Tips Memilih Concealer Agar Make-Up Lebih Sempurna

tips memilih concealer

Saat ini banyak orang mencari tips memilih concealer, hal ini dikarenakan concealer merupakan soulmate-nya foundation. Tanpa concealer, foundation dapat diibaratkan seperti bubur tanpa topping, bisa dimakan tapi tidak enak. Fungsi foundation sendiri adalah untuk meratakan warna kulit dan menutupi beberapa ketidaksempurnaan pada area kulit. Tapi, jika anda memang ingin tampil flawless, maka kamu harus menggunakan concealer juga.

Concealer adalah krim yang bekerja sama dengan foundation untuk menutupi ketidaksempurnaan seperti halnya bintik hitam, kantung mata, lingkar mata hitam, kerutan, jerawat, bekas jerawat, bekas luka, dan lain sebagainya. Concealer juga berfungsi untuk membantu wajah Anda terlihat lebih tegas. Concealer tidak bisa digunakan sendiri, namun Anda harus mengaplikasikan foundation/BB cream terlebih dahulu sebagai alas bedak.

Nah, setelah mengetahui pentingnya concealer, apakah Anda tahu cara memilih warna concealer yang tepat? Sama seperti foundation, concealer juga tersedia dalam banyak corak, menyesuaikan dengan warna kulit kebanyakan orang. Tapi, tidak semua orang memiliki warna kulit yang sama bukan?

Sebagian besar merek kosmetik hanya mengeluarkan rentang warna mayoritas. Lalu, bagaimana jika skintone Anda tidak cocok dengan shade concealer yang ada di pasaran? Kunin akan membantu anda untuk memberi tahu Anda cara memilih warna concealer yang tepat. Tapi, sebelum itu, yuk kenali dulu jenis-jenis concealer.

Jenis-Jenis Concealer

1. Cream

tips memilih concealer

Jenis concealer pertama adalah cream. Produk cream concealer biasanya disertakan dalam toples kecil seperti yang bisa Anda lihat di gambar. Ada juga beberapa shade concealer yang disatukan dalam wadah yang sama, alias berbentuk palet.

Pigmentasi dari concealer cream lebih tinggi daripada concealer cair. Namun, bagi yang belum terbiasa, mungkin agak sulit untuk mengoleskan concealer cream in, dan bisa jadi concealernya menggumpal. Anda harus memadukannya dengan benar untuk menggunakan concealer cream ini.

2. Stik

tips memilih concealer

Concealer stick adalah concealer semi-padat, mirip seperti concealer krim yang dipadatkan dan dibentuk memanjang. Akan tetapi tekstur dari concealer ini sedikit lebih keras dari krim concealer. Di antara semua jenis concealer, bisa dibilang jenis ini yang paling praktis.

Anda tidak perlu menggunakan kuas untuk menggunakan stick concealer ini. Anda hanya cukup membuka tutup kemasannya, lalu langsung dapat mengaplikasikan concealer pada area yang anda inginkan. Rata-rata concealer ini medium-full coverage, cocok untuk yang ingin tampil flawless.

Sayangnya, karena bentuknya yang cenderung padat, stick concealer ini “berat” untuk kulit. Yang dimaksud dengan berat di sini adalah lebih cepat menyumbat pori-pori pada kulit dibandingkan jenis concealer yang lainnya. Jika kulit Anda berminyak, mudah berjerawat, sedang berjerawat, atau rentan terhadap komedo, sangat disarankan supaya Anda tidak menggunakan concealer jenis ini.

3. Liquid

Bisa dibilang jenis concealer cair ini yang paling banyak diminati. Hampir semua orang lebih suka menggunakan concealer jenis ini daripada concealer dalam bentuk lain. Mengapa? Pertama, karena produk ini memang yang banyak dikeluarkan oleh brand kosmetik.

Saat suatu brand atau merek merilis concealer, mereka harus membuat bentuk cair terlebih dahulu, atau hanya mengeluarkan produk bentuk ini saja. Kedua, concealer cair lebih mudah dan praktis pada saat digunakan serta lebih mudah dibaurkan.

Concealer ini bisa dibaurkan menggunakan jari, sponge, brush, dan lain sebagainya. Ketiga, liquid concealer cocok untuk semua jenis kulit, baik kering, berminyak, kombinasi, semuanya work! Keempat, concealer cair biasanya terbagi menjadi matte, satin, dan glowy finish. Jika Anda seorang pemula di bidang concealer, maka sebaiknya anda pilih concealer jenis cair seperti ini.

