Rekomendasi Sabun Cuci Muka yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit

sabun cuci muka untuk semua jenis kulit

Polusi udara, debu, dan sinar ultraviolet merupakan faktor yang dapat membuat wajah Anda semakin kusam, berminyak, komedo, flek hitam, dan dapat memunculkan garis halus kerutan. Untuk menghindari hal tersebut, tentunya Anda harus melakukan serangkaian perawatan wajah. Yang paling penting dan wajib adalah mencuci muka dengan sabun muka. Banyak sabun cuci muka yang cocok untuk semua jenis kulit seperti yang kunin sebutkan dibawah ini.

Sabun wajah memiliki pH yang telah disesuaikan dengan wajah dan memiliki beberapa formula yang dapat mengatasi segala masalah sesuai dengan jenis masalah kulit Anda. Dalam merawat wajah, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan memilih pembersih atau sabun wajah terbaik sesuai jenis kulit. Berikut tips memilih sabun cuci muka sesuai jenis kulit.

Tips Memilih Sabun Cuci Muka yang Tepat

 sabun cuci muka untuk semua jenis kulit

Memilih sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan setiap jenis kulit memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Setiap sabun pembersih wajah juga mengandung bahan-bahan yang bekerja khusus untuk masalah tersebut.

Jadi, bahan-bahan yang terkandung dalam sabun pembersih wajah mungkin cocok untuk mengatasi masalah pada satu jenis kulit tertentu, namun tidak pada jenis kulit lainnya. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka dapat terjadi efek samping seperti halnya iritasi kulit.

1. Pembersih Wajah untuk Kulit Sensitif

Istilah kulit sensitif digunakan untuk menggambarkan kulit yang rentan terhadap iritasi atau dermatitis kontak terhadap zat atau bahan tertentu dalam kosmetik atau produk perawatan wajah.

Ciri-ciri kulit sensitif adalah mudah terasa perih saat dibersihkan, sering mengalami ketidaksesuaian dengan sabun pembersih wajah biasa, serta mudah merah dan gatal. Terkadang, kulit sensitif juga memiliki penampakan pembuluh darah halus, misalnya di area pipi. Jika Anda memiliki kulit wajah yang sensitif, disarankan untuk memilih pembersih wajah yang:

  • Mempunyai label hypoallergenic atau tidak mengandung bahan atau zat yang dapat menyebabkan alergi
  • Tidak memiliki kandungan bahan pewangi tambahan, karena bahan pewangi tambahan dapat menyebabkan alergi
  • Tidak memiliki kandungan bahan yang cenderung dapat menyebabkan iritasi, seperti alkohol, sulfat, dan benzoil peroksida.

2. Pembersih Wajah untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak ditandai dengan produksi minyak yang berlebihan pada kulit. Kulit berminyak biasanya terlihat mengkilat, terasa lebih cepat kotor, memiliki pori-pori besar, dan lebih rentan berjerawat.

Jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, Anda disarankan untuk memilih sabun cuci wajah dengan kandungan sebagai berikut:

  • Niacinamide, yang efektif  untuk menyerap minyak dan merangsang produksi kolagen alami serta dapat mengecilkan pori-pori besar.
  • Retinol yang memiliki manfaat untuk merangsang produksi kolagen dan mengencangkan pori-pori, serta dapat mengontrol produksi minyak yang berlebih.
  • Salicylic acid, yang dapat bekerja dengan cara menyerap minyak pada pori-pori kulit wajah, sehingga pori-pori tampak lebih kecil dan bebas minyak.
  • glycolic acid, yang mempunyai manfaat untuk mengurangi minyak yang berlebih, mencegah penyumbatan pori-pori, dan menjaga kelembutan kulit.
  • Hyaluronic acid, yang bermanfaat untuk melembabkan dan bertekstur ringan untuk jenis kulit yang berminyak
  • imeticone yang dapat memberi kelembaban kulit namun memberikan efek matte

Anda sangat disarankan untuk menghindari sabun cuci wajah yang memiliki kandungan mineral oil dan petroleum. Bahan ini bersifat komedogenik, sehingga dapat menyumbat pori-pori dan berisiko dapat menimbulkan jerawat.

