Cara Memilih Foundation Wardah yang Sesuai Dengan Warna Kulit

tips memilih foundation wardah sesuai warna kulit

Dalam memilih foundation, Anda tidak boleh asal-asalan. Jika salah, warna akhir dari riasan Anda akan terlihat belang dan tidak natural. Ada beberapa tips memilih foundation wardah sesuai dengan warna kulit dan juga memperhatikan kesesuaian jenis kulit.

Bagi wanita, menggunakan foundation sebagai pelengkap make-up merupakan langkah yang tidak bisa dilewati. Sudah banyak brand make up dalam dan luar negeri yang memiliki beragam pilihan tone warna foundation, salah satunya brand ternama dalam negeri yaitu, Wardah. Wardah cukup maju dalam memberikan inovasi riasan flawless untuk berbagai jenis kulit wanita Indonesia.

Dengan menggunakan foundation yang tepat dan sesuai dengan warna kulit, penampilan Anda jelas akan semakin cantik. Nah, daripada bingung, yuk simak tips memilih warna foundation berikut ini!

Tips Memilih Foundation Wardah Sesuai Warna Kulit

tips memilih foundation wardah sesuai warna kulit

1. Cari Tahu Undertone Kulit

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah memahami warna kulit Anda. Undertone bukanlah warna kulit, melainkan warna dasar kulit yang tidak akan berubah meski terkena sinar matahari. Undertone biasanya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu warm, neutral, dan cool. Ketiga undertone ini akan menjadi dasar Anda dalam memilih warna foundation.

Lalu bagaimana cara mengecek undertone? Anda hanya melihat warna pembuluh darah di pergelangan tangan. Jika urat nadi terlihat kehijauan, berarti undertone kamu warm. Lalu jika urat nadi berwarna biru atau keunguan, berarti undertone kamu cool. Jika warna urat di antara keduanya, termasuk ke dalam neutral undertone.

Dengan cara ini kesimpulan umum dapat ditarik. Biasanya untuk undertone cool, kamu bisa memilih pink, ivory, atau bronze. Jika untuk undertone warm, Anda bisa memilih kuning, cream, emas, honey, atau caramel. Terakhir, jika Anda memiliki undertone netral, Anda bisa menggunakan foundation dengan warna natural beige, beige, walnut, atau bisa juga menggunakan espresso. Tetapi opsi ini mungkin tidak tepat untuk Anda.

2. Langsung Coba Foundation di Pipi, Bawah Mata, atau Leher

Seringkali Anda salah dalam mencoba menerapkan fondation untuk uji coba. Sudahkah Anda mencobanya di tangan? Coba ubah kebiasaan ini dan coba di beberapa tempat seperti pipi, bawah mata, atau bahkan leher. Jangan lewatkan cara ini karena warna yang muncul pada botol terkadang berbeda dengan warna aslinya saat dioleskan ke kulit.

Trik ini akan membuat riasan akhir Anda terlihat lebih dimensional dan “hidup”. Namun, untuk hasil pencocokan warna foundation yang lebih akurat, sangat disarankan untuk menggunakan fitur Virtual Makeup seperti yang ditawarkan oleh Wardah.

3. Perhatikan Juga Jenis Kulit Anda

Selain undertone, untuk mendapatkan warna foundation yang tepat Anda juga harus memperhatikan jenis kulit wajah Anda. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak atau berminyak, sebaiknya hindari foundation dengan finishing yang dewy.

Menggunakan foundation dewy pada kulit berminyak hanya akan membuat wajah Anda terlihat terlalu berminyak. Anda harus memilih foundation jenis matte. Di sisi lain, jika Anda memiliki kulit kering, pilihlah foundation dengan hasil akhir yang dewy. Dewy foundation akan membuat wajah terlihat lebih sehat dan cerah.

Tidak yakin dengan jenis kulit Anda sendiri? Anda tidak perlu bingung. Kini kamu bisa mengetahui jenis kulitmu dengan mudah melalui Wardah Skin Analyzer, lho! Anda dapat mengetahui jenis kulit Anda secara online. Sangat mudah, bukan?

4. Pilih Warna Paling Mirip yang Tersedia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, warna foundation Wardah terkadang berbeda dengan tone wajah Anda. Namun masalah ini bisa diatasi dengan memilih warna yang paling mirip, bisa lebih terang atau lebih gelap. Anda juga bisa menyesuaikan gaya make-up yang ingin ditampilkan. Misalnya, jika Anda menginginkan riasan ala Korea, pilihlah warna yang lebih terang.

