Rekomendasi Baju Batik Wanita Untuk Kerja

model baju batik atasan wanita kantor

Mengenakan pakaian atau busana batik untuk bekerja di kantor dapat menjadi keistimewaan tersendiri. Hal ini karena, kita diberikan kebebasan untuk memilih dan menentukan model dan motif baju sendiri, dengan catatan tetap harus rapi dan sopan. Namun, banyak juga orang yang bingung memilih dan menentukan model baju yang tepat untuk mereka. Alhasil, model baju yang dikenakan pun sama. Kini anda tidak perlu khawatir dibawah ini ada model baju batik atasan wanita kantor yang bisa jadi referensi anda.

baju batik wanita kantor saat ini memiliki berbagai macam hal yang sangat menarik. Kesan menarik dari model baju batik kantor ini akan membuat siapa saja yang datang ke kantor terlihat lebih rapi dan elegan. Anda bisa memilih model blouse, tunik, hingga outer yang dapat disesuaikan dengan selera anda. Yuk, simak ulasannya!

Model Baju Batik Atasan Wanita Kantor

1. Batik Modern dengan Model Asimetris

 model baju batik atasan wanita kantor

Batik modern tidak hanya dapat digunakan untuk acara pesta saja. Kini, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pakaian kerja dengan berbagai model. Salah satu model baju batik modern yang bisa Anda pilih yaitu batik modern asimetris.

Model baju ini sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya cukup menambahkan potongan asimetris di area bagian kanan dan kiri agar model bajumu tidak terlihat membosankan. Anda juga dapat menggunakan model baju batik kerja wanita berhijab ini untuk keperluan acara lain di luar jam kantor.

2. Batik Parang dengan Model Kerah yang Berbeda

 model baju batik atasan wanita kantor

Model yang berikutnya baju batik atasan kantor wanita berhijab yaitu motif batik parang ini. Sebagai busana untuk kerja ke kantor, batik parang menjadi salah satu motif batik Indonesia memang menjadi pilihan yang tepat. Selain motif klasik, batik parang juga akan terlihat formal dan juga rapi.

Detail dari kemeja batik ini juga terbilang cukup unik, mulai dari bagian kerah hingga bagian lengan. Pada bagian collar, pilihan half standing collar merupakan pilihan yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan, kerah jenis ini bisa menutupi leher bagi wanita menggunakan hijab.

Pada bagian dada, Anda bisa memadukan motif batik lainnya untuk membuat modifikasi berbentuk setengah lingkaran pada bagian dada. Selain itu, anda bisa gunakan motif yang sama untuk diletakkan di depan. Dengan perpaduan dua motif ini maka, model batik kerja wanita berhijab ini terlihat lebih unik namun tetap sopan dan rapi.

3. Batik Formal dengan Kombinasi

Batik formal panjang ini memang sering dipilih oleh sebagian wanita berhijab. Namun, pakaian formal yang panjang terkadang akan terkesan membosankan. Supaya tidak terkesan membosankan, Anda bisa mencoba untik mengkombinasikan kain batik.

Caranya cukup mudah yaitu, pilihlah warna dan motif batik yang tidak jauh berbeda dengan motif yang utama. Selanjutnya, letakkan di bagian depan kemeja agar terlihat modis. Modifikasi ini juga dapat kamu lengkapi dengan tambahan lipatan-lipatan agar terlihat lebih unik. Dengan begitu, model baju batik kerja untuk wanita berhijab akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

4. Blouse Batik dengan Kerah Shanghai

 model baju batik atasan wanita kantor

Memilih baju kantor selain harus rapi dan sopan juga harus nyaman pada saat digunakan. Pasalnya, Anda akan memakainya dalam durasi waktu yang cukup lama yaitu dari pagi hingga sore hari. Oleh karena itu, model blouse ini bisa menjadi pilihan yang tepat agar Anda bisa bekerja dengan nyaman.

