menghubungkan pangkal kuku dengan kulit jari ataupun kulit yang ada di samping kuku.
  • Bagian bawah kuku bersihkanlah  dengan air serta sabun kemudian sikat khusus kuku (nail brush)
  • Setelah selesai  memotong kuku cucilah tangan dengan air bersih selanjutnya keringkan menggunakan  handuk agar menghindari kemungkinan terjadinya infeksi dan kuku menjadi rapuh.

Sobat kunin sebaiknya memotong kuku jari setelah mandi baik itu mandi pagi atau sore hari supaya lebih mudah dipotong. Alat Pemotong kuku ada baiknya tidak digunakan bersama – sama dengan orang lain hal ini bertujuan untuk  mengurangi risiko infeksi bakteri serta jamur kuku.

3. Keringkan kuku 

Selesai membersihkan kuku kaki atau tangan untuk merawat kuku selanjutnya yaitu mengeringkannya menggunakan handuk yang bersih. Mengeringkan kuku mampu mencegah supaya air jangan sampai melunakkan kuku serta mengurangi risiko infeksi dibagian jari tersebut.

4. Rendam air hangat

Langkah selanjutnya adalah rendam kaki dan tangan  dengan menggunakan air hangat secara berkala mampu menjadikan salah satu metode perawatan kuku kaki dan tangan.

Merendam kuku tangan dan kaki ke dalam air hangat bisa berfungsi sebagai pengusir serta pemecah kotoran yang berada di sela-sela kuku kaki, apabila sudah selesai merandam kutu tangan dan  kaku  segeralah untuk membersihkan serta mengeringkan kuku kaki serta tangan sobat kunin.

5. Gunakan Pelembap

Alternatif lain untuk merawat kuku tangan dan kaki  supaya selalu sehat yaitu sobat kunin dapat memakai pelembap. Seperti hal nya kuku kaki sobat kunin dapat mencari lotion kaki selanjutnya oleskan diarea kuku jari kaki. Lotion dapat dioleskan jika area kulit kaki kering sesaat setelah mandi atau merendam kaki/tangan.

Hal ini dapat memaksimalkan lotion mudah terserap dengan baik sobat kunin tidak  perlu terburu-buru nikmati saja momen tersebut guna memanjakan kulit tangan dan kaki sobat kunin. Apabila ingin hasil yang lebih maksimal, sobat kunin dapat membungkus kaki menggunakan kaus kaki yang bersih setelah pengaplikasian  lotion.

6. Berhati-hati menggunakan cat kuku

Pada sebagian orang banyak yang menggunakan perawatan menggunakan cat kuku yang bertujuan untuk memperindah penampilan, Kegemaran menggunakan  cat kuku bisa jadi bisa membantu menjadikan penampila  kuku tangan dan kaki menjadi  lebih menarik serta menggemaskan.

Hanya saja sobat kunin mesti berhati-hati mgnggunakan produk cat kuku karena kandungan zat beracun di dalamnya. Sikap waspada ini harus diterapkan pada cat kuku yang  sudah mencantumkan label bebas racun sekalipun. Jika sobat kunin ingin menggunakan cat kuku lebih baik  untuk menggunakan pewarna kuku yang mempunyai bahan dasar air yang bisa jadi tidak tahan lama namun cenderung aman digunakan.

Dan jika sobat kunin ingin membersihkan cat kuku tersebut gunakanlah produk pembersih nonaseton untuk membersihkannya. Selain itu sobat kunin bisa mengurangi frekuensi penggunaan serta bergonta-ganti cat kuku.

7. Kurangi frekuensi meni-pedi

Merawat kuku panjang ada baiknya sobat kunin mengurangi frekuensi melakukan treatment manicure pedicure, karena apabila terlalu sering melakukan tratment tersebut akan menjadikan kuku lebih rentan jadi kering dan rapuh. Hal ini diperkirakan karena paparan bahan kimia berbahaya yang terdapat di produk manikur menjadi salah satu pemicu masalah pada kuku pencinta manicure pedicure.

Tidak hanya itu treatment  manicure pedicure mampu meningkatkan risiko infeksi dibagian dasar kuku yang bisa  ditandai dengan pembengkakan.

8. Hindari Menggigit Kuku Tangan

Hindari menggigit kuku tangan menjadi salah satu hal yang harus dipatuhi guna merawat kuku tangan. Kebiasaan sering menggigit kuku tangan mampu merusak bagian dasar kuku. Hal ini juga dapt membuat luka kecil di sela-sela kuku jari tangan serta dapat mengundang masuknya bakteri serta jamur sehingga dapat menimbulkan infeksi.

Apabila bagian kuku sobat kunin mengelupas sobat kunin dapat langsung membersihkan nya dengan alat pemotong kuku. Hindati menarik serta menggigit kuku sampai lepas karena dikhawatirkan dapat melukai kuku serta dapat memindahkan bakteri dari gigi ke kuku

9. Kenali gejala-gejala tak biasa pada kuku

Merawat kuku dan kaki agar selalu sehat selanjutnya yaitu dengan mengenali gejala  yang tidak biasa yang terjadi pada kuku sobat kunin, Misalnya  apabila sobat kunin mendapati masalah pada kuku baik kuku tangan ataupun kuku kaki  yang tak kunjung selesai sampai beberapa hari ada baik nya sobat kunin segera berkonsultasi ke dokter kulit guna mendapatkan solusi penanganan yang baik dan tepat.

 

Naahh Sobat kunin dari beberapa Tips diatas untuk merawat kuku tangan dan kaki supaya tetap sehat semoga dapat membantu sobat kunin di rumah untuk senantiasa mendapatkan kuku kaki dan tangan yang selalu sehat dan cantik yaa .,