Model Kebaya Modern Simple, Sederhana Namun Tetap Menawan

Model Kebaya Modern Simple

Model Kebaya Modern Simple – Jika kita menilik budaya yang ada di Negara kita Indonesia ini, ada banyak sekali kultur yang ada, mulai dari seni, peninggalan dan juga dalam tren busana, contoh tren busana yang sampai sekarang tidak ada matinya adalah Kebaya.

Kebaya ini sendiri adalah pakaian yang berasal dari indonesia, kebaya sendiri sebenarnya sudah dipakai oleh orang Indonesia zaman dahulu sekali, selain menjadi pakaian adat, kebaya sendiri dipakai sebagai pakaian sehari-hari wanita Indonesia khususnya wilayah pulau jawa.

Kebaya merupakan salah satu macam budaya dari Indonesia yang selalu teregenerasi dan tidak pernah mati, bagaimana tidak, setiap tahun anak muda kreatif Indonesia selalu membuat inovasi baru dari model dasar kebaya, setiap tahun pasti selalu ada mode kebaya baru yang sangat cocok digunakan oleh anak muda modern, tidak terkesan kampungan dan trendy sekali.

Bahkan banyak sekali kontes fashion yang diadakan khusus mengulik tentang kebaya ini, sungguh menarik bukan?, banyak kebaya-kebaya yang didesain ulang oleh para perancang terbaik dan akan dipamerkan di panggung, seperti pegelaran fashion di luar negeri.

Nah, untuk kalian yang bingung dnegan banyaknya model kebaya yang ada dan akan terus ada ini, disini kami akan membantu kalian untuk mencari model kebaya apa yang cocok dengan kalian, disini kami sudah merangkum beberapa model kebaya modern yang bisa kalian lihat.

Model Kebaya Modern Simple

Kebaya Kutu Baru

Yang pertama ada Kebaya kutu baru, kebaya yang satu ini adalah salah satu model kebaya tradisional yang berasal dari pulau Jawa. Untuk desain dari kebaya kutu baru ini, mengusung tema sederhana namun modern yang mana hal ini akan membuat penampilan kalian akan terlihat makin menawan dan anggun.

Untuk desain dari kebaya kutu baru ini sendiri sangatlah cocok untuk digunakan untuk menghadiri acara-acara formal contohnya saja pesta pernikahan ataupun acara wisuda. Untuk desain orisil dari Kebaya kutu baru, jika kita kembali menilik ke asalnya pada zaman Kerajaan Majapahit mempunyai tambahan kain di bagian tengah sebagai penghubung sisi kiri serta kanan yang terletak pada bagian dada.

Untuk pemakaiannya sendiri, kebaya Kutubaru biasanya ditambahkan stagen (kain yang dililitkan di bagian perut wanita ), agar wanita yang memakai kebaya jenis ini terlihat lebih langsing, kalian juga bisa menambahkan aksesoris kecil yang bisa menambah kesan anggun kalian sebagai wanita.

Kebaya Bali

Kebaya yang berikutnya adalah kebaya bali, kebaya yang satu ini memiliki motif khasnya tersendiri. Dengan desain kebaya Bali yang sangat menawan dapat membuat penampilan kamu terlihat lebih elegan. Dengan setelan kebaya Bali yang mempunyai warna kuning dengan detail dan juga model yang simple dapat membuat penampilan kalian akan terlihat lebih feminim.

Dan juga penggunaan kebaya Bali disertai juga dengan aksesoris tambahan seperti ikat pinggang yang terbuat dari kain sehingga membuat tubuh kalian terlihat lebih ramping dan memberikan aksen rumbai yang menarik untuk dilihat layaknya penari. Dengan menggunakan ikat pinggang berwarna jingga dan juga tambahan hiasan brooch tentunya akan semakin membuat cantik tampilan kalian semua.

Sama halnya dengan kebaya  dari tanah Jawa, akan tetapi terdapat sedikit perbedaan, perbedaan ini terletak pada aksesoris tambahan berupa selendang yang diikat pada pinggul, menjadikan kebaya Bali terlihat memberi siluet lebih langsing pada pemakainya tanpa harus menggunakan korslet terlebih dahulu.

