Peluang Bisnis Nail Art, Cara Memulai dan Tips Sukses

peluang bisnis nail art

Dunia bisnis selalu menghadirkan berbagai mata pelajaran bisnis yang sangat menarik untuk dipelajari. Misalnya mengenai bisnis kecantikan. Baik pria maupun wanita, semuanya menyukai bidang ini. Apalagi di era modern seperti sekarang ini, semua orang ingin tampil modis dan fashionable. Anda juga bisa memulai ide bisnis kecantikan dari hal yang sederhana yaitu bisnis nail art, Peluang bisnis nail art sendiri juga masih terbuka lebar.

Bisnis nail art adalah jenis usaha yang menyediakan jasa melukis, menghias dan mempercantik kuku. Anda yang menyukai fashion atau kecantikan dapat mencoba bisnis ini. Memoles kuku bukan hanya tentang membersihkannya. Dalam bisnis jenis ini, semua komponen kecantikan kuku perlu ditampilkan. Anda perlu memilih model gambar yang sesuai dengan kuku masing-masing pelanggan.

Pemilihan model gambar dapat disesuaikan dengan tingkat kesukaan konsumen. Anda hanya perlu bermain dengan imajinasi Anda dalam seni untuk memoles hasil akhirnya. Bisnis nail art sangat menjanjikan di era sekarang ini. Pasalnya, tidak sembarang orang bisa mengecat kuku dengan lebar yang terbilang minim. Berbeda dengan melukis pada umumnya di atas kanvas, membuat nail art membutuhkan keahlian dan kesabaran ekstra.

Peluang Bisnis Nail Art

peluang bisnis nail art

Sebelum benar-benar membahas cara memulai bisnis nail art, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa bisnis ini dan ruang lingkupnya. Nah, sesuai dengan namanya, bisnis nail art merupakan jenis bisnis yang menyediakan jasa untuk mengecat, menghias, dan mempercantik kuku. Bisnis ini termasuk dalam industri kecantikan, terutama yang berkaitan dengan fashion dan gaya hidup.

Nail art membantu memaksimalkan penampilan seseorang, misalnya saja agar lebih menarik, fashionable, classy, ​​dan masih banyak lagi lainnya. Meski begitu, tak hanya terkait melukis kuku saja, bisnis nail art ini biasanya juga menyediakan rangkaian layanan untuk merawat kesehatan kuku dan jari.

Oleh karena itu, cakupannya juga lebih besar dari yang dibayangkan orang biasa. Beberapa jenis layanan yang ada pada bisnis nail art antara lain manicure, pedicure, nail polish, nail art, hingga nail spa.

1. Manicure

Jenis perawatan yang pertama adalah manicure, yaitu merendam tangan dan kaki dengan air hangat dengan campuran sabun khusus. Proses ini bertujuan untuk membersihkan kulit pada telapak tangan dan jari tangan atau kaki. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi penyedia jasa untuk membersihkan kuku dan membuat tampilan nail art lebih maksimal.

2. Pedicure

Setelah manicure, ada juga perawatan pedicure. Perawatan ini merupakan kelanjutan dari manicure, dengan langsung membersihkan area kuku atau kutikula sehingga menjadi lebih sehat dan tampak cantik.

3. Nail Polish

Setelah dibersihkan, Anda bisa melanjutkan perawatan dengan nail polish. Jenis jasa dalam nail art ini dapat membantu memperindah kuku dengan proses pengecatan. Umumnya, konsumen akan memberikan referensi warna dan desain yang diinginkan. Entah dari trend tertentu atau menyesuaikan dengan kepribadian masing-masing.

4. Nail Art

Berbeda dengan nail polish, layanan nail art ini mirip dengan melukis di kuku Anda. Namanya saja ‘seni’, pasti ada karya yang dihasilkan dari prosesnya.

Untuk membuka bisnis nail art ini memang harus kreatif dan inovatif. Karena biasanya konsumen datang hanya dengan desain perkiraan dan angan-angannya saja. Selebihnya, mereka mempercayai naluri dan keterampilan Anda sebagai seniman kuku.

5. Spa Kuku

Tak hanya rambut dan tubuh, kuku juga bisa dirawat melalui Spa. Anda juga dapat memasukkannya ke dalam daftar layanan bisnis nail art Anda. Nail spa ini dapat memberikan kenyamanan dan relaksasi kepada pelanggan Anda. Karena disertai pijat refleksi dan memberikan banyak nutrisi pada kuku.

Cara Memulai Usaha Nail Art

peluang bisnis nail art

1. Membuat Perencanaan Bisnis

Langkah pertama bagaimana memulai bisnis nail art adalah membuat rencana bisnis. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memetakan langkah dan alokasi modal usaha saat akan membangun bisnis nail art. Membuat rencana bisnis juga akan membantu Anda mengetahui kelemahan dan kelebihan bisnis Anda. Jadi, Anda dapat mengatur strategi yang lebih efisien dan efektif untuk bisnis yang Anda miliki.

