Tips Memadukan Warna Pakaian dan Warna Hijab

perpaduan warna pakaian yang cocok

Setiap orang memiliki keinginan untuk dapat tampil semaksimal mungkin dalam kesehariannya. Cara berpakaian dan teknik memadukan warna pakaian merupakan salah satu aspek penunjang penampilan yang paling mudah dilakukan.Dibawah ini ada tips perpaduan warna pakaian yang cocok.

Kombinasi warna baju dan jilbab harus dilakukan dengan benar. Pasalnya, jika kita salah memadukan warna baju dan hijab, maka tampilannya terlihat tidak serasi. Sayangnya, masih banyak wanita yang belum paham bagaimana memadukan warna hijab dengan busana yang dikenakannya.

Memadukan warna baju dan hijab agar terlihat serasi ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan. Coba lakukan tips berikut ini agar perpaduan warna baju dan jilbab terlihat serasi dan enak dipandang.

Tips Perpaduan Warna Pakaian yang Cocok

1. Ketahui dan Pelajari Lingkaran Warna

perpaduan warna pakaian yang cocok

Banyak yang tidak tahu bahwa ada formula sederhana untuk memadukan warna pakaian. Rumusnya adalah mempelajari lingkaran warna. Bagi yang belum tahu tentang lingkaran warna, lingkaran ini berisi susunan warna yang bisa menjadi panduan bagi seseorang dalam menentukan warna yang tepat. Tidak hanya untuk memadukan pakaian, lingkaran warna juga sangat membantu untuk kegiatan lain dalam memilih dua atau lebih warna yang berbeda.

Agar perpaduan warna baju dan hijab terlihat serasi, ikuti beberapa tips memilih warna dari rumus lingkaran warna berikut ini:

  • Pilih Warna yang Bersebelahan

Susunan lingkaran warna ini tidak sembarangan lho. Jadi, jika ingin memilih warna yang serasi, coba pilih warna yang bersebelahan. Misalnya jika ingin memakai warna Red (merah), padukan dengan hijab warna red violet (ungu kemerahan) atau red orange(merah orange).

Memadukan warna baju dan hijab dengan formula ini akan membuat keduanya terlihat serasi. Meski sebelumnya Anda belum pernah memakai baju dan hijab dengan warna cerah, Anda tidak perlu ragu lagi jika pemilihan baju atau hijab berwarna terang sudah dilakukan sesuai dengan rumus lingkaran warna.

  • Pilih Dua Warna yang Bisa Membentuk Sudut 90 Derajat Pada Lingkaran Tersebut

Jika tidak ingin memilih warna yang bersebelahan untuk perpaduan busana dan hijab, Anda juga bisa memilih warna dari lingkaran warna yang membentuk sudut 90 derajat. Agar tidak bingung, perhatikan gambar lingkaran warna di atas. Di dalam lingkaran terdapat garis-garis yang membentuk pentagram. Garis akan membantu Anda menentukan sudut 90 derajat.

Misalnya, garis yang berasal dari warna kuning akan membentuk sudut 90 derajat jika ditarik ke warna biru dan merah. Artinya, baju berwarna kuning akan terlihat serasi jika dipadukan dengan hijab warna biru atau merah.

  • Pilih Warna Berseberangan

Masih mengandalkan lingkaran warna, kali ini kombinasi warna dilakukan dengan mengambil dua pilihan warna yang berlawanan. Meski kedua warna ini akan terlihat kontras satu sama lain, namun jika dipadukan dalam bentuk baju dan jilbab keduanya akan terlihat serasi.

Misalnya, ketika Anda memilih hijau, warna yang berlawanan dengan hijau adalah merah. Nah, kombinasi warna hijau dan merah ini akan menghasilkan tampilan yang serasi meski keduanya merupakan warna yang kontras.

Pemilihan warna baju dan jilbab dengan menggunakan lingkaran warna akan menghasilkan tampilan yang serasi. Cara ini tentunya akan sangat membantu Anda yang merasa tidak bisa mencampur warna pakaian atau ingin bermain aman dalam memadukan dua warna yang berbeda.

