Penyebab Kaki Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya

penyebab kaki pecah pecah

Penampilan anda pasti terganggu bila telapak kaki pecah-pecah.Berikut penyebab kaki pecah-pecah dan cara mengatasinya yang bisa anda coba di rumah.Salah satu bagian kulit yang sering pecah-pecah adalah telapak kaki, terutama di area tumit. Tumit pecah-pecah disebabkan oleh kondisi kulit yang sangat kering sehingga terlihat pecah-pecah seperti terbelah.

Kaki pecah-pecah adalah masalah kaki yang umum. Bagi sebagian orang, kaki atau tumit pecah-pecah bukanlah hal yang serius.Meski begitu, karena dianggap mengganggu penampilan, kulit kaki yang pecah-pecah bisa mengurangi rasa percaya diri dan membuat Anda merasa tidak nyaman saat bertelanjang kaki.Dalam kasus yang parah, kaki pecah-pecah bahkan dapat menyebabkan rasa sakit.

Penyebab Kaki Pecah-Pecah

penyebab kaki pecah pecah

Tanda pertama kaki pecah-pecah adalah kapalan alias area kulit yang kering dan menebal di sekitar tumit. Nah, saat digunakan berjalan, bantalan lemak di bawah tumit akan mengembang sehingga menyebabkan kapalan pecah-pecah.Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kaki pecah-pecah, antara lain:

1. Infeksi Jamur

Jika kaki Anda terinfeksi jamur, segera dapatkan pengobatan. Karena, infeksi jamur pada kaki yang tidak segera ditangani dengan baik akan dapat menyebabkan gejala kaki pecah-pecah.

2. Penuaan

Kondisi kulit yang terlalu kering dapat menyebabkan tumit pecah-pecah. Kulit kering bisa terjadi karena faktor usia.Perubahan hormonal seiring bertambahnya usia menyebabkan kulit menjadi kering dan kurang elastis. Ini juga mempengaruhi kulit di telapak kaki, menyebabkan mereka pecah-pecah.

3. Iritasi

Iritasi akibat penggunaan sabun, deterjen, atau air dalam waktu lama dapat mengurangi kelembapan kulit sehingga menyebabkan telapak kaki pecah-pecah. Kondisi ini semakin diperparah dengan perawatan kulit yang kurang mendukung.Ketika kaki pecah-pecah dibiarkan dan aktivitas menggunakan deterjen atau air masih dilakukan secara intens, maka retakan di area tumit semakin tidak bisa dihindari.

4. Tinggal di Daerah yang Terlalu Lembap atau Panas

Umumnya, penyebab kaki pecah-pecah berhubungan dengan penurunan kadar minyak di permukaan kulit. Salah satu kondisi tersebut dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya tinggal di daerah yang terlalu lembab atau terkena sinar matahari langsung yang intens.

Pada gilirannya, suhu lingkungan yang terlalu lembab atau panas dapat menyebabkan kulit kering, menyebabkan retakan pada telapak kaki.

5. Sering Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Jika anda sering menggunakan sepatu hak tinggi, maka anda akan berisiko terkena kaki kering dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan bagian telapak kaki akan mendapatkan tekanan penuh dari tubuh saat menggunakan hak tinggi. Sehingga telapak kaki yang tertekan akan menjadi kering dan akan menjadi pecah-pecah.

6. Kurang Nutrisi Tertentu

Kulit kaki pecah-pecah bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi tertentu. Nutrisi yang dimaksud, seperti vitamin A, vitamin E, asam lemak omega-3, dan seng.Agar kulit tidak pecah-pecah, pastikan Anda mengonsumsi asupan dengan kandungan nutrisi tersebut, ya!

7. Psoriasis

Penyebab kaki pecah-pecah selanjutnya adalah psoriasis . Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan munculnya ruam pada kulit, kulit menjadi kering, bersisik dan mudah terkelupas. Penyakit ini terjadi karena seseorang memiliki penyakit autoimun yang menyerang sel-sel tubuh.

8. Terlalu Sering Berdiri

Kebiasaan berdiri terlalu sering dapat menyebabkan kaki kering dan pecah-pecah. Karena sering berdiri juga bisa memberikan tekanan yang berlebihan pada kaki. Terlebih jika kondisi lantai yang kasar dan juga keras, tumit kaki akan lebih mudah kasar, kering dan menjadi pecah-pecah.