2. Lengkapi Sertifikat Nail Art

sertifikat nail art ternyata sangat dibutuhkan dalam cara membuka usaha nail art lho. Karena sertifikat ini bisa menjadi tanda bahwa salon kuku Anda memang dikelola dan ditangani oleh orang-orang profesional. Apalagi jika Anda serius terjun dan mengelola bisnis di bidang ini. Anda bisa mengikuti kursus atau sekolah nail art yang ada, sehingga Anda bisa mendapatkan keterampilan dan sertifikat tersebut.

Tidak hanya itu, hal ini juga dapat memberikan nilai tambah dan daya jual bagi bisnis yang sedang Anda rintis. Pasalnya, klien akan merasa lebih percaya diri dengan layanan nail art yang Anda tawarkan. Pelatihan atau kursus ini juga akan membantu menambah keterampilan, kreativitas, dan teknik nail art yang Anda miliki.

3. Merekrut Karyawan yang Kompeten

Cara memulai bisnis nail art  yang selanjutnya adalah dengan merekrut karyawan yang kompeten. Sebenarnya, Anda tidak perlu terlalu terburu-buru merekrut karyawan. Apalagi jika Anda benar-benar memulai bisnis ini dari nol. Namun, jika sejak awal Anda ingin mendapatkan atau memulai bisnis ini dengan lebih dari satu seniman kuku, tidak apa-apa. Yang harus diperhatikan adalah karyawan atau rekan kerja ini juga harus memiliki pengalaman di bidang nail art.

Hal ini juga akan mempengaruhi pelayanan dan kepuasan pelanggan nantinya. Jika Anda sembarangan merekrut orang, hasil nail art mungkin tidak seperti yang diharapkan dan justru akan menurunkan awareness salon kuku anda. Dalam proses rekrutmen ini Anda bisa meminta bukti kerja, melihat latar belakang pekerjaan sebelumnya, juga mengetahui seberapa kreatif kandidat dengan mengujinya secara langsung.

4. Memilih Lokasi Salon Kuku

Cara memulai bisnis nail art selanjutnya adalah dengan memilih lokasi salon kuku yang tepat. Lokasi usaha Anda berpengaruh besar terhadap pendapatan dan perkembangan usaha Anda. Oleh karena itu, mencari lokasi yang tepat dan strategis akan mendatangkan banyak keuntungan.

Sebelum memilih tempat, Anda bisa melakukan riset terhadap target pasar terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan mengetahui tempat-tempat seperti apa yang sering mereka kunjungi dan kemungkinan besar membuka usaha nail art.

Misalnya, jika target Anda adalah wanita muda yang menyukai fashion. Kemudian tempat yang paling cocok adalah di mall besar atau dekat dengan retail kosmetik. Dengan begitu, Anda akan mampu menarik lebih banyak konsumen untuk mengunjungi dan menggunakan jasa nail art Anda.

5. Lakukan Survey Produk Unggulan

Cat kuku tidak hanya memiliki satu jenis, melainkan puluhan jenis. Tak hanya itu, produk ini juga dibuat dari berbagai jenis merek kosmetik. Pertanyaannya, produk mana yang terbaik dan bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis nail art?

Nah, untuk itu, bagaimana cara memulai bisnis nail art, Anda perlu melakukan survey terhadap produk-produk unggulan. Anda bisa mencari rekomendasi dan review melalui internet atau media sosial, Anda juga bisa membeli beberapa jenis produk dari brand yang berbeda kemudian mencobanya sendiri.

Langkah ini sangat penting agar Anda bisa memberikan hasil nail art yang maksimal kepada konsumen. Sebab, mereka tentunya juga tidak ingin membuang waktu dan uang untuk membeli nail art yang mudah rusak, atau tidak sesuai selera.

Nah, kamu bisa melakukan riset tentang produk cat kuku yang bagus dan aman untuk kulit. Selain itu, pilihlah cat kuku yang tidak mudah hilang dan berkualitas baik untuk bisnis Anda.

6. Promosi

Kegiatan promosi kini dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif melalui media sosial. Padahal, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk memasang iklan suatu jasa, seperti di televisi atau di koran.

Bahkan melalui media online Anda bisa menjangkau target pasar yang jauh lebih besar dan potensial. Jadi, promosi ini bisa Anda gunakan untuk semua jenis usaha, termasuk untuk salon kuku yang ingin Anda dirikan.

Nail art, seperti halnya industri kecantikan lainnya, membutuhkan media promosi yang dapat menonjolkan aspek visual. Oleh karena itu, media online dapat menjadi sarana promosi yang efisien. Itulah tadi peluang bisnis nail art dan cara memulainya yang dapat kunin sampaikan. Semoga bermanfaat!!