Kebaya Keraton

Kebaya keraton berasal dari tanah jawa juga, dari namanya saja kita bisa tahu kalau kebaya ini biasanya digunakan oleh wanita-wanita keraton yang ada di tanah jawa. Dengan model kebaya yang berupa kebaya panjang sampai dibawah panggul atau hingga sampai lutut kaki.

Kebaya keraton mempunyai ciri khas tersendiri yaitu pemakaian bahan yang berasal dari kain jenis beludru berwarna hitam dan penggunaan pinggiran pita berwarna keemasan yang berjarak sekitar 2,5 cm dari tepi jahitan kebaya itu sendiri. Pada zaman modern ini untuk desain dari kebaya tersebut biasa digunakan untuk pengantin yang menggunakan adat jawa.

Alasan kenapa kebaya model ini diberi nama sebagai kebaya keraton karena pada zaman itu kebaya ini digunakan oleh para orang-orang keraton untuk membedakan dirinya dengan orang biasa.

Kebaya Brokat

Untuk model kebaya yang berikutnya adalah kebaya brokat, kebaya brokat ini merupakan model kombinasi dari model kebaya modern dengan brokat. Kebaya model brokat ini adalah bentuk kebaya yang populer dikenakan oleh para wanita untuk menghadiri pesta. Dengan desain dari kebaya brokat mempunyai desain yang simple akan tetapi tetap tampak modis dan juga elegan sebagai wanita.

Menjadikan pemakaian kebaya brokat ini sangat cocok untuk dikenakan jika kalian ingin datang ke pesta ataupun acara formal lainnya, dan tentu saja kebaya model ini sangat cocok digunakan untuk wanita remaja maupun dewasa.

Kebaya Gaun Modern

Tentunya untuk model kebaya modern sangat cocok untuk kalian yang ingin tampil dengan menawan, akan tetapi tetap nyaman saat dipakai. Pada dasaranya kebaya ini merupakan penyatuan dari kebaya brokat dengan kain satin. Untuk bentuk model dari kebaya ini dapat memberikan kesan yang elegan dan juga menawan untuk si pemakainya.

Dan juga dengan ciri khas dari kain satin yang mengkilap, licin,dan lembut dapat membuat tampilan kalian terlihat lebih mewah lagi, tentunya dengan harga yang tidak membuat dompet menangis ya.

Kebaya Peplum

Model Kebaya Modern Simple

Mungkin beberapa dari kalian masih asing dengan model kebaya yang satu ini, model yang satu ini bernama peplum, kebaya peplum adalah salah satu jenis kebaya modern yang mempunyai model pada bagian ekor yang lebih panjang dengan menggunakan bahan brokat yang menutupi bagian bokong. Desain fit body ini mempunyai aksen bordir pada bagian leher sampai dengan lengan dan pada bagian bawah siku sampai pada pergelangan tangan.

Dikarenakan model kebaya yang satu ini transparan sehingga harus menggunakan kamisol untuk bagian dalam kebayanya.  Untuk model kebaya ini biasanya sering digunakan untuk acara seperti wisuda, tunangan atau menghadiri acara pernikahan. disebabkan cocok untuk dipakai pada acara semi formal dan juga formal.

Kalian bisa menambahkan taburan panyet pada beberapa bagian kebaya peplum ini agar bisa memberikan kesan yang lebih mewah dan juga menarik untuk dipandang.

Kebaya Bandung

Model Kebaya Modern Simple

Dari namanya saja seharusnya kalian sudah tahu darimana asal model kebaya yang satu ini, ya kebaya Bandung adalah salah satu jenis kebaya yang berasal dari tanah jawa barat, tepatnya kota Bandung, Jawa Barat. Sekitar tahun 50-an, kebaya bandung ini mempunyai ciri khas mempunyai kerah setali yang lipatannya sampai ke dada, kemudian pada bagian belakang kebaya lebih pendek dan pada bagian depan mempunyai bentuk yang lebih panjang.

