Tips Merawat Rambut Rontok dengan 12 Cara yang Ampuh

tips merawat rambut rontok

MERAWAT RAMBUT RONTOK

Merawat rambut rontok sangat penting untuk di lakukan agar tidak terjadi kerontokan yang parah atau pun sampai terjadi kebotakan. Apakah selama ini Sobat kunin sudah menggunakan berbagai cara merawat rambut rontok tetapi tetap tidak ada hasilnya?! Simak sampai habis yaa artikel tentang Tips merawat rambut rontok

Rambut rontok bisa menjadi masalah yang cukup serius dan membuat resah. Tidak hanya membuat performa penampilan menjadi berkurang, masalah ini juga kerap berimbas terhadap kebotakan.

Tetapi perlu Sobat kunin ketahui bahwa tumbuh dan rontoknya rambut merupakan siklus yang  normal. Beberapa rambut rontok  rontok biasa ditemukan di sisir, bantal, hingga saluran di air shower.

Kebanyakan orang tidak begitu memperhatikan kerontokan rambut alami ini, karena biasanya ketebalan rambut dan garis rambut akan tetap sama.

Cara merawat rambut rontok dapat dilakukan dengan berbagai cara salahsatunya menggunakan bahan-bahan alami yang sudah digunakan sejak berabad-abad yang lalu dan terbukti manjur.

Yuk simak cara merawat rambut rontok dengan menggunakan Bahan-bahan alami yang dengan sangat mudah ditemukan disekitar kita.

1. Lidah Buaya

lidah buaya untuk merawat rambut rontok

Dari jaman dahulu lidah buaya telah dipercaya mempunyai manfaat yang baik untuk rambut.Selain dapat menguatkan rambut, lidah buaya juga dipercaya dapat membantu merawat rambut rontok.

Lidah buaya yang dioleskan dikulit kepala dapat memberikan efek menurunnya kerontokan rambut serta mengurangi rambut patah. Sebelum keramas cobalah mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala kemudian diamkan selama 15 – 20 menit.

Cara ini dapat membantu mencegah kerontokan serta membuat anak rambut tumbuh.

2. Teh Hijau

teh hijau utk merawat rambut rontok

Cara merawat rambut Rontok selanjutnya adalah dengan Teh hijau . Teh hijau yang berasal  dari Jepang ini memiliki kandungan antioksidan yang  tinggi ,ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jadi tidak hanya mengurangi rambut rontok saja, teh hijau ini dapat jadi cara merawat rambut rontok secara alami dan efektif. Buat sobat kunin yang malas untuk membuat masker rambut,teh hijau ini dapat menjadi solusinya.

Caranya mudah karena Sobat kunin hanya tinggal menyeduh 2 kantong teh hijau dengan air hangat, Kemudian langsung dapat diaplikasikan ke batang dan kulit kepala. Diamkan kurang lebih selama satu jam, lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Pisang

pisang

Bahan alami lainya yang juga cukup penting untuk cara merawat rambut rontok adalah pisang. Pisang ternyata juga memiliki Kandungan vitamin dan kandungan lain yang cukup baik untuk merawat dan mengurangi rambut rontok.

Pisang  dapat dijadikan sebagai masker dengan ditambahin  minyak zaitun, madu, dan susu atau santan. Bahan – bahan alami tersebut  akan membuat rambut lebih kuat dan terlihat lebih sehat bersinar.

4. Yoghurt

yogurt utk merawat rambut rontok

Salah satu yang dapat menyebabkan rontoknya rambut adalah rambut yang kekurangan nutrisi serta kering. Tidak ada salahnya Sobat kunin dapat melakukan perawatan yang dapat memberikan nutrisi lebih untuk rambut lebih sehat.

Yoghurt sudah dikenal dari jaman dahulu  menjadi bahan andalan cara merawat rambut rontok.

Sobat Kunin hanya tinggal mencampur  yoghurt dengan bahan lainnya seperti  minyak kelapa, dan madu. Ketiga bahan  tersebut setelah tercampur rata kemudian dapat diaplikasikan di kulit kepada dan rambut ini dapat menutrisi rambut dan menjaganya tetap sehat.

5. Santan

santan untuk merawat rambut rontok

Kelapa mempunyai banyak banyak sekali manfaat untuk berbagai kehidupan manusia salah satunya adalah untuk  perawatan kecantikan.