9. Ukuran Sepatu Sempit

Penyebab kaki kering dan pecah-pecah selanjutnya adalah memakai sepatu yang ukurannya sempit. Terlebih jika bagian belakang sepatu terbuka, dan ada bagian tumit yang tidak terkena sepatu. Hal ini membuat telapak kaki mengeras, menebal dan jaringan lemak menumpuk, kemudian menjadi kering dan pecah-pecah.

10.Kondisi Lainnya

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kaki pecah-pecah. Kondisi yang dimaksud misalnya berjalan tanpa alas kaki atau menggunakan sandal dengan punggung kaki terbuka.Kulit kaki pecah-pecah juga bisa terjadi karena kebiasaan menggosok kulit kaki terlalu keras atau terlalu banyak mandi dengn air panas.

Gejala Kaki Pecah-pecah

Saat kaki mengalami tekstur kering dan pecah-pecah, gejala yang dirasakan adalah tumit menjadi menebal, keras dan teksturnya menjadi kasar. Jika bantalan tumit dalam kondisi ini, bantalan tumit akan mengembang dan kulit menjadi kering dan pecah-pecah saat berjalan. Kondisi ini juga akan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman.

Kaki yang kering dan pecah-pecah juga dapat menyebabkan gatal, perih, panas, dan nyeri saat digunakan untuk berjalan. Terlebih jika kaki yang kering dan pecah-pecah disebabkan oleh jamur, bakteri, dan kuman. Kondisi inilah juga dapat menyebabkan infeksi dan membutuhkan obat untuk menyembuhkannya.

Sebenarnya gejala-gejala tersebut dapat hilang dengan berjalannya waktu dan dengan pengobatan yang teratur. Namun, jika kondisinya tidak segera sembuh, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Anda juga bisa menggunakan krim khusus kaki untuk mengobati kondisi ini.

Kaki anda Pecah-Pecah? Berikut Cara Mengatasinya

penyebab kaki pecah pecah

1. Gunakan Pelembap Kaki

Sebelum tidur di malam hari, oleskan petroleum jelly pada kaki, lalu bungkus kaki dengan kaus kaki yang nyaman dan biarkan semalaman saat tidur. Cara ini efektif untuk melembapkan kaki pecah-pecah. Atau bisa juga menggunakan minyak kelapa atau madu yang sangat berkhasiat sebagai pelembab

2. Rendam Kaki Dalam Air Lemon & Garam

Air hangat yang dicampur dengan perasan lemon dan garam juga bisa mengobati kaki pecah-pecah. Lemon bermanfaat untuk membuang sel kulit mati pada kulit, sedangkan garam bermanfaat untuk mencegah munculnya infeksi pada kaki.

3. Jaga Kebersihan Kaki

Penting untuk menjaga kaki atau tumit pecah-pecah tetap bersih dan kering setiap hari. Namun, hindari menggunakan sabun yang mengandung alkohol dan pewangi yang dapat mengeringkan kulit. Untuk menjaga kelembapan kulit kaki, sebaiknya gunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembab alami.

4. Menggosokkan Batu Apung

Cara yang lain untuk mengatasi masalah kaki ini yaitu dengan cara mengoleskan batu apung pada area kaki yang pecah-pecah. Batu apung dapat membantu mengelupas kulit mati dan keras. Pertama, rendam kaki Anda dalam air sabun selama lima menit, lalu basahi batu apung dan gosok perlahan pada area tumit yang pecah-pecah selama dua hingga tiga menit.

5. Mandi dengan Air Dingin

Bagi anda yang mempunyai kulit kering dan juga kaki pecah-pecah sebaiknya tidak menggunakan air panas atau hangat untuk mandi. Itu karena air panas bisa mengeringkan kulit di tubuh dan kaki Anda. Usahakan mandi dengan air dingin atau suhu ruangan

Cara Mencegah Kaki Pecah-pecah

Pemilihan alas kaki juga menjadi faktor penting untuk mencegah kaki pecah-pecah. Jika Anda sering mengalami masalah kaki yang satu ini, Anda perlu mencari sepatu yang tepat yang dapat menopang tumit Anda dengan baik.

Jika perlu, kenakan sepatu yang lebar di area tumit dan kokoh untuk menopang dan melindungi tumit Anda. Yang terpenting, hindari memakai sepatu sempit dan sepatu hak tinggi. Hindari juga berdiri atau duduk dengan menyilangkan kaki terlalu lama.Anda juga perlu menjaga kelembapan kaki agar kaki tidak kering dan pecah-pecah. Caranya adalah dengan minum air yang cukup dan memakai pelembab kaki secara teratur.

Itulah beberapa penyebab kaki pecah-pecah dan cara mengatasinya yang dapat kunin sampaikan. Semoga bermanfaat!