Untuk model dari kebaya Bandung ini sendiri berupa kebaya yang sangat pendek dan panjangnya hanya sampai pada pinggul saja jadi terlihat seperti gantung di pinggul. Akan tetapi karena desainnya yang bisa dibilang unik ini menjadikan kebaya bandung cukup menarik untuk digunakan oleh orang-orang yang suka tampil beda.

Model kebaya Bandung sendiri menggunakan kerah setali yang membentuk garis leher V dengan belahan penutup pada bagian muka dengan menggunakan kancing. Untuk bahan yang digunakan pada kebaya Bandung adalah jenis brokat yang dipasangkan dengan kain panjang batik. Tertarik untuk mencobanya ladies?.

Kebaya Cape

Model Kebaya Modern Simple

Kebaya yang satu ini sedang hype sekali dikalangan para hijaber dan juga selebgram Indonesia. mengikuti perkembangan zaman saat ini yang terus berkembang, berlaku juga untuk model kebaya tidak lagi monoton dan membosankan. Dan pada akhirnya kebaya model cape banyak sekali diminati oleh para wanita Indonesia.

Mempunyai ukuran yang sedikit longgar dan model yang sederhana, kebaya cape ini sangat mudah dan praktis untuk kalian dikenakan. Akan tetapi tetap memberikan kesan yang elegan pada pemakainya. Jika kalian menggunakan hijab, kebaya cape ini sangat disarankan untuk kalian. Karena kebaya cape sangat cocok untuk kalian yang menggunakan hijab, akan memberikan kesan lebih elegan dan menawan lagi lho!.

Kebaya Encim

Model Kebaya Modern Simple

Kebaya yang satu ini popular digunakan oleh para none Jakarta, awalnya kebaya encim ini digunakan oleh orang tionghoa yang tinggal dijakarta sebagai identitas dirinya. Untuk ciri khas dari kebaya encim ini sendiri adalah bentuk runcing pada bagian depannya, kemudian dengan panjang kebayanya berada antara panggul. Ada lipatan pada sekitar leher, dan juga daerah sekitar pinggang yang lebih kecil dan kemudian sedikit lebar pada bagian pinggang.

Untuk cara menggunakannya hanya perlu dirapatkan dengan peniti dan tidak membentuk lipatan. Karena jenis bahan yang digunakan pada kebaya encim biasanya jenis renda, broket dan sebagai macamnya. Jika di Jawa Barat kebaya encim selain mempunyai warna putih juga ada beberapa pilihan warna yang lain, contohnya warna muda atau juga warna pastel.

Kebaya Model Ruffle

Model Kebaya Modern Simple

Kebaya yang satu ini cocok dengan tubuh. Kebaya model ruffle ini terbuat dari bahan brokat dengan aksen bebatuan ini terlihat elegan dan ditambah dengan aksen ruffles sesuai dengan namanya dan pada bagian bawah yang terbuat dari bahan yang sedikit kaku akan membuat tampilan kalian akan terlihat lebih mewah dan tentu saja sangat fashionable.

Kebaya Tunik

Model Kebaya Modern Simple

Untuk model kebaya yang berikutnya ada kebaya tunik, mungkin semua dari kalian tahu tentang desain kebaya yang satu ini, desain dari kebaya tunik sudah banyak sekali digunakan oleh wanita-wanita Indonesia bahkan luar negeri juga.

Model kebaya tunik ini banyak digemari oleh para pengguna hijab dikarenakan modelnya yang panjang dan longgar sehingga tidak membentuk lekuk tubuh dan juga nyaman saat dikenakan dikarenakan tidak terlalu sempit di tubuh. Kebaya yang satu ini juga memberikan kesan yang sangat cantik dan juga menawan untuk digunakan para wanita.

Model Kebaya Modern Simple dan Sejarah Perkembangan Kebaya di Indonesia

Setelah kita melihat beberapa tren kebaya yang bisa kalian pilih untuk dapat kalian gunakan saat datang ke acara formal maupun semi formal, kita akan menilik sedikit tentang sejarah perkembangan kebaya di Indonesia, tentunya kita sebagai wanita tidak hanya bisa menggunakannya saja, namun kita juga harus tahu sejarah dari benda yang kita pakai, dengan kita mengetahui nilai historis suatu benda akan membuat kita semakin bangga dengan kebaya yang kita pakai ini.