Tidak  hanya minyak kelapa saja, ternyata santan kelapa juga bisa dijadikan sebagai salah satu tips merawat rambut rontok. Santan mempunyai kandungan protein yang  ternyata efektif merangsang pertumbuhan rambut serta mencegah kerontokan rambut.

cara penggunaan nya adalah, sebelum sobat kunin keramas cobalah aplikasikan santan ke seluruh rambut serta kulit kepala. diamkan selama 20 menit kemudian keramas seperti biasa.

Rambut sobat kunin pasti akan terasa lebih halus serta bersinar setelah melakukan perawatan sederhana ini.

6. Banyak Makan Bayam

bayam

Kekurangan zat besi bisa jadi menjadi salah satu penyebab utama rambut rontok. Bayam tidak hanya merupakan sumber zat besi yang penting bagi tubuh tetapi juga baik untuk kesehatan rambut karena di dalam bayam juga menandung  vitamin A, C, dan protein.

mengkonsumsi bayam juga dapat sebagai cara merawat rambut rontok dan membuat rambut berkilau.

7. Lakukan Trim secara Rutin

trim

Tips merawat rambut rontok lainnya adalah  dengan rutin memotong ujung rambut. Rambut yang biasanya sering rusak adalah rambut yang letaknya di dekat ujung dan pemotongan yang baik dapat dilakukan setiap enam hingga delapan minggu dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan ini.

Rambut yang rusak memiliki tekstur kering seperti jerami, dan dapat dipotong untuk mendorong pertumbuhan rambut baru dan menghilangkan ujung yang bercabang.

8. Stres

strees

Tips merawat rambut rontok yang seterusnya.

Stres merupakan salah satu akar penyebab banyak nya masalah kesehatan, termasuk membuat rambut rontok. Itu dapat mengganggu proses pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut cepat beruban.

Lakukanlah  meditasi atau yoga secara teratur dapat menjadi penghilang stres yang baik untuk sobat kunin, jika stress berkurang maka otomatis rambut rontok juga bisa berkurang.

9. Jangan Menyisir Rambut Basah

sisir rambut basah

Untaian rambut akan sangat  rapuh dan rentan pecah saat rambut basah. Oleh karena itu penting untuk sobat kunin ketahui jangan pernah menyisir rambut yang basah, karena akan memicu rambut rontok dan apabila terpaksa harus menyisir rambut gunakanlah  sisir bergigi jarang atau sobat kunin dapat membiarkan rambut mengering terlebih dahulu sebelum rambut ditata, ini bisa jadi sebagai cara merawat rambut rontok.

10. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kuat

ikat rambut

Menarik atau mengikat rambut terlalu kuat dari akarnya akan menyebabkan kerusakan oleh karenanya hal ini  harus dihindari. Sebaiknya juga dapat sobat kunin lakukan adalah dengan  tidak mengikat rambut  dengan kencang saat tidur.

Rambut dapat disisir dengan rapi sebelum tidur agar nanti saat bangun tidur di pagi hari rambut tidak begitu kusut. Rambut kusut dapat menyebabkan rambut mudah patah dan ini menjadi tips merawat rambut rontok selanjutnya.

 11. Pijat Kulit Kepala dengan Minyak Esensial

pijat kepala

Tips merawat rambut rontok lainnya adalah dengan memijat kulit kepala. Sobat kunin yang sudah lama mengalami kerontokan rambut dapat memijat kulit kepala menggunakan minyak esensial selama beberapa menit secara rutin.

Hal ini dapat membantu folikel rambut Sobat kunin tetap aktif. sobat kunin dapat menambahkan lavender dalam minyak almond atau wijen

12. Vitamin untuk Rambut Rontok

vitamin rambut

Kemudian tips merawat rambut rontok lainnya yang dapat membantu adalah dengan vitamin. Vitamin tidak hanya menyehatkan untuk kesehatan secara keseluruhan, namun juga sangat baik untuk rambut kita.

Gunakanlah Vitamin yang mengandung vitamin A untuk mendorong produksi sebum yang sehat di kulit kepala, kemudian vitamin E dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala

Tujuannya penggunaan vitamin adalah untuk  membantu folikel rambut tetap produktif dan gunakanlah  vitamin B yang dapat membantu rambut untuk mempertahankan warna sehatnya.

Selain itu Keramas dengan teratur merupakan bagian penting dalam  merawat rambut rontok dengan menjaga kebersihan rambut serta kulit kepala.

Dengan melakukan hal tersebut , sobat kunin dapat menurunkan risiko infeksi serta ketombe yang dapat membuat kerusakan atau kerontokan rambut.

Nah itulah beberapa tips merawat rambut rontok yang bisa sobat kunin lakukan di rumah, semoga bermanfaat ,,