Hal yang sama juga bisa diterapkan pada make-up ala Jepang. Lain halnya jika Anda menginginkan aplikasi make-up untuk gaya Amerika atau gaya Arab. Anda cenderung harus memilih tone atau shade foundation yang lebih gelap dari warna kulit asli. Hal ini bisa jadi karena gaya Arab dan Amerika cenderung kental, sehingga jika Anda mengambil shade yang lebih terang, hasil akhirnya akan terlihat terlalu terang dan tidak natural.

5. Pilih Foundation Dengan Coverage Medium to High

Trik memilih warna foundation selanjutnya adalah dengan melihat tingkat coveragenya. Jika Anda menginginkan hasil yang sempurna namun tetap sesuai dengan warna kulit Anda, pilihlah foundation dengan coverage medium hingga high. Jenis foundation ini mampu mengoreksi ketidaksempurnaan pada wajah dengan baik seperti flek hitam dan warna kulit yang tidak merata.

Coverage medium to high juga sangat membantu dalam pengaplikasian. Dengan tingkat coverage sedang hingga tinggi, kamu tidak perlu mengaplikasikan foundation secara berlapis untuk menutupi kekurangan pada kulit wajah.

Coverage medium to high ini bisa kamu dapatkan dengan Wardah Lightening Foundation yang memiliki formulasi khusus dengan coverage medium hingga tinggi. Dengan pigmen cerah micronized, Wardah Lightening Foundation memberikan hasil akhir yang terlihat cerah dan halus di wajah.

6. Coba Foundation di Tempat Terang atau Netral

Cara selanjutnya adalah jangan mencoba foundation di tempat yang kurang cahaya. Hal ini dikarenakan jika tempatnya terlalu gelap. Maka warna asli foundation tidak akan terlihat dengan jelas. Pastikan bayangan Anda tidak menutupinya saat Anda mencoba foundation. tetapi cahayanya tidak boleh terlalu terang atau silau. Lihatlah ke sekeliling Anda, sampai Anda menemukan lokasi pencahayaan yang tepat.

7. Biarkan Foundation di Kulit Beberapa Saat

Jika Anda mencoba foundation di counter make-up, jangan malu menggunakan produk atau meninggalkan foundation di kulit Anda untuk waktu yang lama. Ini agar kamu bisa melihat apakah shade benar-benar cocok dengan kulitmu hingga foundation mengering. Jadi usahakan mengaplikasikan foundation pada bagian sensitif seperti leher, pipi, atau rahang dan jangan langsung dilap.

Tunggu sambil mencoba produk lain, biarkan sampai waktu menunjukkan sekitar 15 sampai 20 menit. Foundation yang belum mengering biasanya akan berwarna lebih gelap dan sedikit lebih terang saat meresap atau mengering. Rasakan juga apakah foundation sudah teroksidasi, jika demikian maka hasil pada kulit tidak akan bagus dan cenderung lebih kusam.

9. Coba Fitur Virtual Try On

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan virtual try on yang disediakan oleh Wardah. Jadi kamu tidak perlu repot pergi ke toko dan bingung menentukan warna foundation lagi. Fitur virtual try on ini sangat mudah untuk membantu kamu mencoba foundation bahkan makeup shade lainnya dari Wardah.

Sebelumnya Anda bisa mengklik Virtual Makeup dan akan muncul layar yang menampilkan wajah Anda. Kemudian coba saja shade atau warna foundation yang ditampilkan di layar interaktif. Pilih salah satu yang cocok atau setidaknya senada di bawah atau di atas warna kulit asli Anda. Coba juga shade makeup lainnya agar tidak bingung saat membeli.

Cukup mudah bukan untuk mengaplikasikan cara memilih foundation Wardah sesuai warna kulit? Apalagi sekarang sudah ada aplikasi Virtual Try On yang memungkinkan Anda menentukan warna tanpa harus ke konter make-up untuk mencoba setiap shadenya. Cukup gunakan layar smartphone dan coba secara virtual.

Itulah tadi tips memilih foundation wardah sesuai warna kulit yang dapat kunin sampaikan, semoga bermanfaat.