3. Pembersih Wajah untuk Kulit Kering

Kulit kering disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada lapisan luar sel kulit. Jika 1 jam setelah mencuci muka kulit terasa kencang dan mengelupas, berarti kamu memiliki jenis kulit ini. Selain itu, kulit wajah yang kering cenderung terasa kasar, bersisik, pecah-pecah, dan tampak kusam.

Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, disarankan untuk memilih sabun pembersih wajah dengan kandungan sebagai berikut:

  • Gliserin, yang mampu mempertahankan kelembaban pada kulit.
  • Vitamin E dan jojoba oil yang dapat melembabkan kulit wajah tanpa membuat kulit terasa berminyak.
  • Urea, yang dapat membantu merawat kondisi kulit kering dengan mengurangi kehilangan air pada kulit.

4. Pembersih Wajah untuk Kulit Normal

Tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak adalah ciri-ciri kulit yang normal. Pada umumnya kulit normal memiliki pori-pori yang halus dan penampilan yang bersih. Jika kulit Anda termasuk kulit normal, tetap gunakan sabun cuci muka untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah.

Sabun Cuci Muka untuk Semua Jenis Kulit

1. Wardah C-defense Energizing Creamy Wash

Sabun pembersih wajah Wardah ini memiliki kemasan berwarna kuning cerah berbentuk botol plastik flip flop. Mengandung Hi-Grade Vitamin C dan kaya antioksidan, sabun wajah ini sangat bagus untuk membantu menangkal efek polusi, menghilangkan minyak, sisa make-up, serta debu dan kotoran di wajah.

Sabun wajah ini memiliki tekstur yang creamy dengan wangi jeruk yang segar. Setelah menggunakan sabun wajah Wardah ini, kulit tampak lebih bersih, cerah dan lembab. Agar wajah cerah secara optimal, lakukan langkah selanjutnya yaitu menggunakan serum dan pelembap.

2. Cetaphil Skin Cleanser

sabun cuci muka untuk semua jenis kulit

Ini adalah sabun wajah terbaik dan terlaris. Cetaphil Skin Cleanser memiliki dua varian yaitu Cetaphil Oily Skin Cleanser untuk wajah berminyak dan berjerawat, sedangkan Cetaphil Gentle Skin Cleanser diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat dengan jenis kulit normal to dry. Disini kamu bisa memilih varian mana yang cocok dengan jenis kulitmu.

3. NPURE Marigold Flower Face Wash

Diperkaya dengan niacinamide, face wash terbaik ini mampu mencerahkan kulit dan membersihkannya dari sisa kotoran yang berisiko menyumbat pori-pori. Agar kulit tampak awet muda, kandungan kolagennya juga dapat mengurangi kerutan dan menjaga elastisitas pada kulit.

Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan produk ini karena produk ini bebas paraben, SLS, mineral oil, alkohol dan silikon. Bukan hanya itu saja, produk ini juga sudah memenuhi standar halal dan BPOM, sehingga bagi Anda yang menerapkan gaya hidup halal pun tetap bisa menggunakan produk ini.

4. CeraVe Foaming Facial Cleanser

Saat memilih sabun cuci muka terbaik untuk kulit normal, Anda perlu memilih sabun dengan formula lembut yang dapat menjaga kelembapan kulit. Salah satu produk sabun cuci muka yang dapat Anda pilih adalah CeraVe Foaming Facial Cleanser. Gel pembersih wajah ini efektif untuk merawat kulit normal.

Produk ini merupakan foaming face wash yang efektif untuk membersihkan kotoran dan sisa make-up. Proses pembersihan bekerja secara mendalam dan menyeluruh. Tidak hanya itu saja, produk ini juga mampu untuk mengontrol produksi minyak di wajah. Tidak sampai disitu saja, sabun ini juga memberikan efek segar pada kulit.

5. Emina Bright Stuff

sabun cuci muka untuk semua jenis kulit

Sebuah brand lokal yang tak mau ketinggalan dalam mengeluarkan produk pembersih wajah. Dilihat dari iklannya, sabun wajah merek Emina ini diformulasikan khusus untuk kulit remaja yang ingin tampil lebih segar dan cerah alami. Emina Bright Stuff sangat cocok untuk remaja yang memiliki kulit berminyak yang cenderung berjerawat. Emina memiliki tekstur busa berwarna putih dan sangat lembut saat diaplikasikan ke wajah.

Jadi itulah 5 rekomendasi sabun cuci muka untuk semua jenis kulit dan tips memilihnya. Semoga bermanfaat!!