Asal mula perkembangan kebaya kita awali dengan kata “kebaya”,  kata kebaya ini sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu abaya yang mempunyai arti sebagai pakaian. Menurut kepercayaan dulu menjelaskan bahwasannya kebaya ini berasal dari daratan Tiongkok yang sudah berusia ratusan tahun yang lalu. Yang setelah itu penggunaan kebaya mulai menyebar dari daerah sekitar selat Malaka, pulau Jawa, Bali, Sumatera, dan juga sampai ke tanah Sulawesi.

Pada mulanya sebelum tahun 1600 masehi, kebaya ini sendiri adalah busana yang dipakai oleh wanita Jawa, terkhusus di wilayah Yogyakarta dan Surakarta, Jawa Tengah, yang merupakan bagian dari adat kraton. Sama halnya dengan busana yang sering digunakan oleh R.A Kartini adalah kebaya tradisi dari daerah Jawa Tengah.

Busana kebaya ini menjadi pakaian yang bisa digunakan oleh semua orang, entah itu wanita keturunan bangsawan ataupun rakyat biasa, kebaya digunakan sebagai busana sehari-hari maupun ketika ada acara tertentu. Untuk tambahan pakaian pelengkap dari kebaya ini adalah kain dengan tekstur yang cukup kaku dan disebut sebagai kemben digunakan untuk menutupi bagian dada, dan kain panjang dengan stagen yang dililitkan pada bagian perut untuk memberikan kesan langsing pada penggunanya.

Model kebaya yang digunakan untuk acara formal biasanya dipadukan dengan kain batik yang digunakan sebagai penutup bagian bawah yang memberikan kesan kejawen yang indah. Kemudian di bagian rambut digelung atau disanggul serta dipercantik dengan perhiasan anting, cincing, kalung, gelang, dan juga kipas, benar-benar memberikan kesan elegan sekali untuk para wanita.

Dan jika kebaya yang digunakan untuk pakaian sehari-hari biasanya akan lebih sederhana, karena hanya menggunakan kebaya, korslet , dan juga kain batik sebagai penutup bagian dada dan bawah perut. Menilik dari sejarah, pada masa kendali Belanda di tanah Jawa, wanita-wanita Eropa mulai mengenakan kebaya sebagai pakaian resmi mereka selama di Indonesia.

Kebaya ini sendiri tidak hanya sekadar menjadi pakaian biasa, busana yang satu ini menyimpan makna khusus dan memiliki nilai-nilai kehidupan yang sangat dalam, bahwa masyarakat Indonesia mempunyai kesederhanaan hati yang tinggi. Lalu kemudian, kebaya juga mengandung nilai kepatuhan, sikap wanita dan kehalusan yang harus serba lembut, yang mana sampai sekarang kita bisa melihat kelemah lembutan wanita yang menggunakan kebaya contohnya wanita jawa.

Pemakaian kain yang melilit tubuh juga membuat wanita yang menggunakannya akan lebih sulit untuk bergerak dengan cepat. Hal ini memberikan pengertian bahwasannya wanita Jawa selalu identik dengan pribadi yang lemah gemulai dan tidak ceroboh.

Kembali ke zaman modern, pada setiap wanita yang mengenakan pakaian kebaya, mereka akan berubah menjadi wanita yang anggun dan memiliki kepribadian yang sangat menawan dan mahal. Kebaya yang mengikuti bentuk tubuh akan membuat wanita tersebut secara otomatis menyesuaikan dan untuk bersikap lebih gemulai lagi.

Saat ini semua wanita Indonesia memakai kebaya, memang tidak digunakan lagi untuk sebagai pakaian sehari-hari namun lebih pada perayaan atau acara tertentu. Dengan model dan bahannya juga sudah semakin banyak dikarenakan mengikuti perkembangan zaman yang terus menerus berkembang.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita tentang Model Kebaya Modern Simple, setelah melihat model kebaya dan juga sejarah yang ada kalian bisa memilih model yang akan kalian gunakan nantinya dan juga mendapatkan nilai dari sejarah dan makna yang ada pada kebaya itu sendiri, terimakasih.