Model baju ini bisa dibilang cukup simpel, namun tetap elegan. Anda tinggal memilih motif batik yang memiliki warna cerah seperti oranye untuk menambah semangat kerja Anda. Selanjutnya, buat model baju dengan detail kerah shanghai dan resleting berada di bagian depan. Jangan lupa untuk memberikan sedikit kerutan di bagian tengahnya untuk menambah estetika pakaian kerja Anda.

5. Batik Simpel dengan Model Layer

Model baju batik atasan wanita kantor yang terakhir yang bisa menjadi referensi Anda yaitu model layer. Model baju yang satu ini menggunakan dua motif batik yang berbeda. Untuk lebih detailnya, pilihlah model kerah awam supaya pakaian kantor Anda tidak terkesan membosankan. Kemudian, buat dua lapis kain pada area kancing kemeja untuk menambah estetika.

Tips Memilih Baju Batik

1. Pas di Badan

Saat ingin membeli atau memakai koleksi batik Anda saat ini, sebaiknya gunakan batik yang tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Mengapa demikian?

Ukuran menjadi hal utama dalam memilih batik, penting juga untuk diperhatikan bahwa saat mengenakan batik kebanyakan dimaksudkan untuk memakai baju batik yang dikeluarkan, bukan diselipkan ke dalam celana.
Oleh karena itu, harus diperhatikan agar tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Semahal apapun batik yang Anda gunakan, jika tidak pas dengan tubuh Anda, maka tampilannya tidak akan terlihat elegan.

2. Warna Batik

Selanjutnya hal yang juga perlu untuk diperhatikan dalam memilih batik adalah warna, batik dengan dominan warna dasar batik atau biasa disebut background. Warna dasar ini bisa dijadikan patokan Anda saat memilih batik untuk dipadukan dan dipadankan dengan pakaian lainnya.

Warna gelap atau terang tergantung pilihan Anda untuk acara yang Anda kunjungi. Untuk acara santai Anda bisa menggunakan warna-warna cerah, seperti merah, kuning, atau ungu. Sedangkan untuk acara formal, Anda bisa memilih warna yang lebih gelap atau hitam atau monokrom.

3. Bahan dan proses pembuatan

Tentu saja, siapa pun sudah tahu bahwa kualitas pakaian diukur dari bahan yang digunakan. Namun berbeda dengan batik, selain bahan proses pembuatannya juga akan menentukan kualitas dari batik tersebut. Saat ini terdapat beberapa karya batik, seperti batik tulis, batik cap, dan batik printing, tentunya ketiganya memiliki nilai seni yang berbeda.

Nah, kain untuk batik sendiri bervariasi dari sutra hingga katun biasa. Sutra adalah pilihan bahan dengan kualitas terbaik. Sutera memang lebih nyaman dipakai tapi harganya biasanya lebih mahal dari bahan biasa.

Untuk acara santai, disarankan menggunakan batik berbahan katun. Bisa juga menggunakan campuran sutra dan katun. Selain memiliki pori-pori yang lebar sehingga lebih sejuk digunakan dan menyerap keringat, batik berbahan katun ini juga memiliki kesan santai dan model yang simpel.

Sedangkan untuk pergi ke pesta, Anda bisa mengenakan batik berbahan sifon atau sutra. Hal ini harus diperhatikan saat memilih batik dan sesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

4. Motif Batik

Pastikan perpaduan warna motif batik dengan warna dasar batik yang sesuai dan serasi. Jika Anda memiliki tubuh yang besar, pilihlah baju batik yang memiliki motif geometris berukuran sedang, atau kombinasi antara motif geometris besar dengan yang kecil agar sesuai dengan proporsi tubuh Anda.

Sedangkan jika Anda memiliki tubuh yang kecil, jangan ragu untuk memilih kemeja batik bermotif geometris berukuran sedang agar bentuk tubuh Anda terlihat lebih proporsional.

Itulah beberapa rekomendasi model batik atasan wanita kantor dari kunin dan tips memilih batik yang bisa menjadi referensi anda