2. Pilihlah Warna Netral Supaya Bisa Dipadukan dengan Berbagai Warna

Dalam lingkaran warna, tidak ada warna hitam, putih, abu-abu atau coklat. Hal ini karena warna-warna tersebut merupakan warna-warna netral. Jadi, Anda bebas memadukan warna netral dengan sejumlah warna lain dalam lingkaran warna.

Saat Anda memiliki baju atau hijab dengan warna netral, busana tersebut akan tetap terlihat serasi jika dipadukan dengan hijab warna apapun. Trik ini terbukti ampuh menghasilkan tampilan yang serasi dari berbagai warna dan busana hijab.

Untuk kamu yang kurang percaya diri dalam memakai warna terang atau tidak mau repot dengan formula lingkaran warna, gunakan hijab dan baju yang sama-sama berwarna netral. Misalnya, hijab hitam sangat cocok dipadukan dengan pakaian putih atau abu-abu.

3. Tidak Harus dari Warna yang Sama

Beberapa orang mungkin masih belum paham bagaimana menggabungkan warna berdasarkan roda warna. Akibatnya, mereka cenderung bermain aman dengan menggunakan hijab dan pakaian dengan warna yang sama. Memadukan hijab dan baju dengan warna yang sama akan membuat penampilan terlihat monoton dan membosankan, lho.

Untuk menghasilkan tampilan yang serasi, Anda tidak harus mengenakan hijab dan pakaian dengan warna yang sama. Usahakan bermain aman dengan warna yang aman dan tidak terlalu terang. Misalnya, padukan hijab dari warna-warna tanah, seperti hijau dan cokelat.

Perpaduan warna baju dan kerudung dengan mengandalkan pilihan warna bernuansa aqua, seperti biru langit, abu-abu, dan turquoise juga terlihat keren. Jika Anda berani mencoba warna yang lebih terang, tersedia pula rangkaian warna spicy, tembaga, merah, oranye, dan emas – yang siap membuat penampilan Anda lebih ceria dan cerah.

Rekomendasi Kombinasi Warna Baju dan Kerudung

Masih bingung dalam membuat perpaduan warna baju dan hijab? Jangan khawatir, ada beberapa rekomendasi mix and match warna baju dan jilbab yang bisa langsung kamu sesuaikan. Yang pasti sebelum digunakan hijab harus dicuci terlebih dahulu. Setelah itu, kombinasi warna baju dan kerudung dijamin akan membuat tampilan menjadi serasi.

  • Cokelat dan Biru

Pilih hijab berwarna coklat dan padukan dengan baju berwarna biru. Biru termasuk dalam jenis warna primer, tetapi coklat merupakan warna netral. Jadi, kombinasi keduanya tetap terlihat bagus untuk dilihat.

  • Merah dan Putih

Warna merah yang melambangkan keberanian memang akan terlihat kontras dengan warna putih bersih. Namun, percayalah bahwa kombinasi hijab dan baju merah putih akan membuat Anda tampil lebih segar dan trendi.

  • Cokelat dan Abu-abu Pattern

Bagi Anda yang kurang berani mengenakan hijab dan baju dengan warna terang, kombinasi warna coklat dan abu-abu bisa menjadi alternatif yang tepat. Corak atau pattren pada baju atau hijab abu-abu yang Anda kenakan akan membuat tampilan tidak terlalu monoton.

  • Kuning dan Hijau

Dua warna tropis ini yaitu kuning dan hijau akan membuat tampilan terlihat lebih segar. Sebaiknya, pilihlah warna hijau yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap agar tampilan menjadi lebih serasi dan tidak terlalu kontras.

  • Pink dan Putih

Tidak banyak wanita yang berani memakai baju berwarna pink karena dianggap terlalu mencolok. Namun, Anda bisa mengenakan hijab warna pink dan memadukannya dengan pakaian berwarna putih. Perpaduan warna pink dan putih akan menonjolkan sisi feminin Anda.

Panduan ini akan membantu Anda menemukan kecocokan warna antara hijab dan pakaian Anda. Bahkan jika Anda tidak pandai memadupadankan warna dan pakaian hijab, tips ini akan memungkinkan Anda untuk memadukan warna yang berbeda seperti stylist profesional.

Itulah tadi perpaduan warna pakaian yang cocok dan juga tips dalam memadukan atau mengkombinasikan warna pakaian anda yang dapat kunin sampaikan. Semoga bermanfaat!