4. Powder

Ternyata ada juga concealer yang bentuknya seperti bedak. Concealer yang berbentuk bedak ini dapat digunakan menggunakan spons atau kuas. Kekuatan concealer ini juga paling lemah jika dibandingkan dengan saudara kandungnya. Apalagi jika anda memiliki gangguan kulit seperti halnya kulit berminyak dan berjerawat, karena setelah beberapa jam pemakaian bisa menimbulkan jerawat. Jika anda mau, sebaiknya gunakan concealer bubuk sebagai topper dari ketiga jenis concealer di atas.

Tips Memilih Concealer Agar Make-Up Makin Sempurna

tips memilih concealer

1. Pilih Warna Lebih Terang dari Warna Kulit

Jika dalam memilih foundation anda harus mencocokkan shade dengan kulit, hal ini tidak berlaku pada saat memilih concealer. Menurut berbagai beauty enthusiast, cara memilih concealer yang benar yaitu harus satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit anda.

Cara ini dilakukan untuk memunculkan kesan natural pada area wajah. Pasalnya, kita menggunakan concealer untuk menutupi bagian tubuh yang hiperpigmentasi. Seperti pada area bawah mata, atau bekas jerawat. Jadi, anda bisa memilih 2 shade warna yang lebih terang dari kulit Anda.

2. Perhatikan Jenis Kulit

Salah satu cara memilih concealer yang tepat juga harus memperhatikan jenis kulit anda. Jika Anda memiliki kulit yang kering, anda bisa coba gunakan concealer yang sedikit creamy. Sedangkan jika kulit anda cenderung normal, memilih concealer stick sangat disarankan. Memilih concealer berdasarkan jenis kulit juga akan memudahkan anda dalam mengaplikasikannya.

3. Bandingkan Beberapa Warna

Agar warna concealer benar-benar sesuai dengan hasil akhir yang anda inginkan, maka sebaiknya bandingkan dahulu beberapa warna sebelum anda membelinya. Sebagai perbandingan, anda bisa mencoba beberapa corak pada bagian leher, lalu diamkan selama beberapa saat. Kemudian lihatlah apakah hasil akhir concealer menyatu dengan warna kulit atau tidak.

4. Perhatikan Tingkat Oksidasi

Oksidasi adalah proses pelepasan atau penggabungan suatu zat dengan oksigen. Nah, pada saat teroksidasi, warna dari concealer akan berubah menjadi coklat kehitaman dan sedikit memudar. Idealnya, concealer yang bagus akan membutuhkan waktu lama untuk teroksidasi.

Maka dari itu, tips memilih concealer yang tepat dan tidak boleh Anda lewatkan yaitu dengan memperhatikan proses oksidasi. Cara mengecek oksidasi pada concealer cukup dengan cara dioleskan ke tangan kita, lalu tunggu selama 20 menit. Jika warnanya tidak berubah, berarti produk tersebut telah mengalami proses oksidasi yang lama.

5. Pilih Tekstur yang Cocok

Tips memilih concealer yang sering banget dilupakan adalah penilaian dari segi tekstur. Padahal bagian ini sangat penting untuk penggunaan concealer sehari-hari. Tekstur dari concealer yang tepat akan memudahkan kita meratakan produk, sehingga sesuai dengan intensitas yang diperlukan.

Untuk menilai tekstur concealer, anda bisa mengaplikasikannya pada tangan terlebih dahulu. Selanjutnya anda bisa gunakan kuas atau beauty blender untuk meratakannya. Jika produknya mudah diaplikasikan, dapat disimpulkan bahwa teksturnya cocok dengan kulit anda.

6. Tes di Tulang Selangka

Cara memilih concealer yang satu ini bisa dibilang cukup unik, namun cukup akurat bagi yang masih bingung dengan warnanya. Tes produk concealer yang ingin anda beli dengan mengoleskannya pada tulang selangka. Jika shade concealer menyatu dengan kulit tulang selangka, maka ada kemungkinan besar bahwa warna ini cocok untuk anda gunakan.

7. Coba di Tempat Terang

Cara memilih concealer yang terakhir yaitu dengan mencobanya di bawah sinar matahari. Yup, cara ini memang sangat disarankan untuk melihat apakah warna dari concealer tersebut cocok dengan kulit anda atau tidak. Jika anda sulit untuk keluar ruangan, Anda bisa mencobanya di dalam ruangan dengan cahaya yang normal. Itulah sedikit tips memilih concealer dari kunin. Semoga bermanfaat!!